Sunday, June 11, 2017

Peran Penting Nutrisi Untuk Tetap Sehat Saat Berpuasa


Nutrisi untuk bangsa

Assalamu,alaikum.
Alhamdulillah puasa sudah menginjak hari ke 13 tapi rasanya kok waktu begitu cepat ya kayaknya baru kemarin puasa dimulai.Pernah merasa ga sih waktu itu begitu cepat? atau mungkin saya saja yang terlalu sibuk hehe apa pun itu saya tetap bersyukur masih bisa merasakan bulan penuh rahmat tahun ini.

Tahun ini juga my baby Kezia masih tahap belajar puasa, walaupun belum sampai full dan masih setengah hari saya cukup bersyukur.Di usia ini Kezia sedikit lebih memahami apa itu arti puasa.Kalau Shakila sih ya Alhamdulillah sudah puasa full dan masih dalam tahap menjalankan semua ibadah-ibadah wajib lainya.


Sebagai orang tua awalnya saya merasa kasihan ketika mereka berpuasa menahan haus dan lapar tapi balik lagi sebagi orang tua juga saya perlu mengajarkan ibadah wajib ini.Kalau masalah makan sahur maupun buka kakak Shakila ga masalah soalnya dia apa saja suka.

Yang jadi pikiran saya itu Kezia huhuhu dia ini agak drama sama makanan.Bisa dibilang Kezia ini picky eater dan dalam menyikapinya saya harus lebih cerdas mengolah makanan biar dia mau makan.

Seperti kalau saat sahur, Kezia hanya mau nasi, telur, susu dan air putih atau nasi, perkedel sayur, susu dan air putih.Kalau pun makan sayur Kezia hanya tok makan nasi dan sayur bayam atau sayur sop aja.Yang selalu saya khawatirkan itu semua makanan sahur Kezia sudah cukup apa belum ya selama dia berpuasa?.Semua pertanyaan dan ke khawatiran saya akhirnya terjawab di acara Buka Puasa Bersama Grup Danone Indonesia.

Bukber bersama Sarihusada dri tahun ke tahun 😍
Godiebag bukber dari tahun 2014 juga masih ada 😄


Tanggal 6 Juni 2017 saya menghadiri bukber bersama grup danone Indonesia di All Season Hotel.Seingat saya ini tahun ke 4 saya mengikuti acara buka bersama dengan Sarihusada Nutrisi Untuk Bangsa.

Tahun pertama bukber bersama Nutrisi Untuk Bangsa itu saya membawa Shakila dan Kezia dan acara tersebut di gelar di salah satu kafe di FX, tahun ke 2 salah satu hotel di bilangan Senayan, tahun lalu bukber diadakan di Locanda Cafe dan tahun ini di All Season Hotel.Tapi tahun ini saya ga bawa anak-anak soale mereka ga mau ikut hehe.

Dari awal mengenal Nutrisi Untuk Bangsa saya selalu antusias banget mantengin timeline sosial medianya yang sarat akan ilmu mengenai edukasi gizi dan itu sangat bermanfaat.

Acara seminar offline kalau saya bisa hadir saya pasti hadir soale tema yang dihadirkan Nutrisi Untuk Bangsa selalu bagus misalnya mengenai alergi anak, gizi dan lain-lain.Nah untuk acara bukber tahun ini "Nutrisi dan Hidrasi pada Bulan Puasa".


Sebelum acara dimulai kita semua mendapat tiket pijat refleksi selama 5 menit dan lumayan banget ya kaki ga pegel soale abis berdiri terus di kereta hehe.Sekitar jam setengah 4 sore acara akhirnya dimulai yang diawali dengan penampilan marawis dari adik-adik.

Mereka melantunkan shalawat yang sukses banget bikin nyess hati dan suasana Ramadhan begitu terasa.Meskipun puasa tapi saya tidak melihat mereka pada loyo bahkan mereka bersemangat dan kita yang liat juga ikut semangat sambil sesekali mengikuti shalawat.


dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK

Narasumber kali ini yaitu Dokter Spesialis Gizi Klinik, dr. Dian Permatasari, M.Gizi, SpGK.Diawal pemaparan dr.Dian menjelasan kebaikan puasa.Pada umat muslim Puasa bulan Ramadhan ini wajib hukumnya dan ternyata selain menjalankan ibadah puasa juga memiliki banyak manfaatnya.

Puasa tidak makan dan minum selama 14 jam maka gula darah akan turun setelah 4-6 jam.Untuk mengganti gula darah yang hilang makanya saat berbuka puasa sebaiknya minum air teh manis hangat terlebih dahulu jangan langsung makan besar.

Selain mendapat pahala dan terutama menjalankan ibadah wajib puasa memiliki banyak sekali manfaat misalnya menurunkan kadar gula darah, asam lemak, serta perbaikan profil lemak, menjaga kestabilan berat badan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif seperti diabetes, jantung, gagal ginjal, kanker, gagal hati.

Namun untuk yang sudah memiliki penyakit seperti diabetes, jantung, ibu hamil, ibu menyusui sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.Untuk ibu menyusui, menurut dr. Dian jika baby kurang dari usia 6 bulan sebaiknya sang ibu jangan dulu berpuasa karena ditakutkan ASI yang dihasilkan untuk baby tidak maksimal.



Pernah saya temui beberapa orang, mereka beranggaan kalau berpuasa itu badan mudah lemas dan suka sakit terutama flu plissss deh itu salah ciinn bisa jadi kalau yang mengalami hal itu mereka tidak memperhatikan asupan makanan dan minuman saat sahur atau berbuka.Padahal saat puasa jadwal makan kita hanya bergeser saja menjadi sahur dan berbuka.

Untuk sehat saat berpuasa kembali lagi dr.Dian menekankan perhatikan asupan  yang kita makan dan pastikan agar tubuh tidak dehidrasi ketika menjalankan berpuasa, bagaimana caranya? jawabanya adalah tetap menjalankan gaya hidup sehat  dan juga mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang.Makro nutrien dan mikro nutrien itu wajib banget, jangan lupa asupan serat yang cukup.

Ada beberapa poin yang saya catat kemarin yaitu untuk karbohidrat sendiri sebaiknya yang dikonsumsi saat sahur adalah karbohidrat kompleks seperti nasi, gandum dan untu protein sebaiknya kita mengkonsumsi protein hewani seperti telor dan daging.Yang terpenting itu cara pemasakan makanan, cara mengolah makanan seperti di steam, kukus, panggang mau pun bakar masih boleh dan yang sebaiknya sedikit dihindari yaitu cara pemasakan yang digoreng karena banyaknya lemak trans yang merusak tubuh.



Saya kasih contoh  menu makanan sehat saat berpuasa ya,, jadi saat sahur misalnya (Nasi, Tempe, Sayur, air putih) mendekati imsak buah dan air putih.Untuk berbuka (Teh manis hangat, air putih sayur, nasi  dan ikan) malam hari selesai tarawih buah, air putih dan cemilan.Untuk anak - anak sebaiknya hindari cemilan seperti ciki-cikian karena banyak mengandung zat yang kurang baik bagi tubuh.

Jika sudah mengkonsumsi yang berpedoman dengan gizi seimbang perlu perhatikan juga asupan cairan di dalam tubuh.Untuk memenuhi asupan cairan untuk tubuh sebaiknya memakai metode 2-4-2 yang mana ( 2 gelas saat buka- 4 gelas pada malam hari- 2 gelas saat sahur).Kekurangan asupan cairan dapat menyebabkan dehidrasi bagaimana cara mengenalinya?.

Ciri- ciri Dehidrasi 

  • Rasa haus
  • Sakit kepala
  • Urine berwarna gelap
  • Mengantuk 
  • sulit berkonsentrasi.
Tema Botol Aqua Ramadhan tahun ini 😍

Mineral adalah zat gizi mikro yang sangat penting bagi tubuh meskipun hanya diperlukan dalam jumlah yang kecil.Makromineral (kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kalium, klorida) dan Mikromineral ( besi, zink? seng, mangan, kromium, selenium, yodium, flour)
Untuk minum air putih sebaiknya minum air yang mengandung mineral karena manfaat mineral lumayan banyak bagi tubuh seperti menjaga keseimbangan cairan dan hemositas tubuh, menguatkan tulang dan gigi, membantu enzim-enzim dalam metabolisme tubuh, berperan dalam kontraksi otot, meningkatkan sistem imun/ sistem kekebalan tubuh dan mineral juga diperlukan dalam aktivitas sel normal.Mineral sendiri biasanya terdapat di air minum kemasan seperti Aqua.

Berbicara mengenai Aqua salah satu produk air mineral milik Danone ini pastinya sudah tidak asing lagi dan bahkan Aqua menjadi salah satu pelopor air mineral di Indonesia.Saat acara bukber kemarin saya cukup terkejut ternyata ada tema botol Aqua pada bulan Ramadhan tahun ini dan captionnya pun bikin saya ingin cepat pulang kampung hehe.

Bapak Karyanto Wibowo


Pada kesempatan bukber kemarin juga telah hadir Bapak Karyanto Wibowo selaku Dir Pembangunan dan Berkelanjutan Danone Indonesia yang memperkenalkan sedikit tentang komitmen dan  program Danone.

Danone merupakan perusahaan makanan dan minuman yang memiliki misi untuk membawa kesehatan bagi masyarakat melalui produknya.Sejak tahun lalu danone meluncurkan Danone Manifesto yang merupakan komitmen #SehatBersamaDanone dengan mendukung masyarakat untuk mengubah pola makan dan minum yang lebih sehat untuk masa depan lebih baik.

Selain fokus pada kesehatan masyarakat Danone Manifesto juga berfokus pada peningkatan kualitas air dan pengelolaan sampah makanan.Salah satu bentuk pengelolaan sampah yang dilakukan danone yaitu program inisiatif mengumpulkan sampah botol plastik air mineral yang didaur ulang untuk dijadikan baju, bantal dll.

This pillow contains 24 plactics bottles


Beruntung sekali saat bukber kemarin saya mendapatkan bantal hasil daur ulang botol plastik air mineral.Untuk 1 buah bantal menghabiskan sebanyak 24 botol plastik.Secara kasat mata bantal itu tidak nampak seperti dari botol plastik lhooo dan serat kainya pun cukup kuat.

Danone juga ingin mengembangkan ekonomi sirkular dimana botol kemasan plastik bekas akan menjadi bahan baku untuk produk lain.

Saya jadi ngebayangin sendiri seandainya semua perusahaan mengikuti jejak Danone seperti melestarikan lingkungan dengan membuat sumur serapan setiap 1 rumah 1 sumur, membantu mensejahterakan masyarakat lewat aneka CSRnya, mendaur ulang minyak jelantah menjadi bahan bakar dan yang paling menarik bagi saya yautu daur ulang dari botol plastik ini.

Ahhh ....selalu senang dan mendapat banyak manfaat setiap menghadiri acara Nutrisi Untuk Bangsa, selain mendapat ilmu mengenai nutrisi dan gizi dan Alhamdulillah senang bukan main setelah 4 tahunikut bukber akhirnya tahun ini saya mendapat doorprize hehe.









12 comments:

  1. Danone memang OK, banyak programnya yang melibatkan masyarakat sekfitar pabrik juga mendukung kelestarian lingkungan.

    ReplyDelete
  2. semoga acara bukbernya tiap ramadhan selalu berlangsung

    ReplyDelete
  3. asyik ay bukber yang namba ilmu, makasih sharingnya

    ReplyDelete
  4. aku salfok sama bantal yang terbuat dari 25 botol plastik mba hehehe empuk ga tuh mba?
    btw aku pernah baca juga justru katanya klo bka minum air teh ga boleh mba?tapi baca penjelasan disini make sense lalu aku bingung sendiri :D

    ReplyDelete
  5. Kalau kurang air saya suka lemes dan gagal fokus

    ReplyDelete
  6. Saya mupeng sama bantal daur ulangnya :))

    ReplyDelete
  7. Saya baru tahu ada bantal yg terbuat dari 24 botol plastik. Keren dan kreatif ya

    ReplyDelete
  8. Pernah dehidrasi mbak dan kepala langsung pusing, kalau menu buka puasa seimbang dan minum air putih banyak pasti puasanya lancar ya mbak.

    ReplyDelete
  9. Mantapp. Bukber yang bukan sekedar berbuka mba :)

    ReplyDelete
  10. Jaga kesehatan, dan jaga tubuh agar sehat selalu

    ReplyDelete
  11. Yeay ada fotoku itu tahun 2015 yak, selalu seru ya tiap bukber berasama Danone Grup. banyak ilmu sekaligus bertaburan hadiah.

    Semoga puasa nya lancar dan selalu sehat agar bisa menjalankan ibadah saecara maksimal yaa mak :)

    ReplyDelete

Chicking Ayam Top Dubai Fast Food Halal Rasa Timur Tengah

Assalamu'alaikum. Masih dalam ingatan saya ketika ada kerjaan di Bandara dan itu pertama kalinya menginjak Bandara Soekarno Hatt...