Tuesday, November 1, 2016

Berbicara The Power Of Content di Hari Blogger Nasional Bersama Serempak




Assalamu'alaikum.
Beberapa waktu lalu saya menghadiri acara bersama Serempak di Universitas Binus FX Jakarta.Ini kali pertama saya mengikuti acara bersama Serempak  (Seputar Perempuan dan Anak), saya juga baru tahu juga ternyata Di FX Mall itu ada Universitas Binus hehe.Sejak pertama di share acara ini saya langsung mendaftar dan alhamdulillah terpilih sebagai peserta.

Acara ini bertepatan pada hari Blogger Nasional, yups acara ini diadakan tanggal 27 Oktober 2016.Saya yang masih baru di dunia blogging ini juga baru tahu ternyata tanggal itu adalah Hari Blogger Nasional hehe.Acara yang bertema The Power Of Content ini cukup menarik bahkan sangat menarik menurut saya karena kita semua memakai dresscode baju daerah nusantara.


Sebelum acara di mulai kita semua berdiri dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.Merinding banget ketika kita semua menyanyikan lagu Nasional dengan memakai pakaian daerah.Ada pun para narasumber kali ini yaitu Kang Maman Suherman, seorang penulis, Ibu Ratna Susianawati, perwakilan dari KPPA (Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Anak), Martha Simanjuntak , Ketua IWITA ( Indonesian Women IT awareness) yang merupakan sebuah organisasi yang mendukung perempuan melek tekhnologi, Ina A Muwarni Head Of Binus Bussiness School, Ani Berta Blogger yang juga saat ini seorang sekertaris jenderal IWITA dan Irwin Day seorang praktisi IT.



Awal pembicaraan Kang Maman yang juga seorang notulen bercerita kalau saat ini pelecehan dan kekerasan terhadap perempuan dan anak itu sangat memprihatinkan.Saat ini juga perempuan kerap dipandang rendah dan sebelah mata.Kalau lihat berita saya juga suka miris lihat banyaknya penyiksaan terhadap perempuan dan anak, rasa takut pun suka menghantui juga ada.

Dengan banyaknya permasalahn yang menimpa Perempuan dan Anak makanya KPPA saat ini bekerja sama  dengan Serempak untuk mengatasi isu-isu tersebut.Platform Serempak yang mengatasi isu itu semua diharapkan dapat mengurangi permasalahan yang ada.Untuk saat ini KPPA dan Serempak memiliki program 3Ends .

Program 3Ends dari KPPA  :

  1. Mengakhiri kekerasan terhadap perempuan dan Anak.
  2. Menghentikan perdagangan manusia.
  3. Menepis kesenjangan antara perempuan dan laki-laki.

Sebagai blogger kita juga bisa membantu mengatasi isu-isu tersebut dengan menulis konten yang bermanfaat seperti menulis konten tentang wanita inspirasi, mengenai persalinan, mengenai anak.Pokoknya kita sebagai blogger sebisa mungkin menunjukan kalau perempuan saat ini jangan di pandang sebelah mata dan bahkan perempuan itu pilar untuk negara.Coba saja saat ini jumlah perempuan dan anak di Indonesia itu lebih besar dari pada laki-laki.

Sebagai blogger tentunya kita ingin blog kita terkenal dan bermanfaat untuk orang banyak.Ada beberapa yang perlu di perhatikan jika ingin menjadi blogger ketje salah satunya yaitu Branding.Branding adalah sebuah identitas  yang segera mudah di kenali dan membedakan blog kita dengan yang lainya .



Caranya ngeBranding :

  • Harus tahu target pembaca blog kita itu siapa, yups kita tidak bisa jadi apa saja buat siapa saja .Kita harus kenali pembaca blog kita dan tulislah sesuatu yang mereka ingin baca.
  • Pilih tema apa yang akan di tulis yang sesuai dengan personality.
  • Memilih nama blog yang menggambarkan isi dari blog tersebut.
  • Memilih warna ,logo dan tagline.Ternyata warna dalam blog juga memiliki arti lho.
  • Gunakan foto atau video untuk mendukung tulisan blog kita.
  • Berani berinvestasi.Nah ini dia saat ini memang kita bisa membuat blog dengan gratis namun jika ingin mendapat pendapatan yang lebih sari blog lebih baik gunakan blog yang berbayar atau domain pribadi.
Ada pula cara memasarkan blog kita atau agar blog kita terkenal seperti kita harus konsisten menulis di blog, berteman dengan social media yups sebisa mungkin kita sering share tulisan kita di blog, coment atau blog walking dan jangan lupa SEO.Untuk SEO sendiri saya masih perlu banyak belajar hehe.

*nafas dulu...

Setiap selesai para narasumber memberikan wejangan kita semua di hibur oleh musik.Hiburan ini cukup membuat saya happy hehe maklum lah yes sekalian karokean gratis haha.
Oke balik lagi ya..kali ini ada mba Ani Berta yang sharing tentang perjalanannya di dunia blogging.

Wanita yang berdarah sunda dan batak ini termasu wanita inspirasi saya, dimana dia yang awalnya seorang pekerja swasta namun sekarang berani memilih menjadi fulltime blogger.Apa yang dia pilih itu benar tepat karena menulis adalah passion dia.Dia menceritakan awal mulanya menjadi kontributor di Serempak namun lama-lama saat ini dia menjadi Sekertaris Jendral di sebuah platform yang bergengsi itu, kenapa bergengsi? Yaa karena menurut saya platform Serempak keren disana banyaknya informasi mengenai perempuan dan anak.



Berkat rutin menulis disana dia di ajak menjadi pembicara di sebuah pertemuan bergengsi di luar negeri.Kemarin beliau memberikan sedikit mengenai blogging.Jadi misalkan menulis blog untuk reportase itu maksimal 2 hari kita sudah nulis dan perlu di perhatikan 5W+ 1H saat menulis reportase.

Beliau juga menekan kan jika kita di undang sebagai blogger oleh brand sebaiknya nulis mengenai acara tersebut karena blogger itu bukan seperti orang kondangan yang hanya datang trus makan trus pulang hehe.Yups...mulai sekarang kita perbaiki konten tulisan  kita dan berikan yang terbaik kepada pembaca,,itu pun kalau kita ingin jadi blogger Ketje hehe.


6 comments:

  1. Aku juga butuh banyak lagi pembenahan dalam menulis konten mbak. Baca tulisan ini aku semakin bersemangat buat belajar nulis konten yang menarik dan bermanfaat.

    ReplyDelete
  2. Wah acaranya asyik ya mba...saya paling suka acara yg meningkatkan kapabilitas kita sebagai blogger :)

    ReplyDelete
  3. Kadang ngga semept tulis 2 hari setelah acara *sok sibuk* tapi kadang juga rajin hihihi, emang belum konsisten nih aku nulisnya. Thank you ilmunya mak!

    ReplyDelete
  4. Nulis konten bagus itu susah ya maaak. Seneng ya bisa nambah ilmu sm narsum yg kece-kece.

    ReplyDelete
  5. Kalau saya mah ngikutin kata hati saja kalau hati sedang senang maka membuat artikel juga pasti muantappp.

    ReplyDelete
  6. Harus nambah semangat nih mbak, harus diberusaha terus ya mbak emng.. biar bisa dpt formula bagus buat bikin konten yang bagus

    ReplyDelete

Sobat ISB Belajar Bareng Brilio.net Cara Mendapatkan Ide Konten Agar Menjadi Viral

Foto by Teh Ani Berta Assalamu'alaikum. Apa perasaan kalian jika tulisan kita jadi viral? Pasti seneng banget donk ya kalau tuli...