Sunday, January 22, 2017

Uang Receh Kembalian Untuk Rumah Singgah Kanker

pict : Mba Irma Senja


Assalamu'alaikum.
Apa yang terlintas ketika kamu mendengar Rumah singgah? Kanker? Pasti sudah bermacam-macam presepsi.Saya pernah dulu 2 kali mengunjungi salah satu rumah singgah yang kelayakan untuk dihuni itu bisa dibilang engga banget dilihat dari kebersihan tempatnya.Tapi bersyukur sekali pada tanggal 19 Januari 2016 saya berkesempatan mengunjungi sebuah rumah singgah YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia).

Menuju ke YKAKI di Jl.percetakan negara XI no.10A dari rumah saya naik kereta menuju stasiun manggarai dan dilanjut dengan ojek online.Saat memasuki yayasan semua para tamu harus mengganti sepatu dengan sendal yang sudah disediakan dan tak lupa mencuci tanganya terlebih dahulu.Kebersihan memang diutamakan karena disana banyak anak penyandang kanker.








Di halaman depan tampak taman mini dan juga mainan anak-anak seperti mobil, motor mini dan juga sepeda.Disana sudah ada beberapa teman blogger lainya.Sebelum sesi perkenalan saya sempatkan untuk melihat disekeliling ruang bawah.Berbagai penghargaan tersimpan rapih dibeberapa lemari.

Dinding ruangan menuju lantai 2 terlihat bukti donasi dari berbagai donatur.Saat mata tertuju ke sebuah bingkai foto adik-adik yang menderita Kanker saya merasa terenyuh duh ya Allah rasanya kok gimana gitu.

Donasi-Ku Alfamart



Saya bersama teman blogger ke YKAKI ini mengikuti kunjungan rutin Alfamart ke sini.Hadir juga pak Nur Rachman, Corporate Communication GM SAT.Pernah dong ya ke alfamart trus pada saat bayar kasir bertanya "apa kembaliannya mau disumbangkan?".Tahu ga sih ternyata kembalian receh yang kita sumbangkan itu ternyata untuk didonasikan sepenuhnya pada YKAKI.

Kita juga bisa turut menyumbang lewat alfamart bisa melalui Donasi-Ku Belanja dan Donasiku-Ku Bebas.Donasi-Ku Belanja yaitu donasi yang diberikan konsumen saat belanja (kembalian receh kita saat belanja) dan Donasi-Ku Bebas yaitu transaksi donasi Ä·onsumen alfamart langsung dengan nilai tertentu yang langsung diberikan ke kasir alfamart.



Setiap donasi -ku belanja maupun donasi-ku bebas itu tertera dalam struk.Program donasi alfamart juga memiliki legalitas dari Kementrian sosial RI.

Ya ampun saya baru tahu lho ternyata buat aksi kemanusiaan yang salah satunya untuk YKAKI ini.Dulu sempat nyinyir dengan pertanyaan sang kasir karena dulu ada isu miring tentang donasi ini tapi sekarang setelah lihat dan mendengar langsung saya tahu bahwa setiap receh donasi kembalian itu disalurkan ke program kemanusiaan.

Oke ,,jangan sepelekan uang receh ya guys tanpa kita sadari receh demi receh tersebut ternyata sangat berarti bagi saudara kita lainya.

Donasi yang terkumpul dari Alfamart ini guna mendukung kebutuhan operasional rumah singgah YKAKI di wilayah Makasar, Semarang, Malang dan Pekanbaru.Tak hanya itu Alfamart juga memberikan kendaraan operational untuk rumah singgah yang ada di Jakarta ini.

Awal tahun 2017 mulai dari tanggal 1-31 Januari ini Donasi konsumen Alfamart untuk Rumah Singgah Kanker.Nah yuk ahh sumbangkan uang receh kembalian belanja kamu untuk donasi bulan ini.Uang receh kembalian kamu sangat berarti lho đŸ˜‰.

Donatur

Awal mula terbentuknya YKAKI



YKAKI (Yayasan Kasih Anak Kanker Indonesia) berawal dari pengalaman sang pendiri yaitu Ira Soelistyo.Pada tahun 1984 anaknya yang pada saat itu berusia 4th terkena kanker.Pada saat itu beliau dan anaknya berobat di Belanda dan tinggal dirumah singgah.Setelah 8 bulan pengobatan di Belanda sang anak sembuh dan 4 tahun kemudian kumat lagi.

Sang anak kumat sakit kanker sampai 4 kali hingga akhirnya tahun 2005 sang anak dipanggil sang pencipta.Setelah anaknya meninggal ibu Ira sempat tidak mau berhubungan apapun dengan Kanker namun setelah anaknya meninggal beliau di datangi oleh sang anak dalam mimpinya dan akhirnya beliau mendirikan YKAKI ini bersama Nur Aziza.

YKAKI berawal dari sebuah rumah sederhana yang di kontrak oleh Ibu Ira dan Aziza.Karena berpengalaman dengan Kanker Ibu Ira tentunya tahu lah apa saja yang perlu diperhatikan dari sebuah rumah singgah.Salah satunya bekerjasama dengan dokter.


Rumah singgah pertama itu bisa dibilang mengalami berbagai rintangan dan yang paling miris itu saat ketua RT dan yang memiliki kontrakan komplain agar pindah rumah singgahnya karena para tetangga takut tertular para penyandang kanker.

Miris tahun 2005 masyarakat masih belum paham tentang Kanker bahwa penyakit tersebut tidak menular.Akhirnya bu Ira berserta seorang dokter mengadakan edukasi kepada masyarakat sekitar bahwa penyakit Kanker itu tidak menular dan justru dari kita yang sehat misalnya sedang flu itu yang dapat menularkan ke penderita Kanker.Sistem imun penyandang kanker itu berbeda dengan kita yang sehat.



Penghuni pertama YKAKI itu berasal dari NTT dan Lombok.Saat ini kedua penghuni itu saat ini sudah meninggal.Yups,,penghuni YKAKI itu bebas berasal dari mana dan tidak perlu ada syarat apapun.

Penghuni YKAKI itu tidak hanya anak-anak penyandang Kanker saja namun juga para penyandang tumor juga bisa.YKAKI ini berdiri hingga saat ini berkat para donatur.Ya,,,mereka semua penghuni mulai dari makanan, fasilitas dan yang lainya itu dari donatur.

Penghuni YKAKI di Jakarta maupun kota lainya itu saat ini ada 1000-an anak penderita kanker.Penghuni YKAKI ini juga mendapatkan fasilitas pendidikan.Jadi YKAKI mendatangkan guru profesional ke yayasan.

pict : Timoty
YKAKI sendiri memiliki simbol seorang anak yang sedang menangkap kupu-kupu.Simbol tersebut ternyata memiliki arti yang mana seperti diketahui bahwa kupu-kupu mengalami proses metamorfosis mulai dari telur hingga akhirnya menjadi kupu-kupu yang indah yang dapat terbang bebas.

Jadi simbol tersebut memiliki arti bahwa anak-anak penyandang kanker ini sedang berjuang untuk sembuh walaupun mengalami proses pengobatan yang cukup panjang.

Berkeliling YKAKI Jakarta 


Kita semua yang hadir mendapat kesempatan melihat lantai ke dua bangunan YKAKI Jakarta.Dilantai 2 adalah ruangan tempat penghuni tinggal yang di design banyak sekali fentilasi besar dan juga tidak ber AC karena jika ber-AC itu sangat memudahkan virus bisa menyebar dan menularkan ke semua penyandang.

Hmmm,, *tarik nafas saat memasuki kamar saya melihat penghuni dengan berbagai macam Kanker yang di deritanya.Hati saya makin bergejolak ketika mendekati adik-adik penderita Kanker salah satunya Abdul yang menderita Kanker mata.

Miris mendengar awal kejadian Kanker yang diderita Abdul hingga saat ini.Namun saat kesana bocah laki-laki itu tampak tidak terlihat sedih dan cenderung ceria.Sesekali Abdul bercengkrama dengan temannya yang juga menderita Kanker.Berkali-kali Abdul bertanya "sudah belum gambarnya?" Ahh,,rasanya nyesek banget ya, Abdul yang kini kedua matanya tidak bisa melihat tapi masih bisa ceria.


Mereka anak-anak yang tegar pastinya ada seorang ibu dan ayah yang lebih tegar bahkan terus mensuport sang anak.Disana saya merasa ya Allah,,ketika anak-anak sakit panas aja saya sudah galau bukan kepalang dan cenderung mengeluh, rasanya kok ya malu saja dengan para orang tua yang lagi menemani anaknya dirumah singgah yang begitu sabar dan tegar menemani masa pengobatan anaknya.

ruang belajar lengkap dengan fasilitas AC

lemari buku bacaan lantai 2

Saya sudah tidak sanggup lagi melihat keadaan di lantai dua itu.Lalu saya turun kembali dan melewati ruang sembako atau semacam tempat aneka kebutuhan penghuni panti.Disana lengkap perlengkapan menulis, susu, sembako,APAR (Alat pemadam api ringan) dll.

Ada beberapa APAR di dalam Yayasan
Ruang sembako dari para donatur
Tv dan lemari di kamar penghuni
Dapur



Alhamdulillah,,bersyukur sekali mendapat kesempatan mengunjungi YKAKI disana saya belajar banyak salah satunya para orang tua yang mereka tidak pernah menyerah dalam menemani sang buah hati, ketegarannya dan juga doa untuk kesembuhan sang anak tidak pernah putus.Yups,,itu salah satu bentuk kecintaan orang tua kepada anak.



Untuk saat ini Rumah Kita atau rumah singgah milik YKAKI ada di berbagai kota dan berikut alamatnya:

  • BANDUNG 
       Jl. Taman Curie no.23, Bandung 40171 (T/F 022 2051 2464, 022 420 1994)
  • JOGYAKARTA 
   Jl. Bangau no.8 RT 02 RW 04, Plemburan 55581, Sleman, Daerah Istimewa Jogyakarta ( T/F +62 247 881250)
  • SURABAYA
       Jl. Karang menjangan no.5, Surabaya 60185 ( T/F +62 31 595 5559)
  • DENPASAR
      Jl. P.Flores VII no.3A, Denpasar ( T/F +62 361 221 235)
  • MANADO
      Jl.Magandi XI no.1, Malayang I, Manado (T/F +62 432 837404)
  • Rumah singgah Alfamart-Alfamidi MAKASAR
      Jl.perintis kemerdekaan 6 no. 39, Makasar (T/F +62 411 583633)
  • Rumah singgah Alfamart RIAU
    Jl. Kartini no. 56A, Sumahilang, pekanbaru (T/F +62 761 47950
  • Rumah singgah Alfamart SEMARANG 
      Jl. Kedungjati no.6 Semarang

Kalau mau nyumbang secara langsung juga bisa lho, untuk mengetahui lebih lengkap lagi bisa lihat di www.ykaki.or.id disana juga ada catatan dana masuk dan pengeluaran YKAKI.
       









20 comments:

  1. rumah singgah yg sangat dibutuhkan mereka keluarga penderita kanker...semg semakin bnyk rumah singgah spt ini. Salut YKAKI

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,,,semoga makin banyak rumah-rumah singgah lainya.

      Delete
  2. Jelas berarti ya kak, donasi kita juga tercetak di struk belanja kita ya :)

    ReplyDelete
  3. keren nih program ya, kalau laporan keuangannya apakah terupdate ke masarakat ya

    ReplyDelete
  4. Mba Amel, bener banget. Kadang kita udah galau kalau badan anak baru anget. Mereka kuat sekali. Smoga anak-anak itu sehat. Aamin

    ReplyDelete
  5. Semoga makin banyak donatur yang mau menyumbang untuk mereka.

    ReplyDelete
  6. kumpliitnya meeel...pengalaman berhargabanget bs mampir ke YKAKI ya

    ReplyDelete
  7. semoga aja rumah singgahnya semakin hari semakin berkembang dan semakin jaya.. dan banyak donatur dari berbagai penjuru..

    ReplyDelete
  8. Semoga konsumen menjadi lebih aware, recehan kita bisa berarti besar buat mereka.

    ReplyDelete
  9. Semakin mensyukuri hidup jika melihat ternyata kesakitan kita nggak ada apa-apanya bagi mereka yaa mba dan sekarang jadi nggak curiga lagi deh, tahu kemana uang receh itu di salurkan.

    ReplyDelete
  10. Klo aku ke sana juga aku ga akan tega liatnya kayak mak amel,huhuhu. Jangan sepelekan uang receh ya mak, karena manfaatnya sangat besar buat anak2 itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Lisna sama ga tega liatnya juga.

      Delete

Diskusi Kesehatan Bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,

Assalamu'alaikum. Membahas pentingnya kebutuhan gizi untuk generasi lebih maju rasanya tak pernah ada habisnya karena ya memang ki...