Thursday, April 14, 2016

Peluncuran Alat Edukasi Alergi Bersama Sari husada



Jakarta,10 April 2016,saya menghadiri acara peluncuran buku website www.alergianak.com dan buku Mengenal Alergi pada anak bersama Sarihusada di hotel JS.Luwansa ,Jakarta.Siang itu banyak sekali cobaan ynag saya alami menuju kesana mulai dari kereta yang mogok sampai 1 jam lebih sampai menunggu busway yang tak kunjug datang hehe biasa lah ya,,eh tapi kemarin itu biasanya saya kesana hanya memakan waktu kurang dari 1 jam kemarin saya menuju kesana memakan waktu 4 jam lho *berasa Jakarta-Bandung hehe.Antusias saya menuju kesana mengalahkan seluruh hambatan yang saya alami *eaaa.

Sesampainya disana acara pun sudah mulai ,Ada beberapa pembicara kli ini yaitu ada Bapak DR.Dr. Zakiudin Munasir ,SpA(K) ,Konsultan Alergi -Imunologi Anak dari RS. Cipto Mangunkusumo (RSCM) , DR. Dr. Herqutanto, MPH ,MARS, Ketua Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas-Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia  dan Ahmad Hamdani, Healthcre Nutriton Director Sarihusada.




Peluncuran website dan buku ini dalam rangka mendukung World Allergy Week 2016 yang berlangsung tanggal 11-17 April.Sebelumnya saya pernah nulis tentang alergi disini .
Nah kali ini saya sedikit membahas tentang website alergianak.com ,kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan K3 dan buku Mengenal Alergi Pada Anak.

Menurut DR. Dr. Zakiudin Munasir, SpA(K) yang juga penulis buku Mengenal Alergi pada anak mengungkapkan bahwa "angka kejadian alergi meningkat dari tahun ke tahun di seluruh dunia,termasuk Indonesia.Hal ini di sebabkan pola hidup masyarakat yang berubah ,yang menghasilkan lingkungan yang memudahkan terjadinya penyakit alergi dan hal ini juga disebabkan masih rendahnya pemahaman masyarakat mengenai alergi,seperti mengenali faktor risiko maupun kesalahan dalam  menangani anak".

Disini perlunya edukasi untuk para orang tua yang komprehensif tapi mudah dipahami mengenai alergi.Melalui dalam buku Mengenal Alergi pada Anak diharapkan masyarakat umum maupun kalangan medis bisa memahami lebih dalam mengenai pengertian alergi,mekanisme terjadinya alergi dan mengenal macam-macam alergen sebagai pencetus alergi.



Ada apa saja di Buku Mengenal Alergi Pada Anak?

Buku yang memiliki ketebalan 153 ini menurut saya sudah cukup lengkap dan dikemas secara praktis karena dijabarkan tentang alergi,aneka alergen dan sebagainya.Ada juga daftar istilah medis dijelaskan juga lho.Jadi untuk orang awam mudah memahami bagaimana cara penanganan yang tepat alergi.

Sedikit cerita ,tanggal 11 saya konsultasi alergi dengan seorang dokter di sebuah mall dan ternyata dokter tersebut juga menjelaskan tentang alergi ke saya dan mak Windah pakai buku Alergi ini hehe.Aku yoweslah hehe ternyata buku ini sudah dibuat praktis dan memudahkan untuk para orang tua dan kalangan medis.






Website www.alergianak.com

Ini dia website yang menurut saya ngelantur banget mudah diakses dan sangat bersahabat karena kita bisa konsultasi dan berdiskusi lewat website ini dan ada pakar terkait alergi yang menjawabnya.

Di website ini kita bisa cek risiko alergi anak,cek gejala alergi anak,tanya dokter dan ada forum diskusi alergi.
Ada yang menarik lho,jadi saya mencoba cek risiko alergi anak dan setelah mengisi kuesioner ternyata hasil nya bisa kita download ,print juga lho untuk di konsultasikan lebih lanjut ke dokter.









Kampanye Bunda Tanggap Alergi dengan 3K 

3K yang memiliki arti yaitu Kenali tanda alerginya, Konsultasikan Kendalikan penyebab alergi.Puncak dari kampanye ini yaitu Minggu  tanggal 17 April di CFD Sudirman (Car Free Day ) di sekitaran Gedung UOB Thamrin.

Melalui kampanye 3K ini Sari husada memberikan edukasi mengenai alergi.Masyarakat harus tau dampak dari alergi ,macam alergi dan tentunya kegiatan kampanye World Allergy Week ini akan menarik karena ada games juga.Untuk lebih tau lengkapnya coba berkunjung ke twitter @Nutrisi_Bangsa .


1 comment: