Tuesday, August 22, 2017

Sobat ISB Belajar Bareng Brilio.net Cara Mendapatkan Ide Konten Agar Menjadi Viral


Foto by Teh Ani Berta

Assalamu'alaikum.
Apa perasaan kalian jika tulisan kita jadi viral? Pasti seneng banget donk ya kalau tulisan kita jadi viral dan dibaca oleh banyak orang.Awal nulis blog sendiri saya tidak pernah memusingkan apakah tulisan saya di baca oleh orang atau tidak karena memang saya menulis blog hanya mencurahkan unek-unek alias curhat ga jelas saja sih.

Tapi makin kenal dunia blogging ternyata PV atau page view tulisan kita berpengaruh juga sama income kita *uhuk.Lho kok income? Yaiyalah sekitar 2th terakhir saya mencoba monitize blog, lumayan banget dari ngeblog saya mendapatkan pendapatan yang sangaatttttt lumayan.



Untuk memonitize blog tentunya tidak mudah karena kita harus belajar dan belajar mengenai dunia blogging, mulai dari cara menaikan DA/PA, berusaha agar page viewnya banyak,menyajikan konten yang menarik dll agar brand atau pengundang puas karena memberikan kita sebuah kepercayaan.

Pict by Mas Teddy

Untuk benar-benar memonitize blog mungkin masih baru banget bisa dibilang masih benih deh hehe belum ada apa-apanya.Sadar akan masih benih makanya saya harus terus belajar dan berusaha menekuni di dunia ini dengan cara mengikuti berbagai workshop atau pelatihan.

Beberapa waktu lalu saya mengikuti workshop #BrilioCorner bersama Komunitas ISB (Indonesian Social Blogpreneur) dan Brilio.net.

#BrilioCorner kali ini belajar sambil seseruan aja sih yang bertempat di kantor Brilio.net Jl. Woltermonginsidi no.73 Kebayoran baru, Jakarta Selatan.Brilio Corner kali ini membahas konten viral dan sosial media.
Mr. Joe , CEO dan Founder Brilio.net
Acara dimulai dengan sambutan oleh Mr. Joe selaku CEO dan Founder Brilionet.Beliau menceritakan sedikit tentang Brilionet ini.Brilio.net adalah perusahaan konten digital yang menyajikan untuk generasi milenial.

Yups brilio.net memiliki target maket generasi milenials.Untuk konten di brilio.net sekitar selebrity, humor, Wow dan konten yang Duh!.Saya sendiri sudah mengenal brilio.net ini cukup lumayan lama karena berita-beritanya wara-wiri di timeline facebook.

Usia brilio.net masih terbilang muda yaitu 2th.Awal berdiri brilio.net hanya memiliki 15 wartawan dan saat ini jumlah wartawan yang ada sudah 35 orang.Walau masih berusia cukup muda tapi ada yang tau ga sih berapa pengunjung? jawabanya adalah 22 juta orag dan bahkan dibaca hingga mencapai 120 juta kali.Wowwww banget kan?.Kamu mau kan tulisan kamu hingga dibaca lebih dari 100 kali? nah ini dia tipsnya.

Mas Titis Widyatmoko selaku Editor in chief brilio.net

Mas Titis Widyatmoko selaku Editor in chief di brilio.net berbagi kunci bagaimana tulisan kita dibaca hingga lebih 100 x kepada sobat ISB lainya.Hal pertama itu kondisi dulu dan sekarang yang berbeda.

Perlu di sadari ada beberapa hal yang berubah dari zaman ke zaman misalnya kalau dulu pacaran sepiring berdua tapi sekarang sepringbed berdua.Dulu ketika bangun tidur kita ngapain sih? paling ke kamar mandi cuci muka dulu tapi kalau saat ini saat buka mata barang yang kita cari itu gadget.

Saat ini 80% orang asyik dengan HP mereka, bahkan untuk menonton siaran televisi sudah sangat jarang ( untuk generasi milenials) karena lewat HP masyarakat bisa melakukan apa saja, mulai dari berkomunikasi, mengerjakan pekerjaan, main game atau melihat berita yang lagi happening banget juga bisa.

Karena waktunya lebih banyak bersama HP maka kunci agar tulisan kita bisa dibaca jutaan kali yaitu " Memberikan konten yang pas yang disukai audiense".

Ada beberapa rumus yang dibagikan mas Titis agar konten kita di sukai audiense :

  • Anak muda lebih suka konten suka lucu dan unik.
  • Berita yang menggugah hati (anak muda juga gampang lho tergugah hatinya).
  • Anak muda suka kisah inspiratif.
  • Anak muda yang noabe nya selalu ingin terpuaskan dari rasa penasaran karena nak muda itu selalu ingin tahu alias kepo.
Andry Trisardy , reporter brilio.net

Setela mengetahui kunci agar tulisan kita menjadi viral alias banyak dibaca oleh orang lain lalu dari mana bisa mendapatkan ide kontennya?.Nah ini dia mas Andry Trisardy selaku reporter briilo.net berbagi sedikit tips cara menggali ide membuat konten viral.

  • Bersahabat dengan media sosial
Tau ga sih kalau ternyata hampie semua informasi menarik ada di media sosial.Dan media sosial itu banyak meyajikan ide yang bagus untuk konten menjadi viral? contohnya saja akun Lambe_Turah .Akun yang memiliki 3 juta lebih ini selalu menyajikan berita artis yang up to date bahkan acara gosip di TV banyak yang mengambil informasi dari akun ini.

Dari postingan akun ini kita bisa lho membuat sebuah konten berita para pesohor.Jujur saja saya juga followers Lamte_Turah ini  buakn apa-apa sih akun ini hanya sebagai hiburan dikala jenuh aja sih #eaaa haha.

Punya twitter? pasti punya donk ya nah lewat trending topic di twitter juga banyak ide tulisan lho.Ya sepintar-pintarnya kita saja mengembangkan ide dari apa yang kita lihat.Tapi jangan lupa pastikan dulu kebenaranya alias kita harus kroscek secara benar agar tidak menyajikan berita hoax.
  • Melihat sisi lain dari sebuah peristiwa
Masih ingat dengan kejadian bom Sarinah? masih ingat juga dengan berita tentang tukang sate yang kalem tetap berjualan di sekitar bom?. Nah dari peristiwa bom tersebut kita bisa mengambil sisi lain misalnya ya berita tukang sate tesebut.
  • Memberi perhatian khusus pada peristiwa yang membangkitkan emosi
Percaya ga kalau masyarakat Indonesia emosinya gampang bangkit.Namun kita berbicara msalah emosi positif ya atau rasa empati.Mas Andri sendiri memberi contoh tentang anggota paskibra yang batal tampil karena kecelakaan yang menimpanya sehingga kakinya harus di amputasi.Saat membaca berita ini tentunya masyarakat akan tergugah hatinya dan merasa empati.
  • Meme, meme dan meme
Ekspresi kalian melihat meme gimana? pasti menghibur sekali kan.Nah dari meme ini kita bisa gali konten yang cukup menarik atau dengan cara membuat meme para pembaca juga sangat terhibur lho.Maklum yes  masyarakat Indonesia dikenal menyukai humor.
  • Berusaha menggali nilai-nilai kewirausahaan.
Untuk hal ini sebaiknya disajikan melalui gambar atau video agar lebih menarik.Jangan lupa menceritakan awal mula si penjul merintis usahanya agar menginspirasi banyak orang.
  • Menyajikan konten mengenai lingkungan
Siapa bilang anak muda saat ini tidak peduli lingkungan? salah banget kalau ada yang beranggapan seperti itu.Berita mengenai lingkungan ini masih bayak diminati para generasi milenials lho.Contohnya saja berita mengenai selokan yang dipenuhi ikan KOI.
  • Memahami kenyataan bahwa anak muda itu terobsesi kehidupan para pesohor
Tau Raffi ahmad? Nagita slavina? Ayu tinting? pasti tahu dok ya para pesohor negri ini yang sering wara wiri di pemberitaan.Banyak hal yang menarik dari mereka yang sangat diminati oleh kaum muda contoh kecilnya yaitu fashion mereka.Apa pun pemberitaan mengenai mereka pasti jadi perbincangan.

Aldio, Sosmed manager brilio.net
Masih kuat belajarnya? Haha masih donk ya.Pembicara kali ini yaitu mas Aldio selaku sosmed manager brilio.net berbagi ilmu mengenai bagaimana caranya memaksimalkan sosmed agar konten menjadi viral.

Awal pembukaan mas Aldio ini bertanya berapa banyak sih media sosial yang kamu punya? Saya sendiri memiliki 5 lebih akun media sosial tapi yang aktif dan sering update hanya 4 saja sih hehe.

Nah kalau mau memanfaatkan sosmed biar konten menjadi viral itu cuma satu yaitu konsisten! #catet ya guys.Biasanya kita susah banget buat updet secara konsisten gegara pusing kebanyakan sosmed tapi kalau mau konten kita menjadi viral ya harus konsisten cinn.

Selain konsisten kita juga harus tau kapan waktu yang tepat atau topik apa saja yang akan di update.Nah setelah melakukan hal semua itu tinggal kita analasisi saja deh.Kalau di twitter sendiri untuk melihat engagement bisa lewat twitter analitik.

Tapi ada juga nih agar tulisan kita menjadi viral dengan cara yang berbayar alias di boost.Di facebook sendiri kita bisa boost dengan harga 50 ribu rupiah saja lho.Tapi itu semua pilihan untuk masing-masing orang lah ya.

Sesi terakhir yaitu bersama Marlo Ernesto seorang youtuber yang juga selebgram ini berbagi pengalaman awal mula terjun menjadi youtuber.

Ternyata eh ternyata Marlo ini anaknya Andi F Noya lho itu lho pembawa acara Kick Andy.Baru tahu kan? Yups saya juga baru tau kalau Marlo ini anaknya Andy Noya.

Awal menjadi youtuber sendiri ketika Marlo SMP dan iseng membuat video.Video yang awalnya diperlihatkan hanya keluarga dan teman terdekat jadi menyebar dan akhirnya banyak orang yang kenal Marlo ini.

Dalam membuat video sendiri anehnya lagi ternyata Marlo ini tidak memakai teks alias ya udah gitu aja deh cuap-cuap di kamera.Marlo sedikit memberi tips jadi sebaiknya kita harus memiliki ciri khas sendiri istilahnya membranding lah jangan 100 % meniru orang lain.Kita itu harus punya prinsip dan ciri khas.




45 comments:

  1. Konsisten tetap merupakan kunci segalanya. Terima kasih informasinya yang bermanfaat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak dan konsisten itu cukup sulit haha.

      Delete
    2. kadang konsisten juga bisa lupa

      Delete
  2. Aku juga lagi belajar nulis konten agar viral, tapi menurutku agak susah karena harus rajin-rajin lihat tren. Brilio memang gaya bahasanya anak muda banget dan pandai menarik pembaca terutama anak muda. Salam mba Amel @puspa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe aku juga masih belajar mba di dunia blogging.

      Delete
  3. Bermanfaat kakak, terima kasih ulasannya

    ReplyDelete
  4. Konsisten dan taat asas itu perlu ya. Biar ok dan tetap di jalurnya. Thxu ulasannya. Menarik.

    ReplyDelete
  5. waaaw, bener-bener bermanfaat untuk blogger amatiran macem saya, thank for sharing mbak :)

    Salam kenal,
    Dita

    ReplyDelete
  6. Betul banget tuh, mbak. Seru banget ya belajar bareng Brilio. Materinya asik, nggak bikin pusing. Cara penyampaiannya juga asik, nggak bikin bosen apalagi ngantuk. Apalagi pas kedantangan Marlo. Duh. Itu momen paling seru pokoknya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia ilmunya dapet banget hehe.

      Delete
  7. saya seneng liat meme cuman nggak bisa bikinnya hihihih... ri juga liat tulisan tulisan viral tapi saya blom bisa bikinnya juga... Marlo anak bang Andy Noya? pantes ganteng *ehhh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Yayat aku juga baru tau dia anak Andy Noya hehe.

      Delete
  8. Menarik bangettt ilmunya mbaa
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  9. waaaa asyik banhet dpt ilmu yaaak .. eh eh tapi aku masih nggak ngerti gmn cara memonitize blog ... gaptek total! Help help

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe samaaa aku juga baru kok di dunia blogging ini jd masih gaptek hehe.

      Delete
  10. mbak Amel lengkap banget ulasannya... bermanfaat sekali buat kita yang nggak ikut acaranya
    trims for sharing mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama kakak sudah mau mampir kesini hehe.

      Delete
  11. Senengnyaaaa mbk ameellll,
    Makasih bnyak yak mbk ats sharingnya, makasih bgd,

    ReplyDelete
  12. Menarik bahasannya, bahas monetize selalu ada yang baru ya, brilio ini viewernya buanyak dan selalu viral yah..ternyata ada toolsnya...boleh juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh ini dia kemaren kunci dan ilmunya di share biarbtulisan kita viral hehe.

      Delete
  13. Lengkap neh ulasannya, jadi belajar lagi deh tentang membuat konten menarik biar viral ya.

    ReplyDelete
  14. Ilmu penting banget niih tentang nulis konten. Ulasannya keren, thanks ya mba ;)

    ReplyDelete
  15. wiihh seru ya mel kesempatan belajar bareng brilio

    ReplyDelete
  16. Seruuuu. Banyak ilmu dari tulisan ini. Naahhh aku masih belum bisa nih bikin konten yang viral. Huuftttt... harus banyak belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa kakak aku juga masih harus terus belajar banyak.

      Delete
  17. ketemu banyak orang dan dpt ilmu , makasih sharingnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss,,kemarin banyak dapat ilmu keren.

      Delete
  18. Bner mba Mell konsisten yg merupakan kunci utamanya....sekrang makin pinter donk bikin konten viral heee

    ReplyDelete
  19. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  20. Makasih! Sementara saya lagi agak niru brilio soal gaya tulisan. Dgn membuat Twisctre yg targetannya ya menjadi blog serba ada gitu. Btw kunjungin ya salah satu artikel langka sy mba Cara pakai lift gedung tinggi di jkt yg beda dgn lift biasa

    ReplyDelete
  21. Seru banget yah eventnya. Jadi tahu banyak soal dapat ide konten. Aku kemarin mau daftar eh kelupaan terus ternyata ada teman yg update udah sampe di lokasi huhuhu

    ReplyDelete
  22. Sampe sekarang, saya maish terus belajar tentang hal ini. Terima kasih udah sharing, Mel

    ReplyDelete
  23. Belajar tanpa batas seneng bisa bareng2 anak muda kemarin ya Mel, hahaha

    ReplyDelete
  24. Ulasan yang menarik nih, tipsnya bisa segera diaplikasikan ini tinggal eksekusinya aja yang butuh kekuatan hehe...

    Ayo viralkan tulisan kita dengan konten positif :)

    ReplyDelete

Makin Yakin Dengan Kualitas Obat Generik Setelah Berkunjung ke PT.Hexpharm

Assalamu'alaikum. Obat Generik Sama Khasiatnya Dengan Obat Paten.Bukan hal baru lagi simpang siur mengenai obat generik.Banyak...