Tuesday, December 26, 2017

Trik Sederhana Mengatasi Godaan Belanja Online Agar Keuangan Tetap Stabil

Bukalapak



Trik sederhana mengatasi godaan belanja online agar keuangan tetap stabil.

Kemajuan zaman dan teknologi  di era digital menjadikan semua lebih mudah dan praktis. Kita bisa mendapatkan sesuatu hanya lewat smartphone yang terkoneksi dengan internet. Salah satu kemudahan yang disajikan yaitu  belanja online, kini semua bisa dapat hanya belanja lewat online. Mulai membeli sayuran, makanan, barang dan lainya  kita hanya perlu beberapa menit saja.



Kita bisa melakukan semua itu dari rumah atau dimanapun kita berada. Pembayarannya pun sangat mudah cukup transfer melalui e-banking.Benar-benar sangat menguntungan bukan? Kita ga perlu repot-repot pergi ke sebuah toko dan membuang waktu untuk memilih barang, ngantri dikasir, mengalami jengkelnya macet dan mengeluarkan  biaya parker.Semua seba mudah tinggal klik tak lama barang pun sudah ada didepan mata.

Budaya belanja online kini semakin banyak diminati karena kemudahan itu. Tapi tahu ga sih tak jarang uang kita jebol karena keseringan belanja online *curhat haha. Saya sendiri kadang  tidak tahan melihat banyak promo yang keluarkan e-commerce.. haha naluri banget yes .Ini semua menjadi semu kecanduan tersendiri bagi sebagian orang termasuk saya sendiri tapi sekarang secara perlahan saya mulai nge-rem membatasi belanja online ini tentunya memerburuk keuangan keluarga saya.

Lalu bagaimana cara mengatasi trik agar bisa mengatasi  godaaan ini?

Pertama yang harus dilakukan yaitu riset mengeni kebenaran promo.Trik yang dapat dilakukan untuk mengatasi godaaan belanja online yaitu melakukan riset promo.Tak jarang promo yang ditawarkan sungguh menipu pembeli.

Ya namanya pembeli secara manusiawi kalau liat promo cetar pasti tergoda dan langsung ingin membeli, nah untuk itu biasakan riset terlebih dahulu.Kamu harus memastikan apakah promo yang diberikan dengan belanja onlien dengan cara terbaru ini benar-benar promo atau  hanya trik e-commerce untuk menggiurkan pembeli.

Kedua, riset harga.Nah ini dia selain melakukan riset promo yang harus kamu lakukan yaitu riset harga . Bagaimana caranya? Ya kamu harus cari tahu harga barang yang diberi promo, setelah itu bandingkan situs lainyang tidak memberikan promo pada harga daganganya.

Dengan melakukan perbandingan harga tentunya kita pasti tahu apakah harga harga yang ditawarkan lebih murah dari harga yang kamu dapatkan? Biasanya promo harga hanya untuk menarik konsumen dan bukan menjadi harga yang sebenarnya.

Ketiga, Mencermati kebutuhan bukan keinginan.Ini bisa dibilang laper mata yes hehe biasanya kita asal membeli barang tanpa memikirkan apakah barang tersebut memang kita butuh atau hanya tergiur diskon.

Wajar saja sih kalau tergiur karena manuia memiliki nafsu yang membuat dirinya tergoda nah karena punya nafsu juga tak jarang kita  juga khilaf kalau ada diskon atau hanya melihat barangnya yang lucu.

Semua orang bisa kalap dalam belanja jika tidak memikirkan dua kali. Kalau sudah begitu alhasil kondisi keuangan makin terhimpit kehidupan dan ujung-ujungnya menyesal. Nah mulai sekarang  usahakan berfikir dua kali apakah barang tersebut butuh atau hanya ingin.

Belanja online murah


Terakhir  yang harus dilakukan yaitu ingat kebutuhan kita esok hari. Agar terhindar dari godaan belanja online kita harus selalu ingat kebutuhan kita besok dan kita tidak boleh menghabiskan saat itu juga.

Biasanya saya selalu ingat pesediaan sembako apakah cukup atau tidak, keperluan anak sekolah atau buat makan besok, dengan begitu saya langsung stop untuk tidak tergiur untuk membeli sebuah barang dan lainya. Ingat prioritaskan kebutuhan esok bukan keinginan.

Oke guys sekian dulu,  trik singkat saya untuk mengatasi godaaan promo atau belanja online agar keuangan kita semoga bermanfat.

6 comments:

  1. mengatasi godaan belanja sih diriku kuat
    tapi ga sanggup menahan godaan dirinya

    #eaaa :)

    ReplyDelete
  2. wkwwkwkw... poin kedua iya banget. tapi kalau fesyen rada susah, kak amel. nggak naro banyak akun di e-commerce mereka. Paling aku nebak2 bahan dan model aja jadinya. sesuai nggak sama harganya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya juga sih,,ya sekarang mah biar stabil kudu ga laper mata yes haha.

      Delete
  3. paling enak, menutup semua akses keluar uang. cuma 1 pintu saja, misalnya tidak ada aplikasi mobile bangking atau internet bangking. cukup ATM atau ga perlu ATM lebih bagus. ha ha

    ReplyDelete

Tips Aman Belanja Online

Tips aman belanja online. Saat ini semua serba mudah dan praktis hanya bermodalksn gadget dan koneksi internet.Yups saat ini mau beli...