Thursday, April 7, 2016

Keinginan Memberikan Sedikit Sumbangsih Dan Mengabdi Pada Negeri Melalui Nusantara Sehat

Nusantara Sehat




"Video Nusantara Sehat membuat dada saya sesak dan air mata terus mengalir"


          Masih teringat jelas awalnya saya kenal dan tahu apa itu Nusantara Sehat dan berbagai upaya pemerintah dalam mengatasi segala masalah yang ada terutama masalah kesehatan masyarakat.
Mungkin banyak orang awam termasuk saya yang bertanya -tanya apa saja sih kebijakan pemerintah menangani masalah kesehatan?bagaimana langkah pemerintah memajukan atau memberi hak saudara kita mendapatkan pelayanan kesehatan  yang terletak di daerah terpencil? dan segala pertanyaan dalam benak saya terjawab di acara Temu Blogger yang pernah saya tuliskan di mengenal lebih dekat nusantara sehat .

         Saat Temu Blogger bersama Kemenkes membahas apa itu Nusantara Sehat dan apa saja sih yang di lakukan tim Nusantara Sehat.
Nusantara Sehat yaitu salah satu kegiatan yang dicanangkan oleh Kemenkes dalam upaya mewujudkan Kebijakan Kementrian Kesehatan RI untuk periode 2015-2019 yang berfokus pada Penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes) Primer.

Foto by twitter @MEKO_Wahyudi


         Nusantara sehat memiliki tujuan untuk menguatkan pelayanan kesehatan primer melalui peningkatan jumlah,sebaran,komposisi dan mutu tenaga kesehatan yang berbasis tim.Tim Nusantara Sehat ini diseleksi dengan berbagai tes dan kriteria tertentu .1 tim Nusantara sehat ada Dokter,Dokter gigi,Perawat, Bidan, Tenaga Gizi, Tenaga kesehatan lingkungan, Ahli teknologi laboratorium medik, Tenaga keparmasian dan Tenaga kesehatan.

Para Tim Nusantara Sehat ini di kirim ke berbagai puskesmas di daerah terpencil,perbatasan yang merupakan daerah tertinggal yang terletak di pelosok negeri.Mereka ini para pahlawan, mereka murni mengabdi kepada masyarakat dan tidak di janjikan sebagai PNS.

Putri Indah Nirmala (Tim Nusantara Sehat)


         Ketika Temu Blogger saya pun disuguhkan Video dengan salah seorang Tim Nusantara Sehat yang bernama Putri.Putri menceritakan bagaimana keseharian dia bersama tim nya dalam melakukan tugasnya.Kebetulan Putri ini di tempatkan di Long Pahangai daerah terpencil di Pulau Kalimantan yang di tempuh memakan waktu 20 jam perjalanan.

Mulai dari jalan kaki hingga naik ke tingting (semacam speed boat) dia tempuh, tak jarang tim nya menghadapi berbagai kendala seperti speed boatnya mati di tengah sungai dimalam hari ataupun hujan lebat.Kegiatan Tim Nusantara Sehat setiap hari padat dalam sebulan 8 x melakukan Puskesmas keliling entah itu memberikan edukasi maupun melayani orang yang sakit.



         Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya saudara kita di daerah terpencil untuk mendapatkan akses pelayanan kesehatan.Setelah melihat video Putri beserta Tim Nusantara Sehat dengan sukses membuat dada saya sesak dan air mata terus mengalir.Disana saya mencoba Flashback ketika saya mengeluh dengan pelayanan  BPJS yang kurang memuaskan.Saya pun sempat mengirim keluhan tersebut kepada mas Anjari .


Ohhh..Tuhan...ampuni saya ,sesungguhnya saya yang notabe nya tinggal di Ibu kota yang dengan mudah mengakses layanan kesehatan tapi masih saja mengeluh dan ngedumel.Tapi lihatlah saudara saya di daerah terpencil sungguh sangat sulit untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Salah satu Tim Nusantara Sehat (foto by : twitter @Nusantara_Sehat)


          Dari sana saya mulai jatuh cinta kepada Tim Nusantara Sehat dan dari acara temu Blogger saya makin senang menghadiri aneka tema yang menyangkut masalah kesehatan.Hati saya terketuk untuk menyumbangkan keringat dan tenaga untuk saudara saya di daerah terpencil melalui Tim Nusantara Sehat.

Saya ingin sekali ikut membantu Tim Nusantara Sehat dalam melaksanakan tugasnya.
Saya sebagai masyarakat Indonesia memiliki kewajiban dalam membantu pemerintah, saat ini saya hanya bisa membantu lewat tulisan mengenai aneka fakta tentang kesehatan namun saya berkeinginan ,saya ingin ikut terjun langsung mengabdi lewat gerakan Nusantara Sehat ini walau hanya beberapa hari.
Sesungguhnya masalah kesehatan ini adalah masalah seluruh lapisan masyarakat bukan hanya pemerintah.

           Dibutuhkan jiwa yang kuat dan hati yang besar untuk mengabdi pada negri.Saya merasa salut pada mereka Tim Nusantara Sehat yang benar - benar mengabdi untuk negeri.Terimakasih Tim Nusantara Sehat semoga saya bisa merasakan apa yang kalian rasakan.Saya ingin mendengar cerita dan bertemu langsung dengan kalian .
      
          
         


         

 




















No comments:

Post a Comment