Tuesday, August 16, 2016

Pertamax Turbo Inovasi BBM Gasoline Terbaru Pertamina



Assalamu'alakum...
Untuk pecinta otomotif mungkin event yang satu ini sangat di tunggu-tunggu setiap tahunnya.Bukan hanya pecinta otomotif saja namun orang - orang yang sedang mencari kendaraan dengan harga yang special namun kualitas bagus ini pasti akan menyempatkan datang kesini. GIIAS 2016 ( GAIKINDO Indonesia Auto Show ) pameran terbesar di kawasan Asia Tenggara hadir kembali dan bertempat di Indonesia Convention and Exhibition ICE kawasan BSD City, Tangerang.Tahun lalu saya pun datang ke GIIAS 2015 bisa di lihat disini tulisan saya dan Alhamdulillah banget saya bisa ke GIIAS 2016 lewat undangan dari Indoblognet menghadiri pre- launch Pertamax Turbo .




Entah kenapa saya suka sekali melihat pameran otomotif terbesar se kawasan Asia Tenggara ini, ya walaupun masih belum mampun untuk membeli namun saya cukup bersyukur masih bisa menikmati aneka kendaraan yang terpajang disana.Keinginan memiliki mobil memang ada namun mungkin belum saatnya aja kali ya 😂.
Oya...saya kesini itu menghadiri pre-launch bahan bakar terbaru dari PT .Pertamina (persero) , perusahaan BUMN milik negara ini terus berinovasi dari tahun ke tahun.



Belum lama ini kita semua pasti tahu lah ya Pertalite di keluarkan oleh pertamina.Jujur saja walaupun saya hanya memiliki kendaraan bermotor dan itu pun punya papa saya, saya memiliki andil cukup besar dalam memilih BBM.Papa saya dan keluarga saya selalu bilang " Itu motor bensinya pakai Pertamax ya klo ga pertalite, biar mesinya awet panjang umur dan enak di pakai trus kita juga membantu pemerintah".



Ada benernya juga sih saya kalau pakai pertalite itu tarikan motornya enak apalagi pakai pertamax dan itu enteng banget.Untuk yang kenal mesin pasti tahu lah pemilihan BBM itu cukup berpengaruh terhadap performa kendaraan maupun mesinnya.Dalam beberapa tahun terakhir Pertamina melakukan beberapa inovasi terbaru dengan meluncurkan dua varian terbaru BBM gasoline yaitu Pertalite dan Pertamax Turbo.Nah kali ini saya berkesempatan hadir di pre-launch Pertamax Turbo.

Pertamax Turbo telah di launching di Belgia, Eropa.Pertamina sebagai technical partner of lamborghini kala itu dan Pertamax Turbo telah di uji dan di gunakan di kejuaraan Lamborghini Blancpain Supertrofeo Series di Eropa. Yups sebelum memasuki pasar di Indonesia Pertamax Turbo ini sudah lebih dulu memasuki pasar Eropa.



Keunggulan Pertamax Turbo :


  • Angka Oktan 98
      Bahan bakar yang disesuaikan untuk kompresi mesin mulai dari 12:1 atau kendaraan berteknologi terkini.
  • IBF (Ignation Boost Formula)
       Pertamax Turbo dengan IBF yang responsif terhadap kebutuhan pembakaran sehingga dapat memaksimalkan performa mesin.
  • Perfection In Performance
       Pertamax Turbo didesain dengan bahan dasar yang berkualitas, sehingga menghasilkan performa sempurna.
  • Drivability
       Pertamax Turbo dengan oktan 98 mampu meningkatkan drivability kendaraan sehingga lincah bermanuver.
  • Top Speed dan akselerasi Sempurna
       Pertamax turbo meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan dan menghasilkan akselerasi mesin yang sempurna.


  • Emisi gas buang
     Pertamax Turbo mengeluarkan emisi gas yang lebih sedikit dan ini menurut saya termasuk BBm yang ramah lingkungan.



Idealnya bahan bakar dan pertamax turbo termasuk di dalamnya

Namun sayang Pertamax Turbo  tidak bisa di gunakan untuk semua jenis kendaraan dan ada beberapa syarat atau salah satu syarat kendaraan yang bisa menggunakan Pertamax turbo :

  • Range of ignation timing setting lebar
  • Ratio Kompresi (r) >11
  • Turbo/Super -Charger
  • Direct injecttion.
Tapi ya saat ini sebagian besar mesin kendaraan itu memang didesain dengan teknologi mesin kendaraan yang canggih seperti diatas tadi.Dengan menjadikan tekanan kompresi mesin kendaraan semakin tinggi , sehingga di perlukan nahan bakar dengan oktan yang lebih tinggi lagi.





Untuk saat ini Pertamax Turbo masih belum ada di SPBU lebih tepatnya masih ada di sekitar Jakarta dan baru ada di 8 SPBU COCO ini dia tempatnya :

  • SPBU COCO Pantai Indah Kapuk
  • SPBU COCO Pondok Indah
  • SPBU COCO MT.Haryono
  • SPBU COCO Yos Sudarso
  • SPBU COCO Abdul Muis
  • SPBU COCO Pramuka
  • SPBU COCO Kuningan
  • SPBU COCO Cikini

Untuk harga sendiri Pertamax Turbo di bandrol 8.700 / liter.Menurut saya dengan harga yang cukup relatif dengan kualitas yang OK mungkin akan banyak yang akan mencoba, semoga penyebaran Pertamax Turbo ini bisa secepatnya merata di Seluruh Indonesia.
Saya sih belum merasakan sendiri ya manfaat Pertamax Turbo *yaiyalah belum punya juga kendaraanya 😂😂 tapi semoga aja yoo cepet punya  jadi bener-bener bisa merasakan sendiri perbedaanya Pertamax turbo ini.




Untuk kendaraan yang bermesin DIESEL  yang memiliki cetane number minimal 51 dan mengandung sulfur (sulfur conten) maksimal 1200 ppm ada varian baru Diesel Fuel yaitu Dexlite.
Harga Dexlite di banrol 6450 / liter harga yang cukup terjangkau namun bahan bakar diesel berkualitas dan ini sesuai dengan tagline Dexlite " Diesel Hemat Bertenaga".

Saat ini juga munculnya kendaraan bermesin diesel dengan teknologi common rail yang memerlukan bahan bakar lebih bersih dan memiliki cetana lebih tinggi.Untuk kualitas sendiri Dexlite lebih tinggi dibanding solar 48, namun masih di bawah kualitas Pertamina Dex.

Untuk kamu-kamu dan saya sendiri sih sebaiknya kita harus mengenal dulu mesin kendaraan kita dan baru memilih BBM apa yang cocok untuk mesin kendaraan.Perlu diketahui juga kendaraan keluaran di tahun 2003 sampai saat ini sudah tidak cocok lagi tuh di beri BBM jenis premium.

arena lego di booth pertamina




Oya...saya mau pamer nih *eaaa pamerr jadi gini kemarin itu ada RIO HARYANTO pasti tahu donk siapa dia?.Bersyukur sekali saya bisa berfoto dengan anak muda berprestasi itu di Booth Pertamina dan ini dia fotonya *uhukk uhukk jangan ngiriii yee 😂😉😍.

Hayooo jangan baperr yaa 😉😂


Bersama teman blogger indoblognet






4 comments:

  1. jadiinget film cars hehehe oops ga nyambung ya komennya. KEren lah inovasi dari pertamina

    ReplyDelete
  2. Aku paakai Pertaline karna bagus buat kendaraanku, mba. Baru tahu nih kalau ada inovasi terbaru mba :)

    ReplyDelete
  3. Mobil dirumah juga pake pertalite dongsss :D Duh, Aku baper liat Oppa Rio. tsakeupnya ampuuunnnn. Tipenya mak amel banget tuh matanya Oppa Rio. Hueheheheheheee

    ReplyDelete