Thursday, July 13, 2017

Menderita Anyang-anyangan Saat Mudik



Assalamu'alaikum.
Alhamdulillah tahun ini bisa merasakan mudik Lebaran.Tahun ini mudik ke Ciamis hanya saya, Papa dan anak-anak.Berhubung tidak memiliki mobil pribadi akhirnya seperti biasa untuk mudik kita menggunakan transportasi umum yaitu Bus.Kami naik Primajasa dan tahu sendiri kalau naik bus ini jarang berhenti untuk sekedar istirahat.

Seperti kemarin saat mudik bus ini tidak berhenti di rest area, kesel bukan main soalnya saya kebelet pingin buang air kecil dan mabok.Baru sampai Karawang saya sudah pingin buang air kecil seakan pingin ijin tapi ya gimana ya namanya kita naik kendaraan umum bukan pribadi jadi ga seenaknya aja minta berhenti hanya sekedar ingin ke toilet.


Perjalan Jakarta-Ciamis memakan waktu 13 jam dan selama itu pula saya menahan buang air kecil.Kebayang dong rasanya gimana, benar-benar ga nyaman dan pada akhirnya saya mengalami anyang-anyangan.Tahu kan anyang-anyangan? Rasa ingin buang air terus menerus tapi keluarnya dikit dan sakit di bawah perut.

Ya..saya mengalami itu huhu rasanya ga enak banget.Saya ingat pesan nenek dulu kalau anyang-anyangan pakai handuk kecil untuk di sumpel seperti tampon gt.Entah lah benar atau tidak akhirnya saya mencoba dan memang bisa menahan buang air tapi ya tetap tidak nyaman.
Pic by anyang-anyangan.com

Anyang-anyangan memang sudah biasa saya alami apalagi waktu saya hamil beuhhh susah digambarkan deh bolak-balik ke toilet.Lagi anyang-anyangan juga ga enak banget bawa motor rasanya sakit gitu pokoknya menderita deh.

Saya pikir anyang-anyangan itu hal biasa tapi pas lebih tahu lebih dalam lagi ternyata bisa berbahaya kalau tidak diatasi.Anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih tidak hanya dialami oleh wanita saja tapi bisa di alami oleh kaum laki-laki juga .Namun 5 dari 10 wanita menderita anyang-anyangan.

Sedikit saya jabarkan dulu gejala anyang-anyangan ini:

  • Nyeri panggul
  • Rasa ingin terus buang air tapi volume sedikit-sedikit
  • Urine berbau dan keruh kadang mengandung darah
  • Nyeri dan panas saat buang air kecil
  • Sering disertai demam
  • Tidak enak badan 

Semua orang yang mengalami anyang-anyangan tidak semuanya mengalami semua gejala tersebut.Namun yang pasti jika ada beberapa gejala seperti diatas maka lebih baik ke dokter untuk periksa karena bakteri E. Coli ini akan menyerang ginjal.Jika ginjal sudah terserang ya bisa jadi mengalami gagal ginjal.

Penyebab anyang-angan tidak hanya akibat menahan buang air kecil saja tapi karena kekurangan cairan juga bisa (dehidrasi), masa kehamilan dan juga adanya batu ginjal.

Papa saya sendiri menderita gagal ginjal dan harus cuci darah gejala awalnya asam urat tinggi dan adanya batu ginjal.Batu ginjal yang banyak dan besar di saluran kemih jadi menghalangi sulitnya buang air kecil.

Jadi bagaimana agar terhindar dari anyang-anyangan?
  • Jangan nahan buang air kecil.
  • Minum air yang cukup.
  • Hindari minuman beralkohol maupun soda
  • Banyak gerak atau berolah raga.
  • Konsumsi sayur dan buah.
  • Menjalani hidup sehat.
  • Menjaga kebersihan daerah sensitif.
  • Saat bilas selesai buang air kecil sebaiknya basuh pakai air dari depan ke belakang bukan dari belakang ke depan agar bakteri tidak masuk daerah sensitif.

Dari tips agar terhindar sebagian sudah saya jalani tapi yang sulit itu menahan untuk buang air kecil huhu jadinya ga gitu deh.Salah satu solusi mengobati anyang-anyangan paling minum Uri-carn cukup 2x saja anyang-anyang terhempas manjah.

Uni-cran mengandung Ekstrak Cranberry menurut penelitian ektrak buah Cranberry ini mampu mengatasi maupun mencegah infeksi saluran kemih, mengandung antioksidan tinggi meningkatkan daya tahan tubuh dan penyakit lainya.










No comments:

Post a Comment

Gathering Blogger Kesehatan di Semarang , Dukung GERMAS part 1

Assalamu'alaikum. Mungkin tulisan ini agak telat ditayangkan tapi percaya deh kalau tulisan ini sudah nyangkut di draft selama 1 m...