Wednesday, November 23, 2016

Berbicara Diabetes di Simposium Nasional Hari Diabetes Sedunia


Jakarta, 19 November 2016 saya menghadiri Simposium Nasional Hari Diabetes Sedunia di Jakarta Convention Center (JCC) bersana Kemenkes RI.Acara yang berlangsung dari pagi hingga sore hari dihadiri oleh ratusan peserta.Sebelum acara dimulai  saya menyambangi beberapa booth yang berada diluar ruangan.

Disetiap booth kita diberikan edukasi mengenai diabetes.Saya juga berkesempatan untuk periksa kadar gula secara gratis disana.Oya..ada beberapa booth yang menyediakan aneka hadiah lho cukup dengan mengisi soal sejauh mana pengetahuan kita mengenai penyakit diabetes ini.



Seluruh peserta yang hadir juga bebas membawa aneka buku kesehatan atau buku panduan mengenai bahaya maupun penyakit diabetes ini dan ini semua bisa kita dapatkan secara gratis.Wahh bersyukur sekali saya membawa banyak buku ini sebagai panduan untuk saya dan keluarga menjalani hidup lebih sehat lagi.

Acara di buka dengan nyanyian lagu Indonesia Raya dan di lanjutkan sambutan dari dr.Lili Susilowati selaku Direktur Penyakit Tidak Menular Departemen Kesehatan.

Tema Simposium Nasional Hari Diabetes Sedunia "Eyes On Diabetes" ini menghadirkan beberapa narasumber untuk setiap ruanganya.Namun sebelum itu perwakilan dari Kemenkes RI mengungkapkan saat ini Kemenkes RI sudah banyak upaya atau usaha agar Diabetes ini tidak naik setiap tahunya.Ada beberapa program yang sudah dilaksanakan seperti GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat), POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu) PTM, PANDU (Pelayanan Terpadu) dll.

Pembicaraan mengenai Diabetes saat ini sudah sering kita dengar karena saat ini 1 dari 11 orang itu menurut survei mengidap Diabetes.Padahal 80% diabetes itu bisa di cegah.Untuk langkah awal pencegahan yaitu mengetahui Diabetes secara dini dengan pemeriksaan kadar glukosa darah secara berkala bagi mereka yang membunyai riwayat diabetes, obesitas dan wanita yang melahirkan bayi > 4kg.

Nilai Glukosa darah yang seharusnya atau baik yaitu :

Glukosa darah puasa < 100 mg/dL
Glukosa darah 2 jam setelah makan < 140 mg/dL 

Nilai Glukosa darah seseorang dengan Diabetes :

Glukosa darah puas >126 mg/dL
Glukosa darah 2 jam setelah makan > 200 mg/dL

Catatan: glukosa puasa 100-125 mg/dL dan atau glukosa 2 jam setelah makan 140-199 mg/dL dikenal sebagai pradiabetes.

Sebaiknya jika sudah positif Diabetes orang tersebut harus secara rutin periksa kadar glukosa dan melakukan konsultasi ke POSBINDU, Puskesmas.Si penderita juga harus serta merta menjaga pola makan agar glukosa dalam darah tidak naik.Melakukan aktivitas fisik secara teratur juga tidak kalah penting nih agar kadar glukosa darah tetap stabil.

Banyak penderita diabetes di sekitar saya bahkan keluarga saya sendiri mengalaminya.Belum lama ini tetangga yang sudah di anggap sebagai saudara juga meninggal akibat komplikasi diabetes.Tetangga saya itu awalnya diabetes sudah sekitar 18 tahun sampai akhirnya harus rutin cuci darah selama 2x dalam seminggu.Diabetes sendiri menyebabkan dia menderita penyakit lain, yups diabetes bisa menimbulkan penyakit lainya seperti  gagal ginjal, jantung koroner, stroke dll.

Yang lebih miris lagi penderita diabetes tidak bisa sembuh sampai kapan pun namun agar tidak terus terjadi komplikasi si penderita harus tetap menjaga kadar glukosa dalam darah agar tidak naik.Diperlukan juga agar kita yang belum terkena diabetes menjalani prilaku  yaitu Cek kesehatan secara berkala, Enyahkan asap rokok, Rajin beraktivitas fisik, Diet sehat dengan kalori berimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stress.

2 comments:

  1. Papa mertua punya diabetes & sekarang harus jaga banget kadar gula darahnya dengan menjaga makanan. Buat aku hidup sehat itu emang wajib, demi bisa liat & menjaga anak sampai besar nanti :)

    ReplyDelete
  2. Penderita diabetes harus benar-benar ketat urusan pola makan. Seperti papah mertua saya yang saat ini terkena diabetes

    ReplyDelete

Chicking Ayam Top Dubai Fast Food Halal Rasa Timur Tengah

Assalamu'alaikum. Masih dalam ingatan saya ketika ada kerjaan di Bandara dan itu pertama kalinya menginjak Bandara Soekarno Hatt...