Tuesday, August 1, 2017

Mengenal Sedikit Penyakit Gagal Jantung



Assalamu'alaikum.
Kalau mendengar penyakit jantung saya langsung teringat alm.Mama yang mana beliau meninggal karena anemia akut dan penyakit jantung bocor.Dulu waktu mama meninggal saya tidak tahu mengenai penyakit itu semua karena saat itu saya masih kelas 6 SD.Ketika beranjak dewasa saya mulai cari tahu semua penyakit itu dan karena alasan itu lah saya rajin banget ikut seminar mengenai kesehatan dll.

Belum lama ini saya menghadiri seminar kesehatan bersama Novartis dan Kemenkes RI di Hotel Borobudur Jakarta.Disini saya tahu sedikit mengetahui lebih banyak apa itu penyakit gagal jantung.Hadir juga Prof. Dr. Bambang Budi Siswanto dari Rumah sakit Pusat Jantung Harapan Kita.Beliau menjelaskan bahwa penyakit gagal jantung itu tidak dapat disembuhkan oleh sebab itu sangat penting bagi masyarakat agar lebih paham akan penyakit ini.

Gagal jantung adalah kondisi kesehatan serius ketika jantung tidak dapat memompa darah cukup ke seluruh tubuh, disebabkan oleh melemahnya otot-otot jantung dari waktu ke waktu.Hal ini menyebabkan darah yang ada di dalam tubuh tidak dapat mengantarkan cukup oksigen dan makanan ke tubuh.

Penyakit jantung termasuk jenis penyakit tidak menular.Di Indonesia sendiri penyakit tidak menular ini setiap tahun semakin meningkat akibat gaya hidup yang salah.Kalau dulu banyak yang beranggapan jika penyakit jantung itu hanya dialami oleh usia lanjut tapi perlu kamu tahu ya saat ini penyakit jantung bisa di alami oleh siapa saja.

Gagal jantung adalah stadium akhir dari semua kelainan/penyakit jantung.Berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung bawaan, penyakit katup, PJK dan hipertensi, semua dapat berujung pada gagal jantung.

Faktor risiko penyakit jantung antara lain : hipertensi, diabetes melitus, kurangnya aktifitas fisik, asam urat, obesitas, merokok dll.Untuk gejala awal sendiri biasanya penderita tidak paham bahwa gejala yang hampir sering dialami itu adalah penyakit gagal jantung.Itu semua karena ketidak tahuan mereka tentang penyakit ini.

Untuk gejala tahap awal penyakit gagal jantung :
  • Kehabisan nafas saat menggunakan tangan
  • Merasa mudah lelah.
  • Lemah atau sering pusing
  • Jantung terasa berdebar-debar atau berdetak lebih kencang.
Saat penyakit jantung bertambah parah, cairan mulai terbentukdi paru-paru dan di bagian tubuh lainya.Hal ini dapat menyebabkan :
  • Perut terasa kembung
  • Buang air kecil lebih banyak dimalam hari
  • Berat badan bertambah bisa terjadi dalam satu atau dua hari
  • Terjadi pembengkakan terutama di kaki, bagian pergelangan kaki 
  • Sesak nafas meski saat istirahat
  • Batuk atau sesak napas terutama saat berbaring.
Biaya pengobatan penyakit jantung ini sangat mahal.Om saya juga memiliki penyakit gagal ganjung dan beliau harus pasang ring di jantungnya plus perawatan itu habis ratusan juta.Pengobatan penyakit ini memang bisa dibilang sangat mengras kantong apalagi saat ini banyak masyarakat Indonesia menggunakan fasilitas BPJS yang mana semua biaya ditanggung BPJS.

Memang biaya pengobatan penyakit tidak menular seperti penyakit gagal jantung, dibetes, gagal ginjal dll ini cukup besar pengeluaranya dan itu juga sangat membebani negara yang menghabiskan ratusan miliar bahkan lebih hanya untuk PTM ini.Untuk tidak membebani memang lebih baik mencegah semua PTM itu tidak terjadi nah salah satunya mulai hidup sehat.


Sadar akan banyaknya pengeluaran yang dibutuhkan dan demi mengurangi memburuknya kondisi pasien gagal jantung Novartis menghadirkan pengobatan gagal jantung baru LCZ696 dengan nama molekul sacubitril valsartan sodium hydrate di kelas ARNi ( Angoiotensin Receptor- Neprisiylin inhibitor ) di Indonesia.Novartis Indonesia yang memiliki komitmen untuk terus melakukan inovasi demi meningkatkan dan memperpanjang kehidupan pasien di Indonesia.

2 comments:

  1. Aku jadi takut dengan penyakit yang satu ini, solusinya memang harus merubah gaya hidup ya mak, seperti pola makan juga aktivitas fisik.

    ReplyDelete
  2. oh ada pngobatan jantung ARNI semoga semakin berinovasi unutk bisa selamatkan penderita gagal jantung y mba

    ReplyDelete

Sobat ISB Belajar Bareng Brilio.net Cara Mendapatkan Ide Konten Agar Menjadi Viral

Foto by Teh Ani Berta Assalamu'alaikum. Apa perasaan kalian jika tulisan kita jadi viral? Pasti seneng banget donk ya kalau tuli...