Monday, May 30, 2016


          Kali ini saya ingin membahas masalah kaitan rokok dengan Hari Tanpa Tembakau Sedunia bersama Kemenkes RI malu sih sebenarnya hadir disana  karena status saya mantan perokok tapi kalau di pikir-pikir ngapain malu toh saat ini saya mantan perokok yang sukses bisa keluar dari status perokok.
Malu memang sebenarnya untuk bercerita ini maupun tentang diri saya yang notabe nya mantan perokok.Saya merokok itu kelas 3 SMP, pada saat itu teman-teman saya yang kebanyakan laki-laki semuanya merokok namun entahlah mungkin karena akibat pergaulan juga saya merokok.


          Namun setelah berjaln 2 th saya mengalami pengalaman titik balik kehidupan saya hingga saya memutuskan untuk berhenti merokok.Awalnya memang sulit untuk berhenti namun dengan berjalanya waktu saya bisa sukses lepas dari barang itu.
Setiap hari di kantong saya tersedia permen Golia, jadi kalau kepengen banget merokok ya saya makan permen itu .Bahkan kalau lagi senggang saya terus makan permen itu dengan harpan bisa sukses lepas dari rokok.Kira - kira memakan waktu sampai 3 bulan lah saya selalu makan Golia sampai-sampai gigi saya ikut rusak haha tapi ga papa lah ya yang penting lepas dari barang itu



             Oke itu sedikit tentang saya dan yuk ah ini ulasan saya ketika saya hadir di Acara Peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia bersama Kemenkes RI dan Indonesia Smoke-Free Agents .Saat ini industri rokok makin menggila dan bahkan sudah menyusup kepada remaja di Indonesia bahkan bukan remaja saja kali ya bahkan saat ini anak di bawah umur juga sudah merasakan rokok itu sendiri.Masih ingat tentang bocah yang bernama Aldi dan Sandi yang terkenal karena dengan usia mereka yang masih dini mereka sudah kecandu rokok? setelah melihat berita tersebu yang ada di benak saya kok miris ya,,para orang tua bahkan sanak sodara mereka hanya menganggap bocah itu sebagai bahan tertawaan atau lelucon.



Merayakan Hari Pendidikan Nasional Bersama Prosehat

Foto bersama teman blogger :)


 Jakarta 29 Mei 2016 saya menghadiri talkshow menarik bersama Prosehat di FX Sudirman .Acara tersebut merupakan bentuk partisispasi Prosehat dalam merayakan Hari Pendidikan Nasional yang jatuh pada tanggal 2 Mei.Tema talkshow yaitu #IbuPintar yaitu Ibu yang sehat,kuat dan anggun untuk keluarga dan generasi masa depan.Talkshow pertama yaitu mengenai kehamilan dan narasumbernya yaitu dr.Bram Pradipta, SpOG .

Masa kehamilan masa yang paling membahagiakan setiap ibu termasuk saya.Pada masa ini para mommie menapaki tahap demi tahap perubahan bentuk tubuh.Mulai dari perut yang membuncit dan kaki yang membesar itu yang dialami.

Untuk memiliki anak yang sehat,normal dan pintar para ibu hamil harus atau wajib mengkonsumsi aneka nutrisi yang baik untuk si kecil dan juga si ibu.Nutrisi itu merupakan faktor penting pada masa kehamilan.Saat hamil sebaiknya sang ibu memperhatikan segala asupan nutrisi yang di makan.

Tak hanya nutrisi, pada ibu hamil sebaiknya memperhatikan peningkatan masalah berat badan kenapa? Karena berat badan sang ibu mempengaruhi keadaan si kecil seperti terjadinya BBLR yaitu berisiko PJK, diabetes melitus tipe 2, hipertensi dan hyperlipidemia.
Jika saat hamil sang ibu mengalami obesitas maka akan terjadi seperti DMG, melahirkan SC,terjadi komplikasi persalinan, macrosomia, kelainan kongenitak dan obesitas pada anak.
Tuh...kan cukup banyak sekali risiko yang bisa dialami oleh ibu hamil jika tidak memperhatikan nutrisi dan berat badan.


Thursday, May 26, 2016

Yuk Kenali Gejala Gangguan Tiroid




Jakarta, 24 Mei 2016 saya mengikuti seminar tentang Gangguan Tiroid bersama Kemenkes RI di Graha Cempaka, Jakarta Pusat.Seminar ini dalam rangka International Thyroid Awareness Week .Sedikit yang saya tahu tentang kelenjar Tiroid ini, yang saya tahu kalau ada gangguan pada kelenjar ini maka pada bagian leher akan membesar atau gondok gitu.Nah beruntung sekali saya bisa ikut dalam seminar ini.


Apa sih Kelenjar Tiroid?

Kelenjar Tiroid merupakan kelenjar endokrin yang berbentuk kupu-kupu yang terletak pada bagian depan leher di bawah jakun .
Kelenjar Tiroid ini juga yang mengatur berbagai sistem metabolisme dalam tubuh.
Walaupun relatif kecil ,kelenjar tiroid memproduksi  hormon yang dapat mempengaruhi setiap sel, jaringan dan organ tubuh kita.Bisa di bilang peran kelenjar tiroid ini sangat penting .Pada anak-anak, hormon tiroid berperan penting untuk perkembangan otak dan tumbuh kembang.

Kelenjar Tiroid seharusnya berfungsi dengan baik meski begitu pada sebagian orang bahkan banyak yang mengalami gangguan kelenjar tiroid ini.
Pada tahun 2015 Indonesia menduduki gangguan kelenjar tiroid tertinggi di Asia tenggara yaitu sebanyak 17 juta penduduk menderita Tiroid duh miris banget ya .

sumber foto :www.tiroidindonesia.com


Penyebab Gangguan Tiroid :


  • Riwayat keluarga dengan masalah tiroid
  • Penyakit autoimun
  • Operasi tiroid
  • Perawatan radiasi kondisi leher yang telah terkena radiasi sinar -X
  • Diet yodium yang terlalu rendah atau terlalu tinggi.


Gangguan Tiroid dapat mengenai berbagai usia seperti :

  • Bayi baru lahir 
  • Anak-anak
  • Usia-Dewasa/produktif
  • Usia lanjut.


Pada wanita gangguan tiroid 5-8 kali bisa lebih rentan dari pada laki-laki.Banyak faktor yang bisa menyebabkan terjadinya gangguan tiroid seperti tidak menjalankan hidup sehat dan gizi seimbang dan merokok juga bisa menyebabkan gangguan kelenjar tiroid.
Penyakit gangguan Tiroid ini bisa di cegah,di tangani dan di obati.Sebagai pencegahan terjadinya gangguan kelenjar tiroid kita bisa melaksanakan prilaku  CERDIK.
Untuk pengobatan, gangguan tiroid pada umumnya kondisi seumur hidup,namun bisa di tangani dengan pengobatan yang baik sejak dini dan pengobatan gangguan tiroid tidak mahal dan efektif.



Pentingnya diagnosa dini sangat penting agar bisa lebih cepat diatasi dan mengurangi risko perkembangan perkembangan penyakit yang berpotensi serius atau konsekuensi yang mengancam hidup si penderita.
Diagnosis gangguan tiroid dapat diketahui melalui tes darah yang cukup singkat dan sederhana .Tes darah tersebut untuk mengukur kadar Thyroid-stimulating Hormon(TSH) dan hormon tiroid dalam tubuh.

Bentuk gangguan Tiroid :

  • Kelainan Fungsi (Hipertiroid/Hipotiroid) 
  • Kelainan bentuk (Struma/Nodul)
  • Kanker Tiroid
  • Peradangan
Kelainan Fungsi Hipertiroid adalah kelenjar tiroid akan menghasilkan terlalu bnayak hormon tiroid.Adapun gejalanya yaitu :
  • Denyut jantung cepat dan berdebar
  • Mudah cemas,gelisah dan mudah marahh
  • Tangan gemetar
  • Rambut rapuh
  • Menstruasi abnormal
  • Kulit menipis
  • Keringat berlebih
  • Sering buang air besar
  • Kehilangan berta badan berlebih meskipun pola makan normal
Kelainan Fungsi Hipotiroid adalah ketika kelenjar tiroid kurang aktif,kelenjar tidak menghasilkan hormon tiroid yang cukup yang di butuhkan untuk menjaga metabolisme tubuh.
  • Mudah lelah dan mengantuk
  • Mudah kedinginan
  • Konstipasi
  • Depresi
  • Periode menstruasi abnormal
  • Muka,tangan, tubuh bengkak
  • Libido menurun
  • Mengalami kenaikan berat badan meskipun diet dan berolahraga.
Kelainan bentuk (Struma/Nodul )
Struma/Gondok;Pembesaran kelenjar tiroid
Nodul: kelainan bentuk Tiroid yang dapat bersifat jinak /ganas dan seringkali tidak ada gejala.

Kanker Tiroid

Kelainan atau gangguan kelenjar tiroid ini jika di biarkan atau tidak diobati atau di tangani bisa menyebabkan kanker tiroid meskipun pada umumnya kanker tiroid merespon terhadap pengobatan, walaupun ada bagian kecil yang bisa bersifat agresif.

Peradangan 

Peradangan pada kelenjar tiroid (Tidoiditis).

Saat ini masih banyak yang belum tahu dan sadar tentang gangguan tiroid ini,mereka sering salah mentafsirkan dan bahkan sama sekali terabaikan.Sebagian gangguan tiroid tidak terdiagnosis.Nah oleh sebab itu maka pentingnya kita untuk mengetahui gejala dan tanda -tanda gangguan tiroid ini.


Monday, May 23, 2016

Menciptakan Kehangatan Keluarga Lewat Meja Makan

Beberapa waktu lalu saya menghadiri blogger gathering bersama Tupperware dan Viva.co.id di daerah Cilandak, Jakarta Selatan.Saya sangat antusias sekali untuk datang ke acara tersebut karena tema yang di angkat kali ini membuat saya yakin saya mampu membuat kehangatan antar keluarga di rumah itu kembali lagi.Yups..tema kali ini yaitu "Ciptakan Kembali Tradisi Bersantap Di Rumah" .

Tempat gathering tidak begitu jauh dari rumah saya dan hanya memakan waktu 30 menit saja.Ah...sepanjang jalan saya sudah tidak sabar untuk mengikuti gathering kali ini.Tak lama saya pun sampai di Office Tupperware yang berada di lantai 12.Disana sudah banyak teman blogger yang sudah hadir.Tepat di depan registrasi sudah tersusun cantik sebuah meja makan yang lengkap dengan aneka produk Tupperware keluaran terbaru yaitu Petite Blossom.Nuansa putih hijau membuat semua yang hadir tampak takjub tak terkecuali dengan saya.Saya langsung meminta teman-teman untuk duduk dan kemudia berfoto ria .



Tak lama seluruh blogger yang hadir memasuki sebuah ruangan yang sudah di design cantik.Saat memasuki ruangan saya takjub banget lho dan menginspirasi saya untuk mendesign meja makan rumah saya.Sebelum acara talkshow di mulai ada bagi-bagi hadiah lho.Ada games juga yang tentunya berhadiah produk Tupperware .Setelah games akhirnya di mulai lah acaranya yang di awali pemutaran video yang benar-benar sangat menyentuh dan jujur saya menangis melihat video tersebut.Video yang berisikan ungkapan para anggota keluarga yang kangen sekali untuk makan bersama dengan anggota keluarga lainya.

Saya menangis melihat video itu dan seakan memutar kembali alur cerita keluarga saya yang tak jauh beda dengan mereka.Kalau inget dulu saat alm.mama masih ada kami semua anggota keluarga memiliki tempat paling favorit yaitu meja makan.Kenapa di meja makan? Karena disana lah kami semua anggota keluarga makan bersama dan sambil bercerita atau hanya sekedar mengungkapkan apa yang ada di hati mereka.

Biasanya sebelum berangkat sekolah kami semua berkumpul sarapan bersama menikmati semua masakan mama yang selalu istimewa.Mama saya pintar sekali memanjakan lidah seluruh anggota keluarga dengan kelezatan semua masakanya dan beliau pintar menata masakan atau pun meja makan .Di meja makan inilah kehangatan keluarga saya tercipta, ada saja setiap hari cerita baru yang di share ketika kita berkumpul makan bersama.

Sampai saat ini masih dalam ingatan saya ketika kakak saya bercerita di jaili oleh temanya sampai baju dan celana sekolah dia itu robek .Jadi kakak saya itu bersama temanya lagi nungguin teman yang lain untuk pulang bareng seperti biasa namun selama menunggu kedua teman kakak saya mengajak kakak saya untuk mampir ke rumah samping sekolah dan meminta buah jambunya.Kakak saya tidak tahu kalau ternyata rumah yang baru di huni itu ada anjingnya.Ketika kakak saya ketok rumah tersebut dan disambut gonggongan anjing kakak saya langsung lari terbirit-birit hingga masuk ke selokan yang menyebabkan seragam sekolahnya robek dan kotor.Mendengar cerita kakak kami semua tertawa hahaha kalau di ingat memang itu moment yang paling di rindukan iya... Meja Makan Punya Cerita yang mampu menciptakan kehangatan dalam keluarga.

Sekarang saya ingin sekali moment itu terjadi di keluarga saya, anggota keluarga yang sama - sama sibuk sulit juga untuk mengatur jadwal untuk kita makan bersama lagi ya..setidaknya seminggu sekali kami semua kumpul bersama.Yups..setelah melihat video persembahan Tupperware saya berinisiatif dari jauh-jauh hari sebaiknya kita berkumpul makan bersama di rumah sambil nonton film hehe.

Setelah pemutaran video kita semua diberikan penjelasan rangkaian produk saji terbaru dari Tupperware yaitu Petite Blossom .Petite Blossom sendiri ada wadah untuk nasi, sup, saus, lauk tanpa kuah yang di lengkapi penutup berikut sendok.Bentuknya sama seperti Tupperware Blossom Collection namun ukuranya lebih kecil dan cukup untuk sekeluarga .

TUPPERWARE PETITE blossom
Tupperware Petite Blossom


Petite Blossom dengan ukuran yang pas dan warna yang segar membuat kita semua merasa semangat ketika sarapan bersama tentunya.Terlebih produk ini memiliki kelebihan seperti jika kita ingin menghangatkan makanan tinggal masukan saja ke microwave, atau jika ada makanan sisa ya tinggal masukan saja ke dalam kulkas.

Produk yang praktis ini cocok banget untuk para urban masa kini yang pengenya tuh serba praktis.Untuk masalah keamanan produk pun tidak di ragukan lagi karena sudah Food Grade alias aman dan awet.Seluruh produk Tupperware juga bergaransi dengan ketentuan berlaku tentunya.

Wah...saya jadi pengen banget punya Tupperware Petite Blossom di rumah.Sudah punya bayangan juga kalau punya produk itu mau saya pakai di setiap sarapan keluarga maupun makan malam.

Setelah mendengar aneka kelebihan Tupperware Petite Blossom, ada seorang psikolog cantik mba Ajeng.Pas sesi inilah saya mendapat aneka trik atau ilmu agar kita membiasakan untuk sarapan bersama keluarga di rumah agar terciptanya kehangatan dan makin terjalin erat kasih sayang antara anggota keluarga.

Ternyata kita jangan meremehkan moment sarapan bersama lho.Ternyata dengan sarapan berama antar keluarga itu bisa menumbuhkan rasa peduli,saling sayang antara keluarga nahh..kalau ini saya percaya banget.



Setelah acara tanya jawab Tupperware kembali bagi-bagi hadiah yaitu kepada semua peserta yang bertanya ,pemenang livetweet dan doorprize.Wah...pokoknya banjir hadiah deh di acara ini.

Acara gathering ini sangat menarik sekali menurut saya karena saya mendapatkan ilmu dan inspirasi dalam menciptakan kehangatan dalam keluarga lewat Meja Makan .Terimakasih Tupperware dan Viva.co.id di tunggu ya blogger gathering lainya. 😊

Monday, May 16, 2016

Belajar Entrepreneurship Bersama Bogasari Di KidZania Jakarta



Jakarta , 12 Mei 2016 hari kamis lalu saya di undang untuk mengikuti talkshow di KidZania bersama PT Indofood Sukses Makmur, Tbk ( Bogasari) dengan tema "Entrepreneurship Berbasis Terigu ". Pagi itu saya mengajak si Bungsu Kezia dan Satya keponakan saya. Semenjak masih di rumah mereka antusias banget ga sabar untuk ke KidZania yang berada di Pacifik Place Jakarta.Kezia juga sudah mempersiapkan semuanya keperluan dia disana sejak malam.

Ini bukan kali pertama Kezia berkunjung ke KidZania jadi dia sudah punya planing wahana apa saja yang akan dia coba disana.Untuk jarak waktu kesana dari rumah cukup memakan waktu setengah jam naik motor.Setelah sampai di KidZania saya registrasi dan untuk Kezia dan Satya diberikan cek untuk di tukar di Bank BRI di dalam KidZania.Saat itu acara talkshow di mulai pukul 10 pagi jadi sebelum talkshow saya menemani Kezia untuk mencoba beberapa wahana.

Tuesday, May 10, 2016

Ocean Dream Samudra Ancol Tempat Wisata Yang Sarat Edukasi

Ocean dream ancol
Duo Pelipur Lara

Haii haii kali ini mau cerita liburan piknik ke Ancol tepatnya ke Ocean Dream Samudra Ancol.Saya sendiri sudah pernah ke Ocean Dream Samudra Ancol tapi ya waktu saya TK haha itu waktu masih ada alm.mama.Rasanya ga sabar untuk menginjak kembali menginjak tempat itu terlebih lagi bawa anak-annak kesana.

Sejak pagi Shakila dan Kezia sudah siap dengan bawaan masing -masing .Yups saya mengajarkan anak-anak untuk membawa masing-masing keperluan mereka dalam tasnya.Menuju ke Ancol saya naik kereta dari Stasiun Pondok ranji lalu transit ke Tanah Abang dan lanjut ke Stasiun Kampung Bandan.Dari Stasiun Kampung Bandan saya jalan kaki menuju jalan raya dan lanjut naik angkot ke arah ancol.


Sesampainya di Ancol saya langsung menuju Ocean Dream Samudra ,suasana pagi itu bener -bener super banget hehe super penuh maksudnya.Suasana yang nyaman dan adem karena banyak pepohonan di sepanjang jalan menuju ke depan gerbang.

Saturday, May 7, 2016

Jangan Biarkan Alergi Menghambat Anak Untuk Berprestasi dan Tumbuh Kembang Optimal


Yups kali ini saya akan masalah mengenai alergi dan bagaimana cara atau hal apa saja yang seharusnya orang tua lakukan jika putra-putri nya memiliki alergi, saya pun akan sharing tentang alergi dalam keluarga saya.Mantan suami saya memiliki alergi yang lumayan lah ya,beliau alergi terhadap alkohol, obat-obatan dan juga udang atau lobster, jadi kalau mantan suami makan udang tubuhnya akan merah dan lanjut gatal-gatal di sekujur tubuhnya.

Melihat kondisi beliau yang sangat tidak nyaman dan membuat saya khawatir apa iya anak-anak saya juga bisa mengalami alergi yang sama?.Soalnya yang saya tahu bahwa ternyata jika orang tua memiliki laergi maka bisa jadi anaknya mengalami alergi juga.Keponkan saya pun juga ternyata memiliki alergi susu sapi, nah kebetulan saya mendapat kesempatan coaching clinic gratis dengan dokter alergi di Kalcare BXChange Mall.Jadi Kalbe Nutritional melalui brand Morinaga  ikut berpartisipasi dalam World Alergi Week  yaitu program tahunan World Allergy Organization (WAO) dalam  meningkatkan pemahaman mengenai alergi dan penyakit lainya yang ter kait,serta menggagas  pelatihan dan sumber daya untuk melakukan diagnose dan tindakan pencegahan  lewat Kampanye  Alergi  Morinaga : Semua Dari Ingi Tahu yang terdiri dari 3 langkah  : Tau-Cegah & Atasi –Sebar.

Thursday, May 5, 2016

Diskusi dan Peluncuran Buku Perkebunan Pemerdekaan Indonesia


Jakarta, selasa 3 Mei 2016 saya menghadiri acara diskusi dan konperensi pers sekaligus peluncuran buku Kumpulan pemikiran Prof. Dr. Ir. Agus pakpahan, APU 'Perkebunan Pemerdekaan Indonesia' . Acara itu berlangsung di Gedung 165 , jl. TB. Simatupang, Jakarta Selatan.

Nara sumber diskusi kali ini yaitu Prof.Dr.Ir Agus Pakpahan,APU , Dewan Pakar Media Perkebunan Ketua Badan Eksekutif GAPPERINDO(Gabungan Assosiasi Petani Perkebunan Indonesia) dan MT Felix Sitorus ,Sosiolog Agribisnis, Center for Smart Agribussines (CeSA) , politeknik Agroindustri Subang.

Sebelum acara diskusi dimulai ada perwakilan dari dirjen perkebunan bapak Dr. Dwi Pratomo Sujatmiko memberikan sambutan kepada peserta diskusi yang hadir.

Wujudkan Umroh Bersama Ayah Lewat Program Berkah TOTAL Almeera

Assalamu'alaikum. Apa arti Ayah bagi kamu? bagi saya ayah memiliki banyak arti di kehidupan saya.Papa ..biasa saya menyebut sese...