Pengalaman Operasi Wasir atau Ambeien Pakai BPJS

 


"La, pembaca artikel kesehatan gue di blog paling banyak terutama pengalaman operasi", obrolan sama adek sambil makan kue dongkal beberapa hari lalu.

"Iya lah lu kan sahabat banget sama Rumah sakit", celetuk Syela sambil cekikikan. 

"Naudzubillah dah, amit-amit hahahaa", kita berdua pun cekikikan. 


Ya, kalau lihat dari statistik memang pembaca blog saya lebih banyak mengenai artikel kesehatan, financial dan riview teknologi. Tapi memang paling banyak mengenai kesehatan seperti pengalaman saya menjalani beberapa operasi yang saya jalani seperti operasi geraham bungsu dan operasi kista gigi. Bahkan banyak yang bertanya langsung lewat DM instagram mengenai operasi yang saya jalani. 

Baca : https://www.ameliasubarkah.net/2020/05/operasi-kista-gigi.html

Melihat hal itu saya jadi ingin sharing mengenai operasi 2 th lalu yang saya jalani yaitu operasi ambeien. Ehmm,, sebenarnya ingin sharing dari dulu tapi maju mundur karena malu, huhu iya malu soale gimana ya hahaa entahlah. Tapi setelah saya pikir-pikir baiknya saya sharing di blog mengenai perjalanan saya yang mengidap ambeien setelah belasan tahun dan berujung operasi. 

Baca juga : https://www.ameliasubarkah.net/2015/08/pengalaman-operasi-gigi-geraham-bungsu.html

Kenapa menulis pengalaman ini? Karena jujur saja waktu saya harus operasi ambeien, saya tidak menemukan banyak mengenai informasi mengenai operasi tersebut, sekalinya ada pun kurang lengkap jadi tidak puas mendapatkan informasi yang valid yang saya butuhkan. Karena itulah saya ingin sekali sharing mengenai operasi ini. 


Ambeien atau wasir dan dalam bahasa medisnya disebut Hemoroid merupakan suatu kondisi dimana terjadi pelebaran dari pembuluh darah yang berlokasi disekitar anus.

 

Menderita ambeien atau wasir yang saya alami itu bukan satu atau 2 tahun tapi sudah belasan tahun. Saya tidak tahu awalnya namun yang pasti saat hamil anak pertama atau 13 th lalu saya sering mengalami wasir atau ambeien ini. Awalnya saya anggap biasa karena masih kecil namun tidak nyaman saat duduk. Kalau lagi kambuh itu sakit jika terkena celana dalam dan jalan pun ga nyaman banget pokoknya serba salah kalau lagi kumat. 


Nah saat melahirkan sesaat setelah melahirkan wasir saya tambah parah atau lebih besar dan sering kambuh, pernah bertanya sama salah satu dokter kenapa wasirnya tambah besar dan sering kambuh? Dokter pun menjawab mungkin saat melahirkan terlalu mengejan dan mengejannya salah atau bisa juga pola hidup kurang baik.  Untuk penyebab wasir sendiri yang saya tahu dari baca di internet maupun dokter adalah sebagai berikut. 


Penyebab Ambeien atau Wasir : 

  • Kurang mengkonsumsi serat ( sayur atau buah)
  • Orang yang punya masalah konstipasi ( sembelit atau susah buang air besar)
  • Wanita hamil karena adanya pembesaran kandungan waktu hamil
  • Kurang gerak atau jarang berolah raga
  • Terlalu lama duduk atau jongkok
  • Kurang mengkonsumsi air putih 
  • Makan makanan yang pedas 
  • Sering menahan buang air besar
  • Memiliki riwayat keluarga yang menderita wasir
  • Anal sex 

Ya itulah penyebab wasir yang saya ketahui. Perjalanan menuju akhirnya OP sangat panjang.
Selama belasan tahun jika kumat wasir atau ambeien saya hanya minum obat wasir dan obat tradisional dan berikut beberapa obat wasir yang saya konsumsi saat kambuh. 


Obat Wasir atau Ambeien : 

  • Ambeven 
Saat wasirnya masih kecil cukup ampuh dan sekali minum itu 2 tablet. Untuk meredakan atau agar wasir kempes bisa membutuhkan sekitar 12 tablet. 
  • Ardium 
 Ardium obat wasir yang bisa dibilang lebih topcer saat masih stadium 2, harganya cukup lumayan untuk 1 tablet. Harga 1 tablet sekitar 10 ribu keatas lah. Saya mengkonsumsi ardium 3x1 sehari dan setidaknya saya minum 9 tablet itu sudah kempes wasirnya. 

  • Rebusan Daun Handeuleum 
Obat tradisional ini adalah ajaran Papa saya entah ampuh atau tidak tapi cukup membantu mengurasi sakit saat wasir kumat tapi pastinya minum air rebusan ini saya juga diselingi minum obat agar lebih cepat kempesnya. 


Oh ya ketiga obat diatas tadi bisa dibilang cukup ampuh untuk saya tapi tidak tahu juga untuk kalian cocok atau tidak ya. Sesungguhnya wasir atau ambeien itu sering bisa dibilang sering kumat kalau saya kurang minum air putih dan makan pedas. Sungguh memiliki wasir itu ga enak gaesss huhu duduk, tidur pun ga nyaman. Kalau BAB suka keluar gitu dan mau ga mau dimasukan lagi pakai tangan ( maafkan jika terkesan jorok tapi ya karena saya menderita wasir eksternal ya memang harus dimasukkan lagi kalau tidak dimasukan terus-terusan sakit jika terkena CD ) . 


Operasi Wasir atau Ambeien


Diatas tadi adalah treatment saya kalau wasir kambuh. Oh ya, kalau saya kambuh wasirnya saya juga berobat ke klinik dekat rumah dan pernah dikasih obat minun dan salep ( lupa namanya) cukup ampuh juga. Dan lagi-lagi setiap saya ke klinik tersebut Bu Dokter menyarankan saya untuk OP wasirnya karena kalau tidak di OP akan sering kambuh dan takutnya lebih parah. 


Saran bu dokter itu sudah berlangsung beberapa tahun terakhir tapi saya keukeuuuhhhh untuk memilih minum obat karena takut OP, iya takut bukan hanya mikirin sakitnya saja tapi malunya itu lho huhuhu. 


Ehh..eh..eh...ternyata oh ternyata setelah saran bu dokter untuk OP di abaikan akhirnya Tuhan berkehendak lain. Yups pertengahan Februari 2018 akhirnya mau gak mau harus OP karena setiap poop saya mengeluarkan darah segar dari anus. Darah tersebut akibat pembuluh darah area anus itu pecah saat mengejan. 


Satu hari, dua hari masih saya abaikan darah tersebut dan saya terus minum Ardium tapi sekitar setelah seminggu konsumsi obat dan masih tetap keluar darah akhirnya saya ke dokter dan dokter pun menyarankan langsung ke Rumah Sakit agar ditangani lebih lanjut. Sebelum menuju Rumah sakit saya browsing di internet mengenai operasi wasir namun tidak banyak artikel yang menceritakan hal itu dan artikel tersebut juga kurang lengkap jadi rasanya kurang puas aja gitu. Yang saya ingat saat saya baca yaitu biaya OP wasir yang sampai belasan juta *ini yang bagusnya huhuhu udah bikin lemaassss kaki aja bacanya. 


Oke lah dengan baca seadanya dan tanya seorang teman yang suaminya pernah OP wasir juga akhirnya dengan segenap hati saya beranikan diri untuk menjalani OP huhu iya karena saya memikirkan anak saya yang masih sangat membutuhkan saya makanya saya harus kuat.  Alhamdulillah ternyata Operasi wasir atau ambeien di cover BPJS, bersyukur banget ya Allah 😭


Operasi Wasir atau Ambeien Pakai BPJS 


Operasi wasir menggunakan BPJS cukup mudah , pertama ke faskes 1 minta rujukan , bawa surat rujukan ke Rumah sakit bersama dokumen ( foto copy KTP dan BPJS) nanti akan di rujuk ke penyakit dalam. Faskes pertama saya memberikan rujukan ke RS IMC Bintaro , Alhamdulillah dekat rumah.


Saat menunggu antrian untuk diperiksa saya masih positif thinking aja semoga ga operasi tapi ternyata oh ternyata setelah diperiksa dokter ambeien saya sudah stadium 3 lanjut dan mengeluarkan darah segar mau tidak mau harus operasi secepatnya. Beliau pun langsung bilang, "Lusa langsung kita OP ya, saya ada jadwal OP".


Degggg.. dengernya langsung merinding donk, secepat itu. Ehmm.. oke lah akhirnya saya memutuskan OP dan tentunya harus jalani prosedur sebelum OP mulai dari cek lab dan ke anastesi terlebih dahulu. Hari H saya sudah siap, datang malam hari untuk menginap di RS karena saya OP pagi. 


Pagi saat menuju OP saya makin ga karuan karena agak trauma sih sama ruangan operasi huhu keinget waktu OP Sesar sakitnya naudzubillah. Ya, OP wasir pun bisa dibilang sama sih prosedurnya seperti pasang kateter dan anastesi spinal. Ruangan OP yang dingin ,,, ahhh sudah lah jadi stres memikirkannya bla..bla.. bla.. akhirnya OP selesai dan saya di ruang observasi dulu. Habis OP pastinya menggigil hebat yes. Kepala masih agak teler gitu karena obat bius dan masih belum terasa sakit atau gimana-gimana. 


Beberapa jam setelah OP mulai sedikit terasa panas dan sakit di dubur. Pengen kentut tapi takut kebablasan dan takut akhirnya ditahan. Saat sakit hanya istighfar dan minum obat aja dari dokter. 


BAB dan lepas tampon setelah Operasi Ambeien


This!! Saat-saat luar biasa setelah OP ambeien adalah saat perut mules mau BAB tapi takut dan tampon masih di dalam anus. Iya tampon gaesss huhu. Karena sudah tidak tahan lagi akhirnya saya panggil suster dan beliau pun menarik tampon. Iya tamponnya dikeluarin gaessss *bayangin aja abis OP dijahit rasanya gimana tuh  😭


Ya memang mau tidak mau harus dikeluarin tamponnya agar bisa BAB. Yups, BAB pertama agak takut luar biasa namun rasa mules mengalahkan itu semua akhirnya merambat jalan ke kamar mandi dan kemudian BAB. ..Beuhhhhh rasanyaaa jangan ditanya ya, dan untuk mengurasi rasa panas serta sakit jadi selama duduk saya siram pakai shower toilet jadi lumayan lah ga begitu menderita. Dan perlu diperhatikan nih setelah BAB harus ada beberapa yang harus diperhatikan juga. 


Yang perlu diperhatikan setelah Operasi Wasir


Setelah Operasi wasir ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ya :

  • Saat buang air besar itu duduk jangan terlalu mengejan karena nanti takutnya bekas jahitan operasi rusak dan mudah infeksi
  • Selesai BAB berendam dengan air hangat yang sudah dikasih PK (obat dari dokter yang warna ungu )  nah kalau saya nih ya sebelum poop saya mempersiapkan itus emua terlebih dahulu. Selain untuk luka bekas operasi bersih dan cepat kering rendam air PK juga meredakan rasa sakit ( ya meski ga ngaruh banyak sih ) 
  • Selalu pakai celana dalam yang bersih dan longgar. 
  • Jangan terlalu banyak bergerak 
  • Pastikan anus selalu bersih ( karena rentan infeksi dan pendarahan ) 


Nah itu tadi sebelum dan sesudah BAB yang biasa saya lakukan. Oh ya, saya menginap di RS itu 3 hari 2 malam dan bersyukur banget pelayanan RS IMC Bintaro luar biasa banget bagusnya. Perawat dan dokternya baik semua, ramah pokoknya bagus deh. Dan Alhamdulillah beruntung banget pakai BPJS ga mengeluarkan biaya sepeserpun gaesssss πŸ₯ΊπŸ˜­


5 hari setelah OP kontrol, dan tau ga sih entah kenapa saat di rumah bekas operasi ku itu itu makin sering terasa sakit, iya terasa panas dan sakittttttt bahkan saya tidak bisa tidur nyenyak, obat nyeri dari dokter ga mempan dan ada trauma baru setelah op wasir yaitu takut makan ..iya takut makan banyak karena takut banget BAB huhuhu karena sakitnya luar biasa 😭


Kalau terasa sakit saya langsung berendam PK 15-20 menit. Oh ya... setelah OP wasir saya minum air putih setidaknya minimal 3 liter setiap hari, minum Ester-C dan untuk makan pun jus alpukat dan bubur aja karena makan nasi takut fesesnya keras. 


Pict by google




Sakit luar biasa dan ga bisa tidur sampai 5 atau 6 hari gitu kayaknya, karena kesakitan luar biasa terus bikin IG story gitu kan terus kak Dessy Donat menyarankan minum obat China namanya Yunann Baiyoo katanya ampuh buat habis operasi dan meredakan ambeien. Karena ga bisa tidur berhari-hari akibat sakit luar biasa akhirnya saya beli online Yunan Baiyo. Harganya cukup lumayan banget yes. 

Okelah awalnya saya beli 1 strip dan ternyata lumayan ampuhhhh gaesss mengatasi sakitnya. Iya ga terlalu sakit gitu *percaya atau tidak tapi ini yang saya rasakan ( bukan iklan yes πŸ€ͺ).


Yups jadi sebelum BAB saya minum obat itu dan tentunya setelah BAB berendam dengan air PK. Alhamdulillah bisa tidur nyenyak setelah beberapa hari ga tidur. 


Hari ke 7 atau ke 8 gitu di celana dalam seperti lendir bercampur darah keluar gitu, awalnya takut kenapa-kenapa tapi pas kontrol ke dokter ternyata itu dalam masa penyembuhan jadi gak usah khawatir yes. Obat dokter dan yunan baiyo saya masih minum. 


Untuk Yunan Baiyo saya minum kira-kira semingguan gitu deh (bayangin gaesss abis berapa strip hahaha ) Alhamdulillah H+17 operasi ambeien saya sudah ga begitu terasa sakit, BAB pun lancar , bisa jalan bebas tapi ga terlalu banyak gerak juga (olah raga berat) dan langsung ambil job di bilangan Jakarta Pusat hehe. Bisa dibilang recovery setelah OP wasir termasuk cepat sih karena ada beberapa teman yang cerita kalau dia sampai 3 bulan belum bisa BAB lancar dan masih terasa sakit. 


2 Tahun Setelah Operasi Wasir 


Akhirnya 2 tahun berlalu dan cerita tentang operasi wasir pun tertuang manis di blog hehe. Saat ini gimana? Alhamdulillah setelah operasi wasir an*s kembali cantik dan rapat. Setelah operasi wasir tentunya lebih nyaman karena tidak ada yang terasa keluar ,sakit setiap kali kambuh dan beryukur banget gak kambuh lagi *jangan sampeeeeee amit-amit dehhh πŸ˜†  


Oh ya wasir itu bisa kambuh lagi meskipun sudah di operasi jika pola makan dan pola hidup kita ga sehat. Jujur saat ini saya masih suka makan pedas tapi diimbangi juga ya minum air putih yang banyak dan banyak gerak yes, jangan duduk atau tidur terus. 


Hmmm.. panjang ya ceritanya, dan maaf juga ga banyak foto-foto di postingan kali ini hehe. Yups sekian dulu pengalaman saya mengenai operasi wasir atau ambeien. Buat kamu yang lagi berjuang dengan wasir semangat ya, nurut apa kata dokter, jika memang harus operasi ya operasi saja. Sakit banget memang tapi dari pada kambuh terus ya kan? Belum lagi kalau stadium lanjut dan wasirnya pecah makin bahaya jadi lebih baik ikuti saja saran dokter πŸ˜‰



*NB : Obat-obat diatas berdasarkan pengalaman saya tapi belum tentu cocok untuk kalian. Jadi sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke dokter. 



























7 komentar

  1. Pernah saya juga baca pengalaman teman blogger yang mengobati ambeien itu dengan sejenis salep produk dari China juga. Tapi saya juga lupa. Hehehe. Menurut teman itu obatnya emang ampuh juga. Sampai kecil dan kempes sendiri, tanpa harus operasi

    BalasHapus
  2. Hadeeh merinding aku bacanya sih Kak Amel. Banyak perempuan yang habis lahiran normal sering mengalami ambeien. Tapi ada juga cowok yang mengalami ambeien. Intinya jangan sampai lepas dari pola hidup sehat dan minum air putih yang banyak ya.

    Sehat-sehat terus ya.

    BalasHapus
  3. Wah kak serem amat ceritanya. Hidup sehat itu emang perlu banget yah. Serem kalau harus ampe operasi :( sehat selalu ya kak

    BalasHapus
  4. Mbaaaakkk, aku ngilu bacanyaaa, kata adikku yang juga pernah operasi ambeien sakit banget katanya. Dududuh. Tapi Alhamdulillah ya, mbak, Ambeien sudah teratasi

    BalasHapus
  5. Kebayang ngilu dan sakitnya mba.. memang semua penyakit yang melalu operasi pasti ngg enak banget huhu

    BalasHapus
  6. Duh, nggak kebayang rasanya itu sakitnya....Tapi akhirnya semua udah lewat ya mba.Ibarat kata bersakit-sakit dahulu, bersehat-sehat kemudian hehehe.... Btw, itu obat China emng terkenal sih, bnyk yg rekomenin itu.

    BalasHapus
  7. Aku suka nih makan makanan pedas brrti gak boleh yah atw mesti dikurangi krna bsa jd penyebab wasir

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya πŸ˜‰