Wednesday, June 7, 2017

Tips Mudik Sehat



Assalamu'alaikum.
Istilah mudik atau pulang ke kampung halaman sudah tidak asing lagi di Indonesia karena setiap bulan Ramadhan atau menjelang hari Raya masyarakat Indonesia memiliki tradisi mudik.Jadi orang-orang yang merantau hijrah mencari nafkah di kota lain pada saat Hari Raya atau Lebaran mereka akan merayakan hari tersebut di kampung halaman.

Termasuk saya dan keluarga, untuk tahun ini saya masih mempertimbangkan untuk mudik karena kesehatan bapak yang sedang menurun.Rasa sedih itu pasti ada jika tidak mudik soalnya seluruh sanak saudara berkumpul pada hari itu.Terlebih setiap pulkam (pulang kampung) pasti ziarah ke makam alm. Mama.

Kalijodo

Hari nan Fitri berkumpul dengan keluarga dan saling memaafkan merupakan kebahagiaan yang tidak ternilai ya,,setidaknya itu terjadi hanya 1 tahun sekali.Semua kendala saat mudik seperti macet berjam-jam serta harga tiket transportasi yang mahal pun dibela-belain karena satu tujuan yaitu berkumpul dengan keluarga di Kampung halaman.

Selain macet yang menghabiskan waktu puluhan jam, kecelakaan saat mudik juga sering terjadi.Melihat fenomena ini pemerintah melakukan upaya melalui edukasi bagaimana mudik sehat dan juga menyediakan fasilitas mudik gratis bersama.Seperti yang dilakukan Kementrian Kesehatan dan Kementrian Perhubungan dalam mengurangi risiko terjadi ketika mudik.

Kamis 2 Juni 2017 saya berkesempatan menghadiri Blogger Gathering bersama Kemenkes dan Kemenhub di RPTRA Kalijodo, Penjaringan Jakarta Utara.Acara yang berlanjut dengan buka puasa bersama ini cukup seru karena berada di ruang terbuka.


Menjelang mudik Ramadhan Kemenkes RI mendukung sektor kesehatan untuk kenyamanan saat mudik.Tahun ini Kemenkes Ri menyediakan setidaknya ada 3.862 pos kesehatan di jalur mudik lebaran yang terdiridari poskes Dinkes, KKP, RS Rujukan dan layanan emergency.

Pos-pos tersebut berfokus pada layanan emergency 119 , koordinasi pos pelayanan kesehatan, pemeriksaan kesehatan pengemudi dan promosi kesehatan berupa banner, spanduk, poster dll.Semua pos tersebut menyebar di berbagai pulau di 15 provinsi.

Ada 15 provinsi yang menjadi prioritas pemantauan angkutan jalanan seperti Sumatera utara, Sumatera selatan, Lampung, Banten, DKI, Jawa barat, Jawa tengah, DIY,Jawa timur, NTB, Bali, Kalimantan selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan timur dan Sulawesi Selatan.

Antrian warga di depan mobil promosi kesehatan Kemenkes


Tak hanya memberikan pelayanan di berbagai pos menjelelang mudi Lebaran, Kemenkes RI juga memberikan edukasi #MudikSehat  dan edukasi perilaku hidup sehat kepada masyarakat lewat mobil promosi kesehatan di RPTRA Kalijodo ini.

Di RPTRA Kalijodoh ini Kemenkes membagikan edukasi #Germas lewat flyer kepada warga secara gratis.Tampak terlihat jelas dari antrian warga saat itu, mereka antusias ngantri panjang.Salah satu edukasi yang diberikan yaitu Tips Sehat berpuasa pada bulan Ramadhan.

Tips Sehat berpuasa bulan Ramadhan :

  • Minum yang cukup 2-4-2 (2 gelas saat berbuka-4 gelas pada malam hari- 2 gelas saat sahur).
  • Makan sehat dengan gizi seimbang.
  • Saat berbuka puasa lebih baik minum air teh manis hangat untuk menstabilkan kadar gula dan jangan langsung berbuka dalam porsi besar.
  • Saat sahur makan buah-buahan dan sayur.
  • Saat siang hari hindari sinar matahari yang menimbulkan dehidrasi.
  • Jika ingin berolah raga sebaiknya 2 jam mendekati buka puasa.
  • Untuk orang yang lemah fisik seperti ibu hamil, ibu menyusui, penderita jantung dll sebaiknya jika ingin berpuasa konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.
  • Jika mendapatkan masalah kesehatan sebaiknya segera membatalkan puasa.

Tak hanya memberikan Tips Sehat saat berpuasa saja tapi juga Kemenkes RI memberikan Tip Mudik Sehat.
Saat mudik kita harus mempersiapkan fisik maupun kendaraan ( jika membawa kendaraan pribadi).

Tips Mudik Sehat :
  • Siapkan fisik yang sehat sebelum mudik
  • Bawa identitas lengkap seperti KTP dan BPJS
  • Tidak minum obat yang menyebabkan kantuk sebelum atau sedang mengemudi.
  • Jangan paksakan mengemudi jika lelah atau ngantuk.
  • Sebaiknya istirahat 4 jam sekali dalam perjalanan, agar otot tidak tegang dan lakukan peregangan.
  • Jangan menerima makanan atau minuman dari orang lain saat mudik.
  • Gunakan masker untuk menghindari polusi
  • Patuhi rambu lalu lintas
  • Biasakan selalu mencuci tangan sehabis maupun sebelum makan.
  • Sediakan makanan dan minum yang cukup karena saat mudik macet berkali lipat dari biasanya.
  • Periksa kendaraan terlebihndahulu sebelum mudik.
Ngomongin soal tradisi mudik lebaran yang selalu macet selama beberapa tahun terakhir Kementrian perhubungan menyediakan fasilitas Mudik gratis lho.Fasilitas ini diharapkan agar para pemudik tidak menggunakan kendaraan pribadi yang menyebabkan kemacetan dan juga tingginya kecelakaan.

Mudik gratis
Mudik lebaran

Inisiatif yang sudah berjalan beberapa tahun terakhir ini lumayan sukses karena angka kecelakaan saat mudik lebaran menurun setiap tahunya.Lumayan juga kan ya hemat ongkos juga kalau ikut mudik gratis ini.

Yang menjadi kendala mudik gratis ini yaitu kita harus registrasi, ada online dan juga offline.Untuk registrasi online cukup masuk ke website mudikgratis.dephub.go.id atau untuk yang registrasi offline tinggal datang ke tempat pendaftaran yang sudah ditentukan.

Mudik Lebaran sudah menjadi tradisi di Indonesia, menurut saya jika ingin mudik mau pakai kendaraan pribadi, transportasi umum atau mau ikut mudik gratis juga silahkan saja, asal harus ada persiapan mulai dari fisik maupun kendaraan.Kamu mudik tahun ini? Saya sih insya Allah 😊.

📷 : Mba Wawa


12 comments:

  1. insyaAlloh aku juga mudik semoga sehat, selamat y mba dan menikmati silaturahmi kembali :)

    ReplyDelete
  2. Lampung sebagai gerbangnya pulau Sumatera pasti bakal ramai dilintasi pemudik yaa. Mudah2an semua lancar dan pemudik tetap sehat.

    ReplyDelete
  3. Mudik pas kondisi puasa tuh tantangan banget apalagi bawa balita. Kadang tips minum 2 4 2 biaa luput kalo jalanan macet dan efeknya, bisa meriang kalau nyampe di tempat tujuan. Huhuhu
    Met puasa Mbak Meeeel :)

    ReplyDelete
  4. Ohh ya mudik gratis yeau.. asuoan cairan nih prlu diperhatikan. Tp galau kadang suka beserrr

    ReplyDelete
  5. Enaknya di jakarta. Kita selalu melek informasi dan semacamnya. Di lombok jarang ada gathering kayak begini mba.

    ReplyDelete
  6. Saya gak mudik huhu, kalaupun mudik dekat kok hanya ke Garut

    ReplyDelete
  7. Ah jadi ingin merasakan mudik juga Mbak. Wah ada program Gratis Mudik jadi asyik banget itu..

    ReplyDelete
  8. Alhamdulillah saya sudah tedaftar pada program mudik motor Gratis bareng Kemenhub pakai KAI.
    Ayooo Mudik dengan Cerdik .....

    ReplyDelete
  9. Saya udah 3 tahun gak ngerasain mudik, karena sekarang tinggal dinrumah ortu. Kadang jadi kangen ritual mudik :D

    ReplyDelete
  10. Siapa yg tak ingin berjumpa dengan sanak saudara di kampung halaman. Apalagi ada mudik gratis (udah gratis, aman kendaraan Kita, bisa merasakan kekeluargaan selama perjalanan mudik dll)

    ReplyDelete
  11. membantu sekali pasti bagi para pemudik dg program depart.kesehatan
    yg utama tetap prioritaskan kesehatan agar aman dan nyaman selama perjalanan mudik

    ReplyDelete

Wujudkan Umroh Bersama Ayah Lewat Program Berkah TOTAL Almeera

Assalamu'alaikum. Apa arti Ayah bagi kamu? bagi saya ayah memiliki banyak arti di kehidupan saya.Papa ..biasa saya menyebut sese...