Tuesday, December 6, 2016

Membangun Karakter Bangsa Melalui Program Anak Cerdas



Assalamu'alaikum.
Tau ga sih, ternyata mengajarkan nilai-nilai keuangan pada anak bisa membangun karakter bangsa.Itu saya dapatkan dari acara talkshow bersama HSBC dan PJI (Prestasi Junior Indonesia) di SDN 12.Menuju kesana saya naik kereta dan dilanjut ojek online.Sesampainya di depan sekolah saya sangat takjub sekali karena berbeda sangaaaaatttt jauh dengan SD anak saya yang sama-sama negeri.

Sekolahnya sangat luas dan nyaman karena dikelilingi aneka pohon yang rindang.Lapangan yang luas, mushola yang cukup lumayan dan kantin yang bersih.Saya menyempatkan keliling sekolah sebelum acara dimulai dan saya melihat di belakang sekolah ada 2 gazebo dan di bawahnya kolam ikan.Ahhh....andai saja sekolah anak saya seperti ini tentunya anak-anak tidak begitu stress menghadapi pelajaran karena banyak oksigen dari pepohonan.Tapi bersyukur sih SD anak saya tidak pernah bocor dan sangat strategis.



Acara diadakan diruang kelas lantai 2.Keadaan kelas cukup nyaman dan rapih terlebih di sekeliling sekolah maupun di mading (majalah dinding) ditempelkan foto para pahlawan dan sejarahnya.Kagum sekali karena ini secara tidak langsung mengajarkan anak untuk mengenal para pahlawan dan cinta terhadap negeri.Disana saya berharap andai saja sekolah di design seperti ini banyak pepohonan dan tanaman beserta aneka fasilitas yang lengkap mungkin para murid akan cepat masuk belajarnya hehe *menurut saya lho ya.

Tak lama acara dimulai dan hadir juga Robert Gardiner, Executive Director PJI , Nuni Sutyoko, Head of Corporate Sustainability HSBC Indonesia dan Psikolog Anna Surti Ariani S.Psi, M.Si.Saat ini Prestasi Junior Indonesia (PJI) bersama HSBC mengadakan Program Literasi Keuangan Anak Cerdas yang saat ini memasuki tahun kedua.Selama 1 tahun penyelenggaraan program ini sudah melibatkan 57 guru, 245 sukarelawan dan 1.883 siswa kelas 3 hingga kelas 5 di 8 Sekolah dasar di 8 kota di Indonesia.Program ini direncanakan selama 3 tahun yaitu mulai dari tahun 2015 -2018.















Program Anak Cerdas bertujuan mengedukasi maupun memberikan indikasi nilai positif tentang efektivitas mengenai literasi finansial yang menyertakan nilai-nilai budi pekerti luhur, seperti kejujuran, semangat bekerja, bijaksana dalam mengelola pendapatan dan kebutuhan, menahan diri dari sifat konsumtif hingga memiliki pemahaman fungsi finansial untuk kebutuhan sosial terhadap pembangunan karakter anak.Jadi HSBC dan PJI memberikan edukasi ini lewat aplikasi digital yang ada di tablet pintar mereka.

Saya juga ikut berpartisipasi bersama murid kelas 3 Sekolah Dasar yang pada saat itu sedang menggunakan aplikasi tersebut.Materi pembelajaran pada Program Anak Cerdas juga dirancang sesuai dengan pola pikir dan usia anak.

Siswa-siswa kelas 3 SD diajarkan pemahaman yang paling mendasar tentang perbedaan antara kebutuhan dan keinginan, cara mendapatkan uang, mengelola dan menyimpan kelebihan uang hasil dari pendapatan, memanfaatkan uang untuk memenuhi kebutuha , dan memanfaatkan uang untuk kepentingan berbagi kepada sesama/lingkungannya.Disana juga memasukan unsur-unsur kejujuran dan komitmen, juga mengandung unsur-unsur pelajaran berhitung dan ilmu sosial kemasyarakatan.

Untuk siswa-siswi kelas 4 SD konsep pembelajarannya yaitu mampu mendorong anak mengenali lingkungan kemasyarakatan.Mereka diajak untuk ,engenali jenis-jenis pekerjaan dan mengetahui secara garis besar keahlian yang diisyaratkan, mengindwfikasi bagaimana bisnis membantu memberdayakan sebuah lingkungan masyarakat.

Siswa-siswi kelas 5 SD belajar mengenal dunia usaha secara langsung.Para siswa diajak untuk belajar menghasilkan produk yang benar-benar bisa menghasilkan uang, belajar membuat keputusan finansial yang tepat dan bijak.

Program anak cerdas


Menurut Anna Surti Anak - anak di usia sekolah dasar masih berada di dalam proses pembentukan karakter.Program literasi keuangan yang menyertakan nilai-nilai budi pekerti merupakan salah satu pendekatan efektif yang dibutuhkan.Bahkan dari kajian psikologi, literssi keuangan menyentuh beberapa aspek seperti fisik, kognitif, bahasa, emosi dan sosial.

Tau ga sih ternyata korupsi itu bisa dicegah jika dari kecil sudah diajarkan menahan diri dan memilih antara kebutuhan dan keinginan.Terlebih kita sebagai orang tua semestinya mengajarkan anak dari kecil untuk menahan diri bahwa semua keinginan mereka itu tidak bisa dikabulkan semuanya.Mengajarkan kejujuran ini yang paling penting.

Mungkin pembelajaran ini tidak untuk anak saja ya, kadang kita sebagai orang tua masih suka khilaf kalau liat diskon hehe.Tapi sih kalau saya ya kalau ga punya duit yaudah ga usah beli ini itu hehe.Program Anak Cerdas ini menurut saya bagus sekali namun sayang sekali program ini tidak menyeluruh ke sekolah dasar.Hehe saya sih berharap banget program ini bisa mampir ke sekolah anak saya biar dia paham mengenai literasi keuangan yang cukup sederhana ini namun banyak sekali manfaat yang didapat.

2 comments:

  1. bagus programnya nih..jadi anak2 sudah diberi pemahaman dari kecil..biar saat dewasa bisa lebih bijak dalam mengelola keuangan...thanks ya mba

    ReplyDelete
  2. Ooh malah bukan di sekolahnya anaknya Mbak Amel ya?
    Program keren. Moga2 bisa lebih banyak lagi yang bisa belajar ya

    ReplyDelete

Sobat ISB Belajar Bareng Brilio.net Cara Mendapatkan Ide Konten Agar Menjadi Viral

Foto by Teh Ani Berta Assalamu'alaikum. Apa perasaan kalian jika tulisan kita jadi viral? Pasti seneng banget donk ya kalau tuli...