Sunday, June 12, 2016

Berbicara Tentang Rubella ,Vaksinasi Bersama In Harmony Clinic dan Blogger Perempuan

Foto by FB Blogger perempuan


Beberapa waktu lalu saya mengikuti ngobrol cantik bersama Blogger Perempuan dan In Harmony Clinic di Hongkong Cafe.Narasumber kali ini yaitu Grace Melia, Founder Rumah Ramah Rubella dan dr.Kristo dari In Harmony Clinic.Sebelumnya saya sudah sedikit mengenal Grace Melia yang awalnya saya mengenal beliau waktu di acara Kick Andy beberapa tahun lalu.Dari nonton acara Kick Andy saya mulai cari tahu tentang beliau lewat medsos.

Mulai dari Instagram sampai blognya saya baca dan saya menjadi silent readernya.Saya sangat tertarik dengan profil beliau yang pantang menyerah dan terus menyemangati Ubii putri beliau yang menderita rubella dan kali ini saya dapat berjumpa secara langsung serta mendengar kisahnya.



Dimulai dengan Grace Melia yang menceritakan awal mula beliau mendirikan Rumah Ramah Rubella.Ramah Rumah Rubella berdiri tanggal 2 Oktober 2013.Awalnya Rumah Ramah Rubella ini hanya untuk sharing dan memiliki tujuan yaitu meningkatkan rasa awwareness dan memberikan informasi mengenai rubella.


Saat ini Komunitas Rumah Ramah Rubella lebih ke seminar alias mengedukasi tentang rubella dan TORCH.Seperti pengenalan tentang TORCH, penyebabnya dsb.Selain seminar Rumah Ramah Rubella juga ada gathering member di rumah anggotanya, setiap gathering mengundang entah itu terapis atau orang yang berkompeten di bidangnya.
Rumah Ramah Rubella juga membuat Toys Charity yang hasil biaya penjualan untuk membiayai seminar.




Untuk acara seminar Rumah Ramah Rubella saat ini masih di Yogyakarta dan tak hanya itu Ramah Rubella juga bekerja sama dengan berbagai rumah sakit seperti RS. Siloam.Itu sedikit tentang Rumah Ramah Rubella dan lalu apa sih itu Rubella??.

Tentang Rubella

Rubella atau campak Jerman ini di sebabkan oleh virus rubella dan dapat menyebar dengan mudah.
Penularan rubella melalui udara jadi jika seorang yang terkena rubella kemudian batuk atau bersin itu virus rubella keluar dan kemudian menyebar.Bisa juga rubella ini menular melalui makanan atau barang yang sudah terkontaminasi virus rubella.

Rubella pada wanita hamil

Grace Melia bercerita bahwa ketika beliau hamil Ubii beliau lagi itu beliau mengalami demam, bintik merah atau ruam namun ketika periksa ke dokter,dokter hanya bilang ga papa yasudah lah Grace ini ga merasa khawatir.
Lalu pada usia Ubii menginjak 5 bulan baru di ketahui bahwa Ubii terkena Rubella saat masih di dalam kandungan.

Perlu diketahui mengenai rubella pada ibu hamil.Rubella jika menyerang wanita yang sedang hamil terutama pada usia kehamilan sebelum 5 bulan , rubella berpotensi tinggi menyebabkan sindrom rubella kongenital .

Sindrom Rubella kongenital ini dapat menyebabkan cacat lahir pada bayi seperti katarak, tuli,kerusakan otak, organ hati, penyakit jantung serta pembengkakan otak.

Virus rubella ini masuk ke dalam tubuh jika sistem kekebalan tubuh seseorang sedang lemah atau tidak vit dan sebenarnya virus rubella ini membutuhkan waktu sekitar 14-21 hari atau 2 sampai 3 minggu sejak terjadi pajanan sampai menimbulkan gejalanya.


  • Demam
  • Tidak nafsu makan dan mual
  • Iritasi pada mata
  • Ruam bintik - bintik 
  • Hidung tersumbat
  • Nyeri pada sendi
  • Pembengkakan kelenjar limfa pada telinga dan leher.

Pencegahan Rubella 


Pencegahan rubella yang paling efektif itu dengan vaksinasi MMR namun yang perlu di garis bawahi yaitu bahwa vaksin MMR ini jangan di lakukan pada masa kehamilan .Sebaiknya juga vaksinasi ini dilakukan sebelum hamil 2 atau 3 bulan sebelum hamil.Bisa di bilang lebih bagus ya sebelum nikah kali ya.



In Harmony Clinic

Berbicara mengenai Vaksin nah ini dari ada dr.Krito dari In Harmony Clinic memberikan penjelasan apa itu vaksin,pentingnya vaksin dan In Harmoni Clinic itu.

Vaksin adalah bahan antigenik yang di gunakan untuk menghasilkan kekebalan aktif terhadap suatu penyakit yang di sebabkan oleh bakteri atau virus sehingga dapat mencegah atau mengurangi pengaruh infeksi oleh organisme alami atau liar.

imunisasi orang dewasa
Jadwal Imunisasi Dewasa


Vaksinasi sendiri bukan hal yang awam untuk saya karena dari semenjak hamil dan memiliki buah hati saya selalu rutin memberikan vaksin untuk menjaga tubuh.Namun ternyata tentang vaksin ini saya hanya mengetahui sebagian kecil saja ya seperti vaksin DPT, campak,polio ya...seperti tabel imunisasi si kecil saja.
Vaksin sendiri ternyata ada banyak macamnya.

Kemarin itu saya mendapat beberapa flyer yang menunjukan ada beberapa vaksin yang ternyata lebih baik di lakukan sebelum menikah.Seperti yang kita ketahui ada beberapa penyakit menular yang di tularkan lewat hubungan sex .


3 Alasan Vaksinasi

  • Lebih baik mencegah daripada mengobati
  • Lebih hemat mencegah daripada mengobati
  • Kita tidak pernah tahu kapan penyakit datang.


Awal terbentuknya In Harmony Health Clinic yaitu karena besarnya kebutuhan masyarakat akan ketersediaan layanan kesehatan profesional .

In Harmony Clinic memiliki komitmen untuk menciptakan pusat pelayanan kesehatan holistik yang menyediakan berbagai opsi layanan medis alternatif dan preventif.

Di In Harmony Clinic pun lengkap vaksinnya dari mulai vaksin untuk anak-anak, dewasa maupun vaksinasi untuk pasangan yang akan menikah.



The Value Of Prevention According To dr.Kristo


  1. Harus perjuangkan.Perlu di ketahui bahwa poin penting adalah prosesnya bukan sekedar resultnya.
  2. Kenali tujuannya.Apa sih yang menjadi tujuan kita dan apa yang menjadi target dari tujuan kita
  3. Victory love preparation.Intinya yaitu sedia payung sebelum hujan.
  4. Never trust anybody.Intinya selalu waspada dalam situasi apapun.
  5. Expect for the best, prepare for the worst.
  6. Life is a never ending learning process.
  7. Life is about choices.Bijaksana dalam memilih 
  8. Buat checklist untuk antisipasi kesalah / kegagalan
  9. Know your enemy
  10. Scan and Screen
  11. Do the Vaccination
  12. Make your stand point.


Benefit Getting Vaccinated In Harmony Clinic


  • The most complete and trusted vaccination service provider in Indonesia
  • Convenience schedule and ease of access
  • Best offer in town.

Sebenarnya banyak penyakit yang bisa di cegah dengan melakukan vaksinasi .Sebelum melakukan vaksinasi sebaiknya kita juga harus memastikan bahwa tempat untuk mendapatkan vaksinasi merupakan tempat yang benar-benar kompeten.Kita juga perlu tah vaksin apa saja sih yang kita butuhkan itu? .Nih kalau mau lebih tahu tentang In Harmoni Clinic tak kasih kontaknya .


Alamat In Harmony Health Clinic
jl.percetakan negara IV B
No.48 , Jakarta
021-5030-5050
Pin BBM : 7CB4157B



Tadi kan sudah ya berbicara mengenai Rubella dan In Harmony Clinic, kali ini saya mau sedikit bercerita teman saya yang juga sahabat adik saya yang bernama Sashi ini sehari sebelum puasa lalu tunangan.

Saya dan adik saya datang lah ke rumahnya.Sebelum acara tunangan di mulai saya dan adik saya ngobrol bareng di kamar Sashi dan biasa lah ya namanya wetje wetje kalau sudah ngumpul pasti keluar deh tuh curcolnya.

Disela curcol saya bertanya ke Sashi ,
"Sas, kamu kan mau nikah nih udah tau belum ada vaksin sebelum nikah?".

Sashi, " apaan tuh vaksin segala?kaya masih anak - anak aja"

Saya, " eh..jangan salah lho, kamu dah tahu belum banyak penyakit menular lewat hubungan sex dan penyakit yang bisa menular pada bumil?.

Sashi, "ahh masa sih?"

Saya, "iya beneran,nih liat aja nih posternya (saya kasih flyer yang vaksin sebelum menikah acara ngobrol cantik)".

Sashi, "Idihh serem amat,ntar deh aku kasih tau mas Bobi kali aja dia mau aku ajak vaksin dulu sebelum nikah".

Tak lama 3 hari puasa Sashi ke rumah dia bilang ," Kak ternyata vaksin itu mahal ya?aku sama mas Bobi nanya ke rumah sakit terus di jajarin tuh harga-harga setiap vaksin".

Saya,"Yailah..kamu biaya nikah ampe puluhan juta aja bisa masa cuma buat vaksin aja perhitungan amat, toh ini juga buat kebaikan kamu dan Bobi juga. kan?".

Sashi,"Haha iya ya ntar aku coba rayu mas Bobi aja dulu lah biar mau di vaksin".

Saya, "Wajib neng klo bisa,inget mencegah lebih baik dari pada mengobati.Masalah biaya juga kamu pasti tau lah yang namanya ngobatin penyakit itu lebih mahal harganya".

Sashi," haha iya deh kak, nurut aja deh apa kata yang tua".

Haha obrolan kami pun di lanjut dengan aneka curcol Sashi yang nervous banget mau nikah.
Sekian lah cerita saya tentang si Sashi ini, untuk kalian nih ya, belum terlambat untuk kita berjaga-jaga atau mencegah aneka penyakit yang bisa datang kapan saja.Ingat juga kesehatan saat ini merupakan investasi di masa yang akan datang.



No comments:

Post a Comment