Friday, March 3, 2017

Tips Cerdas Kredit Mobil

Mobil123.com


Assalamu'alaikum.
Memiliki mobil salah satu impian saya sejak kecil.Mungkin tidak hanya saya saja tapi juga kebanyakan orang lainya saat ini.Keinginan memiliki mobil makin menggebu ketika alm.mama sakit.Waktu itu kita mencoba meminjam mobil tetangga maupun saudara tapi tidak membuahkan hasil dan akhirnya harus mencari taksi menuju rumah sakit.


Sedihhhh banget sih disaat yang sangat urgent papa saya harus jalan ke depan gang mencegat taksi untuk ke Rumah Sakit (dulu belum ada taksi online).Untuk saat ini memang sudah banyak taksi online yang tinggal klik langsung datang ke Rumah.Tapi saya memesan beberapa kali di cancel karena sulitnya mobil menjangkau rumah saya hehe maklum di dalam kampung.Jadi kalau mau naik taksi online saya harus ke depan gang / pinggi jalan raya.

Keinginan memiliki mobil sampai saat ini masih belum tercapai karena keuangan saya dan keluarga belum begitu stabil.Dulu sempat Papa saya sebelum pensiun mau nyicil mobil tapi sayang DP nya terlalu mahal jadinya ga jadi deh hehe.Makin kesini kok ya makin menggebu aja ingin memiliki mobil apa lagi beberapa kali mengikuti acara Mobil123.com Portal Otomotif No.1 yang selalu menyajikan tema menarik mengenai otomotif beserta tips yang bermanfaat.

Beberapa hari lalu Mobil123.com bersama MPM Finance mengadakan gathering dengan peserta terbatas di Tartine Cafe , FX Senayan Jakarta.Tema kali ini yaitu "Tips Kredit Mobil yang Menguntungkan" .Seperti biasa sebelum acara dimulai kita semua dihibur oleh alunan musik dari sang penyanyi.Alunan musik ini tentunya membuat pikiran semua yang hadir lebih fresh sebelum belajar mengenai tips kredit mobil ini.

foto : riyadarisman

Acara pun dimulai dan pemaparan pertama oleh Bapak Indra Prabowo selaku Managing editor mobil 123 dan auto spirit.Sebagai negara terbesar di Asia Tenggara Indonesia merupakan salah satu pasar otomotif terbesar di Asia.Pendapatan perkaitanya pun terus meningkat dari tahun ke tahun.Tak jarang jika saat ini memiliki kendaraan roda 4 tidak hanya dimiliki kaum borjuis saja tapi bisa juga dimiliki orang-orang biasa.

Banyak alasan kenapa orang beli mobil diantaranya ada yang untuk investasi, kebutuhan, lifestyle atau saat ini moda transportasi umum masih belum optimal atau masih kurang nyaman.

Untuk beli mobil juga ada 2 cara yaitu tunai dan kredit.Ada kelebihan masing-masing seperti membeli tunai harga beli lebih murah dan tidak dikenakan bunga maupun biaya administrasi, tidak ada angsuran bulanan.Untuk tunai sendiri menjual mobil bisa lebih mudah karena saat transaksi otomatis surat-surat kendaraan sudah ditangan kita.Nah sekarang membeli secara kredit.Untuk membeli secara kredit tentunya harga lebih mahal tapi besaran angsuran tiap bulanya bisa disesuaikan dengan finansial kita.


Bety Anjarini selaku Regional Manager MPM Finance menjelaskan kelebihan membelibmobil secara kredit , pemilihan perusahaan pembiayaan dan cara cerdas kredit mobil.

Memilih Perusahaan Pembiayaan 

  • Pilih perusahaan yang kredibel, berpengalaman dan memiliki rekam jejak/ reputasi yang baik.
  • Pastikan staf yang bertugas mampu memberikan pelayanan yang baik.Staf yang sopan dan memberikan penjelasan dengan jelas ini sangat membantu kita sebagai konsumen.
  • Pembayaran angsuran mudah di ATM, kantor pos dll.
  • Pastikan kendaraan di cover oleh asuransi.

Setelah kita memilih perusahaan pembiayaan ini dia kita harus tahu bagaimana cara cerdas kredit mobil.

Cara Cerdas Kredit Mobil 

  • Pilih kendaraan yang sesuai kebutuhan kita.
Pilih kendaraan sesuai kebutuhan kita jangan selalu melulu menuruti keinginan kita.Bagi saya sendiri memiliki mobil itu tidak harus yang mewah tapi asal bisa melindungi keluarga dari panas dan hujan *tapi kapan? Insya allah nanti kalau ada rejeki hehe.
  • Pilih perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi dan pengalaman yang baik.
Pemilihan perusahaan pembiayaan yang memiliki reputasi dan pengalaman baik ini juga penting lho.Jadi sebaiknya kalau mau kredit mobil kita sedikit cari tau lah tentang perusahaan tersebut reputasinya baik atau tidak.
  • Pastikan besaran angsuran sesuai dengan kemampuan finansial kita.
Ini dia kita harus menghitung benar-benar besaran angsuran.Sebisa mungkin kita membayar angsuran itu 20% dari penghasilan kita.Pokoknya jangan sampai besar pasak dari pada tiang ya.
  • Pastikan kendaraan kita di -cover asuransi dengan skema comprehensive (all risk) selama masa pembiayaan.
Beberapa waktu lalu saya pernah menulis tentang penting ga sih kendaraan diasuransikan? Yuk lah coba tengok tulisan saya yang ini Perlukah kendaraan di asuransikan? .
  • Pelajari isi pembiayaan.
Pelajari isi pembiayaan nah ini penting banget, sebelum menandatangani atau menyetujui kredit mobil kita harus tau dan paham betul isi pembiayaan apa saja jangan asal tanda tangan ya.

Jika ingin kredit mobil memang sebaiknya kita harus memperhitungkan dari berbagai aspek terutama kondisi keuangan kita.Jangan terlalu tergesa-gesa dalam menandatangani klausul sebaiknya pahami dan pelajari lagi.Untuk para pekerja freelance seperti blogger yang tidak memiliki slip gaji juga bisa kok nanti pihak perusahaan pembiayaan melihat transaksi bank saja.

5 comments:

  1. semoga ntar kita punya mobil ya, butuh banget memang kalo mendadak ada yang sakit..
    btw semoga papa amel lekas sembuh yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin ,,,semoga kita punya mobil dan papa saya cepet sembuh..
      Makasih yo 😘😘

      Delete
  2. setuju tante dengan poin2 di atas
    intinya, kita harus bisa memilah dan memilih biar bisa kredit mobil yang sesuai kebutuhan
    *rencananya sih setelah kredit rumah mau mobil :)

    ReplyDelete
  3. Mobil memang sudah jadi kebutuhan penting saat ini ya mba, makanya untung bangte kalo ada yang nawarin kredit mobil dengan syarat yang mudah dipenuhi :)

    ReplyDelete
  4. butuh perencanaan yang matang untuk melakukan hal yang memiliki dampak dan membutuhkan waktu panjang seperti Kredit Mobil. bagi yang sudah berkeluarga memang sangat membutuhkan Mobil untuk efisiensi dan keamanan pula.
    Trims ia artikelnya sangat membantu ...

    ReplyDelete

Wujudkan Umroh Bersama Ayah Lewat Program Berkah TOTAL Almeera

Assalamu'alaikum. Apa arti Ayah bagi kamu? bagi saya ayah memiliki banyak arti di kehidupan saya.Papa ..biasa saya menyebut sese...