Saturday, November 5, 2016

Kohu-Kohu Khas Maluku, Sederhana Namun Kaya Akan Kebaikan Bagi Tubuh

KOHU-kohu
foto dok pribadi


Bersyukur sekali saya tinggal di Indonesia, negara maritim terbesar di dunia ini membuat saya bangga.Indonesia kini kekayaan alam serta aneka ragam budaya sudah terkenal di dunia .Negara kepulauan yang di kelilingi lautan ini tentu banyak sekali kekayaan bawah lautnya.Kekayaan bawah laut ini yang menciptakan aneka ragam masakan atau olahan dari laut ini.

Masakan olahan dari kekayaan laut saat ini terkenal dengan harganya yang cukup mahal untuk masyarakat yang jauh dari pesisir, namun masalah itu tidak menjadikan masyarakat untuk berhenti mengkonsumsi itu semua karena nilai gizinya terutama ikan laut.Dari berbagai penetitian kandungan omega 3 dari ikan laut lebih tinggi di bandingkan ikan tawar, tak hanya itu protein, vitamin dan mineralnya pun bagus untuk tumbuh kembang anak.

Berbicara mengolah makanan dari laut saya jadi ingin sharing masakan yang memakai ikan laut yang belum lama ini jadi favorit keluarga.Makanan itu bernama KOHU-KOHU yaitu makanan khas dari Maluku.Awal kenal makanan itu ketika orang tua Taruna yang ngekos di depan rumah saya mengadakan syukuran karena anaknya di terima di sekolah akademi milik negara yang tempatnya tidak jauh dari rumah saya.Ibu tersebut berasal dari Pulau Buru, yaitu sebuah pulau di Maluku Utara.

Acara syukuran yang hanya di hadiri oleh para tetangga itu cukup meriah terlebih sang ibu menyajikan aneka masakan khas Maluku seperti Ikan kuah kuning, Papeda, Gohu ikan, dan Kohu-kohu.Ini kali pertama saya dan keluarga mencicipi masakan khas Maluku.Masakan Maluku hampir semua saya suka namun masakan yang saya suka itu Kohu-kohu masakan ini tak jauh beda dengan urap yang berasal dari Jawa.

jelajah gizi 2016
foto dok pribadi


Yang membedakan urap dan Kohu-kohu yaitu adanya ikan di dalam masakan tersebut dan ikanya pun bisa ikan teri basah maupun ikan tongkol yang sudah di kukus/ pindang  saya dan anak-anak sangat menyukai masakan ini mungkin karena banyaknya sayuran didalamnya.

Proses pembuatanya yang cukup simple, bahan-bahanya yang mudah di dapatkan serta kandungan serat, vitamin dan gizinya yang cukup banyak ini juga salah satu alasan kenapa saya suka sekali masakan dari Maluku ini.Untuk kali ini saya memasak Kohu-Kohu menggunakan ikan laut tongkol yang sudah di pindang.

Bahan Kohu-Kohu :

  • Taoge  100 gr
  • Kangkung 1 ikat
  • Kacang panjang 100 gr
  • Timun 1 buah
  • Kemangi 5 batang
  • Kelapa 1/2 buah (parut)
  • Bawang merah 3 butir
  • Bawang putih 2 butir
  • Cabai merah 5 ( sesuai selera)
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Kencur 2 cm
  • Jeruk nipis 2 sendok makan
  • Ikan Tongkol 100 gr di pindang/kukus hingga matang (bisa di ganti denga  ikan teri atau ikan asap)

Cara memasak :

  • Kukus sayuran (kacang panjang, kangkung, touge) selama 5-7 menit.
  • Haluskan ( bawang merah-bawang putih,cabai dan kencur)
  • Tumis bumbu yang telah di haluskan sampai harum lalu masukan kelapa yang sudah diparut dan beri garam secukupnya, aduk hingga tercampur rata.
  • Sayuran yang sudah di kukus dan daun kemangi serta timun di satukan dalam satu wadah lalu masukan suwiran ikan tongkol yang sudah di kukus, lalu aduk hingga rata, terakhir beri perasan jeruk nipis dan siap untuk di sajikan.



Saya memilih mengukus sayuran agar vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayuran tidak banyak terbuang.

Kandungan Gizi Kohu-Kohu 

  • Ikan Tongkol: mengandung protein, omega 3
  • Kangkung : protein, lemak, karbohidrat,Fosfor, Zat besi,Vitamin A, B1 dan C.
  • Taoge: Protein, Lemak, Karbohidrat, serat, kalsium, Fosfor, zat besi, Vitamin A, B1 dan C.
  • Kacang panjang : lemak tak jenuh, Natrium, protein, kalium, kalsium, vitamin A, vitamin D dan vitamin B12.
  • Jeruk nipis :Air, protein, lemak, asam sitrun, minyat atsiri, karbohidrat, mineral, kalsium, zat besi, asam askorbat, vitamin C dan vitamin B1.
  • Kelapa parut: protein, lemak, serat, karbohidrat, dan natrium.
  • Daun kemangi : Karbohidrat, lemak, protein, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B, Vitamin C dan sitrat.
  • Kencur : mineral, patri, minyat atsiri dan gom.
  • Timun : Vitamin A, viatmin B, Vitamin C, dan mineral.
  • Cabe : mineral, folat, vitamin A, vitamin B, vitamin C, senyawa alkaloid, dan capsaisin.
  • Bawang merah : karbohidrat, serat, viatmin A, vitamin C, kalsium, folat, fosfor dan mineral.
  • Bawang putih : allicin  dan allin sebagai anti kolesterol,protein, dially sulfide, lemak, zat besi,fosfor, vitamin A, vitamin B1 dan vitamin C.
Di Maluku, Kohu-Kohu ini disajikan saat ada upacara adat, pernikahan dan juga untuk makanan sehari-hari.Kohu-Kohu ini juga di makan dengan singkong atau ubi rebus.Kalau saya dan keluarga kadang menyantapnya bersama nasi hangat atau hanya Kohu-kohu saja sudah cukup kenyang.

Kohu-kohu khas Maluku ini cukup sederhana dan mudah di buat namun serat vitamin serta mineral di dalamnya memberikan banyak kebaikan untuk tubuh kita.

Walau pun saya belum menginjak tanah Maluku namun saya cukup senang bisa mengenal makanan khas nya.Saya pun percaya jika ketika kita memakan atau mencicipi makanan khas suatu daerah dan saat memakan memiliki tekad untuk pergi ke daerah tersebut maka cepat atau lambat kita pasti menginjakan kaki kita disana. Amin.





31 comments:

  1. kece mak masak sendiri. dan malem malem bacanya bikin laper... ekhhmm jahattt euy ..haha

    ReplyDelete
  2. Saya jadi penasaran ingin mencoba kuliner yang satu ini. Di Sumbawa ngak ada soalnya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja mas gampang kok bikinya heehe.

      Delete
    2. Buat cowok, khusus memasak itu cukup bermasalah mba hehe.

      Delete
  3. Kalo makanan maluku biasanya identik dgn kelapa yah. Lidahku masih agak aneh kalo makanan Maluku :)
    Sukses buat lombanya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mba Oline, iya soalnya kata taruna depan rumah itu pohon kelapa banyak banget disana.

      Delete
  4. belum pernah makan Kobu-Kobu
    enak pastinya

    ReplyDelete
  5. Sepertinya segar sekali..dan yang pasti banyak gizinya, perpaduan sayuran dan protein ikan...yummy...enak dan sehat..

    ReplyDelete
  6. Ini seacam urap-urapan gitu mak rasanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba seperti urap tapi lebih seger soalnya pake perasan jeruk nipis.

      Delete
  7. Wahh mau coba ahh menu masakan dari maluku ini..kayaknya seger ya sayuran semua plus ikannya

    ReplyDelete
  8. Jadi pengen praktekin di rumah nih,kalo urap kan dah biasa,bikin kohu kohu boleh juga

    ReplyDelete
  9. Wah, bunda ini penyuka gado2, karedok, asinan sayuran, jd pastilah olahan Kohu Kohu ini akan suka bngt. Btw nmnya Kohu2 apa Moku2 siih, ,Mel? Yhankyu resrpbya, besok insya Allah mau bikin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama bunda, ini namanya Kohu-Kohu hehe.

      Delete
  10. Iya kalau mengukus, gizinya lebih dapat ya mbak Amel?
    TFS resepnya aku jd tahu ada makanan namanya Kohu kohu :D

    ReplyDelete
  11. Aku belum pernah makan kobu-kobu mbk Amel.. Mau dong hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kohu-kohu kakak hehe, sok bikin aja gampang ini.

      Delete
  12. wah seru juga nih kohu2 ya, gabungan sayur dan ikan laut.., hmmm, jadi penasaran sama rasanya...

    ReplyDelete
  13. Aku suka sama ikan, tapi kalau ikan laut kayaknya mending disuwir2 hahahaha, ngga tega liat ikan2 gede gitu di goreng. Resep kohu2nya terlihat endes, ntar coba aah :D

    ReplyDelete
  14. Waaaaah sepertinya enaaaakkk. Ntar cobain aaah. Makasi resepnya maaaak

    ReplyDelete
  15. Toge nya bagus buat cowok hehe
    tapi emang bener kok
    makanan seperti gado-gado, lotek, tahu campur, dan sejenisnya yang mengandung banyak jenis sayuran emang bagus banget buat tubuh mbak
    jadi pengen icip makanan yang satu ini deh
    sayangnya mau buat belum ada waktu dan kayaknya ndak ada yang jual di tempatku

    ReplyDelete
  16. Indonesia emang kaya banget ya Mba, termasuk kekayaan kulinernya. Bayangin aja setiap daerah punya kuliner khas masing2.
    Papeda itu mirip sama kapurung kalau di Palopo Mba. Aku suka banget^^
    Dan kohu-kohu ini iya ya mirip urap. Aku mau coba ah kapan2.
    Makasih resepnya ya Mba Amel :*

    ReplyDelete

Wujudkan Umroh Bersama Ayah Lewat Program Berkah TOTAL Almeera

Assalamu'alaikum. Apa arti Ayah bagi kamu? bagi saya ayah memiliki banyak arti di kehidupan saya.Papa ..biasa saya menyebut sese...