Monday, May 16, 2016

Belajar Entrepreneurship Bersama Bogasari Di KidZania Jakarta



Jakarta , 12 Mei 2016 hari kamis lalu saya di undang untuk mengikuti talkshow di KidZania bersama PT Indofood Sukses Makmur, Tbk ( Bogasari) dengan tema "Entrepreneurship Berbasis Terigu ". Pagi itu saya mengajak si Bungsu Kezia dan Satya keponakan saya. Semenjak masih di rumah mereka antusias banget ga sabar untuk ke KidZania yang berada di Pacifik Place Jakarta.Kezia juga sudah mempersiapkan semuanya keperluan dia disana sejak malam.

Ini bukan kali pertama Kezia berkunjung ke KidZania jadi dia sudah punya planing wahana apa saja yang akan dia coba disana.Untuk jarak waktu kesana dari rumah cukup memakan waktu setengah jam naik motor.Setelah sampai di KidZania saya registrasi dan untuk Kezia dan Satya diberikan cek untuk di tukar di Bank BRI di dalam KidZania.Saat itu acara talkshow di mulai pukul 10 pagi jadi sebelum talkshow saya menemani Kezia untuk mencoba beberapa wahana.




kidzania jakarta
Pose dulu ah di depan Metropolitan Theater Of Kidzania

Sebelum menikmati semua wahana tak lupa saya memberitahu Kezia kalau mama itu talkshow di Metropolitan Theater Of  KidZania .Untuk melepas anak-anak bermain di KidZania secara mandiri sih saya ga perlu takut ya karena KidZania ini tempatnya cukup aman karena bukan 2 atau 3 kali saya kesini.Biasanya sih Kezia bersama kakak Shakila main disini namun berhubung si Kakak lagi ulangan jadi ga ikut deh hehe.

Jadi sebelum talkshow dimulai saya sempat menemani Kezia di wahana Petugas pemadam kebakaran .Ya...saya sih ya namanya emak-emak yang narsis ya saya mah cuma mau foto-foto aja sih haha.Habisnya geregetan banget kalau ga eksis disana ,terlebih Kezia itu seneng banget di foto dan bahkan dia yang mau minta foto haha.

Tempat bermain jakarta
Kezia menjadi petugas pemadam kebakaran

Setelah mengikuti Kezia saya langsung menuju Metropolitan Theater Of Kidzania disana sudah ada banyak yang hadir diantaranya para pelajar, media, blogger, guru dan wali murid.Di depan panggung sudah tersusun rapih aneka produk dari Bogasari. Untuk saya produk Bogasari sendiri sudah tidak asing lagi karena saya sering memakai produk itu terutama aneka tepung terigu untuk membuat kue dan yang paling favorit itu tepung Chesa pancake,soes,cookies dan pao.

Untuk tepung Chesa sendiri saya biasa pakai untuk tetangga ataupun pelanggan yang memesan kue ke saya, kenapa saya pilih Chesa? karena komposisinya pas dan rasanya juga enak.Ada juga kelebihanya yaitu saat di olah tidak menggumpal dan lembut.Oke balik lagi ke acara talkshow yups.



Akhirnya tak lama talkshow di mulai MC kali ini kocak banget lho dan seru banget hehe.Pertama sambutan dari perwakilan Kidzania yaitu Ibu Dada Sabra Sathila selaku Marketing Communication Manager KidZania Jakarta .Beliau mengatakan " Sebagai Edutainment theme park di Indonesia , KidZania jakarta mendukung penuh upaya mencerdasakan masyarakat anak maupun dewasa ,utamanya menyangkut makanan sehat". Perlu diketahui juga kerjasama KidZania dan Bogasari itu sejak 2007 .

Setiap kesini anak - anak tidak lupa mampir di wahana Etablisment baking Center Bogasari KidZania disana anak-anak belajar membuat kue bersama para pengajar.Tak hanya di Kidzania saja anak-anak antusias membuat kue di rumah juga mereka sering bantu saya membuat kue .Yang membuat mereka senang itu kalau bermain di Etablisment Baking Center Bogasari KidZania itu mereka dapat kue hasil mereka dan bisa di bawa pulang.Untuk bermain di Etablisment Baking Center Bogasari sendiri yaitu sekitar 20 menit lah.

Chef Yeni

Setelah sambutan selesai kemudian ada Chef Yeni Ismayani yaitu seoirang Chef dan Food stylist.Nah disini beliau memberikan ilmu dari aneka penghalaman beliau sebagai pelaku UKM yang kini sudah sukses.Beliau menceritakan awalnya beliau terjun ke dunia baking ini.
Beliau tadinya seorang pegawai swasta yang memang hobi atau senang sekali membuat kue dan pada akhirnya beliau mulai terjun untuk serius di dunia baking ini.

Ternyata di dunia baking ini cukup menjanjikan lho jika kita serius dan benar menjalankanya.Jiwa sebagai Entrepreneur sudah ada di diri beliau makanya ketika gagal beliau tidak putus asa namun terus berjuang hingga akhirnya mengetahui aneka celah dan terus mengasah kreativitasya membuat kue.

Beliau mengatakan bahwa saat ini persaingan hidup manusia semakin ketat dan penuh kompoetisi.Oleh karena itulah mereka yang mampu bertahan adalah yang kreatif dan memiliki daya inovasi yang tinggi agar dapat merebut semua peluang dan kesempatan.Dengan keterampilan yang dimiliki maka ia akan dapat mengembangkan segala potensi  di dalam dirinya maupun orang lain untuk menciptakan kreasi dan produk yang bermanfaat untuk dirinya dan orang lain.

Dalam suatu karya tidak hanya di butuhkan teori karena teori yang mendalam tanpa adanya praktek dalam maka tidak akan berhasil menghasilkan suatu produk yang dapat dimanfaatkan secara langsung.jadi seseorang yang telah memiliki kemampuan perlu memadukan antara teori dan praktek untuk menghasilkan sesuatu yang berarti orang tersebut dapat dikatakan mempunyai jiwa wirausaha.Seseorang yang memiliki jiwa wirausaha juga harus tau strategi pemasaran ,nah pemasaran yang paling murah itu dari mulut ke mulut.


Seorang yang memiliki jiwa wirausaha juga harus memiliki ketahanan yang cukup yaitu jika iya gagal atau misalnya tidak laku produk dia maka jangan menyerah dan diperlukan juga pendapat atau testimoni dari pelanggan . Kita harus siap mendengar aneka testimoni karena itu membantu memperbaiki produk kita.
Dalam dunia usaha tentunya tidak selalu mulus seperti jalan tol ada juga segala hambatan yang biasa di sebut masalah.Banyak sekali permasalahan yang harus di hadapi para pelaku usaha dari internal maupun eksternal, lalu apa saja sih permasalahannya?.

Permasalahan yang dihadapi oleh usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) 

Faktor Internal


  • Modal 
  • Sumber Daya Manusia dan Managemen 
  • Teknologi 

Faktor Eksternal 

  • Iklim usaha belum sepenuhnya kondusif
  • Terbatasnya Sarana dan Prasarana Usaha
  • Implikasi Otonomi Daerah
  • Implikasi Perdagangan Bebas.
Dari semua permasalahan yyang ada tentunya para pelaku usaha harus bisa memperbaiki atau belajar lebih banyak agar usaha nya terus berjalan dan berkembang lebih besar lagi.
Di perlukan juga kiat - kiat sukses UMKM.

Kiat -Kiat Sukses UMKM 

  1. Harus siap mental
  2. Menentukan usaha
  3. Memiki modal
  4. Memilih lokasi usaha
  5. Fokus pada satu bisnis
  6. Promosi 

Kita juga sebagai pelaku wirausaha harus bisa memilah peluang seperti misalnya di bulan Ramadhan .Di Bulan Ramadhan ini apalagi menjelang lebaran tentunya usaha berbasis terigu ini cukup menjanjikan sekali.

Seperti yang kita tahu kue kastengel,nastar,cake ataupun lainya pasti sangat laris jika di jual dan di buru pembeli.Nah pada peluang ini kita harus pintar berinovasi dan berkreasi agar produk kita itu beda dari yang lain dan tentunya berkualitas.



Cukup lama chef Yeni bercerita akhirnya para semua yang hadir di berikan sample Pancake yang di atasya saus bolognese .Wah saya ga nyangka ternyata pancake bisa di atasnya saus bolognese .Jadi rasaya itu gurih dan enak.Tepung pancake yang Chef Yeni gunakan yaitu tepung Chesa Pancake .Beliau juga memberikan sedikit tips jika ada yang alergi laktosa susu maka bisa juga tuh di ganti dengan air.


Akhir talkshow dan games akhirnya kita semua keluar ruangan untuk melihat Chef Yeni membuat pancake pizza.Wah disini nih kehebohan seluruh peserta yang berebutan untuk melihat lebih dekat.Sambil memasak Chef Yeni juga mempersilahkan peserta yang hadir untuk bertanya.Dan yang pasti sih ya selesai membuat pancake Pizza kita semua berkesempatan mencicipinya hehe dalam sekejap habis itu semua pancake pizza .






6 comments:

  1. Mulai banyak yg jadi penjual makanan ya mausk bulan ramadhan

    ReplyDelete
  2. Jadi pengen dagang kue nih,tp blm banyak ilmu dan pengalaman.

    ReplyDelete
  3. jadi pengan pancake, ngilerr...

    ReplyDelete
  4. Jd pengen ke kidzania lagi dan laper liat pancakenya

    ReplyDelete
  5. Jd pengen ke kidzania lagi dan laper liat pancakenya

    ReplyDelete