Thursday, November 23, 2017

International Islamic Education Expo 2017




International Education Islamic Expo 2017 kembali di gelar .Tahun ini Indonesia mendapat kesempatan sebagai tuan rumah acara ini.Mulai tanggal 21-24 November 2017 bertempat di ICE BSD City Tangerang Selatan acara pameran internasional itu akan digelar.


Beruntung sekali saya berkesempatan hadir di pameran yang sangat menginspirasi.Untuk menuju ke ICE para pengunjung disediakan suttle bus gratis di Stasiun Rawa Buntu.Di stasiun Rawa buntu nanti ada kakak-kakak pramuka yang mengarahkan ke suttle bus.Setiap 1 jam sekali suttle bus itu berangkat menuju ICE BSD.

Tema yang diusung tahun ini adalah "Pendidikan Islam Indonesia Untuk Perdamaian Dunia".Sangat berkesan dengan tema yang diusung tahun ini.Acara ini diselenggarakan oleh Kementrian Agama Republik Indonesia.

Menurut Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementrian Agama, Kamaruddin Amin ada pun tujuan dari diselenggarakan pameran pendidikan  Islam Internasional ini mengenalkan Indonesia lebih luas lagi untuk menunjukan bahwa Indonesia adalah tujuan yang tepat bagi studi ilmu-ilmu agama .

Seperti yang kita tahu kalau study Islam identik dengan negara Arab atau berkiblat kesana.Nah kali dengan adanya pameran ini secara tidak langsung mengatakan bahwa pendidikan Islam di Indonesia juga sama bagusnya dan banyak yang bermutu secara Ilmu Agamanya.

Bahkan di Indonesia sendiri saat ini ada 600 pendidikan tinggi Islam, 75.000 madrasah tingkat menengah dan 28.000 pesantren.Dengan banyaknya tempat belajar mengenai ilmu Agama Islam tentunya Indonesia layak mendapat pengakuan sebagai salah satu pusat peradaban Islam.



International Islamic Education Expo 2017 

Untuk memasuki Pameran Pendidikan Islam Internasional (IIEC) ini tidak dipungut biaya alias gratis.Saat memasuki pameran saya sungguh terkesima karena ada sebanyak 200 booth sekolah, universitas maupun pesantren disini.

Namanya juga event internasional jadi  tak hanya dalam negeri saja yang ikut membuka booth disini tetapi juga ada 20 negara yang ikut berpartisipasi disini.

Setiap booth dihias menarik dan bahkan saya menemui ada banyak booth yang menghias booth nya dengan ciri khas daerahnya.Tak hanya itu mereka memajang semua prestasi yang didapat dan juga mereka memajang dan menjual hasil kreatifitas para siswanya.

Pameran ini cocok banget buat para orang tua maupun anak-anak yang masih mencari pendidikan apa yang pas, berkualitas, nyaman dan sesuai budget.Kita semua bebas bertanya ke penjaga setiap booth mulai dari program sekolah tersebut, prestasi, bahkan biaya perbulan pun juga bisa bertanya.Hampir semua booth menyediakan brosur juga.

Sebanyak 200 booth yang mengikuti pameran ini merupakan yang terbaik karena untuk mengikuti pameran ini ada di tes dan disaring.Jadi kita tidak perlu ragu lagi.

Saya sempat berkunjung ke beberapa booth pesantren dan sedikit bertanya tentang program dari pesantren tersebut.Pondok pesantren Al-ittifaq salah satunya.



Program pesantren ini yaitu para santri tidak hanya belajar mengenai ilmu agama saja tetapi juga diajarkan mengenai agrobisnis alias bercocok tanam.

Para santri diajarkan mengolah tanaman buah, sayur dan lainya .Hasil dari bercocok tanam para santri ini nantinya di jual ke supplier entah itu ke supermarket atau pasar.Keren banget kan? Ilmu agama dapat , ilmu bisnis juga dapat.

Tak hanya semata-mata memperkenalkan keunggulan saja tetapi ada beberapa stand atau universitas yang memberikan beasiswa untuk khalayak banyak tapi tentunya dengan kriteria tertentu.

Setiap sekolah, universitas maupun pesantren ini memiliki program unggulan yang berbeda-beda tapi tujuannya tetap sama yaitu membangun negeri dengan akhlak mulia.



Setuju sekali dengan visi dan misi nya karena untuk membangun negeri tidak hanya dengan kecerdasan intelektual saja tetapi juga harus dibarengi dengan akhlak mulia.

Acara yang berlangsung selama 4 hari ini tidak hanya sekedar menyajikan pameran saja tetapi ada berbagai acara menarik lainnya mulai dari aneka talkshow dengan narasumber yang berkompeten, diskusi, seminar Nasional, pentas seni pendidikan. Islam dll.

Rasanya sayang banget kalau ga kesini soale kita para orang tua bisa memilih dan mengetahui program pendidikan untuk buah hati yang berbasis Agama Islam.Dengan hadirnya ke event ini para orang tua juga bisa mempersiapkan besar biaya untuk anaknya jika ingin mengenyam pendidikan agama pilihannya.





22 comments:

  1. bagus infonya, kebetulan saya cari info boarding biar bisa sosialisasi dulu ke anak

    ReplyDelete
  2. seru y mba Amel alhamdulilah ada acara keren yang bermanfaat banget semoga nanti bisa ada lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat keren dan bermanfaat kak trus banyak bagi-bagi hadiah juga hehe.

      Delete
  3. Beruntung ya bisa dapat payung khusus gitu, Aku juga tertarik mba. Apalagi banyak sekali karya mahasiswa yang dipamerkan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak karya mahasiswa yang dipamerkan mulai dari sains sampai skin care.

      Delete
  4. Wah, menarik banget acaranya... Seruuuu

    ReplyDelete
  5. Curang banget udah pergi duluan. Aku juga mau kesini hiks. Mau cari pesantren buat abhi

    ReplyDelete
  6. Wah asiknya dijemput di stasiun Rawa Buntu dan naik bus gratis ya ke sana.

    ReplyDelete
  7. Bermanfaat banget nih event seperti ini. Untuk yg sedang mencari info lembaga pendidikan Islam bisa melipir kesini. Seharian kurang ya mel..200 booth gitu loh,dah gitu bagus2 dan kreatif lagi. Makasih infonya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sangat bermanfaat semoga tahun depan ada lagi yes.

      Delete
  8. Asyik ya belajar sambil diajarkan ttg pertanian. Pgn juga sih masukkin anak-anak ke pesantren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun pengen banget masukin anak-anak ke pesantren kakak hehe.

      Delete
  9. Nggak nyangka deh aku, kalau pendidikan islam itu keren dan berkualitas begini. Bagus banget u para org tua yg sedang cari sekolah untuk anaknya. Semoga kegiatan ini terus berlanjut ya kedepannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun sempat takjub ternyata banyak banget pendidikan Islam yang berkualitas.

      Delete
  10. Acaranya penuh dng informasi sekolah Islam ya,smg tahun dpn ada lagi

    ReplyDelete
  11. Banyak jga ya kampus pendidikan islamnya sampai 600an apalagi sekolah yang menjadi tingkatan di bawahnya seperti SMK, SMP atau SD. Nampaknya kita selain menjaga kuantitas juga harus menjaga kualitas dong pastinya xiixi. Semoga menjadi agenda tahunan sekolah ya ixxi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss banyak banget ya yang berkualitas.

      Delete

Diskusi Kesehatan Bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,

Assalamu'alaikum. Membahas pentingnya kebutuhan gizi untuk generasi lebih maju rasanya tak pernah ada habisnya karena ya memang ki...