Tuesday, February 23, 2016

Aksi Kemanusiaan Dan Peduli Sesama Di Sarasehan #2




Sabtu, 20 Februari 2016 sejak pagi saya sudah bersiap untuk mengikuti acara Sarasehan TDB #2 yang  bertempat di PMI pusat jl. Kramat .
Acara Sarasehan TDB #2 kali ini mengambil tema  Save & Care For Humanity .
Ada yang berbeda dengan tema kali ini,maksud dan tujuannya pun lebih mengarah kepekaan kita terhadap lingkungan sosial dan peduli kepada saudara kita yang kurang beruntung.


Selain tema yang bagus ,alasan saya harus datang karena salah satu pembicara yaitu siswa kelas 11 yang akan mempresentasikan social Project mereka dan itu menjadi keharusan saya untuk datang.
Pukul 10:00 WIB saya sudah sampai PMI Kramat dan sudah ada beberapa teman yang datang.Tepat pukul 11:00 WIB acara pun dimulai yang Di awali sambutan perwakilan dari PMI Kramat .


Hydro Solar Project 


Pembicara pertama yaitu Dominic dan David,mereka merupakan siswa kelas 11 Global Jaya Bintaro yang akan mempresentasikan social Project mereka yaitu Hydro Solar Project.

Sebelum presentasi,mereka bercerita awal mula kenapa mereka memilih social Project ini.
Jadi,,awalnya mereka jalan - jalan ke daerah Pasar Angin Pojok Mega Mendung ,Bogor.Disana mereka melihat bagaimana sanitasi air yang sangat buruk.
Tempat MCK (Mandi ,Cuci ,Kakus) jadi satu disana.Air yang mereka dapatkan yaitu air yang mengalir dari sungai kecil lalu di saring oleh bambu yang di bawahnya terdapat saluran pipa yang terkumpul di sebuah penampungan air yang hanya di tutup dengan rakitan bambu.
Air yang di dalam penampungan air tidak cukup bersih karena di saring oleh bambu -bambu namun apa boleh buat hanya dengan air itu warga sekitar mendapatkan air.



sanitasi 
Mereka pun sempat berbincang dengan warga sekitar,warga pun menceritakan bahwa musim kemarau di daerah ini berlangsung lama dan tidak ada persediaan air sama sekali.
Untuk mendapatkan air warga harus berjalan 500-600 meter menuju sumber air dan itu pun harus antri berjam -jam lamanya.

Yang lebih miris lagi,saat musim kemarau tahun kemarin ada seorang nenek meninggal karena terjatuh saat berjalan menuju sumber air yang cukup jauh.
Mengetahui berbagai keadaan desa seperti itu akhirnya mereka menciptakan Hydro Solar Project yang Di harapkan bisa membantu warga mendapatkan air bersih.

MCK

Seperti yang kita ketahui dari badan WHO bahwa semestinya setiap warga mendapatkan hak 60 liter air setiap harinya.Namun tidak untuk warga desa tersebut atau seperti yang kita ketahui bahwa masih banyak di daerah lain yang sulit mendapatkan air bersih.

Apa itu Hydro Solar Project? 

Hydro Solar Project yaitu Project sosial yang bertujuan untuk memperbaiki sanitasi yang buruk dan mendapatkan air bersih dengan sebuah teknologi Hydro Solar yang mampu memompa air dengan tenaga surya alias panas matahari.Karena dengan menggunakan panas matahari alat ini ramah lingkungan dan dengan alat ini warga tidak perlu terbebani biaya membayar listrik.Di daerah sana penyaluran listrik juga belum merata.


Untuk membuat Hydro Solar Dominic dan David melakukan riset dan penelitian tentunya,mereka mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat di sini.Dalam project ini Dominic dan David tidak hanya membuat Hydro Solar saja namun mereka juga akan membuat MCK yang lebih layak.

Hydro Solar ini membutuhkan biaya yang cukup mahal jadi sangat diperlukannya sponsor yang sudi membantu agar project ini cepat selesai .Mereka memiliki motto jika kamu tidak bisa memberi makan kepada puluhan orang,berilah makan untuk satu orang saja.Berharap dengan perbuatan itu dapat menjadi inspirasi orang lain untuk melakukan hal sama.
Mereka hanya pemuda yang baru kelas 2 SMA yang mana mereka tidak bisa sendiri mewujudkan cita - cita mereka membantu warga desa mendapatkan air yang layak.

Jika Hydro Solar Project ini berhasil di Pasar Angin Pojok Mega Mendung ,maka buka hal yang tidak mungkin Hydro Solar di buat di daerah yang sulit mendapatkan air bersih.



hydro solar
Diagram Hydro Solar



I'M Indonesia bersama Cokelat Band

Setelah istirahat dan makan siang ,pembicara kedua dari Cokelat Band.Cokelat Band mengajak kita semua untuk mulai mencintai produk dalam negeri.Kalau kita tidak bangga dan mencintai produk kita sendiri lalu siapa lagi??.
Produk dalam negeri harus kita dukung agar masyarakat Indonesia lebih baik.



Mereka bercerita bukan hal baru lagi jika ada seorang pengusaha kaos atau tas dari dalam negeri kemudian di ekspor keluar negeri dan semua barang itu di cap atau di branding oleh pengusaha luar negeri yang kemudian barang tersebut kembali di jual di dalam negeri dengan harga yang berkali -kali lipat.
Daripada membuat kaya bangsa lain yuk lebih baik memperkaya bangsa sendiri.

Cokelat Band juga mengajak kita masalah pembajakan.Saat ini pembajakan merajalela ,imbas dari pembajakan yaitu para seniman atau orang -orang yang memiliki karya.

Sekarang bayangin deh ,jika kalian menghasilkan suatu ide atau produk lalu di bajak oleh orang lain gimana perasaanya? Nyeseekkk brooo.   


Setelah berbincang dan tanya jawab Cokelat Band mengakhiri dengan bernyanyi bersama satu nusa,satu bangsa.Saat menyanyikan lagu tersebut suasana haru menyeruak.

Peduli Kemanusiaan Bersama PMI 




Pembicara ke 3 di acara Sarasehan #2 ini perwakilan dari PMI yaitu ibu Rofie.Di benak kita kalau dengar kata PMI apa sih?pasti donor darah kan? Hehe *tooss .
Ternyata PMI tidak hanya tentang donor darah ,PMI (Palang Merah Indonesia) ini juga melakukan aksi kemanusiaan lainnya.PMI selalu berada di baris terdepan seperti saat bencana banjir,kebakaran ,longsor atau pun bencana lainya.

Dalam keadaan pra bencana PMI juga melakukan kegiatan sosialnya lho,,seperti membantu pembuatan bank sampah ,pendidikan UKS dan lainya.Saya jadi ingat ketika masih sekolah saya merupakan anggota PMR (Palang Merah Remaja) yang mana pada saat itu saya diajarkan berbagai hal seperti cara membuat tandu,CPR,pertolongan pertama saat jatuh (bukan jatuh cinta lho yaa)  dan lainya.


PMI juga memberikan pengajaran ke sekolah -sekolah tentang menanamkan jiwa sosial sejak dini.Penanaman jiwa sosial sejak dini mampu membentuk seseorang memiliki rasa kemanusiaan ,peduli sesama manusia.


Kita juga bisa menjadi sukarelawan atau volunteer di PMI,ingat ya gaess membantu sesama tidak hanya dengan materi lho namun dengan keahlian Dan keterampilan yang kita miliki kita bisa membantu sesama.Mulai sekarang yuk tanamkan rasa kemanusiaan dan kepedulian terhadap sesama.









Acara Save and Care ini memang acara sosial,bahkan tadinya di umumkan tidak ada godiebag,doorprize ,makan siang ataupun sekedar snack namun ternyata Alhamdulillah banyak sekali yang sponsor yang ikut serta dalam aksi kemanusiaan ini seperti Central Spring Bed .Central Spring Bed  sebuah brand terkenal mendukung aksi kemanusiaan ini ikut serta menyumbang doorprize ketje yaitu Travel Bed dan beberapa Bantal.





Mengintip sedikit foto-foto Instagram Central Spring Bed yang selalu update memberikan tips seputar tidur,kesehatan dan acara - acara keterlibatannya mendukung aksi -aksi sosial seperti gambar yang saya lampirkan.Pantas saya Travel Bed dan Bantal Central Spring Bed selalu hadir disetiap aksi sosial karena Travel Bed dengan bentuk yang mudah di bawa kemana saja bahannya pun empuk dan anti bakteri.Yupss..kualitas Central Spring Bed memang sudah tidak diragukan lagi.
Bahkan Saat acara Sarasehan #2 mba Icha mengatakan "aku juga pake bantal Central ini sudah 3 tahun tapi ga ngimpesss dan tetap nyaman". 



Aksi Central Spring Bed peduli kemanusiaan
foto : Instagram Central Spring Bed


Uhuk....alhamdulillah senang rasanya mendapatkan Bantal Central Spring Bed yang terkenal nyaman dan empuk.Entah semalam mimpi apa bisa mendapatkan bantal idaman ini hehe.Sesampainya dirumah saya buka Bantal Central Spring Bed ini dan sudah saya duga anak-anak saya berebutan.

Kenapa sih berebutan?? tanya ku kepada mereka.
" Iihh mama ini empuk bantalnya,kepala dan leher aku jadi ga sakit nih lihat " kata kakak Shakila sambil tiduran di atas bantal.
 Huhuhuhu gantian ya dek pakainya.
Si bungsu Kezia memelas minta izin " ma,,malam ini aku dulu ya yang pakai Bantal barunya?".



My little angels Kezia langsung tidur lelap..
Saya secara pribadi mengucapkan terimakasih kepada TDB,PMI,Cokelat Band dan Central Spring Bed karena sudah mendukung aksi sosial ini.Tak hanya banyak hadiah yang di hadirkan namun acara ini membuat saya semakin yakin bahwa Indonesia bisa seperti negara maju jika kita masih memiliki rasa kemanusiaan dan peduli terhadap sesama.

No comments:

Post a Comment