Thursday, October 15, 2015

Mengenal Lebih Dekat Nusantara Sehat



Jakarta 13 Oktober 2015 saya bersama  teman blogger yang tergabung di #sahabatJKN  berkesempatan hadir di undang Kementrian Kesehatan di acara mengenal lebih dekat Nusantara Sehat di Hotel Artotel Thamrin.
Ini adalah pengalaman pertama saya hadir di acara Temu blogger Sahabat JKN.Sebelum mulai acara kami ngopi-ngopi cantik plus ngobrol bersama teman blogger.
.

Acara pun dimulai dan di buka oleh drg. Murti Utami beliau mengucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada blogger yang hadir dan selalu mendukung program MenKes.
Nara Sumber yang dihadirkan yaitu drg.Murti Utami,Ibu Dian Sarminarsih (staf khusus Mentri di bidang Pemberdayaan Masyarakat dan SGD),Kang Maman(seorang notulen juga penulis buku yang sering muncul di TV) dan Mas Anjari Umarjianto yang lebih dikenal oleh para blogger Eyang (Kepala Opini Publik Pusat Komunikasi Publik Kementrian Kesehatan RI).

Awalnya kita di putarkan sebuah Video tentang apa itu Nusantara Sehat?.
Nusantara Sehat yaitu salah satu bentuk kegiatan yang dicanangkan oleh KemenKes dalam upaya mewujudkan Kebijakan Kementrian Kesehatan RI untuk periode 2015-2019 .Fokus kebijakan Kemenkes sendiri adalah penguatan Pelayanan Kesehatan (Yankes)Primer.

Penguatan yankes primer mencangkup tiga hal :

1.Fisik(Pembenahan Infrastruktur)
2.Sarana (Pembenahan Fasilitas)
3.Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan selain dokter).

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan jumlah,sebaran,komposisi dan mutu tenaga kesehatan degan berbasis Tim.

Target pelaksanaan program Nusantara Sehat adalah Puskesmas di daerah terpencil,perbatasan yang merupakan daerah tertinggal yang terletak di pelosok negri.Nah,,melalui program Nusantara Sehat ini Kemenkes berupaya memperkuat puskesmas yang ada di daerah –daerah tersebut dengan mengirimkan setidaknya 960 tenaga kesehatan tambahan ke 120 Puskesmas yang tersebar di seluruh Indonesia.
Kemenkes dalam hal ini mendorong seluruh tenaga kesehatan professional yang dijadikan 1 tim  dan tenaga kesehatan  professional itu seperti:


1.Dokter
2.Dokter Gigi
3.Perawat
4.Bidan
5.Tenaga Gizi
6.Tenaga Kesehatan Lingkungan
7.Ahli Teknologi Laboratorium Medik
8.Tenaga kefarmasia
9.Tenaga Kesehatan.


Peserta Nusantara Sehat ini semua harus memiliki beberapa kriteria seperti berusia dibawah 30 tahun,bersedia mengabdikan diri untuk terjun langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat,memiliki semangat untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan umum.Para peserta sebelumnya mendaftarkan diri secara online melalui situs resmi Nusantara Sehat di www.nusantarasehat.kemkes.go.id .

Semua peserta yang dikirim ini melalui proses seleksi calon yang sangat ketat dan seluruh peserta dibekali keahlian medis dan non medis selama 5 minggu.Mereka juga diberikan pemahaman terhadap budaya – budaya lokal.

Selain diberi penjelasan apa itu Nusantara Sehat kiat semua yang hadir juga di berikan bukti salah satu peserta Nusantara Sehat yaitu Putri.Putri menceritakan perjalananya ke tempat tugasnya di Long Pahangai  daerah terpencil di pulau Kalimantan yang di tempuh selama 20 jam coba bayangkan dari naik kendaraan,jalan kaki dan naik ketingting memakan 20 jam perjalanan .Putri juga menjelaskan bahwa kegiatan setiap hari padat,1 bulan 8x melakukan puskesmas keliling dan mereka peserta Nusantara sehat harus tinggal selama 2tahun.


Taukah kalian para peserta nusantara sehat seperti Putri ini murni mengabdi kepada masyarakat mereka itu tidak ditawarkan sebagai PNS lho.Menjadi peserta Nusantara Sehat ini membutuhkan hati yang besar,jiwa yang kuat dan kemampuan untuk bekerja keras dengan ikhlas.Bisa di bilang para Peserta Nusantara Sehat ini adalah pahlawan.

Mengikuti perbincangan ini saya jadi merasa malu sekaligus terharu,ternyata kita yang tinggal di kota dengan transportasi begitu mudah dan banyak ,mau ke puskesmas atau rumah sakit lumayan dekat tapi masih aja protes ini itu ya misalnya antri pendaftaran BPJS yang sangat rumit tapi ini kita masih mending lho dibandingkan saudara-saudara kita setanah air yang ternyata untuk ke puskesmas saja berjarak berkilo-kilo meter apalagi jarak ke rumah sakit?.
Bisa di bayangkan kan? Bagaimana jika mereka menderita sakit keras harus di rujuk kerumah sakit dan harus menempuh jarak yang sangat jauh belum lagi kendaraan yang sangat sulit (sulit karena infrastruktur/jalan disana yang kurang memadai).Yuk.ah kita yang tinggal di kota harus lebih banyak bersyukur.

Jika ingin tahu dan mengenal lebih dekat lagi apa itu Nusantara Sehat dan mencari informasi terbaru kunjungi saja 
Web : www.nusantarasehat.kemkes.go.id
twitter: @Nusantara_Sehat
facebook : Nusantara Sehat



No comments:

Post a Comment