Friday, July 28, 2017

Manfaat Sentuhan Pada Bayi Selama Fase Neonatal



Assalamualaikum.

Walau sudah 9 th lebih menyandang title Ibu rasanya momen melahirkan saat itu masih sangat terasa. Inget banget Jum’at pagi tanggal 16 November 2007 sudah keluar flek dan akhirnya langsung ke bidan tempat saya periksa kandungan.Ternyata setelah di periksa saya masih pembukaan 2. Jam demi jam pun berlalu, rasa was-was melahirkan pun makin terus membayangi.

Akhirnya setelah 12 jam berlalu kontraksi pun semakin hebat. Tangis air mata karena kesakitan sudah tidak bisa terbendung lagi. Teman dan suster pun membimbing saya untuk mengatur nafas.Tapi saat diperiksa masih saja pembukaan 2. Tepat jam 8 malam akhirnya kontraksi makin hebat sampai air ketuban itu pecah.Dengan tertatih dan dibopong temaan saya masuk ruang bersalin.

Dalam kesakitan saya terus berdoa dan terlintas alm.Mama , ngebayangin bagaimana saat Mama melahirkan saya. Rasa sakit sudah tidak bisa digambarkan lagi.Bidan terus berusaha agar saya rileks dan mengatur nafas. Dengan dua kali mengejan akhirnya putri pertama saya lahir. Tangisannya sekejap menyembuhkaan rasa sakit saat kontraksi. Rasa bahagia dan haru bercampur menjadi satu.


Apa lagi saat IMD ( Inisiasi Menyusui Dini) kulitnya menyentuh kulit saya dan itu momen luar biasa penuh emosi. Sambil menyusui saya nangis sambil memeluk tubuh mungilnya.Rasa haru saat melahirkan pun terulang kembali saat melahirkan putri ke dua Kezia. Beda dengan proses lahiran Shakila yang melalui proses lahiran normal. Kalau melahirkan Kezia melalui proses operasi SC.

Proses melahirkan putri kedua juga tak kalah drama, saya di operasi tepat jam 1 malam .Yang membedakan yaitu kebersamaan saya dan Kezia. Jadi setelah IMD di ruang operasi Kezia langsung di masukan ke ruangan lain.

Melahirkan dengan proses apa pun tetap membuat saya bahagia menjadi seorang ibu.Saat menyentuh kulit mereka mengalir rasa cinta dan harapan untuk masa depanya kelak.

Tak banyak harapan dari saya yang penting anak-anak sehat, bahagia, dan mandiri menghadapi jalan hidup nantinya. Semua harapan itu melalui doa dan melalui sentuh kasih Ibu kepada mereka.

Ada rasa khawatir juga sih waktu mereka lahir karena kulit mereka begitu halus dan sensitif, saya takut salah memberikan perawatanya. Akhirnya setiap mereka lahir saya selalu konsultasi juga dengan tenaga kesehatan dan membaca buku-buku cara merawat baby.

Saya juga mendapat masukan dari saudara mengenai skincare untuk si Kecil dan akhirnya jatuh ke Johnson’s Baby karena produk ini juga yang dipakai saat saya lahir. Semua skincare produk itu selalu ada dirumah. Mulai dari sabun, shampoo, baby oil dl.

Kurnia amelia subarkah


Berbicara mengenai Johnson’s Baby saya ingin sedikit bercerita jadi beberapa waktu lalu saya menghadiri acara yang bertajuk “Sentuhan Penuh Harapan Bersama Johnson’s Baby “

Hadir pula Dr. Bernie Endriarini Medise, Sp.A(K) , beliau memberikan pemaparan pentingnya memberikan perawatan khusus bagi bayi yang baru lahir.Beliau mengungkapkan bahwa Fase neonatal atau 28 hari pertama setelah bayi dilahirkan merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena tubuhnya sedang mengalami perkembangan dan mengalami perubahan lingkungan yang sangat drastis.

Faktanya pada fase ini di Indonesia ternyata masih cukup tinggi.Berdasarkan data WHO tahun 2015 ada sekitar 70.000 bayi di Indonesia meninggal sebelum menginjak 28 hari. Nah, salah satu faktor adalah akibat kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit selama neonatal yang menyebabkan sepsis pada kulit bayi.

Menurut Dr. Bernie selama masa neonatal diperlukannya perawatan kulit yang efektif dan tepat. Kandungan emollient yang digunakan dalam perawatan kulit bayi dapat mencegah terjadinya kulit kering. Tak hanya itu saja pada masa Neonatal sentuhan ibu sangat penting karena selain memperlancar peredaran darah bayi sentuhan ibu juga dappat meningkatkan imunitas, sehingga bayi akan lebih sehat, dapat tumbuh dan hidup lebih panjang.

Melihat fakta ini akhirnya Johnson’s Baby mengadakan kampanye “Johnson’s Baby Sentuhan Penuh Harapan” dengan menyebarkan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan, sentuhan saat mandi selama neonatal.


Alhamdulillah...Selama merawat Shakila dan Kezia masih baby saya rutin memijat mereka. Tepatnya sebelum mandi biasanya saya pijat halus saja. Manfaat memijat pada bayi banyak sekali terutama setelah di pijat mereka tidurnya sangat nyenyak dan tidak rewel.

Manfaat memijat bayi :
  • Membuat bonding
  • Menurunkan produksi hormon stresor
  • Membantu mengatasi gangguan tidur
  • Membantu pengaturan sistem pencernaan, respirasi dan sirkulasi si kecil
  • Membuat ikatan/bonding dengan orangtua

Sedikit tips ketika memijat bayi agar manfaatnya maksimal :

  • Memijat bayi seebaiknya dilakukan pagi hari sebelum mandi atau malam hari sebelum tidur.
  • Gunakan baby oil untuk memijat.
  • Siapkan alas bayi yang empuk.
  • Saat memijat sebaiknya kita mengajak ngobrol si Kecil agar bonding lebih terjalin.
  • Pada saat mandi juga sebaiknya sentuh kulit bayi secara halus.Gunakan sabun cair yang tidak pedih dimata (biasanya saya pakai produk Johnson’s Baby).

Banyak alasan kenapa saya memilih produk Johnson’s baby salah satunya sudah teruji secara klinis. Di kulit baby saya juga cocok dan tidak menyebabkan iritasi.

 Johnson’s Baby juga saat ini mengadakan program awareness yang mana bekerja sama dengan Alfamart dan Save The Children menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu melalui pijatan agar berkurangnya kematian pada bayi pada masa neonatal.

Mau ikut berkontribusi ? Gampang banget nih caranyacukup dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk Johnson’s Baby jenis apapun diseluruh gerai Aalfamart di Indonesia, Johnson’s Baby akan mendonasikan Rp 500,- Ke Save The Children.

“Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silahkan cek media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu @Johnsonsbaby_id (Instagram) , https://www.facebook.com/johnsonsBabyIndonesia (Facebook).

42 comments:

  1. Duo sipit itu ngegemesin banget deh
    Bisa kayak kembar gitu mereka ya
    Bener banget nih, perawatan kulit bayi sangat penting dilakukan untuk kesehatan buah hati kita

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari dulu sampe sekarang banyak yang bilang mereka kembar 😂😂.

      Delete
  2. saya juga suka produk ini. dapat pengetahuan tentang pijat bayi juga dari sini. beli satu paket produk perawatan bayi dapat cdnya. sangat membantu sekali :)

    ReplyDelete
  3. penuh drama namun saat bayi kita lahir rasanya sakit uda ilang terlebih pas IMd y mb momen yang memorable banget. dan yes perawatan kulit bayi jgn dianggap enteng yuk ah kita dukung program sentuhan penuh harapan beli productnya ke alfamart terdekat ahhh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak,,mau lahiran itu drama banget, kontraksi pun sampai berjam-jam.Tapi pas mereka lahir ya Happy jadinya hehe.

      Delete
  4. Kebayang ya mandiin bayi baru lahir, takut takut gimana gitu. Tapi semakin besar semakin lebih mudah saat memandikan bayi. Kulit bayi yang sensitif membuat kita harus lebih hati-hati.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shakila dan Kezia aku yang mandiin semua dari semenjak lahir hipuhu.

      Delete
  5. Kalau anak ketiga insya Allah udah paham nih cara memandikan & memijat bayinya ya Mel. Tinggal kapan punyanya aja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha doakan saja mak Leyla ,,semoga masih ada jodoh hehe.

      Delete
  6. Beda anak beda cerita ya melahirkannya, inget ceritamu saat melahirkan anak kedua ini yang so drama hehe. Aaaah tapi kamu hebat loh, salut akan perjuanganmu dalam memberikan yang terbaik buat duo pelipurlara :)

    Sehat2 terus yaa kalian.

    ReplyDelete
  7. Ponakanku dalam sebulan 2-3 kali dipijet sama tukang pijet langganan, kata ibuku biar badannya rileks dan tidurnya nyenyak. Sama kayak kita yang dewasa kan ya kalau sudah dipijet rasanya enak dan rileks banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu diaa,,kalau di pijet badan kita jadi enteng hehe.

      Delete
  8. acaranya bagus yaaa. bayi aja harus di pijet biar bonding dan peredaran darahnya baguss.

    ReplyDelete
  9. Johnsons Baby memang produk terbaik dan peduli kepada kesehatan kulit bayi

    ReplyDelete
  10. Memang sangat bermanfaat ya sentuhan ibu ke bayi. menambah bonding jadi kuat

    ReplyDelete
  11. produk favorit aku waktu dulu Darell bayi

    ReplyDelete
  12. Sentuhan yg sangat bermanfaat utk anak ya mel

    ReplyDelete
  13. Mau ikut serta donasi campaign save the children Johnson's ahh mak

    ReplyDelete
  14. Bukan hanya bayinya ibunya jg dpt manfaatnya ya dr memberikan sentuhan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess,,bonding ibu dan anak nambah deket hehe.

      Delete
  15. Wahhhhh bolehlah infonya niy buat nanti kalau aku punya cucu... Ehhh masih lamaaaaa denk hahaha..

    ReplyDelete
  16. Aku bentar lagi lahiraan, blm beli2 produk bayi nih. Mau ah beli johnsons skalian donasi

    ReplyDelete
  17. Bahagia rasanya ngelihat baby tidur setelah dipijat ya mbak?

    ReplyDelete
  18. Wah menarik nih! Aku jg pernah dengan dengan sentuhan ke anak, jadi kayak transfer cinta ya. 😁

    ReplyDelete
  19. Seru banget sosialisasi pake mendongeng. Jadi lebih mudah paham

    ReplyDelete
  20. Oh baru tau, ternyata dengan sentuhan aja, banyak manfaatnya utk bayi yg baru lahir ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak banget kak,,,semoga cepet punya anak ya kak .

      Delete

Chicking Ayam Top Dubai Fast Food Halal Rasa Timur Tengah

Assalamu'alaikum. Masih dalam ingatan saya ketika ada kerjaan di Bandara dan itu pertama kalinya menginjak Bandara Soekarno Hatt...