Mengembangkan Inner Strength Pada Anak Melalui Olahraga

 


"Ma, aku ikut ekskul basket sama voli ya"
"Ma, boleh ga aku minta beliin buku sketsa buat gambar lagi? karena buku sketsa aku sudah mau habis"
Serba - serbi celoteh Kezia, anak bungsu saya yang memang memiliki minat gambar, games juga olah raga. Saya sadar betul bahwa setiap anak itu memiliki perbedaan dalam hal minat.Kalau Shakila, anak sulung saya dia tuh cenderung mengalir saja gitu lebih minat ke memasak mencoba menu baru, games , memang anaknya introvert jadi lebih nyaman sendiri. Beda halnya dengan Kezia yang ekstrovert, dia lebih menyukai hal yang berhubungan dengan orang banyak. Dia juga lebih menyukai kegiatan fisik. 


Saya sendiri sebagai ibu memaksimalkan kemampuan saya untuk mendukung terus minat mereka selagi hal itu positif, contoh hal kecil saat Kezia ulang tahun dia tidak minta ini itu tapi saya sengaja membelikan dia bola basket agar dia semangat lagi bermain basket. Lalu buku sketsa dan pensil untuk buat sketsa saya belikan agar dia bisa bebas berkreasi. Alhamdulillah meski anak saya banyak minat dan kegiatan nilai akademiknya cukup lumayan bagus dan saya sendiri sebenarnya tidak begitu menuntut anak juga harus jadi rangking sekian, saya hanya ingin mereka menjadi anak yang bahagia saat ini dan bisa mengembangkan minatnya. 


Tidak hanya itu saja, sebagai orang tua tunggal saya harus memaksimalkan dukungan saya kepada anak-anak saya lebih banyak, misalnya saja sebisa mungkin setiap weekend saya menyempatkan untuk olahraga sama mereka entah itu jalan-jalan di taman menteng atau menemani main bola basket. Pokoknya apapun yang mereka bikin bahagia dan positif saya akan dukung mereka semampu saya. Bagi saya juga bagi saya prestasi akademis dan kekuatan fisik bukanlah satu-satunya yang terpenting pada anak, ada banyak hal penting lainnya yang dibutuhkan anak-anak pada masa tumbuh kembang, salah satunya membangun inner strength mereka. 


Yups, saat ini Shakila dan Kezia masih dalah masa tumbuh kembang, mereka memasuki fase remaja dimana fisik, emosional, daya pikir dan hormon mereka sedang tumbuh. Untuk itu, fase ini bisa dibilang fase yang tidak kalah penting mendampingi mereka dalam membangun  inner strength mereka. 


Berbicara mengenai inner strength apa sih itu ? jadi  inner strength adalah adalah kekuatan positif yang ada dalam diri setiap orang yang dapat diasah dan dilatih serta akan tercermin pada kekuatan karakter yang dimilikinya. Inner strength dapat berupa kekuatan karakter seperti berani, percaya diri, tangguh, baik hati dan sifat-sifat positif lainnya. Seperti yang pernah saya baca bahwa Kekuatan diri ini sangat dibutuhkan untuk mendorong potensi dalam diri setiap anak. Dengan menumbuhkan kekuatan positif ini, mereka akan memiliki karakter yang kuat.


Dukungan orang tua, lingkungan juga sangat penting dalam membangun inner strength  pada anak, saya juga memberikan mereka kebebasan atau ruang untuk mereka berekplorasi. Sesungguhnya memang minat anak-anak ini juga kan kadang berubah- ubah tapi biarin aja, biar mereka mencari sendiri kekuatan yang ada di dalam mereka sendiri. Saya pernah baca di website kreasa.id ini mengenai inner strenght.


Cara Menumbuhkan Inner Strength Pada Anak

  • Berikan rasa aman dan nyaman sehingga anak merasa percaya diri
  • Berikan ruang untuk mengeksplorasi agar mendapatkan pengalaman baru
  • Beri kesempatan berteman dan bermain dengan orang lain sehingga anak belajar bersosialisasi (social skills
  • Tanamkan etika bergaul dan nilai-nilai baik bermasyarakat
  • Belajar dari kesalahan agar bertanggung jawab atas apa yang diperbuat
  • Berikan kesempatan untuk mengerjakan pekerjaannya sendiri (mandiri)
  • Berikan dukungan ketika anak mengerjakan apa yang ia sukai
  • Ajarkan anak untuk menghadapi dan mengontrol segala perasaan dan emosinya, kemudian mencari solusi bersama
  • Ajarkan anak untuk mau berbagi dan membantu orang lain
  • Ajarkan anak untuk disiplin dan memahami konsekuensi


Yups ada macam cara untuk menumbuhkan Inner Strenght pada anak dan orang tua perlu mendukung mereka karena itu semua bisa membangun mereka jadi generasi yang tangguh dan kuat dikemudian hari lalu mereka juga bisa menemukan jati diri mereka. Nah apakah olah raga mampu menumbuhkan inner strength? yups tentunya karena selain melatih kekuatan fisik mereka olahraga juga menumbuhkan social skills, cara berfikir dan masih banyak lagi. 




Berbicara mengenai olahraga saat ini sedang berlangsung Biskuat Academy, nah ibu-ibu pasti tahu banget donk cemilan biskuit yang enak ini. Yups melalui Biskuat Academy, anak bisa mengembangkan Kekuatan dari Dalam dan mencapai mimpinya. Mulai dari peningkatan keterampilan sepak bola dari pelatih berlisensi UEFA A sebagai persiapan untuk menjadi pemain bola masa depan, hingga bertemu pemain profesional dari Tim Nasional Sepak Bola Indonesia  ini cocok banget buat anak yang memiliki minat atau senang olahraga sepak bola . Seperti yang kita ketahui bahwa olahraga sepak bola memiliki banyak manfaat yaitu dapat mengembangkan inner strenght seperti percaya diri, berani, baik hati, tangguh social skills, kemampuan berfikir positif, mengatur strategi dan masih banyak lagi. 


Keuntungannya mengikuti Biskuat Academy:

  • Belajar teknik sepak bola dari pelatih bersertifikasi UEFA A 
  • Belajar langsung dari pemain nasional Indonesia 
  • menangkan Tur je Stadion di Eropa dan ratusan hadiah lainnya
  • E- certificate untuk seluruh peserta dan sertifikat fisik yang ditandatangani oleh Kemendikbud dan kemenpora untuk Finalis

Selain itu peserta Biskuat Academy bisa mendapatkan pengalaman hidup yang tidak akan terlupakan bukan? nah untuk info lebih lanjut mengenai Biskuat Academy bisa cek video dibawah ini ya. Yuk bun, dukung terus anak kita dalam mengembangkan Inner Strength mereka melalui Sepak Bola.

"Artikel ini diikutsertakan pada lomba KEB X Biskuat Academy"





Tidak ada komentar

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉