Kemenkes RI Gaungkan Kembali GERMAS Sebagai Upaya Meningkatkan Kualitas Hidup

Assalamu'alaikum.
Masih inget waktu masih sekolah dulu setiap hari juma'at itu semua siswa dan guru senam bersama di lapangan.Sayangnya kebiasaan itu sudah hampir punah semenjak punya anak hehe ga banget deh ya alesannya. Apapun alasanya semestinya memang kebiasaan positif tuh ya mau ga mau harus tetap dilaksanakan demi kebaikan kita sendiri.

Jumat 13 Januari 2016 pagi beruntung sekali nih saya mengikuti senam bersama di Kementrian Kesehatan Indonesia, Kuningan Timur Jakarta.Rasanya memang sedikit canggung sih karena mungkin olah raga senam sudah jarang saya lakukan, kalau pun olah raga paling cuma lari, jalan santai atau yoga sebentar dan itu sudah jarang dilakukan 😴😴.Nah Jum'at kemarin saya senam bersama Ibu Nila Moeloek, Menteri Kesehatan Indonesia dan juga jajaran Kemenkes lainya.Masyarakat umum juga bisa bergabung lho diacara senam bersama ini.

pict : @miramiut

Walau pun agak telat datangnya tapi ya saya sedikit-sedikitlah ikut senam bersama hehe.Ada pemandangan menarik disana yang mana ada bazar aneka sayuran, buah,ikan, bunga dan lainya.Para pedagang gratis lho menempati setiap stand disana, ada pula jamu tradisional seperti kunyit asam, beras kencur dan lainya dibagikan secara gratis.Tak hanya itu ada stand cek tensi darah dan ada juga mengukur tingkat kebugaran tubuh kita.

Selesai senam bersama saya dan teman blogger lainya berdiskusi singkat bersama Ibu Nila Moeloek.Ibu Nila memeparkan bahwa kegiatan senam bersama ini sebagai salah satu langkah mendungkung GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat) .GERMAS ini launching pada tanggal 15 November 2016 di 10 lokasi di Indonesia namun sudah diperkenalkan sejak bulan April.

GeRMAS


Seperti yang kita ketahui bahwa saat ini Indonesia tengah mengalami perubahan pola penyakit transisi epideminologi yang ditandai dengan meningkatnya kematian dan kesakitan akibat penyakit tidak menular (PTM ) seperti stroke, jantung, diabetes dll.Ternyata akibat PTM ini tidak kecil lho selain pasien sendiri yang menderita namun juga dari segi pembiayaan pelayanan kesehatan yang harus di tanggung pemerintah juga meningkat.

Maka dari itu GERMAS kembali digaungkan dengan tujuan meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan masyarakat untuk berprilaku sehat dalam upaya meningkatkan kualitas hidup.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kesehatan masyarakat seperti prilaku, lingkungan, pelayanan kesehatan dan keturunan.Faktor perilaku dan faktor lingkungan ternyata berperan lebih besar sebanyak 75 %.Maka dari itu diharapkan lewat GERMAS ini kesehatan masyarakat itu menjadi lebih baik lagi.

GERMAS berfokus pada :

  • Melakukan aktifitas fisik  (melakukan aktifitas produktif seperti berjalan, menaiki tangga, senam, melakukan peregangan saat di kantor dll).
  • Konsumsi sayur dan buah ( terapkan konsep Piring Makananku yaitu 1/2 piring buah dan sayur, 1/2 piring lagi 1/3 lauk pauk dan 2/3 makanan pokok *Gizi seimbang).
  • Memeriksa kesehatan secara berkala (cek tensi darah, cek gula darah, deteksi obesitas, deteksi dini kanker dll).
Olah raga

Itu 3 poin penting namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan pula seperti hindari asap rokok (jangan merokok) dan juga sanitasi air bersih.

Sebaiknya juga bagi orang dewasa dan usia produktif itu melakukan aktivitas fisik 150 menit perminggu dengan interval 3-5 kali perminggu.Perhatikan juga tahap-tahapnya mulai dari pemanasan, latihan inti kemudian pendinginan.

Sebagai garda terdepan Kemenkes RI terus menggaungkan GERMAS ini karena GERMAS dilaksanakan oleh semua komponen bangsa baik pemerintah, dunia pendidikan, swasta, organisasi maupun setiap individu.Di dalam Kemenkes sendiri setiap jam 10 dan jam 2 siang diadakan streching atau pergangan selama beberapa menit.

Konsumsi Sayur dan Buah juga tak kalah penting untuk kehidupan kita lebih sehat dan baik lagi.Disini peran seorang Ibu cukup besar dimana beliau harus menyajikan makanan gizi seimbang untuk anggota keluarga.Dimulai dari lingkungan terkecil seperti keluarga ini lah pemerintah berharap GERMAS ini bisa sukses.

pict : Emak2Blogger (Sumarti Saelan).


11 komentar

  1. Harus rajin jalan kaki ya, biar masuk aktifitas Fisik. Jangan kemana mana Maunya naik ojek online hahahha

    BalasHapus
  2. Jgn sampe istri saya tahu. Kalo tau bisa disuruh olahraga. Hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkw ambil positifnya aja biar lebih sehat juga toh haha.

      Hapus
  3. Wah sebetulnya saya pengen memulai lagi keringetan ngegym tapi ga ada temen sekarang.. paling jalan kaki aja deh ..itu juga sudah lumayan buat saya mah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lumayan lah ya jalan kaki itung2 aktivitas fisik juga.

      Hapus
  4. ini bukan gerakan ala mas-mas kan yaa hehehe *dijitak amel

    BalasHapus
  5. tubuh sehat seksiihh 2017 yukk haha

    BalasHapus
  6. Walaupun gerakan senamnya susah nyamain yaa mak...yang penting seruuu & yang pastinya sehat.

    BalasHapus
  7. Sayang, pelarangan merokok gak masuk dlm germas itu ya mbak..

    BalasHapus
  8. Aku ingeeeet, hari Jumat pakai seragam olah raga, senam SKJ 88, itu pas aku kelas 1 sampai 6

    BalasHapus

Hallo, mohon tidak komentar dengan link hidup ya 😉