Tuesday, February 28, 2017

Blogger Visit BPOM



Assalamu'alaikum.
BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) tentunya tidak asing lagi di telinga kita karena setiap makanan atau obat yang kita beli itu terdapat logo pada kemasan.Jika sudah ada logo BPOM pada kemasan sudah dipastikan produk tersebut sudah masuk penguj├Čan laboratorium.

Selasa 21 Februari 2017 lalu saya beserta teman blogger lainya berkesempatan mengunjungi BPOM dan mengenal lebih dekat termasuk mengunjungi laboratoriumnya.Sebelum eksplore laboratorium kita semua diberitahu apa itu BPOM dari mulai tugasnya, alur pemeriksaan sebuah produk dll.


Fungsi BPOM

  • Pengkajian dan penyusunan kebijakan nasional di bidang pengawasan obat dan makanan
  • Pelaksanaan kebijakan tertentu di bidang pengawasan obat dan makanan
  • Koordinasi kegiatan fungsional dalam pelaksanaan tugas Badan POM
  • Pemantauan, pemberian bimbingan dan pembinaan terhadap kegiatan instansi pemerintah dan masyarakat di bidang pengawasan obat dan makanan

BPOM tak hanya memeriksa produk yang datang saja tapi seperti yang kita ketahui apalagi menjelang bulan puasa atau hari raya BPOM gencar melakukan investigasi pemeriksaan bahan pangan maupun obat di swalayan atau pasar.Tujuannya yang tak lain yaitu untuk memastikan bahwa pangan dan obat tersebut benar-benar aman jika di konsumsi.Yang kita lihat dilapangan tersebut merupakan tahap awal atau pengujian sample saja tapi jika ingin lihat semua kandungannya harus diperiksa ke laboratorium milik BPOM.

Untuk sebuah produk yang ingin diperiksa itu melalui tahap yang cukup panjang mulai pemdaftaran atau registrasi yang sekaligus bisa dilihat biaya setiap pemeriksaan yang beda-beda.Paling lambat hasil dari uji laboratorium itu sekitar 30 hari.Pada kesempatan kemarin saya mengunjungi laboratoriumnya.Kita semua dibagi beberapa kelompok dan 1 kelompok terdiri dari maksimal 10 orang.


Ada 3 tingkatan yang di uji di laboratorium mulai dari pangan, obat-obatan dan alat kesehatan.Seluruh pegawai yang bekerja di laboratorium yaitu orang-orang yang berkecimpung di dunia farmasi tentunya.Walaupun hanya berkeliling diluar ruangan laboratorium kita semua cukup jelas dan paham apa saja yang dilakukan orang-orang didalam.Di setiap tingkatan pengujian laboratorium ada seseorang yang menejelaskan apa aja sih yang mereka lakukan.

Ruang laboratorium yang saya lihat kemarin itu harus steril dan banyak alat-alat pengujian.Alat'-alat yang biasa saya lihat saat saya SMA seperti tabung-tabung dengan berbagai ukuran dan zat pembandingnya.Alat-alat pengujian bisa terbilang sangat mahal maka tak heran jika setiap produk yang ingin diuji itu ada harga tersendiri.

Untuk barang yang ingin di uji di lab itu membutuhkan bukan hanya 2 bungkus atau tiga bungkus saja tapi harus ribuan lho.Setelah mengunjungi laboratorium ini saya tentunya sudah percaya dan yakin jika ada logo BPOM pada produk atau makanan tersebut aman.



Setelah kita mengunjungi laboratorium kita juga berkesempatan mengunjungi Customers Service milik BPOM yaitu Halo BPOM.Untuk saat ini kita bisa bertanya mengenai apakah sebuah produk aman atau bagaimana proses sebuah produk memiliki label BPOM kita dapat bertanya lewat Halo BPOM.Ada beberapa cara jika ingin bertanya mulai dari telepon ke 1500533, sms di 081219999533 atau email ke halobpom@pom.go.id .

Para customers service untuk saat ini dapat melayani mulai dari pukul 8 pagi hingga jam 6 sore untuk secara langsung atau melalui telepon.Namun jika kita bertanya lewat dari jam tersebut misalnya melalui email maka akan dibalas pada jam kerja tersebut.

Lewat Halo BPOM ini kita para konsumen atau masyarakat biasa bisa lho bertanya apakah kosmetik yang kita pakai aman atau tidak.Nanti saat bertanya sebutkan saja nama dan juga kode produksinya setelah itu para pegawai Halo BPOM akan langsung mencari apakah produk tersebut sudah terdaftar dan aman atau tidak.Saat ini Halo BPOM juga bisa diakses melalui aplikasi yang bisa kita download melalui playstore.

Dalam sehari jikanlagi ramai kasus Halo BPOM dapat menerima hingga 100 pertanyaan dalam sehari.Untuk saat ini Halo BPOM lebih banyak dimanfaatkan oleh para pelaku usaha.Mereka memanfaatkan Halo BPOM itu untuk bertanya mengenai prosedur pengujian lab.

Untuk kita yang malas bertanya kita bisa lihat di situs BPOM di www.pom.go.id disana selalu di update makanan atau kosmetik maupun alat kesehatan apa saja yang tidak aman.Coba cek bagian Hot Issue pada web tersebut karena selalu ada pembaharuan mengenai misaknya obat atau makanan terbaru yang sudah uji lab.Di web tersebut ada bagian CEK BPOM yang mana kita bisa langsung mengetik nomer registrasi sebuah produk dan kemudian mencarinya apakah produk tersebut aman atau tidak.

Sejatinya sebagai konsumen kitabharus menjadi konsumen yang cerdas, kita harus selalu update dan mengecek sebuah produk apakah aman atau tidak untuk dipakai maupun dikonsumsi.Produk yang mahal tidak menjamin aman tapi produk yang sudah teregistrasi dan logo BPOM pastinya itu aman.Jadi mulai saat ini jika membeli sesuatu harus cek dulu nih apa produk yersebut sudah ada nomer registrasi BPOM atau belum.


1 comment:

  1. Terima kasih, semoga info ini bermanfaat bagi masyarakat luas

    ReplyDelete

Sobat ISB Belajar Bareng Brilio.net Cara Mendapatkan Ide Konten Agar Menjadi Viral

Foto by Teh Ani Berta Assalamu'alaikum. Apa perasaan kalian jika tulisan kita jadi viral? Pasti seneng banget donk ya kalau tuli...