Skip to main content

Al-Azhar Memorial Garden Taman Pemakaman Dengan Syariat Islam




Assalamu'alaikum ..
Kali ini saya mau berbicara rumah masa depan kita sebagi khalifah di bumi alias kuburan alias pemakaman.Kalau berbicara tentang pemakaman pasti deh langsung berfikir suasananya yang seram,sunyi ,penuh pepohonan dan aneka bentuk liang lahat itu sendiri.Nah,,kali ini saya akan kasih tahu pemakaman yang sesuai syariat islam dan tempatnya cukup nyaman tertata rapi.

Beberapa waktu lalu saya di undang oleh republika online untuk berkunjung ke Al-Azhar Memorial Garden yang berada di Karawang , Jawa Barat.Dari Jakarta menuju kesana cukup memakan waktu 2 jam saja .Kalau dengar kata Al-Azhar mungkin sudah tak asing lagi di telinga sebagian banyak orang termasuk say sendiri yang kebetulan rumah saya dekat dengan Sekolah Al-Azhar Bintaro.Yang saya tahu kalau Al-Azhar itu hanya Yayasan di bidang pendidikan dan wakaf saja tapi ternyata Al-Azhar juga memiliki Pemakaman yang di namakan Al-Azhar Memorial Garden, mau tahu lebih lengkap tentang pemakaman ini? yuk ahh berikut ulasanya.

Setelah keluar Tol Karawang timur kita melewati jalan yang banyak sekali hilir mudik aneka truk kontainer karena seperti yang kita ketahui Karawang itu merupakan daerah Industri jadi banyak pabrik yang ada disana.Tak jauh dari keluar tol sudah terlihat gerbang dengan tulisan Al-Azhar Memorial Garden.Dari melihat gerbang yang terlihat megah mungkin banyak yang berfikir wahh banget area pemakaman ini.

gerbang Al-Azhar Memorial Garden



Setelah sampai kita langsung menuju kantor yang berada di samping kanan gerbang depan.Ada Ibu Maya selaku GM dari Al-Azhar Memorial Garden yang menyambut kami.Sebelum menjelaskan tentang Al-Azhar Memorial Garden beliau menjelaskan terlebih dahulu sejarah Al-Azhar .Yayasan Pesantren Islam Al-Azhar didirikan pada tahun 1964 oleh Buya Hamka.Pada saat itu Buya hamka mengajarkan membaca alqur'an,mengaji dan mendirikan sebuah Mesjid yang berada di Universitas Al-Azhar itu ,mesjid tersebut termasuk cagar  budaya lho.

Al-Azhar memberikan layanan Pendidikan seperti TK,SD,SMP,SMA dan Universitas .Al-Azhar juga melayani sosial amil dan zakat juga pengurusan jenazah.Dengan berjalanya waktu ketika para pengurus meninggal banyak yang tidak memiliki tempat tau sulit dan yang akhirnya di buatlah Al-Azhar Memorial Garden ini.Sebagai muslim juga tentunya kita menginginkan pemakaman yang sesuai syariat Inslam bukan hanya asal di makamkan saja bagaimanapun juga kita adalah khalifah yang walaupun sudah meninggal juga masih sebagai khalifah.Syariat pemakaman dalam Islam ditujukan untuk memperlakukan jenazah dengan hormat.


 Syariat Pemakaman Islam


  • Makam muslim tidak boleh bercampur dengan makam non muslim
  • harus menghadap kiblat
  • Sederhana hanya terdiri dari gundukan tanah,tidak dibangun apapun di atasnya
  • Tidak boleh di langkahi,diduduki atau di injak-injak
  • Kedalaman 1,5M
  • Boleh meletakan batu nisan sebagi petanda
  • Berdasarkan Fatwa MUI No 9 tahun 2014,membeli makam dimana terdapat unsur tabzir& israf di dalamnya adalah haram
  • Berdasarkan Fatwa MUI DKI Jakarta tahun 2011, menumpuk jenazah hukumnya haram
  • Areal pemakaman hanya ditujukan untuk pemakaman saja bukan wisata.

type paket keluarga


Al-Azhar Memorial Garden memiliki beberapa layanan dalam Kavling Makam Syariah

  • Sederhana (karena hanya nisan dan rumput di atas makam)
  • Makam ini khusus untuk muslim
  • Tinggi hanya 10 cm
  • Adanya jalan setapak menjaga makam agar tidak terlangkahi
  • Bersih,Asri dan tertata rapi
  • Kepastian arah kiblat melalui sertifikat resmi dari Kementrian Agama Kabupaten Karawang.
Adapun layanan prosesi pemakaman syariah yaitu menangani prosesi pemakaman, mulai dari rumah duka hingga ke Al-Azhar Memorial Garden dan pemindahan makam, dari makam lama ke Al-Azhar Memorial Garden.

Untuk paket yang ditawarkan atau type yaitu

  •  type Single di peruntukan max 1 orang dengan luas 1,5M X  3M 
  • type double di peruntukan maksimal 2 orang dengan luas 3,5M X 3,9M
  • type super double di peruntukan maksimal 2 orang dengan luas 3,5M X 7,8M
  • type family di peruntukan maksimal 4 orang dengan luas 3,5M x 7,5M
  • type super family di peruntukan maksimal 4 orang dengan luas 7M X 7,5M
  • type single (paket keluarga) di peruntukan maksimal 10 orang dengan luas 1,5M X 3M X 10
Setelah di jelaskan oleh ibu Maya kami semua berkeliling naik bis menuju tempat pemakaman.Wahh,,,, suasana yang nyaman,bersih sudah terasa ketika kita melewati jalan yang di setiap pinggirnya berjajar pohon-pohon.Terlihat juga para petugas kebersihan yang sedang membersihkan areal makam.Al-Azhar Memorial Garden ini memiliki luas 25 hektar dan saat ini sudah 3000 lahan yang terjual namun baru 100 lahan saja yang sudah terisi.

Petugas kebersihan areal makam

Kalau kita membeli lahan pemakaman disini kita hanya membayar uang di muka saja tidak perlu memikirkan biaya kebersihan makam setiap bulannya.Ada program wakaf juga di Al-Azhar Memorial Garden ini yaitu jika satu makam ada yang beli maka satu makam lagi di wakafkan untuk makam kaum Dhuafa dan untuk pemakaman kaum dhuafa juga menyatu dengan makam lainya alias tidak di pisah-pisah.

Berkunjung Al-Azhar Memorial Garden membuat saya terus termenung memikirkan segala amal perbuatan saya yang saya pikir belum cukup untuk bekal ketika saya mati nanti.Berfikir juga apa nanti ketika saya meninggal saya akan di makamkan dengan syariat Islam apa ga ya oleh orang-orang terkasih saya yang masih hidup????.

Al-Azhar memorial garden
Jalan menuju taman pemakaman
foto : dok pribadi

areal pemakaman

areal pemakaman


Mengunjungi makam membuat kita akan sering mengingat kematian
makin bersifat Qonaah dan membuat kita makin mendekat kepada Allah S.W.T
Sejatinya orang yang sudah meninggal mengetahui ketika kita mengunjungi dan mengucapkan doa untuk mereka.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Pengalaman Operasi Gigi Geraham Bungsu Pakai BPJS

Tanggal 20 Agustus 2015 saya operasi gigi geram bungsu kiri bawah.Ini adalah operasi gigi geraham bungsu saya yang ke dua (sebelumnya operasi gigi geraham bungsu kanan bawah). Kali ini saya memilih R.S Sari Asih Ciputat dengan alasan disini kita tidak di operasi di ruang operasi dan rawat inap.Maklum saya paling parno kalau dengar kata operasi karena saya sudah mengalami operasi cesar (sakit luar biasa),Operasi usus buntu dan operasi gigi.
Sebenarnya saya takut sekali karena untuk  melakukan operasi gigi geraham bungsu kedua kalinya tapi kalau di biarin malah kepala sering sakit,gigi nyut-nyutan sampe leher ya sudahlah akhirnya saya beranikan diri untuk operasi si gigi ini.
Operasi Gigi geraham bungsu dua-dua na saya memakai fasilitas BPJS.Yups..soalnya kalau bayar cash  satu gigi aja 2 juta lebih hampir 3 jutaan (sangat besar biaya ini buat saya).Adapun tahap-tahap yang kita lalui untuk menuju di eksekusinya si geraham bungsu jika pakai BPJS.
1.Kita minta rujukan ke Faskes 1 (kalau …

Launching Buku Strategi B25 dan Kata-Kata Lecutan Harian Karya Cipto Junaedy Penyemangat Memiliki Properti

Assalamu'alaikum..
Beberapa waktu lalu saya berkesempatan menghadiri acara Launching buku seri terbaru dari Bapak Cipto Junaedy di Gramedia, Central Park Mall Jakarta.Sepulang Kezia sekolah saya langsung meluncur ke Stasiun Pondok Ranji dan lanjut naik taksi bersama mak Echa karena kebetulan kita satu kereta ternyata.Sesampainya di Gramedia saya merasa cukup heran dan bingung melihat banner dengan tulisan  "Strategi Membeli Properti Tanpa Uang Tanpa Utang" saya terus bertanya-tanya dalam pikiran saya apa iya ya bisa? Apa mungkin ya? Ahhh saya makin tertarik dengan launching buku ini.


Setrika Philips HD 1173 Mendapatkan Rekor MURI Sebagai Setrika Bekerja Terlama

Assalamu'alaikum..

Sabtu , 30 Januari 2016 sore saya ke Carrefour Lebak Bulus ,Jakarta untuk mengadiri acara  Setrika Philips HD 1173 mendapatkan  rekor MURI ( Museum Rekor Indonesia ) sebagai #SetrikaBekerjaTerlama selama 200 jam non-stop.
Sebelumnya pada tanggal 22 Januari 2016 Philips Indonesia melepas kegiatan Roadshow Truk Setrika Philips keliling ke beberapa spot di Jababeka untuk membuktikan bahwa Setrika Philips HD 1173 itu tahan lama ,Carrefour Lebak Bulus menjadi detik terakhir tercapainya rekor MURI dan pas 200 jam.



Selama Roadshow Truk Setrika Philips mengadakan aktivitas menarik seperti lomba selfie,mencoba menyetrika dengan setrika philips HD 1173,games,lomba karoke dan doorprize yang berhadiah smart phone,sepeda dan voucher belanja.Untuk lomba selfie para peserta di minta posting foto di sebuah komen Fanpage Philips Home Living .
Tak hanya keseruan saja namun di roadshow ini Philips mengajak semua untuk turut menyumbang pakaian layak pakai yang akan disetrika lalu …