Wednesday, January 25, 2017

Jalan-jalan Ke Muncak Teropong Laut Lampung



Assalamu'alaikum.
Alhamdulillah 20 Januari 2017  akhirnya saya dan anak-anak menginjak Tanah Sumatera.Bersyukur sekali saya berkesempatan mengikuti #BloggerCihuyTrip ke Lampung.Kamis dini hari saya beserta teman blogger lainya berangkat dari Jakarta menuju Pelabuhan Merak.

Sekitar pukul 3 dini hari kita semua sudah diatas Kapal Feri.Ini kali pertama naik kapal besar dan untuk pertama kalinya mereka melintasi antar pulau.Selama diatas Kapal mereka ga ngantuk sama sekali malah ga bisa diem dan selalu di pinggir kapal liat laut.Namanya emak-emak ya Δ·an deg degan juga liat mereka takut jatoh atau gimana πŸ˜‚.

Tapi bersyukur banget deh selamat-selamat aja sampai akhirnya Kapal menepi di Dermaga Bakauheni.Beruntung sekali saya juga bisa melihat sunrise dari atas Kapal πŸ˜„.Sayangnya selama di atas kapal saya ga bisa eksis karena sinyal ga ada, baru dapat sinyal itu waktu sampai di dermaga Bakauheni.

Dari Bakauheni kita semua menuju Flip Flop Hostel tempat dimana kita akan menginap selama di Lampung.Flip flop hostel berada ditengah kota lebih tepat di Kota Bandar Lampung jl. antasari.Dalam hati sepanjang jalan "ohh,,,jadi Lampung tuh kaya gini ya,,indah banget sekeliling gunung-gunung tapi dipinggiran sana laut hehe".

Setelah memakan waktu sekitar 2,5 -3 jam akhirnya kita semua tiba di Flip Flop Hostel lalu mandi dan rebahan sebentar kemudian menuju tempat hitz orang Lampung Muncak Teropong Laut Lampung.

Muncak Teropong Laut sendiri terletak di perbatasan antara Kota Bandar Lampung dan Kabupaten Pesawaran.Menuju Muncak Teropong Laut kita semua ditemani oleh Mas Indra, Blogger Hitz Lampung.Sepanjang menuju Muncak mas Indra memberi penjelasan tentang Lampung mulai dari adat, makanan hingga kebiasaan orang Lampung.

Siger lampung


Ada yang menarik sekali di Lampung ini di setiap toko,kantor pemerintahan, gapura, menara dll itu ada Siger ( Mahkota pengantin wanita Lampung berbentuk segitiga berwarna emas) di bagian depan bangunan.Ternyata meletakan Siger pada bagian atas depan bangunan itu ada perda (peraturan daerah) dan itu bermacam-macam jumlah lekukannya yang membedakan jumlah lekukannya adalah tergantung adat si pemilik.Di Lampung sendiri ada 2 suku Lampung Saibatin dan Pepadun.


Siger suku saibatin memiliki lekuk tujuh dan sangat mirip dengan Rumah Gadang, Minangkabau.
Siger suku pepadun memiliki lekuk sembilan yang berartikan sembilan marga.


Oke balik lagi ke perjalanan menuju Muncak Teropong Laut.Menuju muncak kita melewati beberapa jurang yang cukup curam, perjalanan ini mirip saya pulang kampung ke Tasik kalau lewat puncak tapi menuju Muncak ini sepanjang jalan itu sepi dan jalanannya pun tidak lebar.

Sepanjang jalan kita melewati hutan yang masih virgin, indah masih banyak pepohonan besar dan segeeerrrr banget deh.Ada juga beberapa penduduk desa disana dan ada Sekolah Dasar juga beberapa ratus meter sebelum Muncak.
Mas Fajrin (blogger Lampung) kita belom jadi orang hitz Lampung kalau belum kesana πŸ˜‚πŸ˜‚.
Sesampainya disana kita menuju tempat yang paling atas, dengan biaya masuk Rp. 5000,- *anak-anak gratis kita bisa bebas berfoto disana.Tempatnya keren banget dari sana kita bisa melihat Pulau Pahawang dan pulau-pulau lainya.Untuk masalah tempat parkir jangan khawatir karena disana juga ada tempat parkir walau tidak besar sih.



Udara disana seger bangettttt yaiyalah di atas gunung gitu πŸ˜‚.Untuk orang yang takut ketinggian mungkin disini akan terasa pusing apalagi kalau berfoto-foto diatas menara-menara kecil hehe saya juga rada takut sih makanya ga nyobain berfoto dimenara-menara πŸ˜‚.




Kalau ke Muncak Teropong Laut saya kasih sedikit tips nih :

  • Bawa makanan dan minuman
      Di Muncak Teropong Laut itu memang ada beberapa warung tapi harganya cukup lumayan sih di kantong jadi saya saranin bawa makanan atau minuman agar lebih hemat.Tapi kalau ga mau ribet atau banyak duit sih ya silahkan aja jajan disana hehe.
  • Bawa obat-obatan
       Untuk yang gampang mabok seperti saya sebaiknya minum antimo dulu sebelum berangkat, pokoknya sedia antimo, obat pusing, balsem, koyo dll.Perjalanan menuju sana cukup mulus namun berkelok jadi ya siap-siap aja perut kita berasa dikocok πŸ˜‚.
  • Bawa Kamera
       Untuk yang suka eksis seperti saya jangan lupa nih sebaiknya bawa kamera biar hasil fotonya bagus.Sayang banget saya juga cuma bawa handphone aja bukan kamera jadi hasil foto kurang memuaskan cenderung gelap.Untuk menunjang foto lebih bagus makanya saya lagi cari Kamera Digital Murah hehe maklum yes saya emak-emak kudu perhitungkan pengeluaran makanya cari yang lagi diskon πŸ˜‚.
  • Bawa Jaket 
      Walau hawa di Muncak tidak begitu dingin tapi perlu banget sih bawa jaket untuk jaga-jaga juga hehe.

  • Datang Siang hari 

      Ada kelebihannya datang kesini pada siang hari karena matahari masih banyak masuk ke Muncak ini jadi kalau pun foto pakai HP ya masih bisa lah sedikit terang ga backlight. 
  • Hati-hati

      Di Muncak ini kudu ekstra hati-hati apa lagi kalau membawa anak-anak.Kita sebagai orang tua pokoknya jangan lengah deh dan terus mendampingi anak-anak takutnya mereka kepleset.




Itu tips dari saya tapi kalau ada yang mau nambahin monggo hehe.Di Muncak Teropong Laut sendiri itu jangan berharap deh bisa langsung eksis di social media karena disana ga ada sinyal.Kalau mau tetap eksis dan hitz ya foto-foto aja dulu di kamera handphone atau kamera digital kamu nanti baru dishare deh.

Menurut saya Muncak Teropong Laut ini bukan hanya untuk wisata semata tapi bisa untuk prewedding juga karena spot-spotnya cukup bagus.Saya jamin juga nih buat yang lagi stress atau galau kalau kesini pasti ilang deh stressnya hehe.Nah untuk yang mau ke Lampung jangan lupa nih mampir kesini biar jadi orang Hitz hehe.

we fight together πŸ˜†






31 comments:

  1. Ciyee Mbak Amel, posting ini jadi bikin aku kangen Lampung. Dan katanya kalau sudah sampai di muncak berarti sudah bisa disebut sebagai bagian dari anak Lampung hits ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaa mba Evi hehe iya katanya sih gitu kalau belum kesini belum hitz hehe.

      Delete
  2. Terus kapan kita kesana lagi mak amel?

    ReplyDelete
  3. Hahahaha.. cap stempel anak hits nya Lampung nih buat mbak amel..

    Masih banyak yg di explore, kemarin baru sebagian saja mbak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya insya allah nanti lebih lama lagi disana *klo ada rejeki πŸ˜‚πŸ˜‚.

      Delete
  4. Ahiiiy, trio geulis halan2 ka Lampung! Pasti seneng ya, dulu aku jaman kecil naik kapal laut ke Padang hepi banget hahahah *norak* XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha seneng banget donk kakak,,mereka hepii klo saya rada takut gitu naik kapal laut.

      Delete
  5. Mbaaaa, spotnya kece badai! Aku belum pernah sampai ke sini. Pernah melintasi Lampung saat traveling dari Aceh ke Bandung driving mobil sendiri. Tapi di Lampung cuma bermalam doank untuk istirahat dan paginya lanjut nyebrang ke pulau Jawa. Kudu bookmark ini, kapan2 harus ke Muncak Teropong Laut Lampung deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Al kece banget spotnya semoga next time bisa kesini ya hehe.

      Delete
  6. owalahh..ini tempat yg ada semacam gedung monumen siger yg bs keliatan dari dermaga ??
    aihh..sayang bgt gagal ke sana Saya

    ReplyDelete
  7. keren banget mak spot Muncak ini jadi pengen kesanaa, malah murah lagi ya tiket masuknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget nah klo ke Lampung wajib kesini biar hitz hehe.

      Delete
  8. Replies
    1. Inanggg anak-anak dibilang kembar πŸ˜‚.

      Delete
  9. cakep bener tempatnya ya mel, murah lagi masuk ke sininnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini belum semuanya Amel foto kakak masih ada beberapa spot ketje.

      Delete
  10. Ooh gak ada sinyal?

    Yah, masih bisa disimpan buat bahan blog, upload kemudian. Asyik, saya jadi bisa tahu ada tempat keren di sana :)

    ReplyDelete
  11. yyeyeeeeeeyyyyy ...akhirnya bertemu dengan blogger kece kayak mbaaaa amel ini...maaf lahooo kalo ada hal hal yang kurang dan maaf kalo jadi bahan becandaan saya dan temen temen selama trip kemarin hihihihihihihihi.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha saya juga seneng banget ketemu blogger hitz lampung Indra Pradya.Makasih yo mas atas waktunya dan candaan itu semoga jd doa disegerakan dpt jodoh haha.

      Delete
  12. Mba Amel, aku beberapa kalo ke Lampung tapi belum pernah ke situ. Aih, padahal kece ya. Alhamdulillah anak anak senang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi semoga ya nanti kalau ke Lampung bisa kesini 😁.

      Delete
  13. Aihh kamu bikin aku pengen balik ke sana.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaaa aku juga pengen kesana lagi haha.

      Delete
  14. Kalau mau datang ke sini, memang wajib banget bawa kamera dengan kualitas terbaik. Sayang banget kalau cuma kamera hp. Saya juga cuma pakai kamera hp kemarin, dan ngerasa sayang banget hehehe.

    Pengin juga nyari KAMERA DIGITAL MURAH :)

    ReplyDelete

Sobat ISB Belajar Bareng Brilio.net Cara Mendapatkan Ide Konten Agar Menjadi Viral

Foto by Teh Ani Berta Assalamu'alaikum. Apa perasaan kalian jika tulisan kita jadi viral? Pasti seneng banget donk ya kalau tuli...