Tuesday, October 24, 2017

Fakta Menarik Tentang Dimsum Si Makanan Mungil dan Lezat



Assalamu'alaikum.
Musim hujan telah tiba bagi saya sih anugerah yang luar biasa hemat listrik yesss jadi kalau malam AC saya matiin haha.Entah musim panas atau musim hujan pasti ada plus minusnya tapi bagi saya itu semua nikmat tak terkira.
Seperti musim hujan ini bawaanya mager dan rasanya pengen makan terus.Nanya ke beberapa teman pun begitu mereka kalau musim hujan bawaanya pengen makan terus entah ngemil atau makan makanan yang anget-anget gitu.

Bicara makanan yang anget dikala hujan biasanya sih yang paling enak makan indomie dan kalau untuk ngemil paling dimsum dicocol pakai saus beuhh rasanya nikmat tiada tara hehe.

Ngomongin soal dimsum pasti udah pada tau donk ya makanan super lezat ini.Tapi sudah tau belum arti dari dimsum dan fakta-faktanya?.Kalau belum tau saya share sedikit tetang makanan super lezat ini yoo.

Dalam bahasa mandarin secara harafiah Dimsum ini memiliki arti sedikit hati atau menyentuh hati.Kata ini kemudian disunting dan memiliki arti sedikit tanda mata, dan secara umum digunakan istilah menyebut camilan ringan.

Dimsum juga sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu dan kebiasaan mengkonsumsi ini konon bermula di periode jalur Asia Tengah ke China serta Dinasti Han sampai Dinasti Yuan saat itu petani, pedangang, buruh yang berbisnis di jalur tersebut.

Biasanya mereka mampir di kedai teh hanya untuk minum teh dan makan dimsum ini.Kebiasaan ini dulunyabsempat memudar di abad ketiga karena tabib yang terkenal di daerah Hua tuo mengatakan kebiasaan ini bisa membuat tubuh gemuk.


Namun orang Guandong yang berada di China selatan tidak mengindahkanya dan bahkan dimsum ini menjadi makanan tradisional yang dinikmati bersama teman sembari minum teh.

Dari abad 10 sudah dikenal 2000 macam Dimsum dan sekarang bahkan sebuah restoran bisa menyediakam kurang lebih 100 macam jenis makanan ini.Beda dengan China di Hong Kong dimsum ini menjadi makanan untuk sarapan pagi.Tak hanya itu juga makanan yang disajikan bersama kukusan kayu ini menjadi cemilan saat bermain mahjong disana.

Bentuknya yang kecil dan berbagai jenis isian membuat Dimsum banyak orang.Bahkan saya sendiri biasanya habis 5 buah dimsum dalam sekali makan haha.Kelezatan rasanya membuat orang lain ketagihan dan bahkan dimusim hujan kaya gini enaknya makan ini.

Tapi tau ga sih kalau ternyata ada beberapa fakta menarik tentang Dimsum :
  • Dimsum memiliki arti point of the heart
  • Makanan ini berasal dari Kanton, Guangdon, Tiongkok
  • Dimsum juga dikenal sebagai Yum Cha yang memiliki arti minum teh dan menikmati berbagai macam makanan ringan
  • Yumcha juga berarti berkumpul bersama dengan teman dan keluarga di restoran yang menikmati makanan lezat ini sambil ngobrol (kongkow)
  • Cara memasaknya dikukus dan ada pula yang digoreng dengan berbagai macam isian
  • Banyak yang beranggapan kalau makan ini tidak boleh ketinggalan untuk menikmati hakau, siomay .
  • Ketika makan dimsum maka minumnya harus teh karena dipercaya bisa membakar lemak.
Terlepas dari berbagai fakta menarik, saya sih suka dimsum karena enak dan cocok dilidah saya.Untuk harganya sendiri pun cukup terjangkau dan mudah ditemukan dimana saja.





1 comment:

Makin Yakin Dengan Kualitas Obat Generik Setelah Berkunjung ke PT.Hexpharm

Assalamu'alaikum. Obat Generik Sama Khasiatnya Dengan Obat Paten.Bukan hal baru lagi simpang siur mengenai obat generik.Banyak...