Tuesday, August 9, 2016

Kampanye FRISKIES #500Catventure di Hari Kucing Sedunia




Assalamu'alaikum..
Tahu ga sih kalau tanggal 8 Agustus itu Hari Kucing Sedunia atau World Cat Day ?? kalau saya sih jujur saja saya baru tahu.Tanggal 8 Agustus yang bertepatan dengan hari kucing sedunia saya menghadiri breafing media plus talkshow mengenai kucing di Pisa Kafe, Menteng Jakarta.FRIESKIES yang sering kita kenal sebagai makanan kucing kelas premium ini mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama membangun rasa cinta terhadap kucing melalui FRISKIES #500Catventure.







Hadir juga Thomas Aquinas Nugroho selaku Country Bussines Manager Nestle Purina PetCare menjelaskan "Melalui kampanye FRISKIES #500Catventure ingin meningkatkan kepedulian terhadap kucing hingga teradopsinya 500 kucing sebagai anggota keluarga. FRISKIES#500Catventure di laksanakan di 5 kota besar yaitu Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya dan Semarang.Dalam kampanyenya akan ada Mobile Catventure yang nanti para pengunjung bisa berbincang-bincang dengan para ahli dan bermain dengan kucing kesayanganya di area Cat Playland,FRISKIES juga akan menyelenggarakan workshop FRISKIES Catventure Academy.

Ada berbagai informasi  untuk meningkatkan kepedulian terhadap kucing akan dipaparkan mulai dari hal pemeliharaan dan pemberian makan kucing begitu juga tips-tips memanfaatkan media sosial untuk membangun rasa cinta terhadap kucing.



Hadir juga mantan vokalis Yovie Nuno Dikta bersama kucing peliharaanya yang bernama Jimbon hadir berbagi kisahnya merawat si Jimbon.Banyak hal positif yang dirasakan olehnya sejak memelihara si Jimbon ini.Untuk masalah pemilihan pakan pun dia turun langsung untuk si kucing tercinta.Beliau beserta para hadirin yang hadir di berikan kertas origami yang sudah di bentuk menyerupai kepala kucing , kita semua menuliskan semua tentang harapan atau ungkapan apa saja untuk si Kucing.Kertas origami yang berbentuk kepala kucing itu di hargai oleh Friskies 10 ribu rupiah dan uang tersebut untuk kampanye adopsi kucing.





Jujur saja untuk mengenal kucing sendiri saya lumayan baru sekitar beberapa tahun lalu ketika membaca diary tentang kucingnya mak Echa yang bernama si Cucut, dari sana saya mulai berani mengelus kucing bahkan menggendongnya.Saya masih belum bisa memelihara secara intens kucing karena papa saya alergi tapi ya walau alergi justru papa saya yang sering banget ngasih makan kucing kampung yang suka main ke depan rumah.Di acara FRISKIES #500Catventure kemarin hadir juga dr. hewan beliau menjelaskan tentang kucing itu sendiri dan jujur baru kali ini saya mengenal kucing lebih dekat yuk ah berikut nih ilmu yang di share tentang kucing.


Pertama yang kita pikirkan untuk mengadopsi atau merawat kucing apa sih? Biaya perawatan mahal? Ribet? Lalu apa sih persepsi orang terhadap kucing kampung saat mendengar namanya? Takut membawa aneka penyakit? Atau susah diatur? Ahhh ternyata tidak juga kok.Ternyata kucing tidak membutuhkan perawatan yang mahal karena kucing dapat membersihkan tubuhnya sendiri.


Dengan perawatan dan pemeliharaan yang baik, serta pemberian makanan dan asupan nutrisi yang tepat kucing tidak mudah terserang penyakit.Ternyata banyak juga yang belum mengetahui bahwa frekuensi dari dengkuran kucing dapat digunakan sebagai terapi dari berbagai macam gangguan kesehatan di manusia.Terlebih lagi jika kita merawat kucing insya allah akan mendapatkan balasan yang manis ketika di akhirat nanti.
Tak hanya itu saya sendiri juga sering merasakan keajaiban memberi makan kucing lho.


Sedikit tentang Domestic Short Hair (DSH) atau yang sering dikenal dengan kucing kampunh ini memiliki ciri khas yaitu rambut pendek, sifatnya aktif dan komunikatif lalu memiliki daya tahan tubuh lebih kuat terhadap penyakit. Untuk para first time owner kucing ternyata ada beberapa hal yang harus di perhatikan yaitu


  • pertama yaitu periksa ke dokter hewan dulu kucingnya lalu karantina kucing selama 2 minggu - 1 bulan agar dia mampu beradaptasi terhadap rumah baru dan makanan memicu timbulnya stres yang dapat mempengaruhi daya tahan tu uh si kucing dan timbul gejala penyakit.
  • Pemilihan pakan dengan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas kucing.
  • Litter box untuk tempat BAB dan BAK kucing wajib dijaga kebersihanya  dan setiap kucing memiliki masing-masing litter box.Untuk pemilihan pasir lebih baik menggunakan pasir yang menyerap walaupun sedikit mahal.
  • Grooming, nah disini penting sekali  untuk menyisir rambut kucing setiap hari manfaatnya dapat membantu rambut yang mati sehingga terhindar dari masalah hairball.
  • Jangan lupa beri vaksin kucing 1th sekali.
Ada pula yang jangan dilakukan kepada kucing misalnya :

  • Memandikan kucing langsung, menyatukan dengan hewan lain dan mengganti makanan setelah diadopsi.
  • Memandikan sendiri kucing jika belum memgetahui tata cara memandikan yang baik dan benar.
  • Menggunakan produk-produk antiparasit sendiri tanpa tahu cara pakai, dosis dan tanpa rekomendasi dari dokter hewan.
  • Memberikan obat-obatan sendiri tanpa tahu indikasi, kontradiksi dan dosis.
  • Membiarkan kotoran menumpuk di litterbox dalam waktu lama.
  • Memberikan mainan terlalu kecil karena dapat tertelan.
  • Memberikan air mentah untuk minum dan jarang mengganti air minum.
  • Jangan malas mencuci tangan kita setelah bermain dengan hewan peliharaan sebelum makan.

Itu semua sebagian Do and don'ts memelihara kucing.Untuk mengadopsi kucing  sebagai hewan peliharaan memberikan banyak manfaat bagi anggota keluarga.Untuk yang jomblo juga bermanfaat sebagai teman bicara hahaa.Tentunya tidak hanya memelihara kucing saja ya, memelihara binatang lain pun pasti bisa menimbulkan rasa sayang dan peduli kita terhadap sesama makhluk hidup.Untuk mengadopsi kucing itu sendiri yang penting perawatan dan pemeliharaan yang baik pasti kita juga yang mengadopsi akan mendapat segala kebaikannya kok.

7 comments:

  1. Setelah membaca tulisan ini, saya jadi kepengen memelihara kucing, ternyata pemikiran saya selama ini tentang kucing kampung itu salah dan semua terjawab di tulisan ini :) mantaapp :D

    ReplyDelete
  2. sini mel pilih disini banyak miooonggg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belom bisa adopsi full sih mak soale kasian miongnya nanti mak Cha ga bisa masuk rumah, bapakku alergi tapi kita sih ngasih makan miong di luar rumah.

      Delete
  3. penting ya ternyata periksa kucing ke dokter

    ReplyDelete
  4. Saya juga punya kucing mbak dua, waktu saya kasih makan snack kucing pada awalnya dia gak apa apa malahan dia suka benget tapi pas kelamaan kira kira besok harinya kucing saya mencret kira kira itu kenapa ya mbak apa tidak cocok atau kenapa ? Dan setelah itu saya tidak kasih snack kucing lagi.

    ReplyDelete