Sunday, July 31, 2016

Mengenali Stres Pada Janin dalam Kandungan


Majalah mother & baby Indonesia


Saya atau pun ibu hamil yang lainya mungkin sering mendengar bayi mengalami stres ketika masih di dalam kandungan.Namun saya sendiri belum begitu paham dan tahu sebenarnya apa sih yang menyebabkan bayi mengalami stres.Jakarta 31 Juli 2016 saya menghadiri gathering bersama Majalah Mother & Baby Indonesia dan Sweety Gold diapers dengan tema talkshow "Kenali Stress Bayi dalam Kandungan" bertempat di I'gors cafe.




Pagi itu saya pergi bersama Kezia anak bungsu saya, saat memasuki cafe, nuansa gold yang lebih dominan memberikan kesan mewah di dalam cafe.
Sebelum acara talkshow di mulai kita semua yang hadir ngopi cantik dulu dan tak lama acara pun dimulai.

Dr. dr Taufik Jamaan SpOG


Nara sumber talkshow kali ini yaitu Dr. dr. Taufik Jamaan . SpOG.Beliau mengungkapkan beberapa penjelasan mengenai stres pada bayi di dalam kandungan.Jadi ketika ibu hamil stres maka janin pun ikut stres di dalam kandungan karena pada dasarnya bayi itu hanya merasakan apa yang dirasakan dan dilakukan oleh ibunya.Karena stres yang mengakibatkan perubahan hormone itu ikut masuk ke dalam plasenta dan mempengaruhi janin.Bahkan jika di lihat melalui USG apalagi pakai USG 4 dimensi ketika ibu stres selama kehamilan maka bayi yang di dalam kandungannya pun dapat berekspresi seperti orang yang berfikir atau memegang kepalanya.

Faktor-faktor yang membuat janin / bayi dalam kandungan stress antara lain:

  • Ibu Anemia
  • Ibu demam
  • Ibu stres/ depresi
  • Air ketuban kurang
  • Proses persalinan lama
  • Oksigen berkurang
  • Ibu sakit
  • Terlilit tali pusat, dll
Begitu pula ciri-ciri san bagaimana mendeteksi stres pada janin.
Untuk di trisemester 1 ciri-ciri stres pada janin  sulit di ketahui sedangkan di trisemester 2-3 dapat di ketahuivdari frekuensi denyut jantung dan juga gerakan bayi dan itu semua dapat di deteksi melalui USG, CTG dan kurva pertumbuhan janin.

Ada pula penyebab ibu hamil stres bisa dari faktor internal dan eksternal.Faktor internal sendiri yaitu perubahan fisik serta perubahan mental dan emosional.Memang pada umumnya para calon ibu mengalami stres karena adanya perubahan secara signifikan secara fisik maupun mental.Pada ibu hamil terutama saya sendiri juga merasakan itu semua  hehe nah namun tanpa kita sadari ketika kita mengalami emosional dan stres itu semua juga akan dirasakan bayi kita.
Untuk faktor eksternal juga nih seperti mengejar deadline pekerjaan, mempersiapkan keperluan bayi yang selalu dirasa tidak cukup.

Sebaiknya ibu hamil bisa mengatur stres saat hamil maupun segala faktor penyebab stres karena efek dari stres ibu pada bayi itu bisa menyebabkan hal-hal yang serius seperti :

  • Denyut jantung dan frekuensi baby berkurang atau cepat
  • Kelahiran bayi premature karena kontraksi
  • Kerusakan organ pada bayi pada saat lahir/ cacat tulang belakang
  • Resiko autism pada anak lebih tinggi 
  • Kematian pada janin/anak yang baru dilahirkan.
Lalu bagaimana sih cara menjaga kehamilan tetap sehat?

Ada beberapa hal yang perlu dilakukan pada ibu hamil  diantaranya menjaga kebersihan tubuh dan memastikan bagian kemaluan tetap bersih dan kering, meningkatkan konsumsi makanan hingga 300 kalor/hari dari menu seimbang, latihan fisik normal tidak berlebihan ,Istirahat jika lelah, berolahraga ringan dan terus mengkonsumsi gizi seimbang.

Peran suami dan keluarga juga penting dalam mengontrol stres pada ibu hamil.Ibu hamil itu membutuhkan suport atau dukungan dari keluarga, misalnya mendengarkan segala keluh kesah dan membantu memijat pada ibu hamil.



Setelah Dr. dr. Taufik memberikan pemaparanya kemudia ada dari pihak sweety diapers yang menjelaskan mengenai produk sweety gold.Nah mengenai diapers sweety ini sih saya sudah tidak asing lagi karena anak saya ketika masih pakai diapers mereka menggunakan diapers sweety namun beda jenisnya hehe ya maklum ya sudah hampir 4 tahun tidak lagi memakai diapers.

Jadi ternyata sweety diapers ini merupakan produk lokal asli Indonesia lho dan sesuai dengan taglinenya sweety kini terus berinovasi dan mengeluarkan popok premium berstandar internasional yang dinamakan sweety gold.Sweety telah teruji klinis sebagai satu-satunya merek popok Indonesia yang telah teruji klinis oleh Australian Dermatest Centre sebagai material yang hypoallergenic dan aman untuk kulit bayi.

Sweety gold mempunyai teknologi pertama di Indonesia yaitu diamond layer technology atau teknologi dengan bertekstur berlian.Diamond Layer technology ini membuat permukaan  tetap lembut dengan daya serap dan daya tampung maksimal yang mampu menampung urine si Kecil semalaman dan membantu mendistribusikan cairan secara merata dan menyeluruh.


Ada pula welnes Indicator atau garis kuning yang berada di luar permukaan.Jadi jika popok sudah penuh maka warna indikator tersebut berubah berwarna menjadi hijau.Dengan adanya garis tersebut tentunya sangat membantu kita para mommies jadi kita tidak perlu terus menerus buka tutup melihat apakah popok si kesil sudah penuh atau belum.

video

3 comments:

  1. wah, maasih ya mba infonya. sekarang lagi isi baru 1 bulan sih. sukses terus sama blognya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama semoga bermanfaat dan selamat atas kehamilannya :)

      Delete
    2. Sama-sama semoga bermanfaat dan selamat atas kehamilannya :)

      Delete