Tuesday, December 29, 2015

Resep Seblak Ndess

seblak
Seblak Ndesss ala ala saya hehe


Halloooo....
Kali ini saya mau share resep SEBLAK ala ala saya.
Sebelum nulis resep saya mau sedikit bercerita nih awal mula kenal seblak.

Sekitar  2 tahun belakang sudah terdengar seblak ini.Jadi gini saat saya pulang kampung ke Ciamis saya kulineran bersama sepupu saya keliling alun - alun Ciamis.Setiap pulaskan saya pasti main ke alun - alun Ciamis yang tidak jauh dari rumah nenek saya.

Disana banyak sekali aneka makanan khas atau jajanan khas Ciamis.
Saya biasanya beli cimol,cilok,goreng,makaroni goreng dan rebus ada yang khas untuk setiap jajanan disana.
Setiap jajanan disana pakai bubuk cabe yang namanya AIDA dan bumbu Atom (saya cari -cari di Jakarta ga ada dan hanya di Ciamis,Tasik ).

Sudah puas jajan jajan sepupu saya ngakak makan di tempat baru masih tidak jauh dari Alun - alun .
Warungnya sederhana dan disana sudah terpampang Jual Aneka Seblak.
Ada seblak original,selaku ceker,seblak mie ,seblak makaroni dan seblak spesial.
Waktu itu saya coba seblak ceker satu porsi 5 ribu.

Satu porsi lumayan banyak lho.Tak terasa saya menghabiskan seporsi seblak dalam sekejap shih gimana ya enak banget rasanya.

Karena ketagihan akhirnya saya nanya resep ke si mpu yang punya warung dan akhirnya saya dapet deh tuh resep.Sepulang dari kampung saya praktekkan step by step membuat seblak.

Nih resep seblak ndesss ala saya :

Bahan :

1.Kerupuk mentah
2.Cabe rawit gendut 8 dan keriting 8
3.Bawang putih 3
4.Bawang merah 2
5.Kencur / cingur (kalau ada dan kalau suka)
6.Telor 1 butir
7.Makaroni
8.Royco secukupnya.
9.Air secukupnya


Cara memasak :

1.Haluskan bumbu (cabe,kencur,bawang merah,bawang putih)

2.Bumbu yang sudah halus tumis hingga harum lalu masukan air lalu masukan telur dan aduk terus .

3.Masukan kerupuk dan makaroni masak hingga matang (bertumpuknya tidak terlalu keras)
jika sudah setengah matang masukan Royco secukupnya .
Sudah jadi deh sebaliknya.


Kalau saya suka bikin seblak campur - campur ,jadi apa saja yang ada di kulkas saya masukan seperti sosis,otak -otak ,sayur sawi ijo ,ceker.

Kalau mau pakai sosis,otak -otak sebaiknya goreng dulu setengah matang.
I n i resep seblak ala ala saya ,selamat mencoba ya :-) .


No comments:

Post a Comment