Friday, July 28, 2017

Dukung Anak Autisma dan Berkebutuhan Khusus Untuk Mewujudkan Mimpinya



Assalamu'alaikum.
Saya sangat percaya kalau semua anak itu pintar tak terkecuali anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus.Mereka semua sama dengan anak-anak normal lainya, mereka memiliki keahlian dan juga mimpi seperti anak lainya.

Tak perlu di pungkiri bahwa anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus ini masih dipandang sebelah mata, masih dianggap remeh oleh masyarakat.



Sejak memasuki dunia blogger saya beberapa kali menghadiri acara anak-anak penderita autism dan spesial ini.Banyak mereka yang berprestasi bahkan melampaui anak-anak biasa.Dan beberapa hari lalu beruntung sekali saya bisa menghadiri di acara  pengumuman pemenang Lomba Gambar & Foto bercerita Kita= Sama 2017.

Program kepedulian Kita = Sama mendukung para penyandang autisma untuk berprestasi, berkarya dan meraih sukses melalui program lomba bagi anak-anak berkebutuhan khusus.Program Kita= Sama mulai diluncurkan pertama akhir Februari 2017.
David wibowo

Acara diawali sambutan oleh David Wibowo selaku Presiden Direktur NAVAPLUS Group.Beliau mengatakan pada awalnya kefiatan ini adalah untuk memberikan ruang kembang bagi anak-anak penyandang autisma untuk menyalurkan potensi, keterampilan dan  bakat seni .

Melalui kegiatan ini lah kami ingin penyandang autisma di Indonesia bisa lebih optimisme dan semakin percaya diri untuk terus mengembangkan diri dan potensi yang dimiliki.


Tak jauh berbeda Willy Yoh  juri lomba foto bercerita mengungkapkan selama melihat hasil karya-karya penyandang autisma yang masuk ternyata membuka mata dan hatinya.Beliau juga sempat menangis melihat hasil-hasil karya mereka.

Foto-foto dan cerita yang masuk sangat "eye opener".Semua sangat menginspirasi, menyentuh kalbu dan sepwrti memberi pesan kepada kita semua untuk "wake up" , " aware" dan"take action" untuk serta berperan dalam memberikan ruang kembang dan berkreasi bagi mereka penyandang autisma dan berkebutuhan khusus.

Sebelum acara puncak pemberian hadiah kepada pemenang pada acara ini juga dihadirkan Psikolog Saskhya Aulia Prima M.Psi dari tiga generasi.Beliau memberikan sedikit gambaran tentang karakteristik anak - anak autisma dan sedikit memberikan tips bagaimana cara berinteraksi dwngan mereka.

Tips Berinteraksi Dengan Individu Autisme 


  • Menyebut nama ketika ingin berinteraksi.
  • Membahas topik spesifik dan jelas.
  • Eye contact seceukupnya
  • Hindari terlalu banyak memberi kebisingan, sentuhan.
  • Ajak individu autisme bersosialisasi 
  • Sabar menunggu jawaban yang diberikan.
Untuk memaksimalkan potensi anak-anak autisme peran oaprang tua sangat penting.Bisa di bilang jika anak-anak ini dilatih dan dikembangkan potensinya bisa mengurangi gejala autisma anak tersebut bisa perlahan-lahan berjalan walau pun tidak bisa hilang 100%.

Parenting Pada Anak Autisme 
  • Orang yang terdekat anak yaitu orang tua maka orang tua harus lebih peka, misalnya jika ada kejanggalan bawa anak pada ahli sedini mungkin.
  • Fokus pada kelebihan dan potensi anak.
  • Konsisten menjalani terapi.
  • Perbanyak anak bersosialisasi, anak-anak autisme itu jangan dikurung tapi ajak dia bersosialisasi.
  • Sabar selama proses.
Percaya lah memang perjuangan orang tua dengan anak penyandang autisme dan berkebutuhan khusus itu tidak mudah bahkan masyarakat sendiri masih banyak yang mencemooh dan memandang sebelah mata.

Mereka masyarakat yang masih mencemooh anak-anak autisme tidak tahu bahwa penyandang autisme ini memiliki kelebihan dalam pekerjaan.Bahkan perusahaan Google sendiri mempekerjakan penyandang autisme lho.

Hasil karya pemenang lomba


Kelebihan Penyandang Autisme Dalam Bekerja 

  • Daya ingat sangat baik 
Para penyandang autisme memiliki daya ingat yang sangat baik.
  • Analisis pola kejadian sangat baik.
Para penyandang autisme sangat fokus pada saat bekerja tampa dipaksa.Misalnya anak autisme yang memiliki minat di menggambar maka dia akan fokus selama berjam-jam.

Penyandang autisme juga kreatif.Mereka mampu berimajinasi jadi semua imajinasi biasanya akan tertuang lewat gambar atau warna.

Minat penyandang autisme spesifik nah ini dapat berkontribusi besar pada produktivitas saat bekerja.

Pemenang lomba menggambar

Pemenang lomba foto bercerita


Kelebihan penyandang anak autisme dan anak berkebutuhan khusus memang tidak diragukan lagi bahkan bisa melebihi seperti anak lainya.Terlihat jelas dari hasil karya para pemenang.Yups siapa sangka bahwa lukisan ini adalah hasil anak-anak spesial.

Tak banyak yang tahu juga bahwa ada anak autisme yang sudah go internasional dan bahkan sudah 100 buah hasil karyanya terjual.Banyak lagi karya atau prestasi mereka yang melampaui anak lainya.

Saya ikut senang adanya program pemerintah yaitu sekolah insentif yang mana semua sekolah SD, SMP , SMA harus menerima anak-anak penyandang autisma dan berkebutuhan khusus.Ya...mereka tidak lagi harus bersekolah di SLB (Sekolah Luar Biasa).

Kini mereka dapat bersosialisasi dan mendapatkan hak yang sama untuk mengenyam pendidikan bersama anak lainya.

Dear pembaca,,kita semua itu sama plis mulai saat ini berhenti mengkotak-kotakan anak-anak penyandang autisma dan ABK, Plis kita sama-sama bantu mencegah tindaka bully terhadap mereka.Mereka semua juga punya mimpi seperti anak lainya.




1 comment:

  1. anak autisme kalau ditangani baik bisa berkembang ya, bahkan ada yang bisa menyelesaikan S2nya

    ReplyDelete

Sobat ISB Belajar Bareng Brilio.net Cara Mendapatkan Ide Konten Agar Menjadi Viral

Foto by Teh Ani Berta Assalamu'alaikum. Apa perasaan kalian jika tulisan kita jadi viral? Pasti seneng banget donk ya kalau tuli...