Friday, November 17, 2017

Makin Yakin Dengan Kualitas Obat Generik Setelah Berkunjung ke PT.Hexpharm


Assalamu'alaikum.

Obat Generik Sama Khasiatnya Dengan Obat Paten.Bukan hal baru lagi simpang siur mengenai obat generik.Banyak yang beranggapan bahwa obat generik itu tidak bagus kualitasnya karena harganya murah.

Menurut saya gimana apakah termakan isu tersebut? Tentunya tidak karena jujur saja saya pengguna BPJS dan sebagian besar obat pun jenis obat generik.Masalah khasiat Alhamdulillah cocok dan tidak ada masalah.

Keyakinan saya bahwa obat generik dan obat paten itu sama khasiatnya makin pasti setelah saya berkunjung ke pabrik obat generik PT.Hexpharm Jaya Labs beberapa waktu lalu.Pabriknya terletak di Jl.Angsana kawasan Lippo Cikarang.

Pabrik obat generik

Saat memasuki kawasan pabrik PT.Hexpharm Jaya Labs saya sangat tersanjung karena disambut dengan baik dan bahkan ada banner penyambutan lho.

Ternyata ada tatacara sendiri atau regulasi keamanan jadi ketika memasuki kawasan ini yang mana para pengunjung tidak boleh sebarang meludah, membawa obat, buang sampah sembarangan dll.Bahkan kendaraan sendiri ketika memasuki kawasan ini harus dibawah 60km/jam.



Saat memasuki gedung kita semua juga disambut dengan ramah oleh para pegawai.Saya melihat suasana disini sangat hangat dan penuh senyum.Terlihat juga beberapa obat generik produksi PT. Hexpharm JAya Labs dan juga penghargaan lainya.Tempatnya sangat bersih dan nyaman.

Kamu Perlu Tahu Tentang Obat

Dr.Artati selaku Medical Dep.Head menjelaskan tentang obat.Obat terbagi 2 macam yaitu obat Paten dan Obat Generik.Obat paten yaitu obat yang sudah di uji coba selama bertahun-tahun sehingga memiliki hak paten hingga 20th lamanya.Obat Generik adalah obat yang telah habis masa patenya sehingga bisa di produksi oleh perusahaan farmasi.Obat generik sendiri terbbagi menjadi 2 yaitu Obat Generik Berlogo dan Obat Generik Bermerek.

Dala memberi nama obat generi tidak bisa sembarangan lho ada 3 hal yang perlu diperhatikan dalam pemberian nama mulai dari Nama kimia, Nama generik dan Nama Dagang.



PT . HEXPHARM JAYA LABS

PT.Hexpharm Jaya Labs merupakan perusahaan farmasi yang ana anak dari PT.Kalbe Farma Tbk.PT.Hexparm ini lebih dikenal dengan sebutan HJ yang berdiri pada tahun 1971.Perusahaan yang memiliki tagline "Obat Generik, Kualitas Paten" ini memiliki misi membangun masyarakat yng lebih sehat mellui produk -produk kesehatan yang ekonomis dan berkualitas.

Ada beberapa alasan kenapa HJ ini memiliki produk generik dengan harga ekonomis dan berkualitas.HJ sendiri menggunakan mesin produksi dengan teknologi mutakhir dan terkini.Ada beberapa ala yang made in Jerman tetapi HJ juga memiliki mesin produksi yang tak kalah canggih.

PT.Hexpharm menjalankan sistem yang handal untuk menjamin mutu produknya mulai dari, selama dan proses produksi dengan menerapkan beberapa hal :
  • Good Manufacturing Practice yang terkini dengan standar PIC?S 
  • Sistem management mutu ISO 9001;2015, sistem managemen yang berujuan untuk memastikan perusahaan selalu menghasilkan produk-produk bermutu yang sesuai dengan spesifikasi yang telah ditetapkan.
  • Sistem kesehatan dan keselamatan kerja OHSAS 18001:2007
  • Sistem managemen lingkungan ISO 14001:2004 
  • Lean manufacturing dan Total Productive Managemen
  • Infrastruktur yang handal yang mana mesin-mesin produksi menggunakan teknologi terkini yang ditetapkan oleh Good Manufacturing Practice.Fasilitas laboratorium yang handal untuk menunjang pemeriksaan produk baik sebelum, selama dan setelah proses produksi.Sistem Penunjang seperti HVAC,PWG,Clean Steam, IPAL menjamin proses produksi berjalan sesuai speks dan hasil produksi tidak mencemari lingkungan.

Keliling Pabrik Obat Generik 



Setelah mendengar banyak tentang sistem yang dipakai PT.Hexpharm Jaya kita semua diberi kesempatan menjelajah pabrik obat generik.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu mengenai pakaian yang dipakai .Tempat pertama yang kita kunjungi yaitu ruangan Quality Control Lab milik PT.Hexpharm Jaya.

Setelah berpakaian khusus kita semua menjelajah ruangan ini.Ada apa saja disini? Saat memasuki ruangan ini sekilas saya memasuki laboratorium sekolah saya ketika SMA yang mana penuh tabung-tabung dan berbagai cairan bedanya disini itu laboratorium obat generik.

Ruangannya cukup luas dan banyak alat-alat dengan teknologi terkini.Para pekerja disana dengan teliti memeriksa semua sampel dan juga bungkus obat yang akan di pasarkan.Sangat ketat dan teliti yes ini penilaian saya saat memasuki ruangan ini.

Ada yang menarik bagi saya yaitu proses produksi di pabrik obat generik air yang digunakan untuk produksi memakai air khusus yang mana bebas dari kandungan mineral.

Kenapa mineral bebas dari mineral? Karena agar tidak merusak kualitas obat.Disini juga kita semua melihat berbagai mesin dengan sistem komputerisasi.Keren banget yes.

Obat sakit kepala Neuralgin
Obat sakit kepala saya ternyata dari HJ 😍

Setelah masuk ke Quality Control Lab kita semua menuju ruang produksi obat Generik HJ.Yang mana kita semua harus memakai pakaian lebih ketat lagi dalam artian lebih steril karena kita semua akan masuk dan melihat ruang produksi.

Tidak semua orang bisa masuk ke sini kecuali pegawai dan bisa dibilang sangat ketat.Semua suhu dalam ruangan itu terjaga dan terdeteksi agar tidak merusak kualitas obat tersebut.Jika suhu ruang tidak sesuai maka otomatis akan ada alarm yang memberitahukan.



Ternyata oh ternyata ruang yang saya masuki yaitu tempat produksi obat Neuralgin yang mana obat ini biasa saya konsumsi kalau lagi sakit kepala yang sudah tidak tertahankan.

Saya melihat betul proses demi prosesnya yang mana semua terkontrol dengan sistem komputerisasi muali dari menimbang bahan baku, alur suhu udara ruangan penimbangan juga di perhatikan dll.Semua juga pakai sistem barcode lho ahhh keren banget yes.





24 comments:

  1. Alhamdulillah sudah lama ga sakit kepala,tapi kalau pas sakit memang butuh obat sih ya. Makasih infonya, jadi tahu tentang produk HJ Generik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah ya udah jarang sakit hehe.

      Delete
  2. Wah wah, ternyata produksi obat generik gak kalah dari obat yang lain. Dulu mikirnya, kalo obat murah itu bikinnya asal. Jadi gak ragu lagi deh untuk milih. Tfs, Amel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak kualitasnya nya sama dengan obat paten.

      Delete
  3. Iya kebersihan dan keamanan utk semua proses produksi terjamin ya mbak. Jd tahu kalau bikin obat generik itu jg enggak mudah dan juga butuh proses yang panjang.

    ReplyDelete
  4. setuju banget Mel, obat generik dan paten cuma dibedain sama merek kalo menurut aku :).

    Btw,jadi makin tahu soal PT.Hexpharm Jaya Labs, makasih yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Misamiiii kak...makasih ya sudah mampir hehe.

      Delete
  5. Aih sama banget ama aku mba. Aku juga makin yakin gunakan obat generik setelah datang ke pabrik ini. Hehhe

    ReplyDelete
  6. Kulitas PT kalbe dan anak oerusahaannya seperti pt. hexpharm memang ga diraukan lagi ya. Skrg ga takut lagi lah sama obat generik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah jadi makin percaya ya dengan obat generik.

      Delete
  7. Sebagai perusahaan besar dengan misi visi dan dengan prestasi yang disandang. Rasanya HJ akan makin banyak produknya jadi pilihan orang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyesss...makin percaya juga kalau kualitas nya sama dengan obat paten.

      Delete
  8. Iya ya makin percaya dengan generik

    ReplyDelete
  9. Masyarakat ga usah malu dan ragu minum obat generik ya mbak. Apalagi sekarang kita sosialisasikan bersama. Mesti JELI pilih2 obatnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lah ga usah gengsi minum obat generik toh kualitas nya sama dengan obat paten.

      Delete
  10. Makasih mbak buat penjelasannya. Orang-orang kudu perlu tau bahwa obat generik juga sama khasiatnya dengan obat paten.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah iya sebaiknya sih kualitas obat generik ini harus lebih di gaungkan lagi biar mereka paham.

      Delete
  11. Bener, obat generik ternyata ga sejelek yang sering dikeluhkan masyarakat ya, ternyata proses pembuatannya pake teknologi tinggi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Prosesnya sangat panjang dan rumit ga segampang minumnya ya hehe.

      Delete
  12. Beruntung ya bisa dapet ilmu tentang obat generik dari sini, jadi nda ragu lagu akan kulitasnya karena melihat dengan mata kepala sendiri proses produksinya hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pun Beruntung banget bisa ikut kesini, jadi makin tau kualitas obat generik.

      Delete

Diskusi Kesehatan Bersama Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,

Assalamu'alaikum. Membahas pentingnya kebutuhan gizi untuk generasi lebih maju rasanya tak pernah ada habisnya karena ya memang ki...