Friday, June 17, 2016

Mengubah Pola Hidup Lebih Teratur Menjauhkan Dari Segala Penyakit

Assalamu'alaikum..

Kali ini saya mau cerita penyakit typus yang sudah 4 kali menyerang saya.Pertama kena typus ini setelah melahirkan anak pertama saya.Saat itu sampai sekarang saya tidak pernah pakai jasa baby sitter, jad sehari setelah melahirkan saya mengurus anak saya sekaligus ngurus rumah alias beres-beres.

Masih inget banget sekitar satu bulan setelah melahirkan badan saya menggigil hebat di sertai demam,mulut mual dan perut terasa ga enak sekali, badan pun lemas seperti ga bertenaga.Dengan keadaan yang masih demikian saya tetap menjalankan rutinitas mengurus anak saya dan rumah.Namun saat mau ke kamar mandi saya pingsan dan langsung di bawa ke rumah sakit di bilangan Bintaro.


Tak lama saya sadar dan kemudian saya cek darah lengkap di sana.Sedih banget pada saat itu karena saya harus meninggalkan si Kecil yang masih usia 1 bulan.Untuk tetap memberikan ASI untuk si Kecil saya memompa ASI dan kemudian kakak sepupu saya yang memberikan ke si Kecil Shakila.

Sehari kemudian hasil cek darah keluar dan ternyata saya positif typus.Sebenarnya saya harus di rawat di Rumah Sakit namun karena tidak mau meninggalkan si Kecil lebih lama saya meminta dokter untuk memperbolehkan saya di rawat di rumah.

Alhamdulillah..dokter memperbolehkan saya untuk di rawat dirumah tapi dengan satu syarat saya harus bed rest total,makan dan istirahat yang cukup.
Tadinya saya pikir keadaan ini hanya karena saya kurang istirahat dan mungkin efek dari melahirkan, tapi ternyata salah.

Selama di rawat di rumah papa saya memberikan minuman dari sari pati cacing tanah yang kemudian di campur madu...duhhh rasanya khas banget deh.Meskipun sedang sakit saya tetap memberikan ASI ke pada si Kecil tadi nya saya khawatir apa saya boleh memberikan ASI walau sedang typus? apa nanti si Kecil tidak apa-apa ketika saya memberi ASI? mengenai semua pertanyaan itu di jawab oleh dokter ternyata jawabanya tadaaaa... ga papa dan Ok Ok aja kok karena bakteri typus itu dapat menular melalui bekas wadah makanan dan minuman yang di konsumsi pasien.



Sekarang saya mau menjelaskan mengenai penyakit Typus ini.Penyakit typus disebabkan oleh infeksi bakteri salmonela paratyphini yang menyerang saluran pencernaan usus halus sehingga terjadi peradangan akut.Bakteri ini masuk malalui makanan atau minuman dan typus sangat mudah menyerang orng yang memiliki daya tahan tubuh rendah akibat kelelahan atau kurang istirahat.

Adapun gejala penyakit Typus yaitu demam tinggi disertai rasa tidak nyaman pada perut akibat peradangan, diare,menggigil ,mual dan muntah serta ada ciri khas dari penyakit ini yaitu munculnya area bintik-bintik putih di area lidah.Penyakit Typus ini akan berbahaya bahkan bisa menyebabkan kematian jika tidak segera diatasi karena menimbulkan perforasi usus atau berlubangnya usus halus akibat peradangan kronis.

Apa sebabnya bisa terserang penyakit Typus?

Karena typus ini di sebabkan oleh bakteri salmonela parathopy yang banyak terdapat di makan dan minuman yang kotor.Tempat makan dan minum yang tingkat kebersihanya kurang pun bisa lho.
Daya tahan tubuh lemah akibat terlalu lelah, seperti saya yang habis melahirkan dan harus mengerjakan rumah sekaligus ngurus baby yang pada umur segitu sering banget bangun tengah malam jadinya badan drop, keadaan yang seperti ini yang mudah terserang penyakit Typus.


Pengobatan penyakit Typus 

Pengobatanya sendiri pakai obat antibiotika tentunya harus resep dokter ya .Selama masa pengobatan juga si pasien harus bedrest dan tetap menjaga kebersihan makanan dan minuman serta wadahnya.

Bagaimana pencegahan penyakit Typus?

Nah ini yang saya lakukan setelah 4 kali terserang typus beberapa tahun belakangan.Biasanya kalau badan sudah drop saya langsung minum multivitamin dan cukup tidur.Saya lebih memperhatikan lagi kebersihan lingkungan saya tinggal,olah raga, menghindari sedikit makanan mentah dan namun ada hal yang belum saya lakukan yaitu vaksin Typus.

Utuk vaksin typus sendiri saya belum begitu tahu banyak dan yang saya tahu vaksin ini mugkin ada di In Harmony Clinic.Sudah tahukan mengenai In Harmony Clinic itu apa?nih baca tulisan saya disini

Perlu di ketahui juga bahwa Typus bisa menyerang anak atau dewasa lho .Kalau saya sih ya sekarang lebih baik mencegah daripada mengobati, makanya semenjak Typus terakhir saya bertekad untuk mengobah pola hidup saya yag jauh lebih sehat dan teratur.Tidak rugi kok jika pola hidup kita teratur, tak hanya penyakit Typus saja penyakit yang lain jika kita berpedoman menjalankan pola hidup sehat dan teratur maka penyakit lain pun enggan menghampiri kita.

No comments:

Post a Comment