Saturday, November 4, 2017

Donor Darah Bakti BCA ke -100 Pecahkan Rekor MURI


Donor darah

"Setetes darah sangat berarti untuk mereka untuk keberlangsungan hidupnya" 

Belum lama teman cuci darah Bapak saya harus melakukan transfusi darah karena HB nya 3 tapi saat itu stok darah tidak ada di RS jadi harus cari ke PMI.Kejadian ini tak hanya sekali dua kali.

Selama kurang lebih 8 bulan memang banyak pasien cuci darah yang mengharuskan transfusi darah, tak hanya 1 kantong tapi bisa sampai 3 kantong.Sedih memang keluarga pasien harus wara-wiri mencari darah.

Kejadian mencari sekantong darah juga dilakukan keluarga besar saya 17 tahun lalu saat alm.Mama sedang sakit di Tasik.Saat itu Mama yang memang menderita anemia akut membutuhkan beberapa kantong darah.

Sayangnya darah AB+ saat itu tidak ada di RS maupun di PMI Tasik.Apa yang terjadi? akhirnya Mama meninggal 😢

Dulu sempat sebel sih kenapa bisa stock darah ga ada padahal masyarakat banyak.Sekarang saya sadar bahwa tidak semua orang bisa dan secara sukarela mendonorkan darahnya.Seperti saya yang darah rendah tidak bisa mendonorkan darahnya.

Donor Darah Bakti BCA 


Prasangka tentang banyaknya masyarakat yang tidak mau donor darah musnah sudah setelah saya menghadiri Donor Darah Bakti BCA sekaligus penganugrahan Rekor MURI untuk BCA sebagai "Bank Swasta Nasional Pertama yang Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah ke -100 "  tanggal 3 November 2017.

Bertempat di Pelataran Ramayana, Hotel Indonesia Kempinski kegiatan Donor Darah Bakti BCA pun di laksanakan. PT. Bank Central Asia Tbk (BCA) bekerjasama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) sejak tahun 1991.Sampai saat ini BCA telah memfasilitasi 100 kegiatan donor darah.


Kegiatan donor darah Bakti BCA merupakan telah menjadi agenda rutin diadakan sebanyak 3-4 kali setiap tahunya.Tak hanya di cabang Jakarta saja tapi di seluruh cabang di Indonesia.

Pada penganugrahan Rekor MURI juga hadir ibu Lianawati Suwono selaku direktur Bank BCA beliau mengungkapkan bahwa Fokus Bankti BCA di bidang kesehatan adalah menyediakan layanan, akses dan sarana kesehatan kepada masyarakat yang kurang mampu.

Dalam pelaksanaanya BCA selalu bekerjasama dengan lembaga yang memiliki kompetensi dan kredibilitas di bidang kesehatan.




Untuk kegiatan donor darah BCA berkerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) .Bekerja sama dengan PMI selama 26 tahun sebagai terima kasih BCA menyerahkan 1 unit mobil Operasional kepada Kepala UTD PMI DKI Jakarta dr.Salimar Salim.

Ibu Salimar Salim juga sangat berterima kasih kepada BCA dan semoga mobil operasional ini membantu dalam kegiatan donor darah seluasnya.

Beliau juga sempat berharap semoga Bank dan perusahaan lain bisa mengikuti jejak CSR BCA ini karena donor darah adalah bakti kemanusiaan besar untuk masyarakat pasien agar mereka dapat memperpanjang hidupnya.

BCA mendapat Rekor MURI bahkan Rekor Dunia

Donor darah Bakti BCA
Kegiatan Donor Darah Bakti BCA yang berjalan selama 26 tahun mendapatkan apresiasi dari MURI (Museum Rekor Indonesia) yaitu sebagai " Bank Swasta Nasional Pertama yang Menyelenggarakan Kegiatan Donor Darah ke -100" .

Bukan hanya mendapat Rekor MURI saja tetapi Rekor Dunia.Menurut CEO MURI Jaya Suprana terharu dengan kegiatan donor darah yang dilakukan BCA selama 26 tahun.

Kegiatan positif ini tentunya menunjukan  bukti Bakti BCA terhadap kemanusiaan.Kegiatan ini juga sebagai bentuk bahwa BCA peduli dan dekat dengan rakyat.

Selamat BCA!.


Pada kesempatan yang sama juga BCA memberikan apresiasi kepada karyawannya secara konsisten mengikuti kegiatan donor darah ini dengan memberikan produk BCA senilai jutaan rupiah.

Kaget juga sih para BCA Blood Angel telah melakukan donor darah sampai puluhan kali.Bahkan yang telama yaitu sampai 83 kali *kerenn banget.


Pendonornya ratusan ..Keren 😎
Ada rasa senang dan terharu banget saat  tadi melihat acara Donor Darah Bakti BCA ke-100 karena ada ratusan pendonor yang datang.Antrian mengular panjang tidak mematahkan mereka untuk donor darah.

Para pendonor tidak hanya karyawan BCA saja tetapi juga para nasabah dan masyarakat di sekitar kantor yang secara suka rela ingin mendonorkan darahnya.

Saya juga tadi sempat bertemu dengan teman yang bekerja samping hotel Kempinski.

Suasana Donor Darah Bakti BCA ke -100 


Ada pun tahap-tahap yang dilakukan sebelum kita donor darah.Mulai dari registrasi dengan mengisi biodata lengkap, cek tensi darah, cek golongan darah dan ada juga konsultasi dengan dokter.

Setelah oke semua baru deh donor darah.Tak membutuhkan waktu lama hanya 10 menit saja proses donor darah ini.

Tak lupa juga nih setelah donor darah semua para pendonor juga mendapatkan Snack, makanan serta merchandise dari BCA.



Pada acara donor darah Bakti BCA juga menghadirkan hiburan musik dan juga tak jarang MC memberikan aneka kuis dengan hadiah yang menarik.

Sejatinya donor darah sendiri bukan hanya menolong bagi mereka yang membutuhkan tetapi juga para pendonor mendapatkan kebaikan tersendiri.


Harapan saya sendiri semoga perusahaan lain maupun instansi pemerintah bisa mengikuti kegiatan sosial donor darah seperti BCA secara rutin dan konsisten karena diluar sana masih banyak orang yang membutuhkan sekantong darah untuk keberlangsungan hidup.





15 comments:

  1. gagal pokus sama foto di "BCA Blood Angel", perasaan kenal sama obyeknya hehehe :)

    salut sama BCA yang konsisten dengan berbagai kegiatan edukatifnya
    apalagi, sukses memecahkan rekor MURI
    secara, setetes darah sangat berarti bagi kelangsungan hidup yang membutuhkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. *Uhukkkk foto angle itu emang suka bikin salfok hahaha.
      Saya pun salut banget sama BCA.

      Delete
  2. Keren euy udah 100x ngadain dondar. Ini kalo personal perlu waktu minimal 250 bulan (tanpa jeda), dapet piagam juga sih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget kak...Wahh GT ya aku baru tau kalau udah 250 bulan bisa dapet piagam.

      Delete
  3. Salut buat BCA yg konsisten untuk peduli dengan sesama melalui dondar ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aku pun salut karena konsisten nya.

      Delete
  4. Wow cakep nih uda yg ke 100 kali. Semoga kegiatan kek gini bs bantu stock darah di PMI ya ..

    ReplyDelete
  5. keren bnget udh ngadain donor darah 100x. salut deh sama BCA

    ReplyDelete
  6. Dari dulu aku kepengen banget bisa ikutan aksi donor darah kaya gini mbak... Sayangnya selalu ditolak karena berat badan yang kurang ideal alias terlalu imut... Salut ama bca yang konsisten banget ngadain acara donor darah kaya gini...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aihhh imut..aku gemuk haha.Iya salut banget bisa konsisten dari the 1991.

      Delete
  7. Sampai sekarang saya belum pernah donor darah, mb. Sebeneranya pengeeen bgtt, tapi takuut :( (duh malu2in aja ya..)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe ga papa Mba kalau takut...Tak doain deh semoga nanti ga takut lagi yoooo hehe.

      Delete
  8. Aku belum pernah donor darah karena punya anemia, jadi ga bisa deh padahal pengen

    ReplyDelete

Makin Yakin Dengan Kualitas Obat Generik Setelah Berkunjung ke PT.Hexpharm

Assalamu'alaikum. Obat Generik Sama Khasiatnya Dengan Obat Paten.Bukan hal baru lagi simpang siur mengenai obat generik.Banyak...