Monday, February 12, 2018

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Memasang AC



Air Conditioner atau AC Rumah saat ini merupakan sebuah kebutuhan bagi masyarakat termasuk saya sendiri. Tinggal di daerah Tangerang selatan yang bisa dibilang cukup agak panas , AC benar-benar sangat dibutuhkan sebagai pendingin ruangan terutama malam hari.


Keinginan memiliki AC itu saat melahirkan anak pertama. Shakila kecil dia memiliki kulit yang sangat sensitif, dia tidak bisa dengan hawa panas yang menyebabkan keringetan berlebih. Jadi kalau keringetan sedikit kulitnya akan kering dan penuh biang keringat. Kalau sudah begitu kulit Shakila akan mengelupas seperti ular yang ganti kulit.

Untuk mencegah Shakila tidak merasakan hawa panas, beberapa kipas angin selalu nyala dan itu 24 jam nonstop makanya tak jarang dalam 1 tahun saya ganti kipas angin sebanyak 2x. Belum lagi setiap harinya saya selalu mandikan dia 3 kali sehari. Sebelum tidur pun Shakila saya mandikan karena kalau ga begitu kulitnya akan mengelupas.

Sedih, liat kondisi kulit anak yang sensitif, kalau sudah mengelupas gitu saya harus bawa dia ke dokter namun kalau tidak begitu parah harus sering di olesi bedak atau salep. 

Alhamdulillah kondisi kulit Shakila membaik menginjak usia 3 tahun, tapi tetap saja sih kalau terlalu banyak keluar keringat dan tidak langsung di lap atau mandi, kulitnya akan ada ruam. Mengingat anak yang istilahnya ga bisa dengan hawa panas plus tinggal di daerah yang cukup tropis akhirnya saya memasukan wishlist memiliki AC di rumah.

AC Rumah idaman saya tentunya yang bagus , harga terjangkau dan Low Watt (biar hemat listrik ). Dan keinginan memiliki AC itu baru terwujud 2 tahun lalu yang mana saat itu saya mendapat doorprize AC saat menghadiri sebuah acara. 

Senang bukan main saat mendapat AC secara cuma-cuma dan ga perlu waktu lama AC itu dipasang di kamar tidur anak-anak.

Saya pikir pasang AC itu mudah tinggal beli, pasang dan nikmati tapi ternyata ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasang AC 


Hal yang perlu diperhatikan sebelum pasang AC :

  • Pastikan daya listrik rumah besar cukup jika pasang AC.Pengalaman kakak sepupu yang tiba-tiba pasang AC tanpa menghitung daya listrik rumahnya dan alhasil jika AC dinyalakan selalu turun atau ngejepret . Untuk memfungsikan AC akhirnya beliau harus menambahkan daya listrik dirumahnya.Jika daya rumah kecil lebih baik pasang AC Low Watt.
  • Pilih ukuran PK ( daya kuda -satuan kapasitas AC) sesuai luas ruangan.Nah ini penting banget nih memilih ukuran PK karena jika misalnya ukuran ruangan kita cukup luas namun PK yang dipilih kecil maka dingin yang dihasilkan AC tidak maksimal.Saya sendiri untuk kamar tidur 4x4 pakai AC ½ PK.
  • Pilih teknisi profesional, nah ini penting banget agar terhindar daari kerusakan yang berkepanjangan. Perlu di garis bawahi (AC sebagus apapun jika di instal oleh teknisi yang tidak profesional maka AC tersebut akan cepat rusak dan begitu juga sebaliknya AC murahan jika di instal oleh teknisi profesional bisa membantu usia AC bertahan lama.
  • Untuk jenis freon r410/32 wajib menggunakan ketebalan pipa diatas 0.7 mm. Untuk jenis freon ini disarankan memakai pipa yang cukup tebal karena jenis freon r410 ini memiliki daya tekanan yang sangat tinggi.
  • Pada instalasi wajib di vacum. Durasi vacum tergantung dari panjang pipa.Vacum sendiri ini penting dilakukan karena berfungsibuntuk menghisap udara yang ada di instalasi pipa dari indor ke outdor agar disaat pengisian freon tidak tercampur dengan udara suhu dan cenderung kurang dingin.
  • Kompresor AC untuk AC split harus diletakan ditempat yang terlindungi dari hujan dan sinar matahari secara langsung agar awet.



    Setelah AC Rumah terpasang tentunya kita si empunya rumah harus merawatnya dengan baik seperti rutin membersihkan AC daan mengisi freon ( pastikan dilakukan oleh teknisi yang prosfesional dan terpercaya). Untuk membersihkan AC sendiri setidaknya dilakukan 4 bulan sekali atau 2x dalam setahun.

    Berbicara mengenai AC tentunya ada banyak perubahan yang saya rasakan, tidur jadi lebih nyaman namun ada yang berubah juga yaitu biaya listrik yang saya keluarkan.

    Walau pun AC yang dipakai saat ini termasuk AC Low Watt tapi tetap saja biaya listrik naik cukup lumayan.Belum lagi suaranya bising yang dikeluarkan membuat tidak nyaman.

    Agak nyesek juga sih setiap bulan setidaknya mengeluarkan uang 500 ribu rupiah untuk biaya pulsa listrik. Menanggapi hal ini sepertinya saya harus mencari AC hemat dengan kualitas bagus.

AC low watt



AC Gree C3 , AC ramah lingkungan dan Low Watt

Setelah berbincang dengan teman mengenai biaya perbulan untuk listrik saya yang lumayan membengkak. Dia menyarankan untuk mengganti AC Gree C3 yang mana AC Gree C3 ini AC Low Watt dengan Watt PALING RENDAH dikelasnya. 

AC Gree C3 memiliki banyak kelebihan di kelasnya seperti Gree C3 mampu mendinginkan ruangan dengan daya listrik yang hanya 290 Watt. AC Gree C3 juga saat ini menjadi AC berdaya listrik terendah di Indonesia.

AC Gree C3


Tak hanya itu saja AC Gree C3 juga dilengkapi dengan fitur Triple Protection (Fireproof, Leakproof, dan High Temperature proof ) untuk melindungi bagian indoor maupun outdoor AC dari segala bentuk faktor yang dapat merusak AC . Dengan adanya fitur tersebut tentunya usia AC lebih panjang karena terlindungi.

Tak hanya itu saja dari segi meterial AC Gree C3 juga bagus dan kuat jadi ya tidak diragukan lagi kualitasnya. Untuk harga sendiri AC Gree C3 sangat terjangkau dan banyak pilihan kapasitas PK .



Keunggulan dari AC Gree C3 :

  • Memiliki fitur Triple Protection yang mana anti api, anti bocor dan anti temperatur tinggi yang dikombinasikan dengan R32 yang berinfensiensi tinggi dan ramah lingkungan.
  • Daya rendah ( standby )
  • Anti karat
  • Strukturnya kuat
  • Terdapat filter HD
  • Tidak bising
  • Memiliki teknologi anti jamur
  • Terdapat pembersih otomatis
  • Memiliki teknologi drainase yang efisien


    Melihat spesifikasi dan keunggulan AC Gree rasaanya AC ini menjadi pendingin ruangan idaman semua termasuk saya sendiri , selain design nya yang oke, banyak fitur dengan teknologi terkini juga yang mendukung go green.

29 comments:

  1. Zaman sekarang rata-rata orang sudah memasang AC ya mba dirumah. Dan berlomba-lomba mencari AC yang berkualitas, murah, dingin dan wattny kecil. Apalagi go green gini, pasti inceran banget..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak soale panas sih kalau musim kemarau hehe. AC low watt dan berkualitas juga jadi idaman semua orang.

      Delete
  2. memang susah ya perubahan iklim ini membuat mau enggak mau butuh AC, untunglah ada AC yang mikirin lingkungan ya..nice sharing mel

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha iya kak Uli AC saat ini kayaknya AC dibutuhkan banget.

      Delete
  3. Sebelum pakai AC di rumah, ibuku kekeuh nyari yang eco-friendly gini. Sekarang udah makin banyak yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes eco friendly tapi cari juga nih yang Low Watt biar irit hehe.

      Delete
  4. stuju banget sama tips2nya trutama soal teknisi. aku pernah pake ac bagus, eh teknisinya kurang oke, malah jd bermasalah ac-nya.

    btw, Gree C3 ini hemat banget brarti ya..

    ReplyDelete
  5. Nice info kak. Jadi tahu ya step by stepnya biar kita paham dengan apa yang terpasang dirumah kita

    ReplyDelete
  6. Solusi nih buat aku juga lagi cari AC yang watt nya rendah yang sesuai dengan Daya rumahku cuma 900 watt, biar gak jepret

    ReplyDelete
  7. Kalau rumah gue mah mana bisa pake AC, rumah kontrakan watt nya kecil. Tapi AC yang satu ini bisa jadi rekomendasi ya

    ReplyDelete
  8. ini merk baru ya Gree. Mayan juga alternatif memilih AC yang cocok utk kita

    ReplyDelete
  9. AC semakin ramah lingkungan ya kak

    ReplyDelete
  10. memilih AC yang tepat bisa memberi keuntungan jangka panjang buat kita

    ReplyDelete
  11. Tips yang menarik nih mbak, akan banyak yang cari pas punya AC baru.

    nice post!

    ReplyDelete
  12. Terpenting AC ga nyedot Listrik Ya. Bisa tekooor. Tips2 yg begini boleh juga dipake nih.

    ReplyDelete
  13. Makasih infonya Mel. Kalo soal AC emang kudu banyak2 baca, baca info, supaya gak salah ya. Karena kalo salah pasang bisa terjadi kebocoran ya.

    ReplyDelete
  14. Makasih banget mba tips nya, aku pernah ketipu beli AC loh, luarnya merk A dalamnya merk B

    ReplyDelete
  15. Makasih tipsnya kakak, kebetulan pengen beli yg baru juga neh

    ReplyDelete
  16. Amel... thanks banget nih untuk tips pemasangan AC. aku juga berpikir semula kalau AC pas beli bisa langsung dipasang ternyata ada tahap-tahapnya. Beeguna banget nih artikel ini

    ReplyDelete
  17. Aaaaah... jadi pengen pasang AC juga, nih. Racun nih parah, but thanks for your information yach. 🤗

    ReplyDelete
  18. Wah jadi pengin ada AC,tapi kuatirnya biaya listrik naik hehehe. Tapi kalau baca artikel ini sepertinya ACC Gree ramah lingkungan dan lebih hemat listrik.

    ReplyDelete
  19. Wah, beberapa saat lalu sempet denger namanya, dan baru tau ternyata AC Gree termasuk dayanya yang rendah, ya. Siapa tau nti butuh AC, patut diperhitungkan next time ;)

    ReplyDelete
  20. Yg hrs diperhatikan adalah ACnya dinginnnn hihihihi *lalu dilempar kotak ac bekas ma Amel wkwkkw

    ReplyDelete
  21. di rumah belum pasang ac soale aku alergi dingin, pasang kipas aja udah berasa kayak ada di puncak wkwkwkwk tapi anakku mada gak betah panas, jadi gampang biang keringetan

    ReplyDelete
  22. Wahh baru tau ada AC GREE inii.. awett sepertinya.. hemat pula.. Inceran ibu2..

    ReplyDelete
  23. Mau banget pasang AC apalagi yg hemat2 tapi rumah belom bisa dipasang AC karena listrik masih nyatu sm mertua 😂

    ReplyDelete
  24. memasang ac memang tidak semudah punya uang dan langsung beli, banyak aspek yang perlu kita pikirkan, termasuk listrik, jaringan listrik dan perawatan ac secara berkala :-)

    ReplyDelete

Sebelum Traveling Yuk Cek Kalender Cuti dan Liburan Nasional Dulu

Traveling atau piknik saat ini masuk dalam prioritas saya setelah investasi. Jujur saja dulu saya termasuk orang yang sangat perhitunga...