Monday, October 30, 2017

Pencahayaan Yang Tepat Membuat Mata Nyaman

Assalamu'alaikum.
Apa kamu pernah periksa mata kamu ke dokter secara rutin? Saya sendiri seumur hidup baru sekali periksa mata beberapa bulan lalu dan itu pun karena penglihatan saya agak kurang dan ternyata jenjenggg mata saya minus.

Huhu sedih banget sih harus pakai kacamata.Jujur saja selama mengharuskan pakai kacamata saya jadi agak galau karena disatu sisi kalau pakai kacamata penglihatan saya fokus tapi disatu sisi lain karena mungkin belum terbiasa ya pegel aja gitu kalau pakai kacamata.

Saat ini tua muda bisa mengalami gangguan penglihatan yang mengharuskan mereka memakai kacamata ini semua karena gaya hidup saat ini.Bahkan menurut riset bahwa orang dewasa saat ini sedang dihadapkan pada tingginya penderita Miopa (rabun jauh).

Pakai kacamata ga enak lho huhu 😩


Bahkan pada tahun 2050 menurut perkiraan WHO Organisasi kesehatan Dunia  bahwa nanti pada tahun tersebut satu dari dua orang akan menderita rabun jauh.Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 8000 orang dewasa di sebelas negara.

Hasil penelitian menunjukan bahwa saat ini masyarakat setidaknya selama 6 jam berada di depan layar dan hanya dari 42% dari mereka menggunakan pencahayaan yang lebih lembut bagi mata.

Berbicara mengenai pencahayaan baru-baru ini Phillips Lighting memperkenalkan kampanye baru "Eye Comfort" di Indonesia .Beruntung sekali saya bisa menghadiri kampanye terbaru Philips beberapa waktu lalu.

Acara yang dihadiri oleh Rowena Lee, ( GM dan VP Business LED Lampu, Global Business Group LED, Philips Lighting), dr.Gitalisa Andayani, Sp.M(K) Humas Persatuan Dokter Mata Indonesia, Teungku Rinaldi Lighting designer and consultant.

Sejatinya bahwa perawatan mata seharusnya menempati peringkat atas untuk kesejahteraan diri namun tertinggal di belakang lainya.jujur saja untuk perawatan mata saya jarang sekali bahkan untuk membersihkan mata pun hampir ga pernah.

Kerusakan mata bisa terjadi dari berbagai hal misalnya main gadget dengan posisi tidur (ngacung hehe), berjam-jam didepan layar komputer dan yang baru saya tahu kalau pencahayaan itu berpengaruh sekali terhadap penglihatan.

Seperti cahaya yang terang banget ternyata buat kita tidak nyaman dan mudah lelah *betul banget.Belum lagi lampu yang berkedip-kedip nah pencahayaan ini juga bisa mempengaruhi kenyamanan mata.

Lalu bagaimana sih biar mata nyaman? Cuss berikut tipsnya yang saya dapatkan dari acara kampanye "Eye Comfort" dari Philips Lighting.

Tips untuk mata nyaman 
  • Kurangi waktu di depan layar (komputer, ponsel,televisi) karena dapat menyebabkan mata menjadi lelah dan melemahkan penglihatan.Jika kita tidak dapat mengurangi waktu maka gunakan tetes pelumas mata dan tutup mata kita selama 20 detik setiap 20 menit agar mata dapat beristirahat.
  • Dibawah sinar matahari dan cuaca cerah jangan lupa pakai kacamata hitam dengan perlindungan UV 100% 
  • Hindari merokok karena sifatnya beracun bagi mata
  • Jaga makanan dan tetap diet seimbang
  • Berolahraga secara teratur untuk membantu mempertahankan IMT(BMI) sehat yang mendorong melawan penyakit kardiovaskular dan diabetes
  • Jadwal pemeriksaan rutin dengan spesialis mata yang dapat mendeteksi gejala awal dari setiap kondisi atau penyakit Mata
  • Tidur selama 7-9 jam setiap malam (jangan begadang yes hehe)
  • Jagalah kebersihan dan cuci tangan jika ingin menggosok atau menyentuh mata untuk menghindari risiko infeksi.
  • Gunakan lampu berkualitas baik seperti Philips LED yang menyerupai cahaya alami sehingga mata terasa nyaman.
  • Berlatih yoga mata.



Philips LED Alhamdulillah yes dikamar dan ruang tamu rumah saya sudah pakai Philips LED.

Ada beberapa alasan kenapa saya memilih bohlam Philips LED:

  • Hemat energi ini yang sudah terasa banget listrik pun jadi lebih hemat.
  • Pencahayaanya yang pas dan bikin mata nyaman bisa lihat di foto atas sudah kelihatan ya kalau bohlam Philips LED tidak sama seperti bohlam LED lainya .Philips LED tidak berkedip dan ini salah satu ciri Lampu LED yang berkualitas.
  • Awet tahan lama, bohlam Philips LED ini awet alias tahan lama dan bahkan hingga lebih dari 8th.Tak hanya bohlam saja kali ya kalau masalah awet dari hampir semua produk Philips itu awet-awet, sedikit cerita setrikaan dirumah saya dari jaman alm.Mama masih ada lho hehe.
Pencahayaan tak hanya berpengaruh kenyamanan mata tapi juga mood lho.Bisa dilihat dari warna-warna spektrum juga.

Tapi kalau untuk di rumah kamu bisa pilih juga nih aneka macam Philips LED ada Philips Mini LED Bulbls, Philips Entry Ledbulbs, Philips LED down light dan Philips LED Batten.

Tips untuk menjaga mata anak 
  • Gunakan lampu LED berkualitas tinggi seperti Philips LED.Dengan lampu yang tidak berkedip anak-anak dapat belajar dan berkonsentrasi dengan nyaman tanpa risiko kelelahan mata atau sakit kepala.
  • Batasi waktu di depan layar.Dengan bermain di luar ruangan atau membaca buku bisa dilakukan.
  • Istirahatkan mata mereka.Pastikan anak-anak mengistirahatkan mata mereka dengan menutup mata selama 30 detik.
  • Sediakan anak makanan yang mendukung kesehatan mata misalnya dengan makan sayuran, ikan berlemak dan berbagai jeruk sebagai santapan mereka bisa juga mengkonsumsi sayur dan buah yang berwarna cerah karena kaya akan betakaroten.
Tips diatas sebuah catatan bagi saya sebagai ibu dengan 2 putri yang sebisa mungkin supaya matanya tetap nyaman dan tidak mengalami infeksi pada mata yang mengharuskan mereka pakai kacamata.

5 comments:

  1. hiks bulan kemarin sempet seminggu libur nge-gadget karena mata sakit tiap liat hengpon, ternyata begadang bisa bikin mata bermasalah ya, noted tipsnya mak

    ReplyDelete
  2. Saya belum pernah periksa mata :)

    ReplyDelete
  3. benar itu mbak karena kebiasaan depan komputer mata aku mudah lelah dan susah fokus kalau melihat sih...

    ReplyDelete
  4. ngurangi depan komputer dan handphone, itu yang susah mba huhu. thanks for sharing ya, nanti mau bilang suami deh coba lampu di rumah diganti philips :D

    ReplyDelete
  5. betul sekali, nah masalahnya kalau di kamar ya lampunya kurang terang tapi sambil baca atau lihat ponsel

    ReplyDelete

Makin Yakin Dengan Kualitas Obat Generik Setelah Berkunjung ke PT.Hexpharm

Assalamu'alaikum. Obat Generik Sama Khasiatnya Dengan Obat Paten.Bukan hal baru lagi simpang siur mengenai obat generik.Banyak...