Friday, April 22, 2016

Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contes (IWIC) tahun ke -10'Go Global'


Jakarta 21 April 2016 saya menghadiri Indosat Ooredoo Wireless Innovation Contes (IWIC) ke-10 .Apa sih IWIC ? IWIC merupakan kompetisi aplikasi mobile pertama di Indonesia yang merangsang minat generasi muda di dunia digital.

Indosat Ooredoo Wireless Innovatiob Contes (IWIC) memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan talenta di Indonesia yang saat ini pemakaian aplikasi online sangat tren.

IWIC sudah berjalan selama 10 th pada tahun 2006 peserta IWIC hanya 100 orang saja namun dengan berjalanya waktu tahun demi tahun peserta IWIC semakin bertambah .Kehadiran selama satu dekade secara konsisten dengan total 7.111 ide dan aplikasi mobile yang inovatif.

Ada yang berbeda dari tahun tahun sebelumnya tahun ke 10 ini IWIC Go Global mengambil tema #ChangeTheWorld yaitu pesertanya tidak hanyabdari Indonesia saja namun darivluar negeri.Dengan ini juga menunjukan bahwa Indonesia tidak hanya sebagai negara pengguna namun juga pembuat aplikasi mobile yang siap bersaing di kancah Internasional.

Thursday, April 21, 2016

7 Tips Mengatasi Jenuh Ngeblog ala Ida Tahmidah

Assalamu alaikum...
Pemenang arisan link blogger perempuan kali ini yaitu mba Ida Tahmidah blogger sari Cimahi .Seorang ibu yang memiliki 5 anak ini menurut saya termasuk seorang yang menginspirasi saya.Jujur saya belum kenal banyak ataupun ketemu langsung dengan beliau he he soalnya saja juga baru banget di dunia blogger ini.



Pemilik blog www.idatahmidah.com ini seorang ibu rumah tangga dan penulis ketje ,sebelum hamil anak pertama beliau pernah bekerja di yayasan Islam yang bergerak di bidang pendidikan .Setelah hamil anak pertama beliau berhenti bekerja,memutuskan menjadi ibu rumah tangga dan membuka usaha laundry kiloan .

Saturday, April 16, 2016

Hak Santunan Korban Kecelakaan Dan Sedikit Cerita Tentang Ira Guslina





Assalamu'alaikum..
Kali ini saya ingin menuliskan sedikit tentang moms blogger pemenang arisan link yaitu mba Ira Guslina.Saya bertemu dengan pemilik blog www.duniabiza.com ini saat ulang tahun KEB yang ke 5 di Senayan City,saat itu saya dan beliau dapat domain gratis karena bertanya ke mas Erwin saat itu.

Semenjak saat itu kita saling kontek -kontekan melalui inbox twitter .Wanita berkacamata berdarah minang ini sudah memiliki 2 orang anak dan tahu ga,beliau ini awalnya seorang wanita karir yang kemudian hijrah menjadi full time mommy.

Sebagian wanita mungkin sulit untuk memilih hijrah apalagi beliau yang saat bekerja itu sudah hilir mudik keluar negri gratis dari kantornya.Duh bisa kebayang donk gimana enaknya saat beliau menjadi wanita karir.Perlu diacungi 2 jempol ketika beliau memutuskan menjadi full time mommy dan blogger.



Saat ini beliau tidak memakai jasa baby sitter untuk mengurus anak anaknya.Beliau terjun langsung mengurus rumah dan anak anaknya.Wanita yang hobi menulis sejak SD ini kembali aktif ngeblog beberapa bulan kebelakang tepatnya di tahun 2015.,Kalau ngeblog sih sudah dari tahun 2009.

Friday, April 15, 2016

Menjelajah Dunia Bersama Nestle DANCOW Excelnutri+




"Cinta adalah berani memberi ruang kepada si kecil untuk berusaha bangun saat ia terjatuh, agar dapat berjalan dan akhirnya berlari mengejar cota-citanya.Cinta Bunda adalah bekal terbaik untuk si Kecil di masa depannya"
Ratih Ibrahim ,Psikolog


Awal April lalu saya dan anak saya menghadiri event menarik bersama anak saya di Mall Taman Anggrek .Event ini di selenggarakan oleh Nestle Dancow Excelnutri+ ,event kali ini bertema kan "Nestle DANCOW Excelnutri+ Explore The World" dari tema saja sudah dibayangkan keseruannya diacara kali ini.Acara yang tentunya penuh keseruan dan sarat akan edukasi ini membuat saya tertarik untuk menghadirinya.

Sekitar pukul 11 siang saya dan si kecil tiba di lokasi acara,saat memasuki acara Kezia berucap
 " wowww,,keren banget ma,luas banget eeh,,,ehh ma itu ada burung Unta ma,,ayo kita kesana!", dengan mata berbinar dan tidak sabar dia ingin menjelajah Dunia bersama DANCOW Excelnutri+.
Setelah registrasi saya pun di beri 2 Passport ,passport ini berisi aneka tempat jelajah yang ada disana.
Ada 4 negara ( Indonesia,Jepang,Belanda dan Brazil) yang akan di jelajahi oleh Kezia dan Shakila .Masing-masing negara dengan ciri khas dan keunikannya ditampilkan di event ini.

Thursday, April 14, 2016

Peluncuran Alat Edukasi Alergi Bersama Sari husada



Jakarta,10 April 2016,saya menghadiri acara peluncuran buku website www.alergianak.com dan buku Mengenal Alergi pada anak bersama Sarihusada di hotel JS.Luwansa ,Jakarta.Siang itu banyak sekali cobaan ynag saya alami menuju kesana mulai dari kereta yang mogok sampai 1 jam lebih sampai menunggu busway yang tak kunjug datang hehe biasa lah ya,,eh tapi kemarin itu biasanya saya kesana hanya memakan waktu kurang dari 1 jam kemarin saya menuju kesana memakan waktu 4 jam lho *berasa Jakarta-Bandung hehe.Antusias saya menuju kesana mengalahkan seluruh hambatan yang saya alami *eaaa.

Sesampainya disana acara pun sudah mulai ,Ada beberapa pembicara kli ini yaitu ada Bapak DR.Dr. Zakiudin Munasir ,SpA(K) ,Konsultan Alergi -Imunologi Anak dari RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM) , DR. Dr. Herqutanto, MPH ,MARS, Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia  dan Ahmad Hamdani, Healthcre Nutriton Director Sarihusada.




Peluncuran website dan buku ini dalam rangka mendukung World Allergy Week 2016 yang berlangsung tanggal 11-17 April.Sebelumnya saya pernah nulis tentang alergi disini .
Nah kali ini saya sedikit membahas tentang website alergianak.com ,kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan K3 dan buku Mengenal Alergi Pada Anak.

Menurut DR. Dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) yang juga penulis buku Mengenal Alergi pada anak mengungkapkan bahwa "angka kejadian alergi meningkat dari tahun ke tahun di seluruh dunia,termasuk Indonesia.Hal ini di sebabkan pola hidup masyarakat yang berubah ,yang menghasilkan lingkungan yang memudahkan terjadinya penyakit alergi dan hal ini juga disebabkan masih rendahnya pemahaman masyarakat mengenai alergi,seperti mengenali faktor risiko maupun kesalahan dalam  menangani anak".

Disini perlunya edukasi untuk para orang tua yang komprehensif tapi mudah dipahami mengenai alergi.Melalui dalam buku Mengenal Alergi pada Anak diharapkan masyarakat umum maupun kalangan medis bisa memahami lebih dalam mengenai pengertian alergi,mekanisme terjadinya alergi dan mengenal macam-macam alergen sebagai pencetus alergi.



Ada apa saja di Buku Mengenal Alergi Pada Anak?

Buku yang memiliki ketebalan 153 ini menurut saya sudah cukup lengkap dan dikemas secara praktis karena dijabarkan tentang alergi,aneka alergen dan sebagainya.Ada juga daftar istilah medis dijelaskan juga lho.Jadi untuk orang awam mudah memahami bagaimana cara penanganan yang tepat alergi.

Sedikit cerita ,tanggal 11 saya konsultasi alergi dengan seorang dokter di sebuah mall dan ternyata dokter tersebut juga menjelaskan tentang alergi ke saya dan mak Windah pakai buku Alergi ini hehe.Aku yoweslah hehe ternyata buku ini sudah dibuat praktis dan memudahkan untuk para orang tua dan kalangan medis.



Monday, April 11, 2016

Sekilas Tentang Diabetes



Cegah,Obati, Lawan Diabetes !

Penyakit diabetes yang dikenal juga penyakit gula ini saat ini bisa di bilang sedang naik daun di Indonesia,karena menurut data sendiri Indonesia menduduki peringkat ke 4 di dunia sebagai penyakit Diabetes Melitus terbanyak.Miris memang walaupun Diabetes PTM (Penyakit Tidak Menular ) namun diabetes merupakan penyebab utama untuk kebutaan ,serangan jantung,stroke,gagal ginjal dan amputasi kaki.

Pada Hari Kesehatan Sedunia yang jatuh pada tanggal 7 April  saya menghadiri dialog interaktif bersama Ibu Kemenkes RI Nila Moeloek ,bersama para dokter dan para penderita diabetes .Disana ratusan orang yang hadir sangat antusias membahas mengenai Diabetes.Dari berbagai instansi dan kalangan pun hadir menjadi satu.Yang paling unik adalah kita semua di kasih snack aneka sehat yaitu rebusan Jagung,Kacang, dan buah .



 Sekilas tentang diabetes, lalu apa sih penyakit Diabetes?


Diabetes adalah suatu kondisi dimana kadar gula (glukosa) dalam darah tinggi.Diabetes disebabkan oleh kekurangan hormon insulin yang dihasilkan oleh pankreas sehingga dapat menurnkan kadar gula darah.

Tipe Diabetes ada 2 yait tipe 1 dan tipe 2:
  1. Diabete tipe 1 yaitu :Tidak diketahui penyebabnya dan tidak dapat dicegah.Pada tipe ini tubuh benar-benar berhenti memproduksi Insulin si enyandang pada tipe ini sangat bergantung pada insulin.Biasanya tipe 1 ini di derita sejak anak-anak.
  2. Diabetes tipe 2 yaitu :Produksi insulin dalam tubuh tidak maksimal atau tubuh kurang peka terhadap insulin.Diabetes tipe ini paling umum terjadi.
Tipe ini membuktikan jadi tidak ada tuh istilah penyakit gula basah dan gula kering .Namun maksud yang di maksud yaitu penyakit diabetes ini sudah komplikasi tahap apa.Seperti ynag kita ketahui bahwa diabetes menyebabkan beberapa komplikasi karena diabetes ini atau gula ini ada di dalam darah.

Berapa sih normal nya gula darah ?

Nilai normal Gula Darah Sewaktu (GDS) /Tanpa puasa < 200 mg/dl
Gula Darah Puasa (GDP) < 126 mg/dl

Ada beberapa faktor resiko Diabetes Melitus diantaranya: ada riwayat keluarga dengan diabetes melitus,riwayat kehamilan dengan diabetes melitus dan riwayat lahir dengan berat badan bayi <2,5 kg .Perlu diperhatian juga lingkar pinggang yang normal seperti misalnya kalau pria itu Lingkar perut pria < dari 90cm dan wanita < 80 cm) *tiba-tiba lihat perut hehe .Perlu di perhatikan juga jika tiba-tiba kita mengalami penurunan berat badan yang signifikan karena itu gejala diabetes.



Saat ini penyakit diabetes tidak mengenal usia,anak -anak juga sudah banyak menderita penyakit ini,meski begitu sebelum kita menderita diabetes kita sebisa mungkin harus mencegahnya dengan berbagai cara.Percaya deh ternyata 80% kejadian diabetes dapat dicegah dari sekarang lho.Bagimana caranya? nih mari mulai hidup sehat,pentingnya memperhatikan asupan makanan kita disini kita harus mengkonsumsi makanan gizi seimbang,dan berprilaku CERDIK .


Apa itu CERDIK?
  • Cek kesehatan berkala
  • Enyahkan asap rokok
  • Rajin olah raga/aktivitas fisik
  • Diet sehat dengan kalori seimbang
  • Istirahat yang cukup
  • Kelola stres
Namun bagaimana jika sudah terkena diabetes?.Jika sudah diabetes maka si penderta akan minum obat seumur hidupnya agar gula darah tetap normal.BAhkan di tipe tertentu diperlukan suntik insulin rutin.Nah jika sudah divonis diabetes maka ada 4 pilar yang harus dilakukan oleh si penyandang apa saja? .

Pilar Pengelolaan DM
A.  Edukasi
B.  Perencanaan Makan
C.  Latihan Jasmani
D.  Intervensi Farmakologi

A.    Edukasi

Diabetes tipe II umumnya terjadi pada saat pola gaya hidup dan perilaku telah terbentuk dengan kokoh. Keberhasilan pengelolaan diabetes mandiri membutuhkan partisipasi aktif pasien, keluarga, dan masyarakat. Tim kesehatan harus mendampingi pasien dalam menuju perubahan perilaku. Untuk mencapai keberhasilan perubahan perilaku, dibutuhkan edukasi yang komprehensif, pengembangan keterampilan dan motivasi.

Edukasi tersebut meliputi pemahaman tentang:
  • Penyakit DM.
  • Makna dan perlunya pengendalian dan pemantauan DM.
  • Penyulit DM.
  • Intervensi farmakologis dan non farmakologis.
  • Hipoglikemia.
  • Masalah khusus yang dihadapi.
  • Perawatan kaki pada diabetes.
  • Cara pengembangan sistem pendukung dan pengajaran keterampilan.
  • Cara mempergunakan fasilitas perawatan kesehatan.

Edukasi secara individual atau pendekatan berdasarkan penyelesaian masalah merupakan inti perubahan perilaku yang berhasil. Perubahan Perilaku hampir sama dengan proses edukasi yang memerlukan penilaian, perencanaan, implementasi, dokumentasi, dan evaluasi.

Masalah kaki yaitu borok di kaki dengan atau tanpa infeksi terlokalisasi atau menyerang seluruh kaki adalah dan kematian berbagai jaringan tubuh karena hilangnya suplai darah, infeksi bakteri, dan kerusakan jaringan sekitarnya merupakan  masalah utama pada penderita diabetes.

Klasifikasi penyakit kaki pada penderita diabetes melitus :
  • Tingkat 0  :    Risiko tinggi mengalami penyakit kaki, belum ada borok.
  • Tingkat 1  :    Borok permukaan yang tidak terinfeksi.
  • Tingkat 2  :    Borok lebih dalam, sering dikaitkan dengan inflamasi jaringan.
  • Tingkat 3  :    Borok dalam yang melibatkan tulang dan formasi abscess.
  • Tingkat 4  :    Kematian jaringan tubuh terlokalisir, seperti di ibu jari kaki,    bagian depan kaki atau tumit.
  • Tingkat 5  :     Kematian jaringan tubuh pada seluruh kaki.

Untuk mendiagnosis dan menangani kerusakan saraf kaki dilakukan beberapa tes antara lain pengukuran:
a.    Merasakan sentuhan ringan 
b.    Kepekaan pada suhu 
c.    Sensasi pada getaran 
d.    Efisiensi saraf untuk mengirim pesan ke dan dari otak


Resiko tinggi mengalami masalah kaki karena diabetes, yaitu :
  • Mengalami kerusakan saraf kaki.
  • Mempunyai penyakit pembuluh darah di kaki.
  • Pernah mepunyai borok di kaki.
  • Bentuk kaki berubah.
  • Adanya callus.
  • Buta atau penglihatan buruk , penyakit ginjal terutama gagal ginjal kronis.
  • Para lansia, terutama yang hidup sendirian.
  • Orang-orang yang tidak bisa menjangkau kaki mereka sendiri untuk membersihkannya.
  • Kontrol kadar gula darah yang buruk.
  • Berkurangnya indra perasa di kaki.

Petunjuk umum untuk mencegah borok kaki:
  • Periksa kaki anda setiap hari untuk mendeteksi adanya borok sedini mungkin, apakah ada kulit retak, melepuh,bengkak, luka, atau perdarahan.
  • Periksa sepatu anda baik bagian dalam ataupun luar sebelum memakainya untuk mendeteksi batu atau benda sejenis lainnya yang mungkin ada.
  • Pastikan kaki anda diukur setiap kali membeli alas kaki yang baru.
  • Jauhkan kaki dari udara panas, air panas, dan lain-lain.
  • Pakaikan alas kaki pelindung di dalam rumah dan hindari berjalan tanpa alas kaki.
  • Pakai sepatu yang bertali dan cukup ruang untuk ibu jari kaki.
  • Berikan pelembab pada daerah kaki yang kering , tetapi tidak pada sela-sela jari.
  • Bersihkan kaki setizp hari, keringkan dengan handuk termasuk sela-sela jari.
  • Segera ke dokter bila kaki luka atau berkurang rasa.


B.    Perencanaan makanan

Biasanya pasien DM yang berusia lanjut terutama yang gemuk dapat dikendalikan hanya dengan pengaturan diet saja serta gerak badan ringan dan teratur.

Perencanaan makan merupakan salah satu pilar pengelolan diabetes, meski sampai saat ini tidak ada satu pun perencanaan makan yang sesuai untuk semua pasien. Perencanaan makan harus disesuaikan menurut kebiasaan masing-masing individu. Yang dimaksud dengan karbohidrat adalah gula, tepung, serat.

Faktor yang berpengaruh pada respon glikemik makanan adalah cara memasak, proses penyiapan makanan, dan bentuk makan serta komposisi makanan (karbohidrat, lemak, dan protein). Jumlah masukan kalori makanan yang berasal dari karbohidrat lebih penting daripada sumber atau macam karbohidratnya. Gula pasir sebagai bumbu masakan tetap diijinkan. Pada keadaan glukosa darah terkendali, masih diperbolehkan untuk mengkonsumsi sukrosa (gula pasir) sampai 5 % kebutuhan kalori.

Standar yang dianjurkan adalah makanan dengan komposisi:
  • Karbohidrat   60 – 70 %
  • Protein           10 – 15 %
  • Lemak            20 – 25 %

Makanan dengan komposisi sampai 70 – 7 5 % masih memberikan hasil  yang baik. Jumlah kandungan kolesterol disarankan < 300 mg/hari, diusahakan lemak berasal dari sumber asam lemak tidak jenuh MUFA (Mono Unsurated Fatty Acid), dan membatasi PUFA (Poli Unsaturated Fatty Acid) dan asam lemak jenuh. Jumlah kandungan serat  ± 25 g / hari, diutamakan serat larut. 

Pemanis buatan dapat dipakai secukupnya. Pemanis buatan yang aman dan dapat diterima untuk digunakan pasien diabetes termasuk yang sedang hamil adalah: sakarin, aspartame, acesulfame, potassium, dan sukralose. Jumlah kalori disesuaikan dengan status gizi,umur , ada tidaknya stress akut, kegiatan jasmani. Untuk penentuan status gizi, dapat dipakai Indeks Massa tubuh (IMT) dan rumus Broca.

Indeks massa tubuh ( IMT ) dapat dihitung dengan rumus:

IMT =  BB ( Kg ) / TB ( M2 )
  • IMT Normal Wanita = 18.5 – 23.5
  • IMT Normal  Pria     =  22.5 – 25
  • BB kurang                =   < 18.5

BB lebih
  • Dengan resiko        =   23.0- 24.9
  • Obes I                    =   2.5.0  - 29.9
  • Obes II                   =   = 30.0

PENENTUAN KEBUTUHAN KALORI

Kalori Basal :
Laki-Laki     :  BB idaman ( kg )   X  30 kalori / kg = …………Kalori 
Wanita      :  BB idaman ( kg )   X  25 kalori / kg = …………Kalori

Koreksi / Penyesuaian :
Umur > 40 tahun       : - 5 %          X  Kalori basal   =  …………Kalori
Aktivitas Ringan       : + 10 %       X  Kalori basal   = ……………Kalori
              Sedang    : + 20 %
              Berat       : +30  %     
 BB         Gemuk     : - 20 %        X  Kalori basal   =  - / +…………Kalori
              Lebih       : -10 %
              Kurang     :  20 % 
 Stress metabolik     :10 – 30 %     X Kalori basal   = +  ……… Kalori
 Hamil trimester I& II                 = + 300       Kalori
 Hamiltrimester III / laktasi        = + 500       Kalori

 Total Kebutuhan                   = ……… Kalori

Sumber : PERKENI, Pengelolaan Diabetes Melitus Tipe 2, 2002



C.    Latihan Jasmani

Kegiatan jasmani sehari – hari dan latihan jasmani teratur  (3 – 4 kali seminggu selama kurang lebih 30 menit), merupakan salah satu pilar dalam pengelolaan diabetes tipe II. Latihan jasmani dapat menurunkan berat badan dan memperbaiki sensitifitas terhadap insulin, sehingga akan memperbaiki kendali glukosa darah. Latihan jasmani yang dimaksud ialahjalan, bersepeda santai, jogging, berenang.
  
Latihan jasmani sebaiknya disesuaikan dengan umur dan status kesegaran jasmani. Kegiatan sehari – hari seperti berjalan kaki ke pasar, menggunakan tangga, berkebun tetap dilakukan tetap dilakukan. Batasi atau jangan terlalu lama melakukan  kegiatan yang kurang gerak seperti menonton televisi.

Prinsip latihan jasmani yang dilakukan :
1. Continous :
Latihan jasmani harus berkesinambungan dan dilakukan terus  menerus tanpa berhenti. Contoh: Jogging 30 menit , maka pasien harus melakukannya selama 30 menit tanpa henti.
2. Rhytmical :
Latihan olah raga dipilih yang berirama yaitu otot-otot berkontraksi dan relaksasi secara teratur, contoh berlari, berenang, jalan kaki.
3. Interval :
Latihan dilakukan selang-seling antar gerak cepat dan lambat. Contoh: jalan cepat diselingi jalan lambat, jogging diselangi jalan
4. Progresive :
  • Latihan dilakukan secara bertahap sesuai kemampuan, dari intensitas ringan sampi sedang selama mencapai 30 – 60 menit.
  • Sasaran HR    = 75 – 85 % dari maksimal HR.
  • Maksimal HR = 220 – (umur).
5. Endurance :
Latihan daya tahan untuk meningkatkan kemampuan kardiorespirasi, seperti jalan jogging dan sebagainya.

Latihan dengan prinsip seperti di atas minimal dilakukan 3 hari dalam seminggu, sedang 2 hari yang lain dapat digunakan untuk melakukan olah raga kesenangannya. 

Modifikasi senam sederhana dapat diberikan kepada penderita DM Lansia, misalnya:
  • Menepuk kedua tangan di atas kepala kemudia di paha.
  • Secara bergantian menempatkan tangan di dada dan dibelakang kepala.
  • Latihan meregangkan bagian atas dan bagian bawah tubuh, leher, dan paha.
  • Membuat gerakan lingkaran dengan 2 lengan secara paralel di depan badan.

Olah raga yang teratur memainkan peran yang sangat penting dalam menangani diabetes, manfaat – manfaat utamanya sebagai berikut:
  • Olah raga membantu membakar kalori karena dapat mengurangi berat badan.
  • Olah raga teratur dapat meningkatkan jumlah reseptor pada dinding sel tempat insulin bisa melekatkan diri.
  • Olah raga memperbaiki sirkulasi darah dan menguatkan otot jantung.
  • Olah raga meningkatkan kadar kolesterol “baik” dan mengurangi kadar kolesterol “jahat”
  • Olah raga teratur bisa membantu melepaskan kecemasan stress, dan ketegangan, sehingga memberikan rasa sehat dan bugar.

PETUNJUK OLAH RAGA UNTUK DIABETES BERGANTUNG INSULIN
  • Monitor kadar glukosa darah sebelum dan sesudah berolah raga
  • Hindari gula darah rendah dengan memakan karbohidrat ekstra sebelum olah raga
  • Hindari olah raga berat selama reaksi puncak insulin
  • Lakukan suntikan  insulin di tempat – tempat yang tidak akan digunakan untuk berolah- raga aktif
  • Ikuti saran dokter untuk mengurangi dosis insulin sebelum melakukan olah raga yang melelahkan atau lama
  • Glukosa darah bisa turun bahkan beberapa jam setelah berolah raga karena itu sangat penting untuk memeriksa gula darah secara periodic   

PETUNJUK BEROLAH RAGA UNTUK DIABETES  TIDAK BERGANTUNG   INSULIN
  • Gula darah rendah jarang terjadi selama berola raga dan arena itu tidak perlu untuk memakan karbohidrat ekstra
  • Olah raga untuk menurunkan berat badan perlu didukung dengan pengurangan asupan kalori
  • Olah raga sedang perlu dilakukan setiap hari. Olah raga berat mungkin bisa dilakukan tiga kali seminggu
  • Sangat penting untuk melakukan latihan ringan guna pemanasan dan pendinginan sebelum dan sesudah berolah raga
  • Pilihlah olah raga yang paling sesuai dengan kesehatan dan gaya hidup anda secara umum
  • Manfaat olah raga akan hilang jika tidak berolah raga selama tiga hari berturut-turut
  • Olah raga  bisa meningkatkan nafsu makan dan berarti juga asupan kalori bertambah. Karena itu sangat penting bagi anda untuk menghindari makan makanan ekstra setelah berolah raga.
  • Dosis obat telan untuk diabetes mungkin perlu dikurangi selama olah raga teratur.

D.    Intervensi Farmakologis

Apabila pengendalian diabetesnya tidak berhasil dengan pengaturan diet dan gerak badan barulah diberikan obat hipoglikemik oral. Di Indonesia umumnya OHO yang dipakai ialah Metformin  2 – 3 X 500 mg sehari.
Pada pasien yang mempunyai berat badan sedang dipertimbangkan pemberian sulfonilurea.

Pedoman pemberian sulfonilurea pada DM usia lanjut :
  • Harus waspada akan timbulnya hipoglikemia. Ini disebabkan karena metabolisme sulfonilurea lebih lambat pada usia lanjut, dan seringkali pasien kurang nafsu makan, sering adanya gangguan fungsi ginjal dan hati serta pengaruh interaksi sulfonilurea dengan obat-obatan lain.
  • Sebaiknya digunakan digunakan sulfonyl urea generasi II yang mempunyai waktu paruh pendek dan metabolisme lebih cepat.
  • Jangan mempergunakan klorpropamid karena waktu paruhnya sangat panjang serta sering ditemukan retensi air dan hiponatremi pada penggunaan klorpropamid. Begitu pula bila ada komplikasi ginjal, klorpropamid yang kerjanya 24 – 36 jam tidak boleh diberikan, oleh karena ekskresi obat sangat berkaian dengan fungsi ginjal. Hipoglikemia akibat klorpamid dapat berlangsung lama, berbeda dengan hipoglikemi karena tolbutamid.
  • Sulfonilurea dengan kerja sedang ( seperti glibenklamid, glikasid), biasanya dosis  awal setengah tablet sehari, kalau perlu dapat dinaikkan 1 – 2 kali sehari.
  • Dosis oral pada umumnya bila dianggap perlu dapat dinaikkan tiap 1 – 2 minggu. Untuk mencegah hipoglikemia pada pasien tua lebih baik tidak memberikan dosis maksimum.
  • Kegagalan sekunder dapat terjadi setelah penggunan OHO beberapa lama. Pada kasus sperti ini biasanya dapat dicoba kombinasi OHO dengan insulin atau langsung diberikan insulin saja.
Sumber dari http://www.smallcrab.com .

Itu dia mengenai  diabetes,bayak yang beranggapan jika penyandang diabetes ini singkat sekali hidupnya ett ettt itu salah guys jika kita menangani diabetes ini dengan benar agar diabetes ini tidak komplikasi ke seluruh tubuh maka si penderita bisa berumur panjang lho nah kita juga sebagai masyarakat harus cerdas dan cari tahu mitos dan fakta tentang diabetes.Banyak sekali mitos -mitos yang beredar saat ini di masyarakat tentang diabetes ini ,disini diperlukan edukasi agar tidak terjadi simpangsiur.Saat ini kita bisa kok konsultasi di puskesmas dan gratis.

Yok ayo,,, periksa gula darah secara rutin jika kita beresiko menderita diabetes setidaknya setahun 3x ,penting banget periksaan gula darah ini jadi kita bisa mengantisipasi diabetes sejak dini.Mumpung belum diabetes nah mulai ah kita lawan diabetes ini.
Fighting :) .

Thursday, April 7, 2016

Penyandang Tunanetra Kini Bisa Melek Internet



Jakarta, 5 April 2016 siang selepas jemput anak anak pulang sekolah saya meluncur ke  jl. Pengadegan Utara no.14 Cikoko, Jakarta Selatan tempat gathering Kartunet (Karya Tuna Netra ) dan RIAT (Rumah Internet Atmanto .Gathering kali ini yaitu mensosialisasikan Pelatihan Internet Tunanetra .Sesampainya disana saya langsung registrasi dan sudah banyak orang -orang berbaju kuning dengan sebuah pin yang menempel di bagian kanan.

Sebelum acara dimulai saya keliling foto foto dan ada rasa heran sekaligus takjub dengan saudara -saudara kita yang tuna netra dalam mengaplikasikan laptop .Saya heran kok bisa ya? Lalu saya bertanya ini laptop nya laptop biasa apa khusus ya?setahu saya tuna netra itu menggunakan huruf braile ketika mereka membaca tapi pas di lihat kok keyboard nya sama kaya biasa.


Lalu mas menjawab "Ini lho mba,jadi laptop ini ada software yang bernama screen reader ,screen reader ini dapat menerjemahkan tulisan dalam layar menjadi bentuk digital ,jadi kalau di tekan keyboard nya itu akan mengeluarkan suara".
"Oh...gitu toh " jawab saya mengangguk.


Akhirnya gathering ini pun dimulai dengan Mas Dimas Prasetyo Muharram (27 th) salah satu fouder dari Kartunet (Karya Tuna Netra) beliau mengungkapkan saat ini sebenarnya laptop mau pun banget sudah ramah untuk para penyandang disabilitas dan tuna netra masuk di dalamnya .Kemajuan teknologi di era digital ini juga sudah membantu para penyandang tuna netra dengan berbagai adanya aplikasi atau software yang mempermudah .Saat ini juga para penyandang tuna netra mampu menghasilkan sebuah karya bahkan pendapatan yang tidak sedikit melalui internet.

Kartunet
Dimas Prasetyo Muharram (jas hitam)

Mas Dimas tadinya bekerja di sebuah perusahaan dan kemudian resign dan membuat Kartunet bersama keempat temanya yang juga penyandang tuna netra .
Saat ini bukan hal umum lagi para penyandang disabilitas yang memiliki kekurangan indra visual sulit sekali mendapatkan lapangan pekerjaan karena mungkin masih banyak orang lain memandang sebelah mata kali ya sehingga meragukan kemampuannya.

Dengan di buatnya Kartunet ini juga salah satu pembuktian bahwa para tuna netra ini juga mampu bersaing dengan yang lainya termasuk menghasilkan karya dari para tuna netra .

Percaya tidak? Mas M .Ikhwan Toriqo (Rico) yang juga salah satu founder Kartunet ini pernah menghasilkan 20.000 USD dalam waktu sebulan dari pemasangan iklan di blog atau internet marketing beuhh keren banget ya,duh saya jadi malu sendiri mendengarnya.

Dimas dan Rico di Kartunet saat ini bekerja sama dengan RIAT (Rumah Internet Atmanto) meliputi : pelatihan pengenalan komputer ,pengenalan internet bagi masyarakat dengan keterbatasan dan pelatihan online commerce bagi penyandang keterbatasan serta mengembangkan website begadang.co.id untuk crowdsourcing dengan tujuan untuk pemberdayaan agar penyandang disabilitas visual (tunanetra) menjadi melek internet.

Rumah Internet Atmanto
Fais Atmanto (Founder RIAT) dan Ibu Amy Atmanto


RIAT (Rumah Internet Atmanto ) memiliki visi dan misi yang cukup ngena banget .Visi nya yaitu Pemberdayaan masyarakat umum dan penyandang disabilitas agar mampu mandiri. Dan Misi nya yaitu menyediakan solusi praktis permasalahan yang dihadapi masyarakat dengan bantuan teknologi.Dengan maksud memberikan nilai lebih kepada lingkungan masyarakat.


Menurut founder RIAT Fais Atmanto ,pemuda yang memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi ini mengatakan " ia sangat berharap agar masyarakat yang memiliki keterbatasan di visual bisa belajar,memanfaatkan internet dan menghasilkan uang internet ini,ini juga merupakan bentuk dukungan agar saudara kita penyandang disabilitas juga dapat menjadi bagian dari revolusi digital yang telah dicanangkan Presiden Jokowi".








Keinginan Memberikan Sedikit Sumbangsih Dan Mengabdi Pada Negeri Melalui Nusantara Sehat

Nusantara Sehat




"Video Nusantara Sehat membuat dada saya sesak dan air mata terus mengalir"


          Masih teringat jelas awalnya saya kenal dan tahu apa itu Nusantara Sehat dan berbagai upaya pemerintah dalam mengatasi segala masalah yang ada terutama masalah kesehatan masyarakat.
Mungkin banyak orang awam termasuk saya yang bertanya -tanya apa saja sih kebijakan pemerintah menangani masalah kesehatan?bagaimana langkah pemerintah memajukan atau memberi hak saudara kita mendapatkan pelayanan kesehatan  yang terletak di daerah terpencil? dan segala pertanyaan dalam benak saya terjawab di acara Temu Blogger yang pernah saya tuliskan di mengenal lebih dekat nusantara sehat .

         Saat Temu Blogger bersama Kemenkes membahas apa itu Nusantara Sehat dan apa saja sih yang di lakukan tim Nusantara Sehat.
Nusantara Sehat yaitu salah satu kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan Kebijakan Kementrian Kesehatan RI untuk periode 2015-2019 yang berfokus pada Penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer.

Foto by twitter @MEKO_Wahyudi


         Nusantara sehat memiliki tujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan primer melalui peningkatan jumlah,sebaran,komposisi dan mutu tenaga kesehatan yang berbasis tim.Tim Nusantara Sehat ini diseleksi dengan berbagai tes dan kriteria tertentu .1 tim Nusantara sehat ada Dokter,Dokter gigi,Perawat, Bidan, Tenaga Gizi, Tenaga kesehatan lingkungan, Ahli teknologi laboratorium medik, Tenaga keparmasian dan Tenaga kesehatan.

Para Tim Nusantara Sehat ini di kirim ke berbagai puskesmas di daerah terpencil,perbatasan yang merupakan daerah tertinggal yang terletak di pelosok negeri.Mereka ini para pahlawan, mereka murni mengabdi kepada masyarakat dan tidak di janjikan sebagai PNS.

Putri Indah Nirmala (Tim Nusantara Sehat)


         Ketika Temu Blogger saya pun disuguhkan Video dengan salah seorang Tim Nusantara Sehat yang bernama Putri.Putri menceritakan bagaimana keseharian dia bersama tim nya dalam melakukan tugasnya.Kebetulan Putri ini di tempatkan di Long Pahangai daerah terpencil di Pulau Kalimantan yang di tempuh memakan waktu 20 jam perjalanan.

Mulai dari jalan kaki hingga naik ke tingting (semacam speed boat) dia tempuh, tak jarang tim nya menghadapi berbagai kendala seperti speed boatnya mati di tengah sungai dimalam hari ataupun hujan lebat.Kegiatan Tim Nusantara Sehat setiap hari padat dalam sebulan 8 x melakukan Puskesmas keliling entah itu memberikan edukasi maupun melayani orang yang sakit.



         Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya saudara kita di daerah terpencil untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan.Setelah melihat video Putri beserta Tim Nusantara Sehat dengan sukses membuat dada saya sesak dan air mata terus mengalir.Disana saya mencoba Flashback ketika saya mengeluh dengan pelayanan  BPJS yang kurang memuaskan.Saya pun sempat mengirim keluhan tersebut kepada mas Anjari .


Ohhh..Tuhan...ampuni saya ,sesungguhnya saya yang notabe nya tinggal di Ibu kota yang dengan mudah mengakses layanan kesehatan tapi masih saja mengeluh dan ngedumel.Tapi lihatlah saudara saya di daerah terpencil sungguh sangat sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Salah satu Tim Nusantara Sehat (foto by : twitter @Nusantara_Sehat)


          Dari sana saya mulai jatuh cinta kepada Tim Nusantara Sehat dan dari acara temu Blogger saya makin senang menghadiri aneka tema yang menyangkut masalah kesehatan.Hati saya terketuk untuk menyumbangkan keringat dan tenaga untuk saudara saya di daerah terpencil melalui Tim Nusantara Sehat.

Saya ingin sekali ikut membantu Tim Nusantara Sehat dalam melaksanakan tugasnya.
Saya sebagai masyarakat Indonesia memiliki kewajiban dalam membantu pemerintah, saat ini saya hanya bisa membantu lewat tulisan mengenai aneka fakta tentang kesehatan namun saya berkeinginan ,saya ingin ikut terjun langsung mengabdi lewat gerakan Nusantara Sehat ini walau hanya beberapa hari.
Sesungguhnya masalah kesehatan ini adalah masalah seluruh lapisan masyarakat bukan hanya pemerintah.

           Dibutuhkan jiwa yang kuat dan hati yang besar untuk mengabdi pada negri.Saya merasa salut pada mereka Tim Nusantara Sehat yang benar - benar mengabdi untuk negeri.Terimakasih Tim Nusantara Sehat semoga saya bisa merasakan apa yang kalian rasakan.Saya ingin mendengar cerita dan bertemu langsung dengan kalian .
      
          
         


         

 




















Sunday, April 3, 2016

Cara Stimulasi 8 Kepintaran Anak Pada Periode Emas Elastisitas Otak





Siapapun  dia setiap anak Indonesia terlahir cerdas.
Lemah disatu sisi jenius di sisi lainnya.Tugas seorang tua adalah mengoptimalkan kehebatan dan meminimalkan kelemahan seorang anak.
(Widodo Sudaryanto) 


Setiap anak itu jenius itu mungkin sudah sering kita dengar dan bukan hanya isapan jempol yups #BedaAnakBedaPintar .Tuhan menciptakan anak atau manusia itu sungguh sempurna tak hanya memberikan kelebihan namun juga serta kekurangannya.
Segala kekurangan itu sebaiknya kita bisa meminimalisir dan mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki setiap anak.


Jakarta 1 April 2016 saya menghadiri acara Pro Gold Parenting Club di Jl.Wijaya 1 no.60 kebayoran baru ,Jakarta Selatan.Tema kali ini yaitu Jadikan Pintarnya Si kecil Bersinar ,Cari Tahu Cara Stimulasi 8 Kepintarannya Pada Periode Emas Plastisitas Otak.
Selain tema yang menarik ini dia seorang Narasumber yang terkenal yang menurut saya beliau menyampaikan materi itu ngenalin sekali yaitu Dr.Amanda Meliala (Resource Parenting Indonesia).


Kita punya waktu seumur hidup untuk bekerja ,
Namun anak anak hanya memiliki masa kecil sekali
(Franklin P.Jones)

Itu quote pertama yang di ungkapkan oleh Dr.Amanda Meliala.Benar sekali dimasa kini banyak sekali ibu pekerja dan menitipkan anaknya ke day care,bersama baby sitter atau oma dirumah ,kita terlalu sibuk bekerja hingga lupa bahwa anak hanya memiliki masa kecil sekali dan masa itu masa paling penting pertumbuhan otak anak .


Pada saat lahir bahkan sejak dalam kandungan otak memiliki ribuan sel dan pada usia 0-6th itu ribuan neuron dalam otak itu sedang berkembang sangat pesat dari ribuan hingga miliaran sel .Pada masa ini diperlukan Stimulasi dan Nutrisi yang tepat untuk membentuk struktur otak .Makin berjalannya usia maka miliaran neuron itu akan di pangkas dan itu adalah sebuah bagian normal dan sehat dari perkembangan otak.


Namun perlu diingat bahwa otak itu plastisitas namun plastisitas otak itu bersifat kompetitif .Sampai kapan pun sel saraf otak akan terus tumbuh begitu juga dengan fungsi dan struktur otak berubah sesuai apa yang dialami anak.Agar Otak anak tumbuh optimal kita harus sering menstimulasi dan memberikan nutrisi .
Berbagai kepintaran itu harus terus di stimulasi.


Apa saja sih kepintaran anak?atau kepintaran majemuk?


Jadi setiap anak itu memiliki 8 kepintaran majemuk yaitu :
  1. World Smart adalah kepintaran berbahasa baik lisan maupun tulisan ada beberapa cara untuk mengembangkan atau menstimulasi yaitu dengan membacakan dongeng,corat coret,terus berinteraksi setiap hari.Yang lebih mencengangkan dengan membaca 15 menit sehari kita bertemu dengan lebih dari 1.000.000 kata pertahun woww jumlah yang cukup banyak bukan?'Manfaat lain dari membaca yaitu meningkatkan memori,meningkatkan memecahkan masalah,meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kemampuan menulis.
  2. Number Smart adalah kepintaran memahami angka,simbol,mengenali pola ,berfikir logis dan sistematis.Ada beberapa cara untuk mengembangkan atau menstimulasinya yaitu bisa dengan bermain balok,bereksperimen,membandingkan benda,berburu pola dan memecahkan masalah.
  3. Picture Smart adalah kepintaran membayangkan dan menggambarkan berbagai bentuk .Cara menstimulasi dengan bermain bentuk dan warna,role plate,menyelesaikan puzzle ,origami.
  4. Music Smart adalah kepekaan menciptakan dan mengekspresikan irama,pola titi nada dan apresiasi musik.Cara menstimulasi dengan menyanyi mendengarkan berbagai jenis musik,menebak suara-suara dilingkungan sekitar,bergoyang mengikuti iramDengan bermusik dapat meningkatkan kemampuan bahasa. Kreativitas,kebahagiaan,optimisme,mencegah alzheimer parkinson,mengurangi kecemasan mempererat penyembuhan mengurangi nyeri.
  5.  Body Smart adalah kepintaran untuk menjaga keseimbangan tubuh dan koordinasi antara otak dan tubuh.Cara menstimulasi dengan bermain play south,gerak dan lagu,olah raga.Menurut penelitian Olahraga mampu mempertajam memori,mood ,kecerdasan ,prestasi akademis dan berprilaku positif.
  6. Nature Smart adalah keintaran mengenali lingkungan hidup,memahami fenomena alam termasuk flora dan fauna.Cara menstimulasi bisa dengan mengumpulkan dedaunan/bat,mendengarkan suara burung dan hewan,mengamati bagian tumbuhan dan hewan.
  7. Self Smart adalah kepintaran memahami dan mengelola diri sendiri .Cara menstimulasinya dengan mengenalkan berbagai emosi,membantu anak belajar mandiri,role play,memberikan pilihan ,bermain kartu emosi.
  8. People Smart adalah kepintaran memahami orang laib dan menggunakanya untuk membangun hubungan sosial.Cara menstimulasinya mengenali emosi orang lain,bermain bersama teman,berbagi,antri.

Untuk menuju tumbuh kembang optimal tentunya tidak hanya stimulasi tetapi nutrisi yang tepat .Selain kita sebagai orang tua ,jadilah orang tua yang menyenangkan .Orang tua yang menyenangkan dan perhatian tentunya menumbuhkan rasa sayang dan kepercayaan anak kepada kita.

Diperlukan aneka perhatian dan selalu berikan mereka yang terbaik .Sesibuk apapun kita sebaiknya kita selalu bertanya hal-hal kecil atau sekedar bertanya bagaimana hari ini?apa kah ada hal yang menyenangkan disekolah?.

Tidak ada yang sia -sia jika kita melakukan sesuatu untuk anak -anak.Mereka sepertinya tidak memperhatikab kita,mengalihkan pandangan dan jarang berterimakasih,tapi apa yang kita lakukan untuk mereka tidak pernah sia-sia.
(Garrison Keillor)


Untuk mendapatkan anak yang sukses diperlukan pondasi yang kuat dan kokoh.Lalu apa saja yang di perlukan memiliki pondasi yang kuat dan kokoh?.

Anak-anak perlu memiliki SQ (Spiritual Nature) ,IQ (Number Picture) PQ(Body) ,EQ (Self People Music).Jika semua kebutuhan pondasi sudah terpenuhi nah kita sebagai orang tua juga harus tetap mendampingi anaknya.Yang terpenting adalah kita sebagai orang tua harus menstimulasi si anak setiap hari.



Oyaa...disana saya juga mencoba menghitung kepintaran anak saya ,,ya bisa di bilang kepintaran si bungsu Kezia itu lebih dominan dibagian apa.Pertama saya masuk Ke website ProGOLD parenting club lalu pilih cek kecerdasan anak dan mengisi semua pertanyaan disana lalu keluar lah hasilnya .


Sobat ISB Belajar Bareng Brilio.net Cara Mendapatkan Ide Konten Agar Menjadi Viral

Foto by Teh Ani Berta Assalamu'alaikum. Apa perasaan kalian jika tulisan kita jadi viral? Pasti seneng banget donk ya kalau tuli...