Wednesday, March 9, 2016

Markeeter Creativity Day Soul Of Bandung di SMESCO Galeri Indonesia Wow




Minggu 28 Februari 2016 selesai ikut serta kampanye Rare Disorder di Bundaran Hotel Indonesia saya langsung menuju gedung SMESCO yang terletak di Jl. Gatot Soebroto ,Jakarta Selatan .Ini kali pertama saya menapaki SMESCO padahal saya sering lewat wara wiri di depan gedung ini hehe.


SMESCO rumah UKM yang besar menurut saya.Saya selalu tertarik mendengar kata UKM karena saya sendiri pelaku UKM hehe bukan UKM sih tapi punya usaha pesenan kue dan memiliki cita -cita saya ingin usaha saya berkembang dan memiliki branding sendiri.Besar harapan saya dengan hadir di SMESCO Galeri Indonesia Wow ini mendapatkan berbagai inspirasi saya sebagai pelaku usaha.


Saya kesana dalam rangka menghadiri Marketeer Creativity Day Soul Of Bandung.Sebelumnya terlihat wara wiri flyer ini di timeline saya membuat seakan terhipnotis harus datang kesana.Akhirnya saya daftar dan Alhamdulillah terpilih.
Adanya bapak Ridwan Kamil juga menjadi alasan saya untuk datang kesini hehe .Siapa sih yang tidak kenal beliau walikota Bandung yang sudah bisa di bilang sukses mengubah taman Bandung menjadi lebih nyaman.



Dengan jaket yang lembab plus celana ,sepatu juga basah saya memasuki Gedung SMESCO yang megah ini.Saat memasuki gedung ini terlihat sebuah Baliho atau apalah namanya bertuliskan Galeri  Indonesia Wow terlihat juga aneka booth kerajinan tangan yang setiap booth menampilkan produk terbaiknya yang di tata agar dapat perhatian dari pengunjung.

Setelah puas melihat-lihat keliling galeri lantai 1 saya naik ke lantai 2 disana ada permainan alat musik dari perkusi yang dimainkan oleh sekelompok anak muda berbakat.Di sisi sisi panggung banyak juga aneka booth tertata rapi.
Banyak sekali aneka kerajinan tangan yang menginspirasi saya.Duhh....kalau bawa uang banyak sudah tak borong haha soalnya lucu -lucu bentuknya.


Adapun bazar makanan dari para pelaku UKM Bandung dengan aneka keunikannya.Saya pun turut mencicipi makanan itu karena di setiap booth menyediakan tester untuk para pengunjung.Harganya pun cukup terjangkau mulai dari Rp. 5.000 rupiah .

Aneka minuman ,sambal,ada juga bumbu dapur alami tanpa pengawet.




Tak hanya dilantai 1 dan 2 di lantai 3 Gedung SMESCO Galeri Indonesia Wow juga banyak sekali aneka kerajinan dan ukiran yang di pajang disana.






Akhirnya talkshow bersama Wali kota Bandung Pak Ridwan Kamil pun di mulai namun sebelumnya dihadirkan tarian daerah untuk mengawali talkshow ini.

Melihat tarian daerah ini saya jadi kangen kampung halaman haha.


Akhirnya Bapak Ridwan Kamil mulai bercuap cuap.Saat ini Bandung mengeluarkan berbagai kebijakan untuk memajukan para pelaku UKM disana dari pemberian kredit tanpan bunga ,pengurusan izin usaha juga dipermudah .Seperti yang saya ketahui mungkin bukan hanya saya kali ya,Bandung itu banyak sekali aneka jajanan yang unik,produk nya yang sudah melanglang buana di dalam dan luar negeri seperti tas ,sepatu dll.


Dengan berbagai kebijakan Kang Ridwan Kamil berharap ini semua membuat para calon pelaku usaha bergairah untuk menghasilkan produk .


Selesai sharing akan aneka kebijakan beliau yang penuh inspirasi yang diselingi dengan aneka humor ini berharap bisa menginspirasi masyarakat lainya.



Puas mendengar aneka sharing Pak Ridwan Kamil saya masuk kesebuah ruangan .
Di ruangan tersebut saya diskusi bersama Pak Anto pelaku UKM yang biaa dibilang sudah sukses dengan berbagai usahanya.

Pak Anto yang sudah terkenal dengan pandangan yang sedikit menyeleneh namun membangun itu memberikan kuliah untuk saya dan teman blogger.

Jika kita ingin menjadi blogger profesional dalam membantu memasarkan sebuah produk dengan mereview produk tersebut bahwa kita itu harus tahu banyak tentang produk tersebut.
Mulai dari bahannya,cara pembuatannya,cara memfoto produk tersebut dsb.

Dengan banyak mengetahui tentang produk yang kita rivew bisa di pastikan bahwa pembaca blog kita itu tertarik akan produk tersebut.


Ini merupakan tantangan bagi saya seorang blogger bagaimana caranya agar produk yang saya riview benar-benar ngena di hati pembaca blog saya.



Hadir juga Bapak Ahmad Zabadi,direktur utama LLP SMESCO.
Beliau mengatakan bahwa SMESCO ini adalah jembatan atau media bagi para pelaku UKM.

SMESCO memberikan kemudahan untuk para pelaku UKM untuk mengembangkan usahanya.
SMESCO menyediakan tempat untuk para pelaku UKM dengan harga yang cukup murah di bandingkan tempat lainnya.

SMESCO juga memberikan tempat jika para pelaku UKM ini berdiskusi atau mengadakan rapat di gedung ini.
Dengan menyediakan berbagai fasilitas disini diharapkan bahwa UKM di Indonesia makin banyak dan berkembang tak hanya di dalam negeri namun juga di luar negeri.
Seperti yang kita ketahui bahwa MEA ( Masyarakat Ekonomi ASEAN) sudah mulai dan Indonesia pada saat ini masyarakatnya harus terus berjuang agar tetap hidup di masa MEA ini.

Dimasa MEA ini peran blogger dan media lainya sangat diperlukan untuk turut membantu menyuarakan bahwa Indonesia banyak memiliki produk yang berkualitas dan tidak kalah dengan produk luar.


Bersyukur saya bisa hadir disini mendapatkan ilmu dan tentunya mendapatkan aneka inspirasi yang membuahkan keinginan saya menghasilkan sebuah produk.




2 comments:

  1. aku belulm pernah ke smesco, kayanay kapan2 haru skesana nih, menarik

    ReplyDelete
  2. pas event ini aku makan mi kocok bandung nya enak bingiit maak

    ReplyDelete