Sunday, April 3, 2016

Cara Stimulasi 8 Kepintaran Anak Pada Periode Emas Elastisitas Otak





Siapapun  dia setiap anak Indonesia terlahir cerdas.
Lemah disatu sisi jenius di sisi lainnya.Tugas seorang tua adalah mengoptimalkan kehebatan dan meminimalkan kelemahan seorang anak.
(Widodo Sudaryanto) 


Setiap anak itu jenius itu mungkin sudah sering kita dengar dan bukan hanya isapan jempol yups #BedaAnakBedaPintar .Tuhan menciptakan anak atau manusia itu sungguh sempurna tak hanya memberikan kelebihan namun juga serta kekurangannya.
Segala kekurangan itu sebaiknya kita bisa meminimalisir dan mengoptimalkan kelebihan yang dimiliki setiap anak.


Jakarta 1 April 2016 saya menghadiri acara Pro Gold Parenting Club di Jl.Wijaya 1 no.60 kebayoran baru ,Jakarta Selatan.Tema kali ini yaitu Jadikan Pintarnya Si kecil Bersinar ,Cari Tahu Cara Stimulasi 8 Kepintarannya Pada Periode Emas Plastisitas Otak.
Selain tema yang menarik ini dia seorang Narasumber yang terkenal yang menurut saya beliau menyampaikan materi itu ngenalin sekali yaitu Dr.Amanda Meliala (Resource Parenting Indonesia).


Kita punya waktu seumur hidup untuk bekerja ,
Namun anak anak hanya memiliki masa kecil sekali
(Franklin P.Jones)

Itu quote pertama yang di ungkapkan oleh Dr.Amanda Meliala.Benar sekali dimasa kini banyak sekali ibu pekerja dan menitipkan anaknya ke day care,bersama baby sitter atau oma dirumah ,kita terlalu sibuk bekerja hingga lupa bahwa anak hanya memiliki masa kecil sekali dan masa itu masa paling penting pertumbuhan otak anak .


Pada saat lahir bahkan sejak dalam kandungan otak memiliki ribuan sel dan pada usia 0-6th itu ribuan neuron dalam otak itu sedang berkembang sangat pesat dari ribuan hingga miliaran sel .Pada masa ini diperlukan Stimulasi dan Nutrisi yang tepat untuk membentuk struktur otak .Makin berjalannya usia maka miliaran neuron itu akan di pangkas dan itu adalah sebuah bagian normal dan sehat dari perkembangan otak.


Namun perlu diingat bahwa otak itu plastisitas namun plastisitas otak itu bersifat kompetitif .Sampai kapan pun sel saraf otak akan terus tumbuh begitu juga dengan fungsi dan struktur otak berubah sesuai apa yang dialami anak.Agar Otak anak tumbuh optimal kita harus sering menstimulasi dan memberikan nutrisi .
Berbagai kepintaran itu harus terus di stimulasi.


Apa saja sih kepintaran anak?atau kepintaran majemuk?


Jadi setiap anak itu memiliki 8 kepintaran majemuk yaitu :
  1. World Smart adalah kepintaran berbahasa baik lisan maupun tulisan ada beberapa cara untuk mengembangkan atau menstimulasi yaitu dengan membacakan dongeng,corat coret,terus berinteraksi setiap hari.Yang lebih mencengangkan dengan membaca 15 menit sehari kita bertemu dengan lebih dari 1.000.000 kata pertahun woww jumlah yang cukup banyak bukan?'Manfaat lain dari membaca yaitu meningkatkan memori,meningkatkan memecahkan masalah,meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kemampuan menulis.
  2. Number Smart adalah kepintaran memahami angka,simbol,mengenali pola ,berfikir logis dan sistematis.Ada beberapa cara untuk mengembangkan atau menstimulasinya yaitu bisa dengan bermain balok,bereksperimen,membandingkan benda,berburu pola dan memecahkan masalah.
  3. Picture Smart adalah kepintaran membayangkan dan menggambarkan berbagai bentuk .Cara menstimulasi dengan bermain bentuk dan warna,role plate,menyelesaikan puzzle ,origami.
  4. Music Smart adalah kepekaan menciptakan dan mengekspresikan irama,pola titi nada dan apresiasi musik.Cara menstimulasi dengan menyanyi mendengarkan berbagai jenis musik,menebak suara-suara dilingkungan sekitar,bergoyang mengikuti iramDengan bermusik dapat meningkatkan kemampuan bahasa. Kreativitas,kebahagiaan,optimisme,mencegah alzheimer parkinson,mengurangi kecemasan mempererat penyembuhan mengurangi nyeri.
  5.  Body Smart adalah kepintaran untuk menjaga keseimbangan tubuh dan koordinasi antara otak dan tubuh.Cara menstimulasi dengan bermain play south,gerak dan lagu,olah raga.Menurut penelitian Olahraga mampu mempertajam memori,mood ,kecerdasan ,prestasi akademis dan berprilaku positif.
  6. Nature Smart adalah keintaran mengenali lingkungan hidup,memahami fenomena alam termasuk flora dan fauna.Cara menstimulasi bisa dengan mengumpulkan dedaunan/bat,mendengarkan suara burung dan hewan,mengamati bagian tumbuhan dan hewan.
  7. Self Smart adalah kepintaran memahami dan mengelola diri sendiri .Cara menstimulasinya dengan mengenalkan berbagai emosi,membantu anak belajar mandiri,role play,memberikan pilihan ,bermain kartu emosi.
  8. People Smart adalah kepintaran memahami orang laib dan menggunakanya untuk membangun hubungan sosial.Cara menstimulasinya mengenali emosi orang lain,bermain bersama teman,berbagi,antri.

Untuk menuju tumbuh kembang optimal tentunya tidak hanya stimulasi tetapi nutrisi yang tepat .Selain kita sebagai orang tua ,jadilah orang tua yang menyenangkan .Orang tua yang menyenangkan dan perhatian tentunya menumbuhkan rasa sayang dan kepercayaan anak kepada kita.

Diperlukan aneka perhatian dan selalu berikan mereka yang terbaik .Sesibuk apapun kita sebaiknya kita selalu bertanya hal-hal kecil atau sekedar bertanya bagaimana hari ini?apa kah ada hal yang menyenangkan disekolah?.

Tidak ada yang sia -sia jika kita melakukan sesuatu untuk anak -anak.Mereka sepertinya tidak memperhatikab kita,mengalihkan pandangan dan jarang berterimakasih,tapi apa yang kita lakukan untuk mereka tidak pernah sia-sia.
(Garrison Keillor)


Untuk mendapatkan anak yang sukses diperlukan pondasi yang kuat dan kokoh.Lalu apa saja yang di perlukan memiliki pondasi yang kuat dan kokoh?.

Anak-anak perlu memiliki SQ (Spiritual Nature) ,IQ (Number Picture) PQ(Body) ,EQ (Self People Music).Jika semua kebutuhan pondasi sudah terpenuhi nah kita sebagai orang tua juga harus tetap mendampingi anaknya.Yang terpenting adalah kita sebagai orang tua harus menstimulasi si anak setiap hari.



Oyaa...disana saya juga mencoba menghitung kepintaran anak saya ,,ya bisa di bilang kepintaran si bungsu Kezia itu lebih dominan dibagian apa.Pertama saya masuk Ke website ProGOLD parenting club lalu pilih cek kecerdasan anak dan mengisi semua pertanyaan disana lalu keluar lah hasilnya .


6 comments:

  1. "Self Smart adalah kepintaran memahami dan mengelola diri sendiri .Cara menstimulasinya dengan mengenalkan berbagai emosi,membantu anak belajar mandiri,role play,memberikan pilihan ,bermain kartu emosi."

    menarik nih mbak :)

    jadi ingat kata temen soal ini pas ngasuh anaknya...

    ReplyDelete
  2. Keren mak, masa kecil memang hanya sekali. Aku jadi ingat masa kecil ku yg banyak suka dukanya.

    ReplyDelete
  3. Keren mak, masa kecil memang hanya sekali. Aku jadi ingat masa kecil ku yg banyak suka dukanya.

    ReplyDelete
  4. Anak aku kayanya picture smart deh. Gambar dia lebih bagus dari gambar aku soalnya. Wahahahaa. Langsung ngecek ah ke webnya Progold Parenting. Makasi infonya ya Maaaaak :D

    ReplyDelete
  5. mantap, lengkap banget. betul banyak afktor yg mempengaruhi kecerdasan dan perlu distimulus dari kecil

    ReplyDelete
  6. mantap dan keren
    setiap anak pasti istimewa
    salam sehat dan sukses amin

    ReplyDelete