Saturday, March 19, 2016

Berbicara Tips Berkendara Dan Terhindar Dari Kejahatan di Jalan Raya Bersama Queen Rides


Jakarta,Sabtu 19 Maret 2016 sejak pagi saya sudah sampai di Hotel Grand Sahid ,Jakarta Pusat.Acara yang saya hadiri kali ini Ngopi Cantik Bersama Queen Riders .Tema yang bagus membuat saya harus wajib datang ke acara ini karena maklum yess saya Ladies Biker aka tukang ojek 😆😄.

Sebagai Ladies Biker saya mesti tahu aneka tips supaya aman dalam berkendara dan cara kita terhindar dari aneka kejahatan di jalanan .
Niat hati kesana naik motor tapi kurang enak badan saya pilih naik ojek online menuju kesana.

Sambil makan siang akhirnya acara talkshow dimulai .Pembukaan dari mba Lim Fatima selaku Founder Queen Rider.
Tak bisa di dipungkiri saat ini pengendara tidak lagi di dominasi oleh pria namun juga perempuan.


Perempuan saat ini cukup banyak berkendara sendiri entah itu memakai motor atau mobil.Bahkan saat ini cukup banyak meme wanita yang mengendarai motor belok ke kiri tapi lampu sen ke kanan dan menurut saya itu bukan sesuatu yang lucu tapi annoying banget .


Tak sedikit banyak yang berfikir jika wanita yang mengendarai sebuah banyak  menimbulkan masalah.Entah itu mengalami kecelakaan atau kejahatan.Kalau menurut saya sih tak hanya kaum wanita saja kok kaum pria juga cukup banyak yang mengalami kejahatan.
Dengan banyaknya meme meme yang beredar dan sama saja merendahkan perempuan maka diperlukan perhatian khusus untuk para pengendara perempuan.


Lalu kenapa pengendara perempuan (motor dan mobil) diperlukan perhatian khusus?

  • By Nature ,skil pengendara perempuan tidak sebaik laki laki
  • Pengendara perempuan pertumbuhannya cukup pesat saat ini dalam 2th terakhir 
  • Kecelakaan di Indonesia terjadi hampir 3 menit dan ada 70 nyawa melayang
  • Road Safety di Indonesia masuk dalam list terburuk di dunia.


Ada mba Citra yang memberikan tips dan sharing beliau sebagai pengendara perempuan.Mba Citra sendiri pernah mengalami kejahatan saat berkendara.Beliau bilang sebaiknya sebelum kita mengedarai motor kita harus mengetahui banyak tentang motor apa yang cocok untuk kita.Mulai dari berat badan kita,tinggi badan ,berat motor ,tinggi motor dengan mengetahui motor apa yang cocok untuk kita ,kita bisa aman dan nyaman ketika mengendarai motor tersebut.

Tak hanya itu ,kita sebagai perempuan juga harus tahu aneka modus kejahatan apa saja saat berkendara dan bagaimana cara menghindari dari kejahatan.
Kejahatan di jalan raya,kejahatan tidak hanya kekerasan fisik


Bagaimana cara menghindarinya?

1.Jaga penampilan

*fisik (safety gear) helm full face,jeans,sarung tangan,jaket jangan memamerkan penampilan kita adalah wanita atau menampilkan sisi kewanitaan kita.

*perhiasan dan barang mewah di sembunyikan (simpan perhiasan dan barang mewah lainya.)lebih baik simpan di bagasi.

*gunakan tas punggung atau ransel jangan pakai tas slempang

2.Berkendara Normal

*Berkendaralah layaknya sebagai  seorang laki2 (posture riding) kalau kita layaknya sebagai seorang laki2 penjahat

3.Management Perjalanan

*Lakukan pengecekan kendaraan
  Pengecekan air aki,ban mobil,oli,rem dan sebagainya itu penting banget     kita tidak mau kan tiba -tiba di jalan  misalnya air aki abis.

*Atur waktu perjalanan
  Sebaiknya kita sebagai perempuan hindarilah pada malam hari jika tidak terlalu penting banget sih ga usah lah keluar rumah.Secara gitu ya kan jalanan kalau malam sepi banget.

*Pilih rute perjalanan yang aman
  Pilih rute jalan yang lebih dekat ,sebaiknya kita mengaktifkan GPS saat berkendara biar tau jalan mana yang sedang macet atau lancar dan juga jika pada malam hari hindari jalan -jalan sepi yang gelap tidak ada lampu penerangan.

*Usahakan berkendara tidak sendiri.
  Sebaiknya berkendara tidak sendirian,bisa mengajak teman atau saudara.

4.Bawa alat bantu

*maksimalkan fungsi gadget ,menyimpan nomor telepon penting di speed dial

*Membawa atau menggunakan alat penunjang keselamatan pada saat dalam keadaan darurat (paper spray)

5.Jangan Panik

*Usahakan selalu berpikiran tenang dalam segala kondisi karena oanik dapat membuatvorang lain tidak berfikir jernih dan menyelesaikan masalah,justru memperburuk situasi.

6.Kenali modus kejahatan masa kini.

*Ranjau paku
  Saat ini bukan hal baru lagi tentang modus ranjau paku yang di tebarkan di jalanan.Dalam hal ini sebaiknya kita mengganti ban anti tablet.Kadang ada bengkel nakal yang suka mengada -ngada yang mengharuskan kita mengganti ban dalam juga lho.

*Anak kecil yang nangis
 Modus ini juga bukan hal baru lagi,banyak berita berseliweran di time line mengenai hal ini.Jadi jika menemukan anak di jalan sedang menangis sebaiknya langsung bawa ke kantor polisi terdekat.

7.Jangan meletakan handphone di dasbor motor.

*Banyak pengendara yang meletakan handphone di dasbor motor dan ini memancing para pelaku kejahatan yang dengan mudah mengambil handphone tersebut.

8.Hindari pemakaian headshet saat berkendara

*Pemakaian headsheet ini memecahkan konsentrasi kita saat berkendara .


Setelah Mba Citra ada Mba Riana selaku Founder Belowcepek.com .Karena beliau berkecimpung di fashion maka beliau memberikan tips yang berbeda dari mba Citra.Menurut Mba Riana saat berkendara apapun seorang wanita harus selalu tampil fabulous apapun kendaraannya.


Walau harus tampil fabulous kita juga tetap memakai pakaian yang nyaman dalam berkendara.Misalnya ga mungkin donk kita pakai high heels dalam berkendara dan tidak memakai helmet jika kita mengendarai motor.Maksudnya fabulous kita harus tetap tampil cantik ,tidak mau kan misalnya tiba di tempat tujuan tapi penampilan kita berantakan .
Diperlukan apa saja yang harus di bawa untuk menjaga penampilan itu semua.


Apa saja yang harus di bawa?


  • Sebaiknya jika hindari pemakaian tas selempang jika berkendara dengan motor karena ini memudahkan para pelaku kejahatan mengambil tas itu.Ingat ya kejahatan itu juga karena adanya kesempatan. 
  • Membawa peralatan make up cukup yang simple saja ,tidak perlu di bawa semua sehingga memakan banyak tempat di dalam tas.Yaiyalah masa memasukan pouch make up yang gede penuh dengan peralatan make up komplit.Cukup bawa pouch make up yang kecil dan isinya cukup bawa lipstik,maskara,bedak saja sih.
  •  Membawa payung dan jas hujan yang kekinian banget.Saat ini banyak yang menjual payung yang sekali pencet bisa langsung melebar dan menutup dan banyak juga aneka jas hujan yang untu dan fashionable yang di jual di pasaran.
  • Membawa Lipstik Merah dan ini wajib banget lho.Tapi perlu di ingat lipstik warna merahnya harus sesuai dengan bibir kita.Nih ya..lipstik merah ini efektif banget membuat kita terlihat lebih fresh dan tidak kumel.
  • Memakai sarung tangan yang memiliki manfaat yang cukup super.Saat ini ada di berbagai di tempat perawatan menjual sarung tangan yang memiliki gel di dalamnya.Jadi gel itu bermanfaat agar tangan kita tidak kawalan,kan biasanya kalau mengendarai kendaraan terlalu lama tangan kita akan kapalan tidak moist gitu.
  • Memakai jaket saat berkendara ini penting banget selain untuk melindungi kulit dari sinar matahari ,jaket ini juga dapat melindungi jika kita amit -amit mengalami kecelakaan .
  • Menggunakan kacamata yang benar -benar berfungsi untuk melindungi mata kita dari sinar UV.Selain berfungsi untuk melindungi mata kita  kacamata juga membuat kita terlihat lebih fabulous.
  • Saat berkendara hindari pakai heels selain tidak nyaman kita juga pasti sulit menginjak gas atau ren.Untuk High heels kita cukup membawanya dan disimpan di bagasi atau di tas.   


 




1 comment:

  1. "Kecelakaan di Indonesia terjadi hampir 3 menit dan ada 70 nyawa melayang"

    ini yang bikin saya kadang ngeri di jalan mbak
    adakalanya, kita udah disiplin di jalan, eh tiba2 ada yang nyeruduk

    apalagi kalo yang bawa anak sekolah yang ga pake helm terus boncengan bertiga-empat...

    *buset deh

    ReplyDelete