Tuesday, February 28, 2017

Blogger Visit BPOM



Assalamu'alaikum.
BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) tentunya tidak asing lagi di telinga kita karena setiap makanan atau obat yang kita beli itu terdapat logo pada kemasan.Jika sudah ada logo BPOM pada kemasan sudah dipastikan produk tersebut sudah masuk pengujìan laboratorium.

Selasa 21 Februari 2017 lalu saya beserta teman blogger lainya berkesempatan mengunjungi BPOM dan mengenal lebih dekat termasuk mengunjungi laboratoriumnya.Sebelum eksplore laboratorium kita semua diberitahu apa itu BPOM dari mulai tugasnya, alur pemeriksaan sebuah produk dll.

Thursday, February 23, 2017

Memperingati Hari Kanker Anak Sedunia Bersama Kemenkes RI


Assalamu'alaikum.
Bulan Februari melekat dengan bulan kasih sayang begitu kata sebagian orang.Tapi tau ga sih kalau bulan Februari juga bulan dimana dunia memperingati hari kanker?.Yups hari Kanker sedunia jatuh pada tanggal 4 Februari dan hari Kanker Anak Sedunia jatuh pada tanggal 15 Februari.Masih dalam ingatan saya yang belum lama ini berkunjung ke sebuah Rumah Singgah Yayasan Kanker Anak Indonesia. Disana saya melihat dan bertemu langsung anak-anak penderita kanker.


Tanggal 20 Februari 2016 saya di undang Kementrian Kesehatan Republik Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kanker Anak Sedunia.Sejak dari rumah saya sudah mempersiapkan diri agar tidak nangis dan tetap kuat ketika mendengar penjelasan para narasumber.Narasumber kali ini yaitu ada dr.Lily sulistyowati  Direktur Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementrian Kesehatan,dr.Edi Setiawan Tehuteru, Sp.A(K) dan Siti Julia Survivor Kanker.

Kanker anak

"Penyakit kanker merupakan penyakit tidak menular yang ditandai dengan adanya sel/jaringan abnormal yang bersifat ganas, tumbuh cepat tidak terkendali dan dapat menyebar ke tempat lain dalam tubuh penderita"

Diawali penjelasan dari dr. Lily selaku Direktur P2PTM, menurut data dari waktu ke waktu penyakit kanker terus meningkat.Seperti yang kita ketahui bahwa penyakit tidak menular seperti jantung, diabetes, kanker dll ini memerlukan pembiayaan (BPJS) yang cukup besar.Sepeperti halnya kanker ini, menurut data kenaikan pembiayaan setiap tahunnya terus meningkat karena obat-obatan kanker yang mahal itulah yang menghasilkan pembiayaan kanker membengkak.

Sebenarnya kanker ini bukan masalah individual tapi masalah kita semua, masalah kesehatan global bahkan setiap tahun 12 juta jiwa seluruh dunia yang menderita kanker dan 7,6jt di antaranya meninggal dunia.Untuk itu maka diperlukan pengendalian yang memadai.

Tujuan pengendalian yaitu
  • Meningkatkan deteksi dini, penemuan atau tindak lanjut dini kanker.
  • Meningkatkan kualitas hidup penderita kanker.
  • Menurunkan angka kematian akibat kanker.
Kemenkes RI tentunya tidak tinggal diam,mereka memiliki program pengendalian kanker mulai dari promotif dan preventif.Dengan GERMAS (Gerakan masyarakat) dan juga CERDIK itu terus digaungkan walaupun sampai saat ini belum tau pasti apa saja penyebab kanker.Namun dengan cara mengedukasi seperti mengenal ciri-ciri kanker atau penemuan sejak dini kanker cukup bisa menurunkan angka kematian.Percaya deh jika sejak dini kanker diketahui maka 80% bisa sembuh.


Banyaknya penderita kanker yang meninggal ini karena saat berobat ke dokter itu kankernya sudah stadium lanjut.Jika sudah stadium lanjut maka untuk keberhasilan pengobatan itu sendiri hanya beberapa persen.



Berbeda dengan kanker pada orang dewasa, umumnya kanker pada anak-anak sulit sekali diketahui karena pada umumnya anak-anak belum mampu mengungkapkan apa yang dirasakan.Disini peran orang tua dan tenaga kesehatan berperan penting dalam mengenali tanda dan gejala kanker pada anak.

Kanker dapat menyerang pria maupun wanita, anak-anak ataupun dewasa bisa terkena kanker.Kanker sendiri ada 2 jenis yaitu cair dan padat.Kanker cair lebih biasa disebut ( Leukimia) dan padat itu seperti kanker otak, bola mata, otot polos, nasofaring, kelenjar getah bening dan lain-lain.

Kanker yang sering terjadi pada anak-anak ada 6 jenis kanker diantaranya : Leukimia, Retinoblastoma, Osteosarkoma, Neuroblastoma, Limfoma maligna dan Karsinona nasofaring.Dari keenam jenis kanker tersebut hanya kanker Retinoblastoma atau kanker bola mata yaitu satu dari sekian jenis kanker pada anak yang dapat di deteksi dini.

Kanker anak
dr. Lily, Situ Julia dan dr. Edy


Seperti survivor kanker Siti Julia yang berkesempatan hadir dan berbagi cerita.Siti julia terkena kanker Retinoblastoma atau kanker bola mata pada usia 4 tahun.Saat ini Julia berusia 15 tahun bisa dibayangkan bertahun-tahun lamanya dia menjalani pengobatan kanker bola mata.Julia bercerita bahwa dulu ia sempat putus asa dengan penyakit kanker ini namun karena dukungan ayah dan sekitarnya yang membuat Julia kuat melawan penyakit.

Awalnya saat bola mata Julia diangkat ia merasa tidak percaya diri terutama saat di Sekolah.Namun akhirnya Julia memakai bola mata palsu dan cukup membantu menumbuhkan rasa percaya dirinya.Sekarang Julia sudah sembuh setelah melewati berbagai pengobatan dan hanya periksa 1 tahun sekali dan mengganti bola mata palsunya.Julia yang bercita-cita menjadi artis dan putri Indonesia ini tumbuh seperti remaja lainya bahkan dia termasuk anak yang berprestasi di Sekolah.

Di dunia masih banyak anak-anak penderita kanker, disini dukungan keluarga, tenaga medis dan orang-orang sekitar itu penting.Buatlah para penderita kanker menjadi lebih bahagia karena bahagia adalah obat dan percaya atau tidak itu juga dapat membantu proses penyembuhan.

Psikologis si penderita ini harus tetap stabil.Perlunya pendampingan dari beberapa pihak untuk tetap stabil misalnya orang tua, disini orang tua harus terus mensuport dan mendampingi si anak begitu lula dengan tenaga medis.Di RS. Dharmais sendiri para tenaga medis tidak memakai pakaian putih-putih atau seragam dokter yang biasa dipakai, mereka memakai pakaian yang biasa agar si anak tidak merasa ketakutan dan terganggu psikologisnya.

Walau saat ini faktanya penyebab kanker pada anak tidak dapat diketahui secara pasti dan kanker pada anak tidak dapat dicegah.Namun ada dugaan kanker anak terjadi akibat interaksi 4 faktor yaitu genetik, zat kimia, virus dan radiasi.Meski masih belum pasti penyebabnya apa ada baiknya orang tua harus mengajarkan perilaku CERDIK sejak dini.

PENEMUAN DINI KANKER PADA ANAK

  • Pucat, memar atau pendarahan dan nyeri tulang.
  • Terlihat benjolan atau pembengkakan yang tidak nyeri atau adanya tanda-tanda infeksi lain.
  • Penurunan berat badan atau demam tanpa ada sebab yang jelas, batuk yang menetap atau sesak  nafas dan berkeringat dimalam hari.
  • Perubahan - perubahan yang terjadi pada mata seperti terlihatnya manik putih, juling, hilangnya penglihatan dan memar atau bengkak ďisekitar mata.
  • Perut yang membuncit.
  • Sakit kepala yang menetap atau berat dan muntah (biasanya terjadi pagi hari atau dapat memburuk dari hari ke hari),
  • Nyeri pada tangan, kaki atau tulang dan bengkak tanpa riwayat trauma atau infeksi.
(Kalau sudah ada ciri-ciri seperti diatas sebaikanya langsung ke puskesmas atau rumah sakit untuk penanganan lebih lanjut)

Melihat ciri-ciri diatas mungkin kita sering beranggapan atau meremehkan bahwa ini sesuatu hal yang biasa.Tapi percaya deh ga ada salahnya jika terlihat tanda-tandanya kita langsung aja melakukan pemeriksaan.

Datang ke acara ini membuat saya makin bersyukur dan PR banget deh agar lebih aware lagi kepada anak-anak termasuk diri saya sendiri.Bersyukur bisa datang mendapatkan banyak ilmu dan sebenarnya tulisan ini hanya sepersekian penjelasan dari dr. Edy dan insya allah saya akan berbagi membahas kanker lebih spesifik lagi.





Wednesday, February 22, 2017

Nongkrong Asik Di The Passport Cafe



Assalamu'alaikum.
Minggu 19 Februari siang saya nongkrong asik bersama teman blogger di bilangan Gading Serpong Tanggerang.Walau cuaca hujan deras saya tetap datang soale kapan lagi ya kan kumpul bareng temen-temen plus icip-icip makanan ďi cafe baru.

Monday, February 20, 2017

Eksis Di Surya Maxima Bandar Lampung


Assalamu'alaikum.
Siapa yang suka foto-foto?? *ngacungg 😆😂.Nah kali ini saya mau cerita pengalaman saya eksis ria di sebuah studio foto di Lampung.

Mengunjungi studio foto dan Taman Wisata Lembah Hijau adalah keseruan hari terakhir saat #BloggerCihuy trip ke Lampung.Minggu pagi kita sudah harus cek out dari Flip Flop Hostel dan langsung menuju studio foto yang lagi hitz di Lampung.Studio foto tersebut bernama Surya Maxima. Studio ini letaknya tidak begitu jauh dari hostel tempat menginap, alamat lengkapnya di Jl. Purnawirawan No. 56 ( gang ratu) Bandar Lampung .

Medi-Call Layanan Kesehatan Tercepat Dalam Genggaman


Assalamu'alaikum.
Pernah ga sih kepikiran kalau dari rumah kita bisa mendatangkan dokter dengan cepat tanpa harus datang ke tempat prakteknya?.Istilah lainya biasa disebut Home Visit .Biasanya kalau home visit itu harus janjian dulu dengan sang dokter nah yang jadi permasalahan gimana kalau kita lagi butuh dokter cepat? Pasti ya kita mau ga mau harus pergi ke rumah sakit atau pun dokter.Cukup riweuh  sih kalau kita harus ke dokter sekarang itu juga.Apalagi misalnya jarak tempuh dari rumah ke Dokter itu jauh ya kasian juga yang sakitnya.

Tapi sekarang sih ga perlu khawatir lagi kebingungan mendapatkan layanan kesehatan seperti home visit karena sudah ada aplikasi Medi-Call. 
"MEDI-CALL adalah aplikasi pemesanan layanan kesehatan berbasis smartphone "

Saturday, February 11, 2017

Cikwo Resto and Coffee,,Lampung Banget!


Assalamu'alaikum.
Tujuan kita traveling ke sebuah negara atau daerah tentunya bukan hanya untuk menikmati tempat wisata atau ragam budayanya saja tapi ada lagi nih yaitu mencicipi kuliner atau makanan khas daerah tersebut.Rasanya ada yang kurang aja gitu kalau kita hanya melihat ragam budaya atau tempat wisata saja.Jangankan traveling, saya sendiri kalau pulang kampung pasti kulineran makanan khas Tasik-Ciamis seperti tutug oncom, sorabi dll.

Seperti waktu kemarin ke Lampung, saya tidak hanya pergi menikmati wisata alam saja tapi menikmati makanan khas Lampung di Cikwo Resto & Coffee Jl. Nusa Indah 3 No. 1 Sumur Batu Teluk Bitung, Utara Kota Bandar Lampung.

Sunday, February 5, 2017

Snorkling Di Pulau Pahawang Lampung


Assalamu'alaikum.
Shakila dan Kezia memang lebih senang kalau main di luar ruangan apa lagi kalau berenang atau outbond beuhhh bakal lupa waktu.Beruntung sekali saat ke Lampung kita semua rombongan Blogger Cihuy mengunjungi Pulau Pahawang.Pulau yang sebelumnya kita lihat lewat Muncak ini sunguh menggoda.


Saturday, February 4, 2017

Gathering Tabloid Ku, Tabloid Gratis Dengan Info Menarik



Assalamu'alaikum.
Rabu 1 Februari saya menghadiri nobar gala premier Surga Yang Tak Dirindukan 2 sekaligus gathering  bersama Tabloid Ku di XXI Plaza Indonesia.Rasanya seneng banget soale sekitar 2 bulan lebih saya ga nonton di bioskop hehe.

Sebelum acara gathering saya beserta pembaca setia Tabloid Ku nonton dulu nih.Film yang dibintangi para aktor ketje seperti Reza rahardian, Laudya Cintya Bella karya Hanung Bramantyo itu sukses bikin saya baper dan beberapa kali nangis bombay dalam bioskop 😂.

Dari awal sebelum nonton sudah ini film bakalan bikin baper dan ternyata benerrr.Beruntung banget duduk di tengah antara Afifah dan Aris jadinya pas nangis ga malu-malu banget haha.

Wednesday, February 1, 2017

Perlukah Mobil dan Motor Kita Diasuransikan?


Assalamu'alaikum.
Pernah ga sih kita galau antara memilih asuransi? Atau kendaraan kita tuh di asuransikan atau tidak? semua pertanyaan itu mungkin sering mendatangi para pemilik kendaraan.Saya dan keluarga juga saat ini jujur saja masih belum mengasuransikan kendaraan karena masih galau.Berunjuk ke saudara sepupu saya yang mengasuransikan kendaraanya, tiap bulan membayar tapi pada saat mobilnya mengalami kecelakaan dia kesulitan mengclaim asuransi.

Diskusi Kesehatan Bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,

Assalamu'alaikum. Membahas pentingnya kebutuhan gizi untuk generasi lebih maju rasanya tak pernah ada habisnya karena ya memang ki...