Friday, May 26, 2017

Tips Mengelola Keuangan Keluarga di Bulan Ramadhan


Assalamu'alaikum.
Alhamdulillah bersyukur banget masih bisa merasakan bulan Ramadhan yang penuh berkah berlimpah tahun ini.Mungkin agak sedikit berbeda dengan tahun sebelumnya, bulan puasa kali ini Bapak sakit dan masih terus dalam proses pengobatan namun itu semua tidak menghilangkan semua keberkahan.Sebagai umat muslim tentunya akan menyambut dengan penuh suka cita dengan datangnya bulan ini.

Ada hal yang sama dari tahun-tahun sebelumnya yaitu saya selalu bingung mau masak sahur, buka pakai apa, dan selalu heran padaal kita kan lagi puasa tapi kok pengeluaran lebih banyak dari bulan lainya ya? hehe apakah kamu juga merasakan hal yang sama?.Mau tau kenapa ? yuk cari tahu jawabanya dan bagaimana cara mengatur keuangan pada bulan Ramadhan.

Mak Mira Sahid, Founder KEB

Tanggal 20 Mei 2017 beruntung sekali saya bisa hadir diacara Blogger Gathering Happy Meet Up bersama KEB ( Kumpulan Emak-emak Blogger) dan HappyFresh di Penang Bistro, Grand Indonesia.Sebelum mulai acara ada Mak Mira Sahid selaku Founder KEB menceritakan awal mula terbentuknya KEB.Mendengar sejarah awalnya terbentuk cukup terkejut dan sampai saat ini visi dan misi KEB masih tetap sama.


Saya yang juga anggota baru KEB merasa bersyukur bisa masuk kedalamnya.KEB merupakan komunitas blogger pertama  yang saya ikuti.Saya banyak belajar melalui komunitas ini, yang paling saya acungkan jempol, dikomunitas ini itu tidak memandang junior maupun senior, disini itu kekeluargaan banget deh.

Prita gozie
Prita H Gozie


Sedikit pengenalan tentang KEB dilanjut dengan narasumber acara Gathering Happy Meet Up mba Prita H Gozie seorang perencana keuangan yang sudah tidak asing lagi.Pernah ga sih kita merasa kenapa saat bulan Ramadhan pengeluaran kita lebih banyak dari hari biasanya padahal saat bulan Ramadhan kita berpuasa sehingga jatah makan siang itu hilang.

Banyak yang berfikiran sama dan jawabanya adalah karena saat bulan puasa atau Ramadhan itu mengalami inflasi sehingga harga barang-barang  naik hingga 10% dari biasanya.

Kita juga sering berfikir padahal saat bulan Ramadhan menjelang lebaran kita mendapat THR ( Tunjangan Hari Raya) tapi kok cepat banget habisanya THR itu.

Menurut mba Prita saat bulan Ramadhan biasanya penghasilan saat bulan Ramadhan itu larinya lebih banyak ke makanan, pakaian dan elektronik.Biasanya saat bulan puasa selalu saja ada undangan buka bersama dan  ini memang cukup menguras kantong karena hal ini maka jatah belanja sebaiknya dipangkas.

Perlu diketahui nih ternyata ada baiknya kita memiliki beberapa ATM atau tabungan agar memudahkan untuk mengatur pengeluaran misalnya ada ATM yang khusus untuk belanja bulanan, ada yang khusus bayar cicilan dan ada juga atm yang khusus untuk investasi maupun dana darurat.Dan kali ini mba Prita H Gozie memberikan tips atau cara mengelola keuangan keluarga.



Tips cara mengelola keuangan keluarga di Bulan Ramadhan

  • Buat anggaran ramadhan
Membuat anggaran ramadhan penting banget, alokasi dana ideal bulan Ramadhan itu 5% zakat, 10% dana darurat, 40% biaya hidup, 20% cicilan, 5% tabungan investasi, 20% Ramadhan life style.
  • Poskan dana darurat
Dana darurat sering terlupakan padahal memasukan sebagian penghasilan untuk dana darurat untuk berjaga-jaga saat bulan Ramadhan.Idealnya sisihkan sebanyak 10% dari penghasilan untuk dana darurat.
  • Rencanakan keinginan
Siapa bilang kita kta tidak boleh memiliki keinginan ini itu , boleh sih memiliki keinginan asal kita harus bisa merencanakanya.Semua keinginan kta harus terencana jangan tiba-tiba pengen ini itu sehingga dana habis terkuras.
  • Cerdas belanja 
Cerdas belanja, nah ini penting banget, biasanya kita suka main belanja sama apa yang kita mau bukan belanja apa yang kita butuh.Lain kali kita harus bisa menahan semua apa yang kita mau tapi pikirkan apa yang kita butuhkan saja.

  • Do it online

Do it online kenapa do it online?.Biasanya kalau kita belanja ke mall atau supermarket kita selalu lapar mata, semua list yang kita bawa dari rumah biasanya buyar gitu aja *saya banget hehe .Kalau belanja online kita mengeluarkan uang ya untuk yang kita pilih saja dan tidak bisa lapar mata.

Itu tadi beberapa tips yang diberikan oleh mba Prita H Gozie, berbicara belanja online beberapa tahun belakangan saya sudah mulai merasakan kemudahan belanja online.

Banyak keuntungan yang kita dapat dari belanja online, mulai dari tidak perlu menghabiskan waktu menuju ke supermarket belum lagi macetnya, tidak menghabiskan waktu memilih barang, tidak perlu ngantri yang lumayan lama dan yang pasti ga akan lapar mata kalau belanja online.



Tentang HappyFresh


Sudah tahu HappyFresh belum? saya sendiri sudah mengenal Happy Fresh sekitar  1 tahun yang lalu.HappyFresh adalah layanan pengantar grocery yang mana kita bisa memilih belanja di Supermarket yang bekerja sama, bisa dibilang belanja supermarket online hehe.

Untuk belanja bisa lewat website www.happyfresh.id atau lewat aplikasi yang bisa di download di play store .Saya sendiri lebih enak belanja lewat aplikasi soale lebih enak aja dan bisa buka kapan saja, kalau ada notifikasi atau pemberitahuan seperti ada promo langsung bisa dibuka hehe.

Pengenalan Happy Fresh oleh Mas Putra

Cara belanja di HappyFresh gampang banget seperti belanja online lainya misalnya ada history pembelian kita dll yang membedakan yaitu kita bisa pilih sendiri supermarket apa saja yang dekat dari tempat tinggal kita, lebih enak lagi kalau belanja lewat happy fresh itu kita bisa menentukan kapan barang belanjaan kita mau diantar.

Pokoknya sangat efektif dari segi waktu, transportasi dan kita juga bisa santai dirumah sambil mengerjakan pekerjaan hehe.

Belanja lewat HappyFresh juga ga perlu khawatir sayuran atau barang yang kita beli itu dengan kualitas jelek karena para shoper di HappyFresh mendapat training terlebih dahulu.

Para personal shoper di training untuk bagaimana cara membedakan produk yang terbaik.Yang membuat saya nyaman belanja pakai HappyFresh ini para rider cepet banget nganter pesanan kita kurang dari 1 jam.

Happyfresh
Alur belanja pakai HappyFresh


Biasanya saya belanja keperluan rumah tangga seperti susu anak-anak, sabun, dan buah.Pernah juga pesan buah melon ga lama setelah pesan saya di telpon shoper yang menanyakan melon mau yang besar atau yang sedang hehe.Ini semua menjadi kelebihan sendiri jika kita belanja lewat HappyFresh karena jika misalnya ada barang yang kosong juga customers dihubungi terlebih dulu.

Dari segi harga barang sih ya sama saja seperti harga supermarket dan melalui HappyFresh termasuk murah untuk jasa pengantarannya hanya 20 ribu rupiah saja.Dengan bayar 20 ribu kita tinggal duduk manis dirumah dan menunggu barang datang yang paling seneng lagi belanjaan kita ga pakai plastik tapi pakai tas yang bisa berkali-kali dipakai.

HappyFresh sendiri juga sering memberikan bebas ongkor (ongkos kirim) pada jumlah nominal belanjaan tertentu.Apapun promonya entah diskon atau free ongkir saya sebagai customers tentunya happy haapy aja hehe.

Supermarket yang bekerjasama pun sudah banyak tersebar dimana-mana seperti Lottemart, Superindo, Transmart, Farmers market, Grand lucky, Loka Supermarket, Javara dan Carrefour.

Eiitttss
ada bocoran juga nih biasanya HappyFresh suka ada promo lho entah itu promo diskon atau promo bebas biaya belanja, untuk pembayaran juga bisa pakai cash atau kredit,tuhhh kebantu banget kan hehe.

Happy fresh


Ramadhan Bersama HappyFresh

Bulan Ramadhan bulan penuh berkah berlimpah, pada Ramdhan kali ini di HappyFresh ada 2 fitur baru yaitu kategori Ramadhan Special dan donasi.Semua yang ada dikategori Ramadhan yaitu kebutuhan-kebutuhan yang biasa kita konsumsi saat bulan Ramadhan atau top selling item .

Pada kategori Ramadhan Special terdapat juga aneka hampers paket ekonomis yang banyak pilihanya.

Fasting Sharing


Mau berbagi bersama HappyFresh di bulan Ramadhan? bisa banget nih karena di bulan Ramdhan ini juga HappyFresh mengadakan program donasi yang akan disaluran ke Panti asuhan Al-Khairiyah.

Gimana caranya berdonasi lewat HappyFresh? gampang aja jadi kita bisa belanja seperti biasa lewat HappyFresh lalu pilih kategori Ramadhan Special dan pilih kategori donasi lalu klik yang akan kita sumbangkan untuk Panti Asuhan Al-Khairiyah.

Semua donasi akan dikirim pihak HappyFresh ke panti asuhan tersebut dan kita hanya membayar barang donasi kita.Saya sendiri sangat mengapresiasi program HappyFresh di Bulan Ramadhan kali ini, selain kita belanja lebih praktis kita juga dapat ikut berbagi.

Thank you HappyFresh 😍









69 comments:

  1. makasih seharingnya amel...kadang2 klo ramadhan n lebaran jadi berantakan deh keuangan keluarga hahaha... *bocorrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya kakak sama banget kita.

      Delete
    2. biarin ngomongnya disini deh yah soal pengelolaan keuangan yang baik dan benar mah angger kudu diserahkan kepada ahlinya dan itu adalah ibue dirumah ajah sayah mah atuh

      Delete
  2. aku juga begitu mba pny atm banyak satu bwt bayar cicilan, 1 bwt tabungan, 1 bwt dana sehari jdnya ga bisa seenak udel comot sana sini hahaha
    btw aku baru tahu happy fresh *ampun dah kudet jdlah stlg baca ini tahu ☺️

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihh kakak cobain deh pakai Happy Fresh belanja lebih praktis ga perlu ngantri dan macet-macetan ke supermarket hehe.

      Delete
  3. perlu bgt mengelola keuangan di bln ramdhan ini

    ReplyDelete
  4. Atm baru ada 3 masih kurang kayanya tuh. Kaka Amel, aku belum pernah belanja groceries online, jadi kepengen nyobain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh keren lah kakak punya 3 atm.Sok atuh cobain groceries online lebih praktis soale.

      Delete
  5. iya betul mak menjelang Ramadhan aja udah inflasi biasa beli pepaya 9000 jadi 14000 huhu, gimana pas puasa gini yaaa...mudah-mudahan rezeki kita juga dilancarkan ya maak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminn ya mak,,semoga kita selalu diberikan rejeki yang cukup.

      Delete
  6. Dana Darurat penting nih :)
    Makasih sharing nya Amel

    ReplyDelete
  7. Aku juga belajar kelola keuangan dengan punya beberapa ATM mbak, biar disiplin juga nggak sembarangan beli apa2 klo Dana ATM nya terbatas 😊

    Btw aku belum pernah nyoba pake jasa Happy Fresh, di Bogor udah ada belum ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe aku masih belum disiplin nih,,lagi tahap belajar.Oya,,,Happy Fresh udah ada di Bogor lho.

      Delete
  8. Ini ngebantu bangeeet. Tapi seringnya slot yang paling cepat sudah ngga ada, huhuhu.

    ReplyDelete
  9. Ramadhan biasanya malah pengeluaran lebih banyak ya, iuran bukber ini itu, harus cerdas belanjanya

    ReplyDelete
  10. Saya malah ga punya ATM hehhehe, ATM banyak kalau pemasukan dikit kan percuma. Tapi tips perencanaan keuangan dari mba Prita OK banget kok��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe atm aku cuma punya 2 mba Ria..iya tips mba Prita ngebantu banget nih manage keuangan bulan Ramadan.

      Delete
  11. huwaaa pas bgt nih infonya, perlu banget nih mak, tq ya sharingnya

    ReplyDelete
  12. jadi tertarik nih, biasanya emang males belanja krn jauh, dilemanya kalo udah smp supermarket malah kebobolan krn mumpung2, siapa tau pake Happy Fresh, kantong juga ikut fresh :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia kak males soale makan waktu banget, belom macet, belom milih-milih barang dan belum lagi laper mata hehe.

      Delete
  13. Penting ni, atur keuangan saat Ramadan

    ReplyDelete
  14. Makasih amell...mulai Cari yg mudah dalam berbelanja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak,,yuk cerdas dalam belanja hehe.

      Delete
  15. Belanja online hemat pengeluaran bensin dll yg gak terhindarkn kalau jalan jalan ke supermarket yaaa Mel...cucok.tipsnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kakak, kalau ke supermarket saya malah suka laper mata hehe.

      Delete
  16. Wahhhh kalo Ramadhan itu, tiba-tiba semua belanjaan jadi darurat. Sirop aja jadi darurat. Hahahahaha

    ReplyDelete
  17. Wah ini nih, aku sering kebablasan pas Ramadhan. Thank you for sharing ya mbaa

    ReplyDelete
  18. Iya harus pandai2 mengelola keuangan biar gak boros. Ramadan suka lapar mata semua mau dibeli

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu dia mba Donna biasanya pas mau buka puasa pengen ini itu tapi akhirnya ga kemakan.

      Delete
  19. semacam alternatif belanja kebutuhan seharihari tapi online ya. jadi enggak ada tuh drama macet, drama antrian yang panjang berentet belum lagi anak minta main huhuhu...

    ReplyDelete
  20. Aku pernah punya banyak atm, tapi males dg biaya bulanannya. Akhirnya cuma ngaktifin 3 aja. Ternyata menurut mba Prita, perlu ya punya bbp atm, hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya ternyata harus punya beberapa atm.

      Delete
  21. Bener mbk. Bulan ramadhan tuh meguras kantong. Kl saya sih ada tabungan khusu mbk yg gak boleh.diambil2. Kecuali memdesak bngt

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak soale inflasi juga.Kalau tabungan khusus itu kayaknya emang perlu banget sih.

      Delete
  22. tips bermanfaat..secara ramadan jelan lebaran kebutuhan berasa banyak bangettt hahaaa...kalo ga bisa ngatur...waahhh bisa2 lebaran ga tenang :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Rahab,,semoga bermanfaat hehe iya klo ga bisa ngatur yaa,,wassalam deh hehe.

      Delete
  23. Wahh seru banget kayaknya acaranya, sayang aku gak ikutan. Eh tapi makasih ya mel sharingnya. Aku jd nambah ilmu lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru kak Oline ada kuisnya juga diacara ini hehe.Iya sama-sama semoga bermanfaat ya.

      Delete
  24. idenya ok juga ya - happy fresh. boleh coba tuh ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kaka sok dicoba,,,lebih praktis lho hehe.

      Delete
  25. Wah boleh nih dicoba soalnya swalayan dekat rumah ramainya masyaAllah, antriannya panjang sekali. Kadang antri aja bisa satu jam. Belum lagi belanjanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak,,,antrian panjang, belum lagi macet menuju swalayanya duhh makan waktu banget.

      Delete
  26. wah puasa harus nahan diri ya dari diskonan biar kantong jebol dan pilih belanja online yang praktis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kakak kalau belanja online ga laper mata jadi ga jebol kantongnya hehe.

      Delete
  27. Betul juga kalau datang ke suatu pusat perbelanjaan, ada aja tambahan yang ingin dibeli. Belanja online meminimalkannya

    ReplyDelete
  28. Duh Mba Mira.. Lama tak bersua.. semoga sehat selalu yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin,,,mba Mira sahid makin ketje dan sangat menginspirasi saya lho mas Unggul hehe.

      Delete
  29. kalo mengelola asmara di bulan ramadan gimana mbak?
    *eh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha tau dehh yang udah deket sama si dia 😄😄

      Delete
  30. Belum pernah belanja pakai happy fresh... nunggu promo kali ya kalau mau coba :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di HappyFresh selalu ada promo kok 😄

      Delete
  31. bulan puasa gini pengeluaran lebih gede dari hari hari biasa.. diirit irit tetep aja banyak...

    ReplyDelete
  32. HappyFresh membantu banget yak...apalagi pas puasa males mau kemana mana...

    ReplyDelete
  33. Invoice cair mau buka tabungan lagi ahh... Biar gak keciduk2 uangnya. Xixixi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe amin,,semoga cepet cair yoo 😃😃

      Delete
  34. belum pernah nyoba..makasih infonya

    ReplyDelete

Chicking Ayam Top Dubai Fast Food Halal Rasa Timur Tengah

Assalamu'alaikum. Masih dalam ingatan saya ketika ada kerjaan di Bandara dan itu pertama kalinya menginjak Bandara Soekarno Hatt...