Saturday, January 23, 2016

Resep bikin Cilok dan Bumbu Kacang



cilok
Cilok saya di upload sama teh Efi admin KEB nuhun pisan

Assalamu'alaikum..
Hai..Hai..kali ini saya mau share Resep Membuat Cilok dan Bumbu Kacang.
Lidah saya lidah orang sunda banget *yaiyalah pan mojang Tasik walaupun pernah tinggal disana hanya 2,5 tahun *uhuk jadi semua masakan sunda segala lalapan atau makanan khasnya saya pasti suka eh tapi makanan dari daerah lain juga suka sih he he.
Waktu tinggal di Tasik dirumah nenek saya suka banget yang namanya cilok.Mungkin hampir setiap hari jajanan saya ya si cilok ini,dulu waktu SD beli 200 perak aja dapet banyak .

Di Tasik saya punya langganan Cilok namanya Mang Endun beliau tinggal tidak jauh dari rumah nenek saya jadi ya setiap pulang sekolah saya selalu mampir beli cilok,cilok beliau enak banget di dalamnya ada isian potongan lemak sapi atau gaji gitu jadi rasanya gurih gurih enyoyy.Namun sayang sekitar 4 tahun lalu saya liburan ke Tasik beliau ternyata sudah meninggal.

Ternyata memang yang namanya cilok itu semuanya enak juga tak hanya cilok mang Endun aja tanyalah bahannya sama he he.Sok atuh lah ulah ngalor ngidul wae nih saya kasih resep cilik ala ala saya ha ha.

Cilok perdana saya ,saya persembahkan khusus syukuran KEB Komunitas Emak2 blogger .Tadinya bingung mau bawa apa kesana ya tapi ehh mak DJ ngomporin saya suruh bawa cilok hahaha tadinya sih bingung juga plus ga pede bikin cilok buat para blogger ketje disana lah yowes saya buat cilok aja mumpung semua bahan ada di rumah.

Adonan yang sudah kalis


Resep cilok :

600gr tepung tapioka/aci sampeu
400gr tepung terigu
5 butir bawang putih
1 sendok makan lada bubuk
Garam secukupnya
Kaldu bubuk /royco 1 bungkus
400 ml air panas
2 batang daun bawang( iris kecil kecil)

Cara membuat :
1 . Saring tepung tapioka dan tepung terigu jadi satu
2 . Haluskan bawang putih dan lada
3 . Jadikan satu (tepung terigu,tepung tapioka,irisan daun bawang,bawang putih ,lada bubuk dan garam secukupnya)

4.Masukan air panas sambil di aduk hingga kalis /tidak menempel
5.Buat bulat -bulat sesuai keinginan
6.Rebus air kaldu /air royco yang lumayan banyak untuk merebus cilok - cilok mentah sampai mendidih lalu masukan cilok mentah rebus hingga mengapung dan angkat.
7.Sudah jadi deh cilok nya.

Cilok yang masih mentah

Bumbu Kacang Cilok :

 250 gr kacang tanah
15 cabe merah keriting
10 cabe rawit gendut
Garam secukupnya
Minyak untuk menumis
Air secukupnya


Cara memasak :
Goreng kacang tanah hingga matang.
Kacang tanah dan cabe blender hingga tekstur yang diinginkan
Lalu siapkan minyak untuk menumis kira kira 6 sendok makan.Kemudian tumis bumbu kacang dan air secukupnya hingga matang.


Bumbu Kacang yang sudah matang hehe

Cukup mudah buka bikin cilok dan bumbu kacang??.Sok di coba bikin dirumah yooo...inilah resep cilok dan bumbu kacang ala ala saya dan selamat mencoba.


#Nuhun pisan buat mak DJ yang akun twitternya portuguesamava sudah ngomporin bikin cilok :-)


No comments:

Post a Comment