Skip to main content

Mengenal Penyakit Pneumonia Dan Pencegahanya.

Beberapa pekan lalu saya menghadiri minitalkshow yang diadakan oleh mommiesdaily di Kemang Raya ,Jakarta.

Minitalkshow kali ini mengambil tema A Fair Shot Pneumonia.

Saya sendiri hanya tau sedikit tentang penyakit Pneunomia.Tak lama saya datang acara talksow pun dimulai dengan sapaan MC dari mommiesdaily.
MC pun mengenalkan narasumber pertama yaitu dr. Dirga Sakti Rambe.

Dokter Dirga dengan pembawaan yang khas mengungkapkan bahwa sebagian orang salah kaprah tentang hubungan ASI (air susu ibu) dengan Vaksin.

Fungsi ASI itu untuk menjaga kekebalan tubuh dan Vaksin sendiri adalah mencegah penyakit masuk kedalam tubuh.

Jadi Vaksin tidak dapat menggantikan ASI.
Yang benar itu Vaksin dan ASI itu saling melengkapi.

Nah..kali ini dr. Dirga akan menjelaskan tentang Penyakit pneumonia.

Penyakit Pneumonia adalah penyakit radang paru akut yang disebabkan oleh virus,jamur dan bakteri ,,penyakit gangguan sistem pernafasan .


Biasanya penyakit ini mudah menyerang pada balita yang masih berusia 2-3th.
Namun penyakit ini juga bisa menyerang orang dewasa.

Penyakit Pneumonia setiap tahun membunuh satu juta anak terutama di negara miskin dan berkembang.

Pneumonia memiliki tanda+tanda yang khas.

Tanda-Tanda Pneumonia :

1.Batuk berdahak
2.Demam
3.Nyeri otot
4.Suhu tubuh rendah
5.Sakit kepala
6.Diare.

Tapi agar lebih meyakinkan apakah kita mengidap penyakit pneumonia atau tidak maka lakukanlah pemeriksaan foto rotgen paru.

Jika kita positif terkena Pneumonia dari hasil rotgen akan terlihat satu atau dua paru-paru kita terdapat bakteri ,jamur dan virus yang telah menginfeksi nya.

Adapun penyebab dari penyakit Pneumonia yaitu

1.Bakteri pneumoniae (pneumokokus)

2.Virus

3.Jamur

4.Tidak menjalani hidup sehat.

Penyakit Pneumonia ini memang menjadi penyakit menakutkan namun penyakit ini bisa di cegah dengan melakukan Vaksin PVC (Pneumonia) dan tentunya menjalani hidup sehat dan seimbang.

Hadir juga narasumber kedua dr.Tutut Sri Purwanti perwakilan dari MSF(Medicins Sans Frontieres) /Doktor Without Border /Dokter Lintas Batas.

MSF sendiri adalah organisasi internasional yang fokus di bidang pelayanan medis.

Dokter Tutut Sri Purwanti mengatakan penyakit Pneumonia itu bisa di cegah dengan Vaksin Pheumonia (PVC) namun saat ini vaksin PVC masih sangat mahal.
Biaya satu kali dosis saja harganya 750 ribu rupiah sedangkan yang di butuhkan untuk melindungi dari Pneumonia itu di butuhkan 3 dosis.

Vaksin pneumonia dengan harga murah itu hanya untuk negara miskin yang pendapatan perkapita dibawah USD$1580 .

Harga yang cukup mahal dikarenakan hanya ada 2 produsen Vaksin Pneumonia yaitu Glaxo Smith Kline (GSK) dan Pfizer.
Dalam pembuatan vaksin sendiri dibutuhkan waktu kurang lebih 15th.

Vaksin Pneumonia tidak hanya untuk anak-anak saja namun orang dewasa juga.

MSF yang selaku organisasi di bidang pelayanan medis saat ini sedang melaksanakan kampanye Vaksin Pneumonia dengan nama A Fair Shot .

Kampanye MSF ini memiliki tujuan yaitu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahaya penyakit Pneumonia dan meminta produsen vaksin untuk menurunkan harga vaksin menjadi USD$ 5 agar bisa terjangkau oleh negara berkembang dan lembaga kemanusiaan

Jika ingin ikut kampanye pneumonia agar tiap anak bisa mendapatkan AFairShot bersama MSF kunjungi saja 

Www.seasia.afairshot.org

Tunjukan dukungan kamu dengan mengubah propict kamu dengan shade merah.

Dan untuk mengetahui tentang MSF follow saja twitternya
@MSF_seAsia

#AFairShot
#AskPharma


Comments

Popular posts from this blog

Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu Pakai BPJS

Tanggal 20 Agustus 2015 saya operasi gigi geram bungsu kiri bawah.Ini adalah operasi gigi geraham bungsu saya yang ke dua (sebelumnya operasi gigi geraham bungsu kanan bawah). Kali ini saya memilih R.S Sari Asih Ciputat dengan alasan disini kita tidak di operasi di ruang operasi dan rawat inap.Maklum saya paling parno kalau dengar kata operasi karena saya sudah mengalami operasi cesar (sakit luar biasa),Operasi usus buntu dan operasi gigi.
Sebenarnya saya takut sekali karena untuk  melakukan operasi gigi geraham bungsu kedua kalinya tapi kalau di biarin malah kepala sering sakit,gigi nyut-nyutan sampe leher ya sudahlah akhirnya saya beranikan diri untuk operasi si gigi ini.
Operasi Gigi geraham bungsu dua-dua na saya memakai fasilitas BPJS.Yups..soalnya kalau bayar cash  satu gigi aja 2 juta lebih hampir 3 jutaan (sangat besar biaya ini buat saya).Adapun tahap-tahap yang kita lalui untuk menuju di eksekusinya si geraham bungsu jika pakai BPJS.
1.Kita minta rujukan ke Faskes 1 (kalau …

Launching Buku Strategi B25 dan Kata-Kata Lecutan Harian Karya Cipto Junaedy Penyemangat Memiliki Properti

Assalamu'alaikum..
Beberapa waktu lalu saya berkesempatan menghadiri acara Launching buku seri terbaru dari Bapak Cipto Junaedy di Gramedia, Central Park Mall Jakarta.Sepulang Kezia sekolah saya langsung meluncur ke Stasiun Pondok Ranji dan lanjut naik taksi bersama mak Echa karena kebetulan kita satu kereta ternyata.Sesampainya di Gramedia saya merasa cukup heran dan bingung melihat banner dengan tulisan  "Strategi Membeli Properti Tanpa Uang Tanpa Utang" saya terus bertanya-tanya dalam pikiran saya apa iya ya bisa? Apa mungkin ya? Ahhh saya makin tertarik dengan launching buku ini.


Setrika Philips HD 1173 Mendapatkan Rekor MURI Sebagai Setrika Bekerja Terlama

Assalamu'alaikum..

Sabtu , 30 Januari 2016 sore saya ke Carrefour Lebak Bulus ,Jakarta untuk mengadiri acara  Setrika Philips HD 1173 mendapatkan  rekor MURI ( Museum Rekor Indonesia ) sebagai #SetrikaBekerjaTerlama selama 200 jam non-stop.
Sebelumnya pada tanggal 22 Januari 2016 Philips Indonesia melepas kegiatan Roadshow Truk Setrika Philips keliling ke beberapa spot di Jababeka untuk membuktikan bahwa Setrika Philips HD 1173 itu tahan lama ,Carrefour Lebak Bulus menjadi detik terakhir tercapainya rekor MURI dan pas 200 jam.



Selama Roadshow Truk Setrika Philips mengadakan aktivitas menarik seperti lomba selfie,mencoba menyetrika dengan setrika philips HD 1173,games,lomba karoke dan doorprize yang berhadiah smart phone,sepeda dan voucher belanja.Untuk lomba selfie para peserta di minta posting foto di sebuah komen Fanpage Philips Home Living .
Tak hanya keseruan saja namun di roadshow ini Philips mengajak semua untuk turut menyumbang pakaian layak pakai yang akan disetrika lalu …