Monday, February 20, 2017

Medi-Call Layanan Kesehatan Tercepat Dalam Genggaman


Assalamu'alaikum.
Pernah ga sih kepikiran kalau dari rumah kita bisa mendatangkan dokter dengan cepat tanpa harus datang ke tempat prakteknya?.Istilah lainya biasa disebut Home Visit .Biasanya kalau home visit itu harus janjian dulu dengan sang dokter nah yang jadi permasalahan gimana kalau kita lagi butuh dokter cepat? Pasti ya kita mau ga mau harus pergi ke rumah sakit atau pun dokter.Cukup riweuh  sih kalau kita harus ke dokter sekarang itu juga.Apalagi misalnya jarak tempuh dari rumah ke Dokter itu jauh ya kasian juga yang sakitnya.

Tapi sekarang sih ga perlu khawatir lagi kebingungan mendapatkan layanan kesehatan seperti home visit karena sudah ada aplikasi Medi-Call. 
"MEDI-CALL adalah aplikasi pemesanan layanan kesehatan berbasis smartphone "


Aplikasi Medi-Call ini sebelumnya telah sukses beroperasi di Bali dan saat ini telah hadir di Jakarta.Beruntung sekali pada tanggal 18 Februari 2016 saya menghadiri acara grand launching Medi-Call Jakarta di Hotel Puri Denpasar, Kuningan.

Acara tersebut tak hanya acara grand launching saja tapi juga ada seminar Vaksinologi untuk para dokter.Yups..banyak sekali para dokter yang bekerja sama dengan Medi-Call hadir disana.Hadir juga perwakilan dari Direktur Jenderal Aplikasi Informatika KOMINFO, BPOM, Ketua Terpilih Ikana Dokter Indonesia  dll.




Acara dibuka oleh CEO Medi-Call yaitu dr. Chandra Wijanadi.Saat ini yang masyarakatkan butuh kan yaitu mendapatkan layanan kesehatan cepat dan lengkap.Aplikasi ini merupakan aplikasi pertama di Indonesia yang menyediakan layanan home visit, jadi dokter dapat melayani pasien di lokasi terdekat.

Aplikasi Medi-Call ini mirip seperti aplikasi ojek online lainya seperti jarak dan tarif yang kompetitif dan transparan.dr. Chandra berharap bahwa Medi-Call menjadi pilihan pertama layanan kesehatan dari rumah.Yups,,Medi-Call hanya sebagai perantara atau penghubung yang memberikan layanan kesehatan sesuai dengan misi nya.

Misi Medi-Call :

  • Menghubungkan layanan dokter, perawat, bidan ke rumah pasien secara cepat, terpercaya dan terjangkau.
  • Menghubungkan layanan ambulan di rumah/ klinik dengan pasien berdasarkan lokasi tersekat dan fasilitas yang terstandarisasi.
  • Menghubungkan layanan laboratorium dan apotek ke rumah pasien secara mudah, transparan dan terpercaya.



Layanan Medi-Call 

Aplikasi Medi-Call memiliki beberapa layanan kesehatan yang saat ini sudah bisa digunakan di Bali dan Jakarta.Berikut fitur atau layanan yang ada di Medi-Call:

  • Emergency Call : Panggilan darurat yang menghubungkan user langsung dengan ambulans klinik/ Rumah Sakit terdekat.
  • Doctor-Visit : Panggilan dokter ke lokasi pasien yang di request melalui fitur dalam aplikasi Medi-Call (maksimal jarak 5 KM )
  • Nurse : Panggilan perawat untuk tujuan homecare/ perawatan ibu & bayi ke lokasi pasien yang di request melalui aplikasi Medi-Call.
  • Lab : panggilan LAB untuk pemeriksaan penunjang ke lokasi pasien yang di request melalui aplikasu Medi-Call
  • Pharmasy : Layanan antar obat ke lokasi pasien yang di request melalui aplikasi Medi-Call
  • Rent : Layanan sewa alat kesehatan yang di antarkan ke lokasi pasien melalui request ke lokasi pasien melalui request di aplikasi Medi-Call.
  • Layanan kesehatan lainya yang akan dikembangkan kemudia (vaksin, fisioterapi, spesialis, homecare dll)

Cara Menggunakan Aplikasi Medi-Call :

  • Download aplikasi Medi-Call di play store atau di www.medicall.co.id
  • Sign Up dengan mengisi nama, email, jenis kelamin, tanggal lahir, nomer telepon.
  • Login
  • Pilih fitur layanan kesehatan
  • Jika membutuhkan dokter kita tinggal menulis keluhan dan beberapa data penting.
  • Secara otomatis Medi-Call akan menghubungi mana saja yang terdekat dengan kita.
  • Kita bisa memilih dokter , lengkap dengan biayanya.
  • Jika setuju tekan OK.
Lalu apa tindakan selanjutnya jika dokter sudah datang kerumah dan memeriksa pasien?.Jika pasien mendapatkan resep obat maka sang dokter langsung memesankan lewat aplikasi Medi-Call fitur layanan Pharmasy.Saat ini Medi-Call terintegrasi dengan Apotek K-24 lewat K-24klik.com.Kurang dari 1 jam obat tersebut akan sampai di rumah / kantor user.


Untuk mendapatkan layanan kesehatan sendiri tentunya kita harus pinter memilih apakah tenaga kesehatannya itu kompeten atau tidak.Nah di Medi-Call ini seluruh tenaga profesional ini sudah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dan Surat Ijin Praktek (SIP).

Pihak Medi-Call tidak begitu saja mengizinkan tenaga profesional untuk bergabung, mereka melakukan penelusuran terlebih dahulu riwayat mereka mulai dari kampusnya tempat mereka belajar dan melacak apakah benar sudah tenaga profesional tersebut sudah memiliki SIP.So...ga perlu khawatir donk ya untuk home visit melalui Medi-Call.

Namun yang perlu disayangkan yaitu saat ini Medi-Call masih bisa membayar cash belum bisa kredit atau Top Up.Mungkin kedepanya Medi -Call bisa memfasilitasi mempermudah pembayaran.Kalau melalui pembayaran online bisa lebih mempermudah user juga,,misalnya ada seorang anak yang ingin membantu membayar layanan kesehatan untuk orang tuanya  dan dari jarak jauh atau secara online si anak bisa bayar itu semua.






7 comments:

  1. Layanan kesehatan melalui genggaman, bener-bener keren ya mak dunia kesehatan sudah berintegrasi dengan kemajuan teknologi informasi

    ReplyDelete
  2. Emang yaa skrg apa2 semakin mudah dan canggih krn teknologi. Gak perlu nunggu lama di RS, pake aplikasi ini dokter bs lgsg dtg ke rumah

    ReplyDelete
  3. Aplikasi di genggaman banget ya, kita dipermudah dengan gampang smua dilakukan

    ReplyDelete
  4. Layanan kesehatan makin canggih nih, sesuai perkembangan jaman.

    ReplyDelete
  5. Wah ... makin canggih banget nih layanan kesehatan, alhamdulillah

    ReplyDelete
  6. Aplikasinya bagus ya mba, gampang cara pakainya sayang masih bayarnya harus cash dan masih di jakarta dan bali... semoga bisa di seluruh indonesia biar berguna buat yang di daerah terpencil soalnya bagus banget inovasi ini.. aplikasi panggil dokter kan kayaknya belum ada ya..

    ReplyDelete
  7. makin gampang aja segalanya sekarang ini ya hehehe

    ReplyDelete

Komunikasi dan Gaming Lancar Jaya dengan Luna G

Assalamu'alaikum. Di era serba digital saat ini tentunya sebagian masyarakat di seluruh penjuru dunia tak lepas dari yang namanya g...