Thursday, October 27, 2016

Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 dan Manfaat Dongeng Untuk Si Kecil

Festival Dongeng Internasional Indonesia, Nutrisi Untuk Bangsa


Assalamu'alaikum.
Kapan terakhir kamu mendengar cerita dongeng?
Kapan terakhir kamu mendongeng? Menjawab pertanyaan ini saya tersipu malu, kenapa? Karena saya jarang banget mendongeng untuk Shakila dan Kezia.Anak-anak saat ini sudah bisa membaca semua jadi mereka baca sendiri buku cerita.Saya tidak terlalu sering menemani mereka membaca cerita sih ya,, setidaknya 2 kali seminggu lah.

Untuk rutinitas saya setiap malam itu mendengarkan keseharian mereka dari mulai pagi sampai sore.Saat ini saya lebih banyak menjadi pendengar cerita anak-anak tapi tak jarang juga saya ikut bercerita hehe pasti lah ya, apalagi anak-anak yang kepo bingiitt sama kegiatan mama sehari-hari.Sekarang ini justru mereka yang suka membuat dongeng sendiri, biasanya Shakila dan Kezia membuat kemah-kemahan dari sprei dan untuk pencahayaan pakai senter, trus apalagi yang mereka lakuin? Ya mereka berinteraksi atau cerita deh pakai boneka-boneka mereka.



Walaupun jarang banget mendongeng tapi bersyukur sekali Shakila dan Kezia masih inget beberapa cerita rakyat yang saya dongengkan untuk mereka seperti Malin Kundang, Danau Toba, Batu Menangis, Gunung Tangkuban Perahu.Ketika mendongeng tentang cerita rakyat mereka selalu bertanya kritis dan aneh-aneh seperti "Mama apa sekarang masih bisa kalau aku nendang perahu trus bisa jadi seperti gunung tangkuban perahu? Mama kok bisa sih Malin Kundang jadi batu, kenapa ga jadi ikan saja biar berenang di laut?".Kadang segala pertanyaan seperti itu membuat saya suka kehabisan jawaban dan biasanya bilang ya memang seperti itu ceritanya haha.

Kegiatan mendongeng itu ternyata jangan di sepelekan lho ada banyak manfaat di dalamnya.Saya tahu banyak manfaat dongeng ketika saya menghadiri acara Press Konpress Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 di Restaurant Kembang Goela Jakarta tanggal 26 Oktober lalu.Sebelum acara dimulai saya sempet foto booth dulu dan lucu banget itu foto booth nya di design seperti di hutan gitu ada beberapa binatang.


Tak lama setelah itu acara dimulai dengan pemberian sambutan oleh Bapak Arif Mujahidin, Danone Communication Director "Nutricia percaya bahwa pertumbuhan seorang anak yang baik di mulai dari pola asuh orang tua yang tepat dan mendongeng  merupakan salah satu media sederhana serta mudah dengan berbagai manfaat baik dalam proses pertumbuhan anak" maka dari itu PT.Nutricia Indonesia Sejahtera melalui program CSR nya Bintang Nutricia bekerja sama dengan komunitas Ayo Dongeng Indonesia menyelenggarakan Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 yang akan diadakan di Museum Nasional atau Museum Gajah, Jakarta.Acara tersebut akan berlangsung dari 5-6 November 2016.Acara ini gratis kita cukup bayar tiket masuk ke Museum Gajah saja.

Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 ini adalah kedua kalinya diadakan oleh Ayo Dongeng Indonesia dan untuk tema nya yaitu Cerita Indonesiaku.Ayo Dongeng Indonesia dan Bintang Nutricia ingin menghidupkan kembali tradisi mendongeng dengan mempromosikan metode mendidik yang baik dan unik untuk anak serta menumbuhkan rasa cinta mereka terhadap Indonesia, termasuk pola hidup sehat.


Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 menghadirkan berbagai pendongeng internasional seperti Seung Ah dari Korea Selatan, Sheila Wee dari Singapura, Wajuppa Tossa dari Thailand, Ng Kok Keong dari Malaysia, Craig Jenkins dari UK, Jeeva Raghunat dari India serta ada juga para pendongeng Indonesia seperti Agus PM TOH dari aceh, Aio dari Ayo Dongeng Indonesia dan para pendongeng lainya.Walaupun menghadirkan pendongeng dari berbagai negara tapi tenang aja ada translator kok yang akan mentranslate segala ucapan para pendongeng plus nada dan dialeknya juga akan sama.

Tak hanya pertunjukan dongeng saja namun juga ada Kelas Dongeng, Pasar Cerita, Taman Cerita, Pameran Ilustrasi, Kelas Kriya nah untuk mengetahui informasi lebih lanjut pantau saja akun sosial media Ayo Dongeng Indonesia, untuk twitter @Ayodongeng_ind disana lengkap informasinya.

Menurut saya benar juga sih mendongeng ini adalah metode mendidik yang cukup baik dan unik karena adanya interaksi anak dan orang tua dalam kegiatan ini.Setidaknya kita sebagai orang tua sehari selama 3 menit saja mendongeng untuk anak-anak, kedekatan ibu dan anak juga pasti terjalin.


Apa saja sih manfaat dongeng?

  • Dengan mendongeng bisa membangun imajinasi anak ketika dewasa sehingga anak bisa berfikir out of the box.
  • Mendongeng untuk anak usia dini akan membuat anak mengingat kebiasaan baik.
  • Dongeng juga bisa mengenalkan emosi pada anak.
  • Mendongeng dengan baik akan tertanam memori di hatinya yang terdalam.
  • Mendongeng juga bisa mempererat bonding antara orang tua dan anak.
  • Mendongeng mengenai cerita rakyat bisa menanamkan rasa cinta si anak pada tanah air.
  • Mendongeng di butuhkan imajinasi jadi misalnya si anak susah makan sayur nah kita harus kreatif bagaimana mendongeng mengenai sayur dan buah dan itu terbukti si anak akan suka dengan sayur dan buah.


Yang perlu diperhatikan yaitu mendongeng itu komunikasi dua arah jadi jika di tengah dongeng si anak bertanya ini itu kita ya jawab saja dan ini sama saja melatih imajinasi kita. Untuk pesan moral sendiri sebaiknya tidak perlu disampaikan di akhir cerita dongeng ya, jadi biarkan  kegiatan mendongeng ini sebagai kegiatan yang menyenangkan.

Oya,,pada acara prescon kemarin juga sang pendongeng dari Aceh, Agus PM TOH mendongeng tentang cerita daerah asal muasal Cianjur dan saya kagum sekali beliau mendongeng dengan peralatan seadanya bahkan tak terpikirkan oleh saya bahwa barang tersebut bisa menjadi alat untuk mendongeng hehe.Nih bisa lihat videonya.

Di acara kemarin juga saya ditantang mendongeng di depan publik ahhh rasanya sungguh beda sekali antara mendongeng di depan anak-anak sama depan publik.Rasa deg-degan campur malu jadi membuat buyarr semuanya haha.Tapi ga papa lah ini melatih saya untuk lebih berani berbicara di depan publik hehe.

Begitu banyak manfaat dongeng yang saya ketahui kali ini membuat saya berfikir sepertinya saya harus mulai membiasakan lagi nih mendongeng untuk Shakila dan Kezia.Terpikir juga sepertinya insya allah saya mau ajak anak-anak ke Festival Dongeng Internasional Indonesia 2016 pasti mereka seneng banget hehe,, amin yoo semoga tidak ada halangan nanti.

24 comments:

  1. Aku suka mendongeeeng, tp anakku malah kurang suka didongengin,hehehe. Seru acaranya ya mak. Mak amel ikutan mendongeng di depan publik pula ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di depan orang yang hadir kemaren mak maksudnya 😂😂.

      Delete
  2. Anak saya suka dongeng juga mba, thanks infonya, semoga bisa meluncur ke festival ini...

    ReplyDelete
  3. Ayo budayakan mendongeng supaya anak-anak kita menjadi pribadi yang berkaraker ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa sepertinya harus lebih konsisten mendongeng lagi nih hehe.

      Delete
  4. Hikz tahun ini bakal melewatkan perhelatan FDII. Bentrok sama acara lain
    Padahal tahun lalu ngikutin semua eventnya. Sediiiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh..sayang sekali yo semoga next event bisa ikut hadir.

      Delete
  5. Ternyata ada juga ya pendongen dari luar negeri, baru tahu aku...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak ada beberapa orang pendongeng dari luar negeri yang akan hadir di festival ini.

      Delete
  6. Mendongeng juga memicu anak berfikir kritis kritis. sebab ketika seorang ibu mulai berani bercerita pada buah hati mereka. nanti akan ada diskusi kecil antara si anak dengan orang tua

    ReplyDelete
  7. Banyak manfaat yg positif ya mendongeng,pengen coba

    ReplyDelete
  8. Paling seneng kalo denger suamiku mendongeng pake bahasa sunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhh pasti seruu ya mendongeng pakai bahasa sunda.

      Delete
  9. duuuh, saya beraninya dongeng di depan anak sendiri aja :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss mba saya juga beraninya di depan anak-anak hehe.

      Delete
  10. hahahha, jd inget dulu saya bawel banget kl didongengin sama ortu sampai al papa bosen ditanyain melulu dan memilih ngajarin saya baca. Biar baca sendiri aja katanya :))))) padahal justru di situ interaksi ortu sm anak ya... mungkin saya terlalu buawel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha sama mba dulu saya juga klo di dongengin suka nanya ini itu..

      Delete
  11. Kalau nggak salah tahun lalu acaranya di Perpustakaan Cikini dekat Planetarium bukan ya Mbak? Karena pernah ke acara yang mirip seperti ini tapi entah penyelenggaranya sama atau enggak. Dan acara mendongeng bikin anak-anak pada suka... Makasih infonya Mbak.. Jadi pengen ke Festival Mendongeng ini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, semoga bisa datang ke Festival ini.

      Delete
  12. Saya juga dari anak saya kecih suka didongengkan, manfaatnya banyak banget seperti apa yang mba Amel sebut diatas, Anak saya punya daya imajinasi dan lumaya bisa bikin kreatifitasnya terasah.

    Ulasannya bagus. TFS ya mba Amel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups semoga tetap konsisten ya mendongengkan untuk si Kecil hehe.

      Delete

Komunikasi dan Gaming Lancar Jaya dengan Luna G

Assalamu'alaikum. Di era serba digital saat ini tentunya sebagian masyarakat di seluruh penjuru dunia tak lepas dari yang namanya g...