Thursday, May 11, 2017

Penuhi Kebutuhan Serat Pada Anak Dengan FiberKid

FiberKid


"Ma, pup ku keras dan sakit", kata Shakila kepada saya.

Itu kalimat yang cukup sering yang Shakila ucapkan kepada saya.Si Sulung memang sering mengalami konstipasi atau sembelit sejak balita.Masih dalam ingatan saya ketika sekitar 2 atau 3 tahun Shakila seperti anak yang trauma ketika mau pup.Jadi saat mau pup Shakila akan ngumpet dibelakang pintu sambil jongkok dengan wajah berkeringat.

Toilet training pun gagal karena trauma pup tersebut.Kalau sudah begitu saya pasti menenangkan dia dulu lalu membujuknya untuk duduk di WC.Perlahan tapi pasti akhirnya dia bisa pup di WC.

Saat ini Shakila berusia 9 tahun namun sembelit masih dialaminya walaupun tidak sesering dulu.Pernah saat TK Shakila menangis-nangis tidak mau pup karena takut sakit dan pada akhirnya saya memasukan obat lewat dubur agar dia pup.Biasanya obat itu dipakai kalau Shakila tidak pup 5 hari.Harga 1 obat cukup lumayan dan membuat Shakila sedikit trauma.

Melihat hal ini saya sebagai orang tua sedih anak harus mengalami sakit ketika pup dan begitu juga tentunya saya tidak diam saja melihat hal itu.Saya pernah memeriksa Shakila ke dokter dan hasilnya ada gangguan pencernaan.Tak lupa juga dokter berpesan agar Shakila makan banyak sayuran serta buah dan air mineral yang cukup.

Konstipasi atau sembelit ini memang semua umur bisa mengalami ini saya sendiri pernah mengalami sembelit saat hamil akan tetapi sembelit ini lebih sering terjadi pada anak-anak karena anak-anak masih sulit untuk mengungkapkan apa yang dia rasakan.Terlebih anak-anak masih enggan untuk mengkonsumsi sayur serta buah secara rutin.


Kalau dipikir-pikir setiap hari memang saya memberikan sayuran untuk anak karena mereka juga alhamdulillah suka sama sayur, buah dan tidak begitu suka dengan daging.Tapi yang jadi permasalahanya kok tetap saja Shakila mengalami konstipasi ini.

Jawaban kenapa Shakila tetap mengalami konstipasi walau sudah makan sayur itu terjawab ketika saya menghadiri Lauching FiberKid.Jakarta, 5 Mei 2017 lalu bertempat di wyl's Kitchen, PT Nugra Karsera meluncurkan produk minuman yang diberi nama FiberKid.
dr.Herbowo

Dalam acara tersebut hadir pula dr.Herbowo sebagai narasumber memberikan penjelasan pentingnya serat untut tumbuh kembang si Kecil agar optimal.Lho kok serat berhubungan dengan tumbuh kembang? Yuk lah kita bahas.

Memiliki anak yang sehat dan cerdas merupakan dambaan setiap orang tua.itu semua akan tercipta jika si Kecil dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.Faktor-faktor yang dapat mempengaruhi tumbuh kembang secara optimal ada 2 yaitu faktor internal dan eksternal.

Faktor - faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang

Faktor Internal :
  • Genetik
  • Ras
  • Usia
  • Jenis Kelamin

Faktor Eksternal :
  • Nutrisi dan Gizi
  • Lingkungan
  • Stimulasi
  • Penyakit
Menurut penelitian faktor internal dapat mempengaruhi tumbuh kembang sebanyak 40% dan faktor eksternal 60%.Dalam hal ini tentunya faktor eksternal berperan cukup banyak maka sebagai orang tua kita harus mempersiapkan semua kebutuhan agar anak dapat tumbuh secara optimal.Seperti mulai dari nutrisi dan gizi, sebaiknya para ibu harus setiap harinya memberikan asupan gizi seimbang untuk sang buah hati.Sang ibu juga harus tau berapa banyak nutrisi serta gizi untuk anak.Jika jumlah nutrisi dan gizi tercukupi otomatis si Kecil akan cepat menyerap segala stimulasi yang diberikan.
"Serat pangan adalah bagian dari tumbuhan yang dapat dikonsumsi yang tersusun dari Karbohidrat yang memiliki sifat resistan terhadap proses pencernaan dan penyerapan pada usus halus manusia serta mengalami fermentasi sebagian atau keseluruhan di usus besar"
Penyerapan nutrisi dibutuhkan pencernaan yang sehat dan pencernaan yang sehat inilah yang harus dijaga salah satunya mengkonsumsi serat untuk membantu fungsi usus.Serat pangan sendiri banyak terdapat pada buah dan sayur.Kebutuhan serat sendiri masih sering dianggap enteng padahal fungsi serat lumayan banyak lho.

Fungsi Serat
  • Membantu fungsi usus
  • Membantu menjaga kadar gula darah
  • Menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Mencegah obesitas
  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekurangan serat juga dapat mengakibatkan berbagai masalah yang ditimbulkan salah satunya yaitu Konstipasi atau sembelit.
"Konstipasi atau sembelit adalah kondisi sulit buang air besar secara teratur, tidak bisa secara tuntas atau tidak bisa sama sekali."
Seseorang yang dianggap mengalami konstipasi yaitu jika tidak buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu. Pada umumnya konstipasi terjadi akibat tinja terlalu lamban dalam pencernaan.Perlu diketahui bahwa ternyata konstipasi itu mengakibatkan berbagai masalah mulai dari fisik maupun psikologis.

Untuk masalah konstipasi fisik yaitu asupan kalori lebih rendah, asupan nutrisi lebih sedikit, berat badan lebih rendah dan prevalensi anoreksia lebih tinggi.Masalah konstipasi berdampak pada psikologis seseorang  misalnya masalah emosi  dan prilaku.Biasanya anak yang mengalami konstipasi cenderung memiliki emosi yang cukup tinggi.
"Serat pangan dapat mempengaruhi kecerdasan anak karena serat yang masuk kedalam tubuh akan diolah mikroba usus  yang akan menghasilkan senyawa butirat yang berpern dalam pembentukan Neurotransmiter (senyawa organik endogenus yang membawa sinyal ke otak)"
Pada penelitian sendiri bahwa serat berhubungan dengan perkembangan otak dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.Saat ini yang jadi masalah yaitu banyaknya orang tua yang tidak tahu seberapa banyak sih kebutuhan serat untuk si Kecil.Melihat jumlah yang dibutuhkan untuk anak-anak saya berfikir pantas saja Shakila masih sering mengalami konstipasi, ternyata walaupun sudah makan sayur setiap hari tapi jumlah serat yang terkandung didalamnya kurang hehe.

Melihat cukup banyaknya serat yang dibutuhkan untuk perharinya anak-anak saya rasanya tidak mungkin harus memakan 3 buah apel semangkok brokoli untuk mencukupi seratnya.Beruntung sekali nih saat ini sudah ada FiberKid yaitu minuman yang memiliki 2 rasa Anggur dan Leci yang berfungsi sebagai sumber serat pangan yang rendah gula.

Ibu Yohana Astrida Gumelar


Ibu Yohana Astrida Gumelar selaku Presiden Direktur PT Nugra Karsera menjelaskan tentang produk ini.Jadi produk ini muncul dari pengalaman pribadi yang mana anak bungsu beliau mengalami masalah konstipasi (sembelit) dan hanya menyukai kentang goreng.Karena tidak ingin anaknya kekurangan serat makanya ibu Yohana terdorong mengembangkan produk minuman kemasan ini yang mudah serta praktis dan tentunya dapat memenuhi kebutuhan serat pangan pada anak.



Kelebihan FiberKid:

  • Minuman tinggi serat
Dalam 1 botol Fiberkid mengandung 13 gram serat pangan alami yang cukup dibutuhkan oleh anak-anak perharinya.
  • FiberKid Terbuat dari bahan alami dan tanpa pengawet
FiberKid sendiri terbuat dari bahan alami, tanpa pengawet maupun pewarna lainya dan ini jadi tentunya aman jika dikonsumsi.
  • Rendah Gula
Salah satu alasan saya melarang anak-anak minum minuman kemasan yaitu karena gulanya cukup tinggi tapi FiberKid ternyata walaupun minuman kemasan tapi jumlah gulanya sendiri cukup rendah dan aman jika dikonsumsi 1 botol sehati untuk anak-anak.
  • Tersedia 2 rasa buah 
FiberKid memiliki 2 rasa yaitu Anggur dan Leci yang tentunya minuman ini pasti disukai anak-anak.
  • Praktis dan tidak kental
Kemasan yang tinggal minum (tidak melalui proses seduh) lebih praktis dan mudah dibawa kemana saja.Untuk teksturnya sendiri seperti air biasa dan tidak kental jadi semua kalangan menyukainya.
  • Bisa diaplikasikan 
Karena terbuat dari bahan alami dan tanpa bahan pengawet FiberKid bisa diaplikasikan dengan bahan lainya seperti membuat puding maupun es.Anak-anak saya sendiri lebih menyukai cemilan seperti puding atau es karena bisa ditambahkan lagi dengan buah kesukaan mereka.

FiberKid dibuat jadi es juga enak 😍


FiberKid menurut saya ini adalah jawaban bagi para orang tua untuk memenuhi kebutuhan serat bagi anak-anak dengan cara yang asik.Kok asik? yaiyalah si Kecil cukup minum FiberKid 1 botol perhari tanpa harus terus memaksa si Kecil makan Buah dan Sayur dalam jumlah yang banyak agar kebutuhan serat terpenuhi.

Tertarik dengan kelebihan FiberKid? nah saat ini FiberKid sudah tersedia dipasaran seperti Farmers Market, Ranch Market dan Galael.TAk hanya bisa didapat secara offline lho tapi juga FiberKid bisa dibeli melalui online di tokopedia tokopedia.com/fiberkid dan website resmi www.fiberkid.com .Ada sedikit bocoran nih sering-sering deh cek website FiberKid soale suka banyak promo kalau beli disana atau bisa sering-sering deh cek sosial media FiberKid seperti Instagram : @Fiber_Kid , Twitter : @FiberKid .

6 comments:

  1. Lebih praktis dan bermanfaat banget

    ReplyDelete
  2. belom punya anak, jadiga begitu ngerti
    tapi, info ini penting buat masa depan
    *bookmark dulu deh :)

    ReplyDelete
  3. anakku juga pernah mba susah BAB terutama saat balita karena susah makan sayur buah. sekarang terutama yg cowok smua makanan seneng termasuk sayur jd jarang konstipasi. thanks info Fiberkidnya ya

    ReplyDelete
  4. sakit banget kalau udah konstipasi fiberkid gak boleh untuk orang dewasa? kayaknya rasa enak mb

    ReplyDelete
  5. Permasalahan Shakila kecil persis kayak ponakanku, Mbak Amel. Kalau pup mojok atau di belakang pintu saking kerasnya. Kadang sampai ngeden kayak mau nangis gitu, ngeliatnya antara nggak tega dan pengen ketawa karena mukanya kocak. Tapi kasian, soalnya dia juga jarang makan sayur buah.

    ReplyDelete

Chicking Ayam Top Dubai Fast Food Halal Rasa Timur Tengah

Assalamu'alaikum. Masih dalam ingatan saya ketika ada kerjaan di Bandara dan itu pertama kalinya menginjak Bandara Soekarno Hatt...