Monday, July 17, 2017

Perayaan ulang tahun Bina Swadaya ke 50th



Assalamu'alaikum.
Kalau mendengar kata Trubus pikiran saya langsung tertuju ke Majalah Trubus yang tak lain majalah yang berkaitan dengan pertanian dan cocok tanam.Kenal Majalah ini dari alm.Uwa saya, beliau suka beli majalah Trubus.Alasan Uwa yang hobi cocok tanam di kebun belakang rumah ini mungkin salah satu dari sekian alasan kenapa beliau membaca majalah ini.




Majalah Trubus ini  bisa dibilang majalah pertanian, yang paling saya suka dari majalah ini yaitu banyaknya tips, strategi mengenai cocok tanam dan mencangkup kegiatan kewirausaha pertanian.Majalah ini juga sering mengulas tanaman apa yang lagi naik daun.

Tapi tahu ga sih kalau Trubus ini ternyata salah satu unit Yayasan Bina Swadaya.Jujur saja saya baru tahu juga saat menghadiri ulang tahun Bina Swadaya yang ke 50th di Hotel Bidakara, Jakarta bersama rekan blogger Komunitas ISB.


Pada acara hajat ke 50 th kemarin hadir juga para pengurus serta ketua yayasan Bina Swadaya.Sebelum acara dimulai kita semua menyanyikan Indonesia raya dan dilanjut sambutan dari pak Dr. Bambang Ismawan selaku Ketua dan pendiri Yayasan Bina Swadaya.Beliau menjelaskan sedikit mengenai Bina Swadaya.

Bina Swadaya yaitu Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang berfokus melayani dan memberdayakan masyarakat.Bina Swadaya sendiri berdiri pada tanggal 24 Mei 1967.Bina mempunyai beberapa pilihan arti  Bina Swadaya artinya To Cultivate & To Construct  dan arti dari Swadaya sendiri yaitu kekuatan sendiri atau mandiri.

Selama 50th Bina Swadaya telah melakukan aksi konkret di masyarakat dengan melakukan pendampingan, pembelajaran kepada kelompok-kelompok masyarakat seperti memberikan pelatihan teknik pertanian dan perdagangan.1 kelompok masyarakat yang terdiri dari 20 keluarga diharapkan masyarakat tersebut berdaya dan sukses dibidangnya.

Sebagai bentuk kepedulianya Bina Swadaya mendirikan Bank Pengkreditan Rakyat atau BPR yang berbasis ekonomi mikro, penyediaan sarana pertanian, hingga membuat media informasi ya majalah Trubus itu.Seiring perkembangan zaman kini Trubus memiliki platform Trubus.id .Dengan versi digital ini diharapkan lebih banyak lagi masyarakat  lebih peduli terhadap lingkungan khususnya kalangan muda.



Pada perayaan ke 50 th Bina Swadaya juga memberikan penghargaan Trubus Kusala Swadaya kepada para pegiat pemberdayaan masyarakat.Berikut para penerims penghargaan :

Produk Reka Agni

  • Reka Agni
Mba Reka Agni mendapat penghargaan untuk kategori personal dengan kontribusinya terhadap dunia pertanian.Perempuan lulusan IPB ini mengajarkan cocok tanam serta menerapkan agroekologi.Di tempat tinggalnya Sukabumi mba Reka memberdayakan para perempuan .

Beberapa Virage Awie

  • Virage Awie (Komunitas Bambu Indonesia)
Nah ini keren banget Virage Awie menerima penghargaan kategori kelompok.Virage Awie mempopulerkan alat musik dari awi atau bambu.Saat malam penghargaan kemarin juga dihadirkan berbagai alat musik dari bambu mulai dari gitar, piano dll.
  • Hysteria
Komunitas anak muda Semarang ini mendapatkan kategori kelompok.Hysteria ini melakukan inovasi perkotaan dan menginisiasi program "merawat kampung" dengan melibatkan masyarakat dalam berbagai kegiatan seperti melukis kampong.

Tenun dari NTT

  • Lodan Doe
Lodan Doe dari NTT (Nusa Tenggara Timur) mendapatkan penghargaan khusus dari Bina Swadaya. Kelompok ini memperdayakan perempuan yang sudah menjanda di Flores dengan berbagai kegiatan seperti arisan tenun, arisan beangun rumah dll.


Mereka semua yang menerima penghargaan diberi hadiah uang tunai serta penghargaan.Mereka memang pantas menerima penghargaan ini.Acara ini sangat menginspirasi banyak orang terutama saya sebagai generasi muda.

Sempat berfikir di rumah seandainya saja para generasi milenial mengikuti Bina Swadaya maka bisa dibayangkan setiap desa itu menjadi produktif dan maju.










6 comments:

  1. Inspiratif semua penerima penghargaan ini. Kejutannya dua di antaranya adalah teman2 saya hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dan kejuatan lainnya teh, semua penerima penghargaan berambut gondrong. :)

      Delete
    2. Iyess sangat inspiratif banget mereka.

      Delete
  2. Semua hasil produk kreasi dan nominasi pemenang memang bagus dan kisah perjuangan mereka "membesarkan" usahanya sungguh inspiratif sekali!

    ReplyDelete
  3. majalah trubus ini termasuk legend dan masih bertahan di antara majalah lainnya yang udah gulung tikar ya. semoga jaya selalu.

    ReplyDelete

LG LINEAR Challenge

Assalamu'alaikum. Sedikit ingin bercerita tentang keseharian saya sebagai ibu rumah tangga dan juga pekerja freelance .Pagi hari ad...